Selasa, 17 Januari 2017

Jurusan Bahasa SMA, Antara Elegi dan Prestasi

SAM_8819
14 tangkai lengkap bersama Frau Ariani

Perhatian! Tulisan ini mengandung opini subjektif rasa objektif dibumbui pembelaan berdasar fakta.

Intermezzo, tulisan dengan tema ini sebenarnya sudah pernah ditulis di blog lama yang nggak Top Level Domain (ehe). Tapi gue rasa tema yang bakal dibahas masih relevan sampai kapanpun sepanjang sekelompok masyarakat Indonesia masih memiliki stereotip bahwa matematika adalah pelajaran anak pintar.

Jadi pada suatu malam Ramadhan yang syahdu, gue bersama nenek, tante, dan dua tuyul alias sepupu yang kompakan gundul shalat isya' dan witir di masjid yang bukan langganan. Ceritanya Ramadhan Trip cari suasana baru. Shalat berlangsung khusyuk meski dua tuyul lucu bertemu dengan sebangsanya sehingga suasana menjadi hingar bingar di lapangan masjid.

Selesai shalat tarawih dan witir, kita beranjak dan beres-beres mau pulang. Eh tanpa dinyana gue berpapasan dengan ibu-ibu yang merupakan ibu dari salah satu teman SD. Gue pernah SD..................

Gue nyapa duluan, nggak mau sok ga kenal, hitung-hitung menyambung kembali silaturrahim /senyum menawan sambil nangkupin tangan ala mohon maaf lahir batinnya lebaran/.

Z= Zahrah
I= Ibu itu

Z= Assalamualaikum tante.......

I= Waalaikumussalam....ehh.....(mikir bentar, pangling kali ya)

Z= Hehehehehe (cengar-cengir aja kasih waktu lebih tebak-tebakan siapa gue)

I= Ehh, Zahrah yaa, temennya si Anu (nyebut nama anaknya)

Z= Iya te, hehe. Tante gimana kabarnya?

I= Alhamdulillah sehat. Kamu gimana? Sekolah di mana sekarang?

Z= Alhamdulillah saya sehat juga te. Di SMAN 3 te, hehe. Si Anu sekolah di mana te? Jurusan apa?

I= Anu sekolah di SMA Blabla jurusan IPS. Kalau kamu?

Z= Saya jurusan Bahasa te :)

I= Owalah, malah bahasa ya....

Z= Iya......(senyum garing)

I= Yasudah, tante duluan yaa~

Z= Iya tee

Begitulah. Sampai rumah gue tergolek lemas. Antara gue yang terlalu sensitif atau memang tendensi tante tadi kurang baik? Gue menangkap nada-nada mengejek/menghina/merendahkan ketika tahu gue jurusan Bahasa, masih bagusan juga anak beliau yang jurusan IPS.

Kalau dinarasikan, kira-kira seperti ini; temen gue jurusan IPS, which is sudah terkenal banget dengan label 'anak buangan IPA', nakal, rusuh, ricuh, blabla. Nah ketika tahu gue anak Bahasa, si tante lega karena level jurusan gue lebih rendah dari IPS. Bahasa 'anak buangan dari IPA dan IPS'. Mampas deh.

Bener aja ya gue tidak terima.

SAM_1045
Persiapan Deutsche Klasse dengan tema 'Summer Holiday'
Seakan-akan beliau tidak respect dengan jurusan kebanggaan gue, Bahasa. Memang kalau dilihat-lihat sepertinya kriteria masuk kelas Bahasa tidak sesulit jurusan IPS, apalagi IPA. Anak yang nilai IPA nya bagus-bagus bebas melenggang memilih 3 jurusan. Anak yang nilai IPS nya bagus cuma bisa memilih antara IPS atau Bahasa. Dan yang nilai Bahasa nya bagus, masuknya kalau tidak Bahasa ya IPS.

Dengan jurusan IPA, masa depan anda akan terjamin. Pilihan jurusan di universitas lebih banyak. Lapangan pekerjaan lebih luas. Anak IPA kece-kece.

Beberapa pemikiran umum mengenai jurusan IPA di atas tidaklah salah, sungguh. Namun bukan berarti jurusan lain levelnya berada di bawah IPA. Dibukanya program selain IPA justru menunjukkan adanya variasi petak kecerdasan manusia. Sayangnya sebagian masyarakat masih terpancang sehingga menutup mata dengan keadaan ini.

Gue ingin ada perubahan pandangan. Kelas bahasa bukan buangan. Kelas bahasa bukan anak tiri. Kami bukanlah sekumpulan anak yang bisa seenaknya dicap bodoh karena tersingkir dan terbuang dari seleksi program penjurusan.

#tsaaaah

Tidak usah ambil jauh-jauh. Contohnya saja kelas gue yang berisi 14 ekor ahli surga patuh pada orang tua dunia akhirat (AMIN). Kakak tingkat di atas gue cuma 6 helai, atasnya lagi 13 ekor.

Dibanding dengan program IPA atau IPS, jelas kami kalah jumlah. Program IPA ada 6 kelas dengan sekitar 36 makhluk per kelas. Program IPS ada sekitar 75 makhluk yang dibagi dalam 2 kelas.

Bisa dilihat betapa elitnya kami anak program bahasa bisa belajar dengan intensif karena tak lebih dari 15 orang. Ilmu bisa cepat diserap karena suasana hening alias kagok mau berisik karena bakal mencolok banget. Bimbang mau tidur atau berisik, karena akan sama-sama ketahuan dengan mudah.

SAM_4632
Kita juga jago main kartu. Gapleh, UNO, remi, apalagi?
Cerita sedikit.........

Gue pun mengalami masa galau memilih jurusan ketika kenaikan kelas dua SMA. Gua pingin IPA soalnya suka Biologi, gue pingin masuk IPS soalnya suka Sosiologi. Gue pingin banget bahasa soalnya gue suka bahasa Jepang, bahasa Inggris, bahasa Jerman (meski kacau banget penguasaan tata bahasanya), Antropologi, dan Sastra.

Setelah berdiskusi agak alot dengan orangtua dan searching sana-sini dikomparasikan dengan potensi dan peluang masa depan #tsaaaaaah, gue memilih program Bahasa dengan bangga dan bahagia dunia akhirat.

Meski pada waktu itu guru Biologi berkata, 'loh, kok milih Bahasa? Nggak mau IPA aja? Nilai Biologi kamu bagus loh.' Gue cuma bisa senyum-senyum malu dipuji. Tapi tetap, langkah gue pasti ke program Bahasa.

Bicara tentang teman gua yang lain, 85% adalah anak-anak yang nilainya sangat cukup untuk masuk program IPA. Berdasar survey ke seorang guru dan numpang ngintip rapor mereka, nilai-nilai IPA nya bagus banget. Beberapa guru juga mengakui mereka anak yang cerdas dan sopan. Tuhkan, kualitas kelas gue tuh premium B)

Gue berani bilang kaya gitu karena memang ada bukti konkritnya kok. Anak bahasa sering banget maju ke depan waktu upacara bendera hari Senin. Bukan karena kami begundal pelanggar aturan, tapi maju kehadapan untuk menerima piala tanda prestasi secara simbolik oleh kepala sekolah. Keren kan!

SAM_4533
Borong piala di ajang Bulan Bahasa SMAN 2 Surabaya
(Terimakasih kepada teman-teman yang sudah berpartisipasi mengharumkan nama program Bahasa)

Sudah tradisi di sekolah gue, program bahasa itu tukang boyong piala. Ketika awal masuk kelas 2 di mana gue dan yang lain memulai hari baru dengan cap 'anak Bahasa', sesungguhnya kami dibayangi oleh cerita-cerita masa lalu kakak kelas Bahasa. Apakah masa lalu yang kelam? Tentu tidak. Masa lalu itu begitu bercahaya sehingga kita menanggung berat, 'apakah kita bisa kaya kakak kelas sebelumnya? Mempertahankan harga diri berprestasi' #tsaaaaah.

Sewaktu SMP, gue sudah sering mendengar prestasi-prestasi yang diukir anak Bahasa di SMA 3 Sidoarjo (sekolahku<3). Dan ketika semakin menajajaki hari demi hari di kelas bahasa, gue bisa merasakan atmosfir perjuangan itu tidak main-main.


1530312_10201610572686339_320383023_n

Bukannya mau sombong, tapi dengan bangga inilah beberapa prestasi anak Bahasa (yang gue tahu selama 2011-2014 ya):

Juara I Baca Puisi Bahasa Jepang UNITOMO 2013 tk. Jatim
Juara I Musikalisasi Puisi tk. Kabupaten 2013
Juara II Drama tk. Kabupaten 2013
Juara II Akustik Lagu Jerman di UM tk. Jatim 2012
Juara II dan III PUJ (pengetahuan umum Jerman) UNESA tk. Jawa-Bali 2012
Juara I Drama Jerman UNESA tk. Jawa-Bali 2012
Juara II Baca Puisi FLS2N tk. Kabupaten 2013
Juara III Qiraah FLS2N putri tk. Kabupaten 2013
Juara I, II, dan III PUJ SMA 2 Surabaya tk. Jatim 2013
Juara I, dan II Mendongeng Jerman SMA 2 Surabaya tk. Jatim 2013
Juara III Benron (Pidato Bahasa Jepang) tk. Provinsi
Peserta AFS sampai ke Amerika
Dari apa yang dicapai dengan ukuran piala atau sertifikat seperti di atas, kami mendapat lebih dari itu. Kami pun sering mengalami kekalahan. Tapi bukan berarti kami adalah loser, itu hanya temporary. Yang paling berkesan adalah pengalaman berdiri di atas panggung menampilkan yang terbaik, meningkatkan fokus di sebuah ruangan dingin demi mengerjakan soal tanpa salah, menegakkan kepala saat bernyanyi dengan bahasa asing........

SAM_0873
Intensif, aktif, partisipatif, motivatif, inspiratif, interaktif, cara belajar yang efektif.
Ah sungguh.........................

Ada yang bilang, 'bahasa mah gampang pelajarannya'.

Yuk jawab jujur, berapa nilai bahasa Indonesia anda? Selalu sempurna? Wah harusnya memang begitu dong. Kan bahasa Indonesia adalah bahasa ibu, pasti mudah!

Tapi faktanya? Yuk mengurangi kepandaian meremehkan sesuatu :) hehe.

Asyiknya lagi menjadi bagian dari squad kelas Bahasa adalah mendapat perhatian lebih dari guru-guru. Bagaimana tidak, siswanya jauh lebih sedikit daripada jurusan lain. Jumlah kami waktu itu memang hanya 14 ekor, tapi percayalah kami ini punya tajuu kagebunshin no jutsu alias jurus seribu bayangan wkwwkwkw. Manifestly 14 tapi seperti 1000 orang satu ruangan.


SAM_4920
Classy class, attending orchestra concert B) 
Biasa, anak Bahasa memang berisik, tapi berisi #tsaaaah.

Jadi, bagi para adik-adik yang sedang memilih jurusan......percayalah jurusan apapun bisa mendatangkan ilmu yang bermanfaat. Bukan main apabila adik sekalian mengecek ulang bakat dan minat. Diharapkan, kalian semua bisa belajar dengan menyenangkan dan semangat karena ada bakat dan berminat, okay?

Yang masih ragu-ragu memilih Bahasa. Begini dek, 'bahasa merupakan alat komunikasi bersifat arbitrer yang digunakan oleh sekelompok masyarakat untuk berinteraksi dan mengidentifikasi diri'.

[tujuh]

Bahasa bukan hal yang remeh. Kalau ditelaah, daripada sebuah penemuan teknologi yang canggih, perkataan lah yang bisa memutarbalikkan poros ideologi dunia ini.

Whoops! Bukannya meremehkan, sekedar untuk renungan saja :)

Tapi bukan berarti masuk kelas bahasa lantas juara lomba-lomba. Kami di kelas bahasa pun belajar keras, perlu PEMBUKTIAN. That’s the important point. Whatever major you take, science/social/fashion/hospitality/sport, you need to PROVE and take the responsibilities of your choice.

IMG_9959
2 JUNI 2014

Rabu, 11 Januari 2017

Bakso Cak Pitung Sidoarjo, Sabar Antre?

DSC_0143

Bakso Cak Pitung - Tersebutlah masa senja kala di mana masih menggunakan seragam putih biru kebanggaan anak baru gede lulus esde. Kala itu inflasi tidak semengerikan sekarang. Kurs masih naik turun di angka 9.000 rupiah. Dapat kembalian permen rasanya senang dan legawa karena sebanding seratus rupiah untuk sebungkusnya. 

Assalamualaikum para Benang Sari dan Putik ku tercinta, haha. Kali ini akan saya bawa anda ke sebuah tempat yang tidak diketahui oleh Pewdipie /apasih. Mungkin kelihatannya sederhana sekali mengulas tentang bakso, warung lagi. Ah pokoknya kalau ke Sidoarjo cobain sendiri deh ya~

DSC_0130
Baru saja buka, dan parkiran sudah sepenuh ini.
Adalah sebuah warung bakso yang sudah ada sejak saya SMP, bahkan mungkin lebih lama dari itu. Bakso yang terkenal seantero Sidoarjo ini bertempat di daerah Kantor Pos Sidoarjo, tepatnya di jalan Gajah Magersari dekat dengan Alun-Alun Sidoarjo. Sayang sekali tidak bisa dijangkau dengan kendaraan umum karena masuk ke gang. Tapi tak begitu jauh dari jalan raya, bisa ditempuh dengan berjalan sekitar 10 menit.

DSC_0128

Bakso Cak Pitung mulai buka jam 11.30, namun antrean sudah terbentuk bahkan sejak jam setengah sebelas. Kursi sudah penuh terisi, sisanya menunggu sang juragan datang untuk melayani. Dari mulai pekerja pabrik, kantoran, hingga anak sekolahan berjajar rapi mengantre giliran. Yang ingin makan ditempat antre di sebelah kanan, yang ingin bungkus silahkan antre di sebelah kiri gerobak.

Bahkan ada yang datang sebelum gerobaknya datang. Wah, seberapa enak sih Bakso Cak Pitung ini?

DSC_0131

Inilah dia tersangka yang membuat orang-orang menunggu dengan sabar (Cak Pitung memakai kaos garis-garis abu-abu dan oranye sedang menghadap ke belakang).

Teringat kemarin mengajak umik kesini, namun demi melihat antrean yang sudah mengular hingga hampir ke jalan raya, akhirnya kami urung. Selang beberapa hari kemudian ditemani Dwi, teman SMA, saya akhirnya berada di antrean. Sempat sangsi juga karena melihat banyak orang sudah berkumpul.

Betapa tidak, jam 11.20 kami datang tempat parkir hampir penuh, kursi terisi semua. Demi merasakan kembali bakso kenangan jaman SMP, dengan sopan akhirnya saya meminta geser dua mba-mba agar kami bisa duduk, hehe.

DSC_0132

Yang ini namanya bakso Mercon. Biasanya cabe diisikan di tengah bakso, tapi ini tidak. Adonannya berupa adonan bakso dengan potongan cabe kasar dengan potongan jamur. Rasanya? Mungkin anda tidak perlu menambahkan sambal, pedas! Tapi bumbunya tetap terasa dengan potongan jamur yang membuatnya kenyal. Satu bakso Mercon dibandrol dengan harga 5K.


DSC_0133
Siomay, untuk kamu. Pick me pick me pick me up!
DSC_0137

Ada pula bakso kecil, bakso jamur, dan bakso urat yang harganya berkisar antara 5K-7K. Pada waktu itu saya maunya pesan satu butir tiap jenis. Namun alhamdulillah, karena masih kuat iman dan menjunjung nilai-nilai kecukupan, saya hanya memilih bakso Mercon, bakso Keju, siomay, dan gorengan. Tidak boleh serakah :) (padahal kunjungan selanjutnya sudah direncanakan akan membeli jenis lain yang belum dicoba, hehe). 

DSC_0136

Tak ketinggalan yang paling juara dan laris adalah bakso isian Keju dan telur rebus utuh. Bakso keju dan telur dihargai 7K/butir. Bakso keju inilah yang membuat saya sampai kepikiran, masuk ke dalam mimpi tidur siang. Saking larisnya, biasanya jam 4 sore sudah ludes semua.

DSC_0135

Enaknya, di sini kita bisa beli custom alias bebas memilih mau bakso apa. Jadi bisa menyesuaikan dengan kocek. Ohya, selain siomay dan bakso berupa jenis tadi, tersedia pula gorengan dan tahu goreng. Gorengan biasa seharga 500 perak, sedangkan gorengan bulat berisi telur puyuh seharga 2K.

DSC_0139

Menurut saya, mengapa Bakso Cak Pitung bisa begitu laris terletak pada kuahnya. Tidak seperti bakso Solo yang kuahnya cenderung bening. Kuah Bakso Cak Pitung kaya rasa dan rempah. Saya bisa merasakan sedikit rasa jahe yang membuatnya sangat pas disantap pada saat musim hujan seperti ini. 

DSC_0141

Ini dia penampakan bakso isian keju yang saya pesan. Ukurannya besar, pun potongan kejunya. Seperti yang pernah saya bilang beberapa kali, nothing goes wrong with cheese, stay classy! Lain waktu, mungkin kejunya bisa di upgrade menjadi keju mozarella :) #tsaaaaah. Bayangkan coba, molor-molor cheesy, so irresistible! -mulai ngeces-. 

DSC_0145

Sehabis makan bakso enak tak lengkap rasanya tanpa es di siang hari yang panas di Kota Sidoarjo. Sayapun memesan es teh seharga 2K ini. Murah kan?

Saran untuk Cak Pitung, mungkin kursi dan meja bisa ditambah lagi mengingat pengunjung yang membludak. Kasihan kalau sudah pegang mangkok, tapi masih harus berdiri untuk menunggu ada yang selesai makan. Apalagi kalau Bakso Cak Pitung dijadikan tempat rumpi atau reuni seperti yang saya lakukan dengan Dwi. Alhasil karena merasa tahu diri (waks xD) kami pindah ke tempat parkir.

Kamis, 05 Januari 2017

10 Hal yang Harus Dilakukan Kalau Main ke Lombok

DSC_0202

Dong ayok ke Lombok = ayok dong ke Lombok!

INDONESIA, adalah sebuah negara dengan belasan ribu pulau, tempat melintangnya garis equator, dan lewatnya jalur sirkum mediterania. Puncak tertingginya berupa gunung karang berselimut salju abadi bernama Cartenzs yang berada dalam kawasan pegunungan Jaya Wijaya. Laut Sulawesi berbentuk basin besar dengan kedalaman 6,2 km menjadi yang terdalam. Selain itu juga masuk dalam jajaran 10 negara yang memiliki kawasan hutan terbesar di dunia, sekitar 884.950 km2

Kesampingkan sejenak masalah pemerintahan, korupsi, utang negara, birokrasi, dan egoisme ke-SARA-an.

Mengais ingatan satu bagian yang dikisahkan Agustinus Wibowo dalam bukunya bahwa, seorang pejalan dari negeri seberang pernah berkata bahwa Indonesia adalah hidden paradise. Apa yang tidak bisa didapatkan di sini? Musim panas yang ceria, hujan yang melankolis, salju abadi, gurun pasir, dataran tinggi hijau di mana-mana, pepantai sopan dan tidak sopan, hingga jajaran gunung aktif yang berjajar siap untuk memuntahkan lahar panasnya sewaktu-waktu.

Sering lirikan mata saya berkelana mengintip kemegahan negara-negara lain hingga terus tumbuh rasa ingin berkelana kesana-kemari. Budaya dan bahasa asing bagai lambaian memanggil dengan rayuan mautnya. Dari kecil saya sangat tertarik dengan hal baru yang tidak dijumpai di sekitar. Salah satunya adalah mimpi berinteraksi dengan masyarakat yang memiliki adat kebiasaan yang sama sekali berbeda.

Kemudian pada beberapa kesempatan saya mengobrol dengan teman yang berasal dari luar negeri lewat interpals. Mereka berkata saya sangat beruntung tinggal di Indonesia. Alamnya amazing! Cahaya teriknya melegakan bagi kebanyakan orang barat, sedang teman yang berasal dari Sudan sampai tak berkedip menyaksikan air terjun di Malang.

Bentuk alam di luar negeri sana, hampir semuanya bisa ditemukan di Indonesia.

Beberapa bulan yang lalu saya berkesempatan untuk melakukan sebuah perjalanan ke arah timur Indonesia. Dengan itinerary yang kadang-kadang tidak dipatuhi, saya rangkumkan beberapa hal yang harus anda lakukan ketika main ke Lombok. Intip dan eksplor sejauh yang anda mampu!

1. Menghadiri Pesta Matahari Terbenam di Bukit Malimbu

DSC_0041

Terletak di Lombok Utara, tak seberapa jauh dari deretan hotel dan bungalow di pantai Senggigi. Mata anda akan dimanjakan sepanjang jalan. Ada beberapa titik strategis untuk melihat matahari terbenam. Contohnya Bukit Malimbu, Bukit Nipah, dan Makam Batu Layar. Kesemuanya bersisian dalam satu jalur. Bila sore cerah, banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang sekedar kongkow. 

Pemandangannya asyik banget bro, mataharinya langsung tenggelam di laut. Epicnya, seakan-akan ada sebuah jalur emas yang terbentuk akibat pantulan cahaya kuning temaram matahari. Banyak pula warung yang menyediakan ikan bakar dan kelapa muda. Cerita selengkapnya di sini (*≧艸≦)

2. Lewat di Islamic Center Nusa Tenggara Barat

IMG_9896

Berdiri megah di Jl. Langko no. 5 Gamong, Selaparang, Mataram, Islamic Center Nusa Tenggara Barat memiliki visi menjadi tempat muhasabah masyarakat NTB khususnya ummat Islam. Gaya arsitekturnya modern dengan perencanaan pembangunan yang rapih dan apik, fasilitas publik ini diharapkan dapat memadukan fungsi syiar Islam, pengembangan kegiatan pendidikan dan kegiatan sosial, ekonomi, budaya, dan rekayasa sosial lainnya bagi kemajuan masyarakat.

Maunya tarawih di bangunan baru yang bagus itu, tapi ternyata belum (atau mungkin tidak) difungsikan sebagai tempat ibadah. Jadi kalau mau shalat di Masjid At-Taqwa yang berada di seberang jalan.

3. Sa'i di Perbukitan Pantai Seger

DSC_0204

Sa'i adalah salah satu istilah dalam ibadah haji, yaitu berlari kecil antara bukit Shafa dan Marwah. Dan ini yang harus anda lakukan di perbukitan Pantai Seger. Anada akan menemukan pemandangan baru ditiap puncak bukitnya. Nikmati pantai dari tepi-tepi bukit dengan berlari, agar angin tertarik untuk menggodamu #tsaaah.

Pantai Seger seakan sebuah kompleks pepantai. Di bagian sini terdapat pantai dengan tumpukan pecahan batu dengan ombak yang tenang, di bagian sana ada pantai berombak besar untuk berselancar, dan tak jauh dari sana ada juga garis pantai tenang yang lain. Ajib deh pokoknya. Kadang-kadang ada penggembala yang membawa kerbau-kerbau gemuknya merumput di bebukitan. Hayo adu kuat siapa yang paling dulu sampai di puncak! Cerita selengkapnya di sini 
(ノ ̄ー ̄)ノ ● \(^ω^\)

4. Rehat Sejenak di Pantai Tanjung Aan

IMG_0085

Habis lari-larian naik turun bukit di pantai Seger, saatnya ngadem di pantai Tanjung Aan. Duduk di bawah jejeran pohon cemara yang teduh sambil main pasir merica atau berayun di ayunan kayu yang intagram-able banget bisa jadi pilihan terbaik. Di sini juga tersedia banyak gubuk dan kios makanan. Dibanding pantai Seger, pantai satu ini lumayan lebih ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Jaraknya hanya sekitar 15 menit saja.

Menariknya, wisatawan lokal terlihat nyaman bercengkrama santai di bawah rumabaian jerami gubuk. Sedangkan para wisatawan mancanegara dengan asyiknya berjemur di kursi santai atau bermain air. Sedikit jauh di depan bibir pantai, terdapat barisan bukit rendah sehingga menghalau ombak dari lautan lepas. Jadilah pantai berombak sopan. Semakin siang, biru laut dan langit semakin menyala dengan menawan. Cerita selengkapnya di sini (。≖ˇ3ˇ≖。)

5. Bikin Video Klip di Bukit Merese

IMG_0129

Siapapun yang pernah menonton video klip Mimpi nya Isyana Sarasvati dan Sementara Sendiri nya Geisha pasti familiar dengan tempat ini. MTMA The Movie juga pernah loh menyambangi Bukit Merese. Dan yang menjadi ikon utama adalah satu-satunya pohon kering yang terlihat rapuh namun kokoh di ujung bukit. Tak ada tanaman tinggi selain pohon tersebut. Kalau kepanasan sendiri....kehujanan sendiri......diajak foto sendiri.....

Masih satu kompleks dengan Tanjung Aan, kita hanya perlu berjalan (motor juga boleh, tapi harus bayar lagi IDR 5k) sekitar 15 menit untuk mencapai perbukitan Merese. Bila sedang musim hujan, bukit Merese akan terlihat seperti hamparan karpet hijau. Lain halnya ketika musim kemarau, menurut saya lebih epic karena seluruh permukaannya menjadi cokelat kekuningan. Cerita selengkapnya di sini ✺(^▽^✺) ✺(^O^)✺ (✺^▽^)✺

6. Menyaksikan Kegagahan Gunung Agung dari Bukit Nipah

DSC_0027

Harus melipir kesini. Tirai kebiruan sang langit menyapa lembut kedalaman misteri sang laut. Nyiur melambai lembut menjadi pengawal langkah menuju sang Agung dari daratan Bali nun jauh di sana meski hanya semburat bayangan. Tiga gili yang bersahabat juga bisa terlihat dari sini.

Bukit Nipah menjadi titik yang tidak boleh terlewatkan. Banyak rombongan wisatawan lokal maupun mancanegara yang menuju tiga gili pasti menyempatkan berhenti sejenak di sini. Ssssssttt, tukang parkirnya yang merangkap jadi guide ramah banget loh. Terbiasa mendapat kunjungan wisatawan, jangan ragu untuk minta difotokan kalau tidak bawa tripod (pengalaman pribadi, hehe). Cerita selengkapnya di sini ⊂( ◜◒◝ )⊃

7. Keliling Gili Air

DSC_0150

Gili Air, salah satu dari tiga serangkai pulau mungil menggemaskan di Lombok Dengan luas sekitar 175 ha, anda bisa mengelilingi keseluruhannya dalam waktu sekitar 2 jam an. Ga perlu jauh-jauh ke luar negeri, jalan-jalan di sini papasan mulu sama wisatawan mancangera. Dua hari kala itu di sana, saya tidak bertemu dengan wisatawan lokal SATUPUN.

Pinggiran Gili Air dijejeri beragam jenis kafe, bungalow, penyedia layanan perjalanan, kedai, tempat pijat, yoga, dan lain-lain. Pesisirnya juga lumayan tenang, bahkan ada beberapa titik yang benar-benar tenang, hanya kecipak yang terdengar. Karena tak ada bangunan tinggi, bisa banget untuk menikmati sunset dan sunrise dari sisi pulau yang berbeda. Apalagi sunrise nya ditemani didampingi pegunungan Rinjani di sebelah sana. Cerita selengkapnya di sini ༼ つ ▀̿_▀̿ ༽つ

8. Nganar ke Sekotong

DSC_0139

Nganar sudah......nganar bahasa Lampung yang artinya ngga jelas ngapain. Buanyak banget pantai terbuka sepanjang jalanan daerah Sekotong. Bersih, sepi, tenang. Di sini juga ada beberapa gili yang namanya belum seterkenal tiga gili di sana, padahal sama-sama bagus. Berada di daerah Sekotong menghadirkan nuansa Bali rasa Lombok karena berdekatan dengan pelabuhan Lembar. Cerita selengkapnya di sini (ノ ̄ω ̄)ノ

9. Menyaksikan Keganasan Ombak Mekaki

DSC_0252

Terus saja nganar dari Sekotong akan membawa anda menuju Mekaki Bay Resort. Ntah di sebelah mana bangunan untuk beristirahatnya, saya belum keliling waktu itu. Nah inilah pantai yang out of the box, beda sendiri. Bibir pantaianya melengkung panjang dengan ombak yang besar berdebum. Suara yang ditimbulkan riuh ramai. Jadinya keki mau mendekat dan main air meski jernih. 

10. Makan Ayam Taliwang

Harus coba, di rumah makan Kania di Mataram. Maaf tak ada foto, keburu berang ngabisinnya, hehe.

(つ・▽・)つ⊂(・▽・⊂)

Begitulah segelintir kisah si-ingin-tahu. Daripada meratapi nasib tak kunjung diberi kesempatan lompat ke luar negeri, mending rencana tipis-tipis mengitari Indonesia yang punya ribuan pulau. Sampai habis masa hidup, keindahan Indonesia tak akan habis pula untuk dijelajahi. Bersyukur lagi, bersyukur terus, bersyukur setiap waktu. Kapanpun dimanapun. Banyak manusia-manusia di luar sana yang justru iri dengan negara agraris kita, Indonesia.

Daratannya menawan lautannya mendebarkan.

Apakah berarti sirna sudah keinginan ke luar negeri? Tentu tidak. Pastinya tiap daerah di dunia ini mempunyai daya tarik masing-masing. Masih terus berdoa supaya Allah beri kesempatan bisa kesana-kemari.

Pesan saya, marilah bersama-sama menjaga keindahan Indonesia. Baik alamnya maupun akhlaknya. Tak melulu menanam seribu pohon, membuang sampah sekecil apapun pada tempatnya saja sudah hebat. Jangan biarkan generasi selanjutnya hanya bisa gigit jari menelusuri blog-blog para traveler, karena mendapati tempat-tempat indah tersebut berubah tak terawat atau menjadi lautan sampah.

Cukuplah generasi kami yang tak pernah mendapati Marsupilami secara langsung, houba!

Sudah ah, nanti baper sama yang suka buang sampah sembarangan, pingin getok kepalanya biar sadar estetika melakukan perjalanan #tsaaaaah. 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Postingan Bersama – The Best Traveling Moment 2016″ oleh Indonesia Corners

PHOTO-768x427

Jumat, 30 Desember 2016

Wisata Halal Cheria Travel Goes to Korea, Let's Explore The Land of Morning Calm!


난 난 꿈이 있었죠
버려지고 찢겨 남루하여도
내 가슴 깊숙히 보물과 같이
간직했던 꿈
나를 지켜봐요
저 차갑게 서 있는

운명이란 벽앞에
당당히 마주칠 수 있어요

I have a dream,
Even if I’m thrown away or ripped to shreds
Deep in my heart
I have a dream as precious as gem
Please watch over me
Standing in front of that cold wall called fate

I can firmly face it

(Insooni - A Goose's Dream)

Hari gini siapa sih yang tidak mengenal negara Korea Selatan? Dari mulai remaja yang baru gede sampai ibu rumah tangga sudah bisa nyeletuk 'oppa-oppa', 'eoddeohke', 'jinjja?', 'jeongmal!' dan 'omo omo omo!!!'. Peran dunia hiburan ditunjang kemajuan teknologi yang pesat membuat Korea dikenal secara luas.

Drama-drama Korea yang berisi oppa-oppa ganteng dan eonni-eonni cantik seliweran menghiasi televisi Indonesia. Tak hanya itu, wabah K-Pop (Korean Pop atau Hallyu Wave) sukses menggaet remaja-remaja Indonesia bahkan dunia. Termasuk saya, hehehe. Banyak bermunculan grup dance cover dan flashmob dengan menggunakan koreografi boyband dan girlband Korea.

Dulu sekitar tahun 2009, K-Pop belum setenar sekarang. Banyak yang mencibir dan bertanya kepada saya mengapa suka lagu-lagu K-Pop. Mereka beranggapan warna musiknya aneh, bahasanya tidak dimengerti, dan menari sambil menyanyi lebih aneh lagi. Yang dianggap aneh oleh teman-teman, justru saya anggap sesuatu yang menarik.

Saya cenderung menyukai sesuatu yang implisit. Kalau lagu Indonesia kan saya sudah paham bahasanya, tidak ada tantangan. Sedang lagu K-Pop harus dicari dulu artinya baru paham. Nah di sini asyiknya! Dari kecil saya suka belajar bahasa asing. Dan bahasa Korea caught my eyes from the first time, apalagi aksaranya tidak menggunakan alfabet melainkan hangeul. Wah, jadi bisa menulis diary rahasia yang semua orang tidak akan tahu maksudnya, hehehe.

Banyak sekali reality show yang menampilkan potret kehidupan masyarakat dan budaya Korea. Drama-drama romantis juga tak mau kalah berlomba menyuguhkan keindahan Korea lewat lokasi syuting yang digunakan. Sebut saja Winter Sonata dengan pulau Nami, Boys Before Flower dengan pulau Jeju, dan Jewel in The Palace dengan Korean Folk Village nya.

Maka dari itu tak heran beberapa tahun belakangan ini jumlah wisatawan yang ingin menikmati tempat-tempat ala  drama Korea membludak. Masih belum punya gambaran? Tak usah ragu tak usah bimbang! Telah hadir Cheria Travel yang menyediakan daftar perjalanan seru anda di Korea Selatan.


Tenang, meski Korea Selatan adalah negara minoritas muslim namun Cheria Travel akan memastikan bahwa perjalanan anda akan tetap halal dari segi destinasi maupun konsumsi. Karena Cheria Wisata Tour Travel Halal adalah yang terlengkap di Indonesia. Didampingi pemandu wisata yang profesional dan menyenangkan, inilah tiga hal asyik yang akan anda dapatkan jika mengambil Paket Tour Wisata Halal ke Korea bersama Cheria Travel:

DESTINASI MEMPESONA

1. Pulau Nami

www.images.packist.com
Saya tidak mengikuti kisah dalam drama Winter Sonata, tapi tahu pasti bahwa pulau Nami adalah destinasi yang sangat populer. Tempat syuting Winter Sonata ini memang sangat indah. Bagaimana tidak, pohon mapel nya yang berjajar rapi seperti aisle. Bayangkan musim gugur berada di sini, dedaunan mapple yang menguning menguarkan aroma romantis #tsaaaah. Tak heran di musim apapun pulau Nami tetap menjadi primadona. Dari hasil blogwalking di blognya teh Dian, ada sebuah mushalla kecil yang terletak di lantai dua gedung Nami Library. Mushalla nya minimalis, bersih, dan nyaman. Selain itu terdapat fasilitas berupa tempat wudhu, sajadah, mukenah, dan Al-Qur'an.

2. Keliling Seoul

Kota metropolitan ini merupakan markas bagiperusahan-perusahaan besar seperti Samsung, KIA, LG, dan Hyundai. Kerennya, lambang modernitas dan kemajuan teknologi yang tinggi itu berdampingan rukun dengan situs-situs warisan budaya dunia versi UNESCO di Seoul. Bahkan ada sebuah lagu  yang dinyanyikan oleh boyband Super Junior dan girlband Girls' Generation untuk merepresentasikan kota Seoul dengan judul, S.E.O.U.L. Song.

Yes~! 느껴봐 희망 가득한 세상 
Yes~! 저기 높은 미래 향해서 
S.E.O.U.L 함께 불러봐요 꿈이 이뤄질 아름다운 세상 
디서나 즐거움이 넘치는 곳 사랑해 
S.E.O.U.L 함께 외쳐봐요 어디서라도 웃을 수 있는
행복 모두가 하나되는 세상 만들어요

Yes~! Feel the world full of hope 
Yes~! Towards that high future over there 
S.E.O.U.L. Call it with me, the beautiful world that makes my dreams come true 
The place where joy overflows wherever I go~ I love you~ 
S.E.O.U.L. Shout it with me, the happiness that can laugh 
Anywhere~~ We make a world where everything becomes one

Istana Gyeongbok
www.netpacker.com
Istana ini adalah yang paling megah di Korea Selatan. Terdapat beberapa kompleks yang bangunannya yang kekhasan dan keindahannya masih terawat dengan baik, yakni Gyeonghoeru (paviliun), Geoncheonggung (istana), dan Gwanghwamun (gerbang). Sekitar tahun 1910 banyak bangunan yang dihancurkan pada saat pendudukan Jepang, setelahnya pemerintah Korea berusaha untuk membangun kembali mirip seperti aslinya. Kompleks istana ini sering dijadikan lokasi syuting serial drama kolosal juga. Arti nama istana ini juga bagus, yaitu 'istana yang diberkahi surga'.

Istana Presiden 'Blue House'
www.takenote.my
Lokasinya tepat di belakang istana Gyeongbok. Jadi, sekali jalan dua tempat bersejarah dilalui! Dinamakan 'Blue House' karena atapnya berwarna biru. Diapit oleh gunung besar dan sungai panjang yang dipercaya mendatangkan kekuatan dan kemakmuran. Inilah dia istana kepresidenan Korea Selatan. Indah ya!

3. Jelajah Gunung Seorak

Mount Seorak National Park
www.dhafirholiday.com
Taman nasional ini bertempat di gunung tertinggi ketiga di Korea Selatan, Seorak. Sebagai cagar alam yang ditetapkan pada tahun 1965, Taman Nasional Gunung Seorak merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena keanekaragaman hayati dan terdapat berbagai fauna langka, UNESCO menetapkan kawasan ini sebagai Distrik Pelestarian Biosfer pada tahun 1982.

Gwongeumseong Fortress
www.seoulnski.com
Adalah situs reruntuhan kastil yang dipercaya dibangun pada zaman dinasti Goryeo, Gwongeumseong Fortress. Dapat dicapai 1-2 jam menuju puncaknya. Namun tenang, bagi yang ingin menghemat waktu bisa menggunakan kereta gantung yang tersedia. Pemandangan yang didapat sangat menakjubkan. Jejeran pegunungan dengan puncak-puncaknya yang tertutup salju putih pada saat musim dingin akan membuat anda berdecak lidah penuh kagum.

Great Bronze Buddha
www.koreafreeandeasy.blogspot
Patung Buddha dalam posisi duduk yang terbuat dari perunggu ini terletak di depan Ijumun gate dan sudah berdiri anggun sejak abad 18. Sebutan lainnya adalah Tongil Daebul. Oleh masyarakat Korea, Great Bronze Buddha mewakilkan rasa persatuan negara Korea. Tahu tidak? Patung Buddha ini dibangun selama 11 tahun loh.

4. Pulau Jeju

seongsan sunrise peak cebupacificair.vn
www.cebupacificair.vn
Siapa yang tidak mengenal pulau Jeju? Sangat populer di antara para penggemar K-Pop dan disebut-sebut sebagai 'Bali' nya Korea karena keindahannya yang sangat menawan. Yang terkenal adalah Hallasan, yakni gunung tertinggi di Korea. Ketinggiannya 1.950 mdpl dan dapat didaki hanya dalam sehari! Tapi untuk keamanan, pengunjung harus turun sebelum matahari terbenam.

Seongsan Ilchubong

www.justgola.com
Selain itu juga ada Seongsan Sunrise Peak seperti foto di atas. Berada di ujung timur pulau Jeju, jajaran 99 batu tajam membentuk tempat ini seperti mahkota. Puncaknya dihampari bunga Canola kuning imut. Di sini juga merupakan titik pandang matahari terbenam maupun terbit yang strategis karena langsung menghadap ke laut, keren kan?

Hello Kitty Land

www.sentraholidays.com
Terdiri dari kitty house, art gallery, music education hall dan hello kitty cafe, tempat ini adalah sebuah bangunan di mana pengunjung dapat menikmati berbagai jenis pameran yang dengan tema Hello Kitty, karakter kucing manis asli Jepang. Hampir semua perabot didesain khusus menyerupai Hello Kitty, siapa yang tidak gemas hayo!

Mystery Road

www.trpzilla.com
Ada apa dengan jalan yang terletak di sebuah bukit di kaki gunung ini? Jadi mystery road  atau dokkaebi adalah jalan yang menghubungkan dua jalan raya utama menuju Jeju, di mana terdapat medan magnet yang kuat sehingga terjadilah fenomena alam yang tak biasa. Tanpa dikendalikan supir, kendaraan dapat bergerak dengan sendirinya. Air pun tak mengalir ke tempat yang rendah, justri ke tempat yang lebih tinggi. Kejadian ini pada mulanya ditemukan oleh seorang supir taksi pada tahun 1980. Wah, yuk mari buktikan sendiri di sini!

Yongduam Rock (Dragon Head Rock)

www.imanuyudi.wordpress.com
Dinamakan 'Batu Kepala Naga' karena salah satu batu tersebar di sini berbentuk seperti kepala naga. Dikisahkan Raja Naga tengah mencari obat kehidupan di sekitaran gunung Halla. Namun diserang ruh penjaga gunung dan akhirnya jatuh ke laut, dengan menyisakan kepalanya saja di atas permukaan air. Pahatan hasil alam batuan di pinggir laut ini menyuguhkkan pemandangan yang eksotis, ya kan? 

Museum Teddy Bear

www.stripes.com
Masih ingat dong pose-pose Pangeran Shin dan si ceroboh Chaekyung dalam drama Princess Hours? Ituloh yang diakhir episodenya kemudian menampilkan duplikasinya dalam bentuk boneka beruang yang lucu. Nah di museum Teddy Bear ini anda juga akan menemukan berbagai macam bentuk boneka beruang dari masa ke masa bahkan seluruh dunia. Kerennya lagi, adapula teddy bear 'Monalisa' dan 'The Last Suppper' nya Leonardo Da Vinci. Dari dalam galeri mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan laut Jungmun.

5. Masjid Pusat Seoul

Seoul_central_mosque_01 (1)
id.wikipedia.org
Korea Selatan menyuguhkan kehebatan alam Sang Pencipta. Maka dari itu sebuah keharusan untuk mengunjungi sembari beribadah dengan tenang dan khusyuk di Seoul Central Mosque yang terletak di Yongsan-gu, Itaewon, Seoul. Sebagai satu-satunya masjid di Seoul dan yang terbesar di Korea Selatan, masjid ini menjadi titik pusat kegiatan keagamaan. Lantai 1 sebagai kantor Federasi Muslim Korea, sedangkan lantai 2 dan tiga untuk ibadah. Selain itu juga terdapat lembaga pendidikan agama untuk anak-anak.

Masjid ini berdiri tahun 1976 dan diperluas tahun 1991 dengan bantuan negara Arab Saudi. Dua menara yang kokoh mengapit tulisan 'Allahu Akbar' berwarna hijau tentu menggetarkan hati setiap muslim di tengah hiruk-pikuk kota metropolitan, Seoul.

SEMARAK BUDAYA DAN BELANJA

1. Mencoba Hanbok

www.twicsy.com - www.kpopmusic.com
Tampannya Jung Yunho dan Shim Changmin TVXQ dan anggunnya girlband A-Pink dalam balutan hanbok.

Pergi ke Korea tak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh foto menggunakan hanbok, ya kan? Tenang saja, Cheria Travel akan memberikan anda kesempatan untuk mencoba hanbok. Hanbok merupakan pakaian tradisional Korea dengan berbagai aksesoris khas yang indah. Umumnya berwarna cerah dengan motif garis sederhana dan chima lebar yang anggun. Kalau dilihat-lihat, hanbok seperti pakaian syar'i ya hehehe.

2. Membuat Kimchi

www.cloudfront.net
Kalau Jawa harus ada sambal ditiap menu makanan, orang Korea punya Kimchi. Kimchi adalah asinan sayur hasil fermentasi dengan bumbu pedas. Biasanya menggunakan sawi putih atau lobak, yang mana bahan-bahan tersebut tinggi serat namun rendah kalori. Selain itu kimchi dpaat menurunkan tekanan darah, membangkitkan selera makan, dan melancarkan pencernaan. Bersama Cheria Travel anda akan diajak membuat kimchi secara langsung di Korea!

3. Dongdaemun Market

www.agoncillokh.wordpress.com
Surganya barang-barang high-end dengan harga murah! Berbagai macam barang ada di pasar terbesar di Korea Selatan ini. Pintar-pintarlah menawar. Praktekkan aegyo (cuteness) semaksimal mungkin, bisa jadi ajusshi-ajusshi atau ajumma-ajumma pemilik toko akan luluh dengan kedipan mata anda, hehe. Tak hanya tempat berbisnis, Dongdaemun Market juga dimanfaatkan sebagai ajang pertunjukan seni seperti konser musik KLive Hologram yang dihelat oleh YG Entertainment, fashion show, dan berbagai macam festival lainnya. 

4. Ginseng Center

www.businesskorea.co.kr
Tanaman rimpang yang kaya akan manfaat ini banyak dibudidayakan di Korea. Sehingga terdapat berbagai jenis ginseng yang dapat kita temui di sini. Manfaatnya antara lain menjaga stamina tubuh, diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati infeksi saluran pernafasan, dan lain-lain. 

5. Myeongdong Fashion Street

www.chosonpath.wordpress
Kalau yang ini surga nya fashion. Mulai dari berbagai jenis pakaian bermacam merk dan produk-produk kosmetik ternama seperti Tony Moly (yang ambassadornya adalah ajusshi rasa oppa yaitu Kim Jaejoong, Park Yoochun, dan Kim Junsu), Etude House, Skin Food, Missha, dan lain-lain. Beberapa sudutnya juga menjadi tempat syuting drama populer Princess Hours dan BBF loh.

KULINER LUMER

Tanda kita sudah berkunjung ke sebuah tempat adalah foto, dan.....icip-icip kuliner! Setiap tempat pasti punya kekhasan masing-masing. Begitupun Korea yang beribu kilometer jauhnya dari Indonesia. Sudah jauh-jauh menapaki budaya orang lain, tak afdhol rasanya kalau tidak icip-icip negara tempat ajusshi-ajusshi rasa oppa, TVXQdebut. Yuk langsung saja menuntaskan masalah perut dan cita rasa dengan makanan khas Korea di bawah ini:

1. Naengmyeon

koreanoodlescom
www.koreanoodles.com
Mie ini terbuat dari gandum yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dingin. Paling mantap disajikan waktu musim panas. Mungkin aneh bagi orang Indonesia mie yang disajikan dalam keadaan dingin. Tapi mumpung di Korea, yuk lah dicoba! Anggap saja makan eskrim rasa mie, hehe.

2. Patbingsoo

jangeblog wordpresscom
www.jangeblog.wordpress.com
Patbingsoo adalah salah satu makanan populer Korea yang sudah go international. Pada zaman dahulu patbingsoo hanya berisi serutan es dengan kacang merah manis. Kini sudah banyak inovasi patbingsoo dengan menambahkan berbagai jenis buah, kripik jagung, kripik cokelat, dan eskrim sebagai topping. Satu sendok patbingsoo akan mengembalikan kesegaran anda di musim panas yang panas!

3. Kimchimari Guksu

miss-korea-bbq-kimchi-mari-guksu-best-korean-bbq-restaurant-nyc-1280x834 misskoreabbq com
www.misskoreabbq.com
Sepertinya kimchi dan Korea adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Seperti masyarakat Indonesia dengan sambal, hehe. Pada musim dan acara apapun, kimchi yang merupakan fermentasi sawi putih pedas ini pasti disajikan. Khusus untuk kimchimari guksu ini, dihidangkan dalam keadaan dingin di musim panas. 

4. Tteokbokki

citydergisi com
www.citydergisi.com
Jajanan pinggir jalan khas Korea yang kini tenar namanya, tteokbokki. Ttteokbokki adalah kue beras kenyal berbentuk silinder dengan saus gojuchang pedas manis. Paling enak kalau dicampur dengan keju mozarella, yummy!  

5. Jangeo Gui

arirang
www.arirang.com
Orang Korea percaya bahwa belut dapat menambah stamina (apalagi ditambah nasi, hehe). Jangeo gui adalah belut panggang dengan bumbu minyak wijen, wijen, kecap, dan gula. Rasa gurih belut yang kaya akan vitamin A dan E akan membantu sirkulasi darah anda sehingga tetap segar saat eksplor Korea!

6. Bibimbap

thegirlonbloor
www.thegirlonbloor.com
Ini dia nasi campurnya Korea. Cara makannya dengan mencampur nasi, sayuran, dan lauk hingga rata. Sayang sekali ya, padahal sudah ditata secantik itu. Semangkuk bibimbap berisi nasi putih dengan sayur-sayuran berbumbu, cincangan daging sapi dan telur mentah di atasnya, tak lupa saus gojuchang pedas. Bila anda kurang suka yang mentah, dapat pesan yang matang.

Wah, makin tak sabar rasanya ingin berkunjung ke negaranya main vocal TVXQ, Kim Jaejoong. Tapi jadi berpikir ulang persepsi masyarakat Korea tentang Islam setelah menonton video mengenai seorang muslimah berjilbab asal Uzbekistan yang mendapat perlakuan buruk meski sudah tinggal lama di Korea. Padahal beliau sudah menjadi warga negara Korea.

Hal seperti itu memang tidak bisa lantas dihilangkan, kita harus memahami bahwa Islam masih asing di negeri ginseng ini. Lebih daripada ketidaktahuan mengenai nilai-nilai indah Islam yang sesungguhnya, kita sendiri harus bisa menjadi 'wajah' Islam yang baik. Mari kita tunjukkan bahwa Islam itu agama yang penuh kasih sayang dan menjaga toleransi, okay?

Tak ada salahnya mempelajari adat istiadat suatu masyarakat atau negara sebelum kita berkunjung sehingga tidak terjadi 'culture shock'. Bisa jadi kita lebih diterima dan dihargai. Misalkan, harus dipahami bahwa Korea sangat menjunjung senioritas. Pada orang yang lebih tua, lebih tinggi jabatannya, atau yang baru dikenal, ada baiknya kita berbicara sesopan mungkin dan berhati-hati dalam bercanda. 

Adalagi kebiasaan membungkukkan badan (gogireul sukida) sebagai ungkapan penghormatan dan sapaan. Jangan lupa bawa kemana-mana sikap ramah dan sopan-santun yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia budiman, hehehe.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, buang semua keraguan dengan Paket Tour Wisata Halal Korea ala Cheria Travel. Tour leader-nim  yang pengertian dan berpengalaman akan membimbing anda liburan di Korea dengan aman dan nyaman. Dijamin harga murah dan biaya bersaing spesial di tahun 2017. Jadi, siapkan mulai dari sekarang Korea masuk dalam daftar berkunjung anda!



Dari beberapa artikel mengenai penyedia layanan perjalanan yang saya baca, Cheria Travel lah yang paling bersahabat dengan muslim dan kantong. Selain itu mengapa harus Cheria Travel?
  • Track record baik dan legalitasnya jelas (SK Departemen Agama RI No. D/577/2011 Umrah Depag RI D/836-2012 dan BPW/SIUP: 2365/2012)
  • Mengerti kebutuhan muslimin. Insya Allah ibadahnya aman dan nyaman, terjaga kehalalan konsumsi dan destinasinya. Sesuai dengan prinsip syariah yang bersifat amanah.
  • Pelayanan memuaskan. Cheria Travel sudah melayani ribuan peziarah dan wisatawan sejak tahun 2012 dengan komitmen pelayanan terbaik.
  • Rencana perjalanan (itinerary) dapat disesuaikan dengan keinginan anda.
  • Harga bersaing dan berkualitas.
  • Kemudahan dalam mendapat informasi. Cheria Travel adalah yang pertama dan satu-satunya perusahaan travel yang memiliki aplikasi tour halal berbasis web (page views 5 juta) dan aplikasi mobile phone.
Bersama Cheria Travel, setiap detik anda di Korea akan diisi dengan kegiatan eksplorasi negeri Ginseng yang seru dan menyenangkan. Cheria Travel menyediakan beberapa paket wisata, yaitu:

Daftar harga bisa dilihat di sini
Daftar harga bisa dilihat di sini
Daftar harga bisa dilihat di sini
Daftar harga bisa dilihat di sini
Gimana? Pasti mupeng tuh! Saya jadi semakin semangat untuk menabung dan bepergian ke Korea bersama Cheria Travel :) bagaimana dengan anda? Jika sudah terburu-buru ingin menikmati Korea, anda bisa mengambil Paket Tour Korea Selatan FIT (Free Independent Travelers) yang keberangkatannya minimal dua orang dengan jadwal yang bisa anda atur sendiri. Namun apabila merasa lebih asyik kalau ramai-ramai, Paket Tour Korea Selatan Grup keberangkatan minimal 15 orang adalah pilihan yang tepat.

Keceriaan liburan bersama Cheria Halal Wisata
Harga termasuk:
  1. Tiket Internasional Garuda Indonesia (Kelas Ekonomi).
  2. Tiket domestik Seoul-Jeju-Seoul.*
  3. Akomodasi sesuai rencana yang tersedia.
  4. Makan, tur, dan trabsfer sesuai rencana yang tersedia.
  5. Peralatan dan baju ski.
  6. Tour Leader dari Jakarta (min. 15 orang).
*untuk paket tertentu

Harga tidak termasuk:
  1. Pajak bandara internasional dan asuransi penerbangan.
  2. Biaya pribadi, seperti telfon, mini barlaundry, dan lain-lain.
  3. Tips untuk pemandu lokal, supir, dan tour leader dari Jakarta.
  4. Visa Korea
Keterangan:
  1. Jadwal perjalanan dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan konfirmasi hotel dan penerbangan domestik jika ada.
  2. Harga, pajak bandara, dan biaya tambahan bensin dapat berubah sewaktu-waktu dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  3. Tempat tidur di hotel area gunung Seorak berupa Traditional Style (ondol)/Western Style (bed), tergantung dari ketersediaan jenis kamar saat check in.
tour-korea

Silahkan langsung menghubungi costumer service untuk keterangan lebih lanjut:

PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji & Tour Muslim Halal Syariah



Artikel ini diikutsertakan dalam:

Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata