Wisata Halal Cheria Travel Goes to Korea, Let's Explore The Land of Morning Calm!

Friday, December 30, 2016


난 난 꿈이 있었죠
버려지고 찢겨 남루하여도
내 가슴 깊숙히 보물과 같이
간직했던 꿈
나를 지켜봐요
저 차갑게 서 있는

운명이란 벽앞에
당당히 마주칠 수 있어요

I have a dream,
Even if I’m thrown away or ripped to shreds
Deep in my heart
I have a dream as precious as gem
Please watch over me
Standing in front of that cold wall called fate

I can firmly face it

(Insooni - A Goose's Dream)

Hari gini siapa sih yang tidak mengenal negara Korea Selatan? Dari mulai remaja yang baru gede sampai ibu rumah tangga sudah bisa nyeletuk 'oppa-oppa', 'eoddeohke', 'jinjja?', 'jeongmal!' dan 'omo omo omo!!!'. Peran dunia hiburan ditunjang kemajuan teknologi yang pesat membuat Korea dikenal secara luas.

Drama-drama Korea yang berisi oppa-oppa ganteng dan eonni-eonni cantik seliweran menghiasi televisi Indonesia. Tak hanya itu, wabah K-Pop (Korean Pop atau Hallyu Wave) sukses menggaet remaja-remaja Indonesia bahkan dunia. Termasuk saya, hehehe. Banyak bermunculan grup dance cover dan flashmob dengan menggunakan koreografi boyband dan girlband Korea.

Dulu sekitar tahun 2009, K-Pop belum setenar sekarang. Banyak yang mencibir dan bertanya kepada saya mengapa suka lagu-lagu K-Pop. Mereka beranggapan warna musiknya aneh, bahasanya tidak dimengerti, dan menari sambil menyanyi lebih aneh lagi. Yang dianggap aneh oleh teman-teman, justru saya anggap sesuatu yang menarik.

Saya cenderung menyukai sesuatu yang implisit. Kalau lagu Indonesia kan saya sudah paham bahasanya, tidak ada tantangan. Sedang lagu K-Pop harus dicari dulu artinya baru paham. Nah di sini asyiknya! Dari kecil saya suka belajar bahasa asing. Dan bahasa Korea caught my eyes from the first time, apalagi aksaranya tidak menggunakan alfabet melainkan hangeul. Wah, jadi bisa menulis diary rahasia yang semua orang tidak akan tahu maksudnya, hehehe.

Banyak sekali reality show yang menampilkan potret kehidupan masyarakat dan budaya Korea. Drama-drama romantis juga tak mau kalah berlomba menyuguhkan keindahan Korea lewat lokasi syuting yang digunakan. Sebut saja Winter Sonata dengan pulau Nami, Boys Before Flower dengan pulau Jeju, dan Jewel in The Palace dengan Korean Folk Village nya.

Maka dari itu tak heran beberapa tahun belakangan ini jumlah wisatawan yang ingin menikmati tempat-tempat ala  drama Korea membludak. Masih belum punya gambaran? Tak usah ragu tak usah bimbang! Telah hadir Cheria Travel yang menyediakan daftar perjalanan seru anda di Korea Selatan.


Tenang, meski Korea Selatan adalah negara minoritas muslim namun Cheria Travel akan memastikan bahwa perjalanan anda akan tetap halal dari segi destinasi maupun konsumsi. Karena Cheria Wisata Tour Travel Halal adalah yang terlengkap di Indonesia. Didampingi pemandu wisata yang profesional dan menyenangkan, inilah tiga hal asyik yang akan anda dapatkan jika mengambil Paket Tour Wisata Halal ke Korea bersama Cheria Travel:

DESTINASI MEMPESONA

1. Pulau Nami

www.images.packist.com
Saya tidak mengikuti kisah dalam drama Winter Sonata, tapi tahu pasti bahwa pulau Nami adalah destinasi yang sangat populer. Tempat syuting Winter Sonata ini memang sangat indah. Bagaimana tidak, pohon mapel nya yang berjajar rapi seperti aisle. Bayangkan musim gugur berada di sini, dedaunan mapple yang menguning menguarkan aroma romantis #tsaaaah. Tak heran di musim apapun pulau Nami tetap menjadi primadona. Dari hasil blogwalking di blognya teh Dian, ada sebuah mushalla kecil yang terletak di lantai dua gedung Nami Library. Mushalla nya minimalis, bersih, dan nyaman. Selain itu terdapat fasilitas berupa tempat wudhu, sajadah, mukenah, dan Al-Qur'an.

2. Keliling Seoul

Kota metropolitan ini merupakan markas bagiperusahan-perusahaan besar seperti Samsung, KIA, LG, dan Hyundai. Kerennya, lambang modernitas dan kemajuan teknologi yang tinggi itu berdampingan rukun dengan situs-situs warisan budaya dunia versi UNESCO di Seoul. Bahkan ada sebuah lagu  yang dinyanyikan oleh boyband Super Junior dan girlband Girls' Generation untuk merepresentasikan kota Seoul dengan judul, S.E.O.U.L. Song.

Yes~! 느껴봐 희망 가득한 세상 
Yes~! 저기 높은 미래 향해서 
S.E.O.U.L 함께 불러봐요 꿈이 이뤄질 아름다운 세상 
디서나 즐거움이 넘치는 곳 사랑해 
S.E.O.U.L 함께 외쳐봐요 어디서라도 웃을 수 있는
행복 모두가 하나되는 세상 만들어요

Yes~! Feel the world full of hope 
Yes~! Towards that high future over there 
S.E.O.U.L. Call it with me, the beautiful world that makes my dreams come true 
The place where joy overflows wherever I go~ I love you~ 
S.E.O.U.L. Shout it with me, the happiness that can laugh 
Anywhere~~ We make a world where everything becomes one

Istana Gyeongbok
www.netpacker.com
Istana ini adalah yang paling megah di Korea Selatan. Terdapat beberapa kompleks yang bangunannya yang kekhasan dan keindahannya masih terawat dengan baik, yakni Gyeonghoeru (paviliun), Geoncheonggung (istana), dan Gwanghwamun (gerbang). Sekitar tahun 1910 banyak bangunan yang dihancurkan pada saat pendudukan Jepang, setelahnya pemerintah Korea berusaha untuk membangun kembali mirip seperti aslinya. Kompleks istana ini sering dijadikan lokasi syuting serial drama kolosal juga. Arti nama istana ini juga bagus, yaitu 'istana yang diberkahi surga'.

Istana Presiden 'Blue House'
www.takenote.my
Lokasinya tepat di belakang istana Gyeongbok. Jadi, sekali jalan dua tempat bersejarah dilalui! Dinamakan 'Blue House' karena atapnya berwarna biru. Diapit oleh gunung besar dan sungai panjang yang dipercaya mendatangkan kekuatan dan kemakmuran. Inilah dia istana kepresidenan Korea Selatan. Indah ya!

3. Jelajah Gunung Seorak

Mount Seorak National Park
www.dhafirholiday.com
Taman nasional ini bertempat di gunung tertinggi ketiga di Korea Selatan, Seorak. Sebagai cagar alam yang ditetapkan pada tahun 1965, Taman Nasional Gunung Seorak merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena keanekaragaman hayati dan terdapat berbagai fauna langka, UNESCO menetapkan kawasan ini sebagai Distrik Pelestarian Biosfer pada tahun 1982.

Gwongeumseong Fortress
www.seoulnski.com
Adalah situs reruntuhan kastil yang dipercaya dibangun pada zaman dinasti Goryeo, Gwongeumseong Fortress. Dapat dicapai 1-2 jam menuju puncaknya. Namun tenang, bagi yang ingin menghemat waktu bisa menggunakan kereta gantung yang tersedia. Pemandangan yang didapat sangat menakjubkan. Jejeran pegunungan dengan puncak-puncaknya yang tertutup salju putih pada saat musim dingin akan membuat anda berdecak lidah penuh kagum.

Great Bronze Buddha
www.koreafreeandeasy.blogspot
Patung Buddha dalam posisi duduk yang terbuat dari perunggu ini terletak di depan Ijumun gate dan sudah berdiri anggun sejak abad 18. Sebutan lainnya adalah Tongil Daebul. Oleh masyarakat Korea, Great Bronze Buddha mewakilkan rasa persatuan negara Korea. Tahu tidak? Patung Buddha ini dibangun selama 11 tahun loh.

4. Pulau Jeju

seongsan sunrise peak cebupacificair.vn
www.cebupacificair.vn
Siapa yang tidak mengenal pulau Jeju? Sangat populer di antara para penggemar K-Pop dan disebut-sebut sebagai 'Bali' nya Korea karena keindahannya yang sangat menawan. Yang terkenal adalah Hallasan, yakni gunung tertinggi di Korea. Ketinggiannya 1.950 mdpl dan dapat didaki hanya dalam sehari! Tapi untuk keamanan, pengunjung harus turun sebelum matahari terbenam.

Seongsan Ilchubong

www.justgola.com
Selain itu juga ada Seongsan Sunrise Peak seperti foto di atas. Berada di ujung timur pulau Jeju, jajaran 99 batu tajam membentuk tempat ini seperti mahkota. Puncaknya dihampari bunga Canola kuning imut. Di sini juga merupakan titik pandang matahari terbenam maupun terbit yang strategis karena langsung menghadap ke laut, keren kan?

Hello Kitty Land

www.sentraholidays.com
Terdiri dari kitty house, art gallery, music education hall dan hello kitty cafe, tempat ini adalah sebuah bangunan di mana pengunjung dapat menikmati berbagai jenis pameran yang dengan tema Hello Kitty, karakter kucing manis asli Jepang. Hampir semua perabot didesain khusus menyerupai Hello Kitty, siapa yang tidak gemas hayo!

Mystery Road

www.trpzilla.com
Ada apa dengan jalan yang terletak di sebuah bukit di kaki gunung ini? Jadi mystery road  atau dokkaebi adalah jalan yang menghubungkan dua jalan raya utama menuju Jeju, di mana terdapat medan magnet yang kuat sehingga terjadilah fenomena alam yang tak biasa. Tanpa dikendalikan supir, kendaraan dapat bergerak dengan sendirinya. Air pun tak mengalir ke tempat yang rendah, justri ke tempat yang lebih tinggi. Kejadian ini pada mulanya ditemukan oleh seorang supir taksi pada tahun 1980. Wah, yuk mari buktikan sendiri di sini!

Yongduam Rock (Dragon Head Rock)

www.imanuyudi.wordpress.com
Dinamakan 'Batu Kepala Naga' karena salah satu batu tersebar di sini berbentuk seperti kepala naga. Dikisahkan Raja Naga tengah mencari obat kehidupan di sekitaran gunung Halla. Namun diserang ruh penjaga gunung dan akhirnya jatuh ke laut, dengan menyisakan kepalanya saja di atas permukaan air. Pahatan hasil alam batuan di pinggir laut ini menyuguhkkan pemandangan yang eksotis, ya kan? 

Museum Teddy Bear

www.stripes.com
Masih ingat dong pose-pose Pangeran Shin dan si ceroboh Chaekyung dalam drama Princess Hours? Ituloh yang diakhir episodenya kemudian menampilkan duplikasinya dalam bentuk boneka beruang yang lucu. Nah di museum Teddy Bear ini anda juga akan menemukan berbagai macam bentuk boneka beruang dari masa ke masa bahkan seluruh dunia. Kerennya lagi, adapula teddy bear 'Monalisa' dan 'The Last Suppper' nya Leonardo Da Vinci. Dari dalam galeri mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan laut Jungmun.

5. Masjid Pusat Seoul

Seoul_central_mosque_01 (1)
id.wikipedia.org
Korea Selatan menyuguhkan kehebatan alam Sang Pencipta. Maka dari itu sebuah keharusan untuk mengunjungi sembari beribadah dengan tenang dan khusyuk di Seoul Central Mosque yang terletak di Yongsan-gu, Itaewon, Seoul. Sebagai satu-satunya masjid di Seoul dan yang terbesar di Korea Selatan, masjid ini menjadi titik pusat kegiatan keagamaan. Lantai 1 sebagai kantor Federasi Muslim Korea, sedangkan lantai 2 dan tiga untuk ibadah. Selain itu juga terdapat lembaga pendidikan agama untuk anak-anak.

Masjid ini berdiri tahun 1976 dan diperluas tahun 1991 dengan bantuan negara Arab Saudi. Dua menara yang kokoh mengapit tulisan 'Allahu Akbar' berwarna hijau tentu menggetarkan hati setiap muslim di tengah hiruk-pikuk kota metropolitan, Seoul.

SEMARAK BUDAYA DAN BELANJA

1. Mencoba Hanbok

www.twicsy.com - www.kpopmusic.com
Tampannya Jung Yunho dan Shim Changmin TVXQ dan anggunnya girlband A-Pink dalam balutan hanbok.

Pergi ke Korea tak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh foto menggunakan hanbok, ya kan? Tenang saja, Cheria Travel akan memberikan anda kesempatan untuk mencoba hanbok. Hanbok merupakan pakaian tradisional Korea dengan berbagai aksesoris khas yang indah. Umumnya berwarna cerah dengan motif garis sederhana dan chima lebar yang anggun. Kalau dilihat-lihat, hanbok seperti pakaian syar'i ya hehehe.

2. Membuat Kimchi

www.cloudfront.net
Kalau Jawa harus ada sambal ditiap menu makanan, orang Korea punya Kimchi. Kimchi adalah asinan sayur hasil fermentasi dengan bumbu pedas. Biasanya menggunakan sawi putih atau lobak, yang mana bahan-bahan tersebut tinggi serat namun rendah kalori. Selain itu kimchi dpaat menurunkan tekanan darah, membangkitkan selera makan, dan melancarkan pencernaan. Bersama Cheria Travel anda akan diajak membuat kimchi secara langsung di Korea!

3. Dongdaemun Market

www.agoncillokh.wordpress.com
Surganya barang-barang high-end dengan harga murah! Berbagai macam barang ada di pasar terbesar di Korea Selatan ini. Pintar-pintarlah menawar. Praktekkan aegyo (cuteness) semaksimal mungkin, bisa jadi ajusshi-ajusshi atau ajumma-ajumma pemilik toko akan luluh dengan kedipan mata anda, hehe. Tak hanya tempat berbisnis, Dongdaemun Market juga dimanfaatkan sebagai ajang pertunjukan seni seperti konser musik KLive Hologram yang dihelat oleh YG Entertainment, fashion show, dan berbagai macam festival lainnya. 

4. Ginseng Center

www.businesskorea.co.kr
Tanaman rimpang yang kaya akan manfaat ini banyak dibudidayakan di Korea. Sehingga terdapat berbagai jenis ginseng yang dapat kita temui di sini. Manfaatnya antara lain menjaga stamina tubuh, diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati infeksi saluran pernafasan, dan lain-lain. 

5. Myeongdong Fashion Street

www.chosonpath.wordpress
Kalau yang ini surga nya fashion. Mulai dari berbagai jenis pakaian bermacam merk dan produk-produk kosmetik ternama seperti Tony Moly (yang ambassadornya adalah ajusshi rasa oppa yaitu Kim Jaejoong, Park Yoochun, dan Kim Junsu), Etude House, Skin Food, Missha, dan lain-lain. Beberapa sudutnya juga menjadi tempat syuting drama populer Princess Hours dan BBF loh.

KULINER LUMER

Tanda kita sudah berkunjung ke sebuah tempat adalah foto, dan.....icip-icip kuliner! Setiap tempat pasti punya kekhasan masing-masing. Begitupun Korea yang beribu kilometer jauhnya dari Indonesia. Sudah jauh-jauh menapaki budaya orang lain, tak afdhol rasanya kalau tidak icip-icip negara tempat ajusshi-ajusshi rasa oppa, TVXQdebut. Yuk langsung saja menuntaskan masalah perut dan cita rasa dengan makanan khas Korea di bawah ini:

1. Naengmyeon

koreanoodlescom
www.koreanoodles.com
Mie ini terbuat dari gandum yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dingin. Paling mantap disajikan waktu musim panas. Mungkin aneh bagi orang Indonesia mie yang disajikan dalam keadaan dingin. Tapi mumpung di Korea, yuk lah dicoba! Anggap saja makan eskrim rasa mie, hehe.

2. Patbingsoo

jangeblog wordpresscom
www.jangeblog.wordpress.com
Patbingsoo adalah salah satu makanan populer Korea yang sudah go international. Pada zaman dahulu patbingsoo hanya berisi serutan es dengan kacang merah manis. Kini sudah banyak inovasi patbingsoo dengan menambahkan berbagai jenis buah, kripik jagung, kripik cokelat, dan eskrim sebagai topping. Satu sendok patbingsoo akan mengembalikan kesegaran anda di musim panas yang panas!

3. Kimchimari Guksu

miss-korea-bbq-kimchi-mari-guksu-best-korean-bbq-restaurant-nyc-1280x834 misskoreabbq com
www.misskoreabbq.com
Sepertinya kimchi dan Korea adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Seperti masyarakat Indonesia dengan sambal, hehe. Pada musim dan acara apapun, kimchi yang merupakan fermentasi sawi putih pedas ini pasti disajikan. Khusus untuk kimchimari guksu ini, dihidangkan dalam keadaan dingin di musim panas. 

4. Tteokbokki

citydergisi com
www.citydergisi.com
Jajanan pinggir jalan khas Korea yang kini tenar namanya, tteokbokki. Ttteokbokki adalah kue beras kenyal berbentuk silinder dengan saus gojuchang pedas manis. Paling enak kalau dicampur dengan keju mozarella, yummy!  

5. Jangeo Gui

arirang
www.arirang.com
Orang Korea percaya bahwa belut dapat menambah stamina (apalagi ditambah nasi, hehe). Jangeo gui adalah belut panggang dengan bumbu minyak wijen, wijen, kecap, dan gula. Rasa gurih belut yang kaya akan vitamin A dan E akan membantu sirkulasi darah anda sehingga tetap segar saat eksplor Korea!

6. Bibimbap

thegirlonbloor
www.thegirlonbloor.com
Ini dia nasi campurnya Korea. Cara makannya dengan mencampur nasi, sayuran, dan lauk hingga rata. Sayang sekali ya, padahal sudah ditata secantik itu. Semangkuk bibimbap berisi nasi putih dengan sayur-sayuran berbumbu, cincangan daging sapi dan telur mentah di atasnya, tak lupa saus gojuchang pedas. Bila anda kurang suka yang mentah, dapat pesan yang matang.

Wah, makin tak sabar rasanya ingin berkunjung ke negaranya main vocal TVXQ, Kim Jaejoong. Tapi jadi berpikir ulang persepsi masyarakat Korea tentang Islam setelah menonton video mengenai seorang muslimah berjilbab asal Uzbekistan yang mendapat perlakuan buruk meski sudah tinggal lama di Korea. Padahal beliau sudah menjadi warga negara Korea.

Hal seperti itu memang tidak bisa lantas dihilangkan, kita harus memahami bahwa Islam masih asing di negeri ginseng ini. Lebih daripada ketidaktahuan mengenai nilai-nilai indah Islam yang sesungguhnya, kita sendiri harus bisa menjadi 'wajah' Islam yang baik. Mari kita tunjukkan bahwa Islam itu agama yang penuh kasih sayang dan menjaga toleransi, okay?

Tak ada salahnya mempelajari adat istiadat suatu masyarakat atau negara sebelum kita berkunjung sehingga tidak terjadi 'culture shock'. Bisa jadi kita lebih diterima dan dihargai. Misalkan, harus dipahami bahwa Korea sangat menjunjung senioritas. Pada orang yang lebih tua, lebih tinggi jabatannya, atau yang baru dikenal, ada baiknya kita berbicara sesopan mungkin dan berhati-hati dalam bercanda. 

Adalagi kebiasaan membungkukkan badan (gogireul sukida) sebagai ungkapan penghormatan dan sapaan. Jangan lupa bawa kemana-mana sikap ramah dan sopan-santun yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia budiman, hehehe.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, buang semua keraguan dengan Paket Tour Wisata Halal Korea ala Cheria Travel. Tour leader-nim  yang pengertian dan berpengalaman akan membimbing anda liburan di Korea dengan aman dan nyaman. Dijamin harga murah dan biaya bersaing spesial di tahun 2017. Jadi, siapkan mulai dari sekarang Korea masuk dalam daftar berkunjung anda!



Dari beberapa artikel mengenai penyedia layanan perjalanan yang saya baca, Cheria Travel lah yang paling bersahabat dengan muslim dan kantong. Selain itu mengapa harus Cheria Travel?
  • Track record baik dan legalitasnya jelas (SK Departemen Agama RI No. D/577/2011 Umrah Depag RI D/836-2012 dan BPW/SIUP: 2365/2012)
  • Mengerti kebutuhan muslimin. Insya Allah ibadahnya aman dan nyaman, terjaga kehalalan konsumsi dan destinasinya. Sesuai dengan prinsip syariah yang bersifat amanah.
  • Pelayanan memuaskan. Cheria Travel sudah melayani ribuan peziarah dan wisatawan sejak tahun 2012 dengan komitmen pelayanan terbaik.
  • Rencana perjalanan (itinerary) dapat disesuaikan dengan keinginan anda.
  • Harga bersaing dan berkualitas.
  • Kemudahan dalam mendapat informasi. Cheria Travel adalah yang pertama dan satu-satunya perusahaan travel yang memiliki aplikasi tour halal berbasis web (page views 5 juta) dan aplikasi mobile phone.
Bersama Cheria Travel, setiap detik anda di Korea akan diisi dengan kegiatan eksplorasi negeri Ginseng yang seru dan menyenangkan. Cheria Travel menyediakan beberapa paket wisata, yaitu:

Daftar harga bisa dilihat di sini
Daftar harga bisa dilihat di sini
Daftar harga bisa dilihat di sini
Daftar harga bisa dilihat di sini
Gimana? Pasti mupeng tuh! Saya jadi semakin semangat untuk menabung dan bepergian ke Korea bersama Cheria Travel :) bagaimana dengan anda? Jika sudah terburu-buru ingin menikmati Korea, anda bisa mengambil Paket Tour Korea Selatan FIT (Free Independent Travelers) yang keberangkatannya minimal dua orang dengan jadwal yang bisa anda atur sendiri. Namun apabila merasa lebih asyik kalau ramai-ramai, Paket Tour Korea Selatan Grup keberangkatan minimal 15 orang adalah pilihan yang tepat.

Keceriaan liburan bersama Cheria Halal Wisata
Harga termasuk:
  1. Tiket Internasional Garuda Indonesia (Kelas Ekonomi).
  2. Tiket domestik Seoul-Jeju-Seoul.*
  3. Akomodasi sesuai rencana yang tersedia.
  4. Makan, tur, dan trabsfer sesuai rencana yang tersedia.
  5. Peralatan dan baju ski.
  6. Tour Leader dari Jakarta (min. 15 orang).
*untuk paket tertentu

Harga tidak termasuk:
  1. Pajak bandara internasional dan asuransi penerbangan.
  2. Biaya pribadi, seperti telfon, mini barlaundry, dan lain-lain.
  3. Tips untuk pemandu lokal, supir, dan tour leader dari Jakarta.
  4. Visa Korea
Keterangan:
  1. Jadwal perjalanan dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan konfirmasi hotel dan penerbangan domestik jika ada.
  2. Harga, pajak bandara, dan biaya tambahan bensin dapat berubah sewaktu-waktu dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  3. Tempat tidur di hotel area gunung Seorak berupa Traditional Style (ondol)/Western Style (bed), tergantung dari ketersediaan jenis kamar saat check in.
tour-korea

Silahkan langsung menghubungi costumer service untuk keterangan lebih lanjut:

PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji & Tour Muslim Halal Syariah



Artikel ini diikutsertakan dalam:

Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

You Might Also Like

16 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Aku bukan pecinta dramkor atau pun Kpop. Tapi masih pengen balik lagi ke Korea Selatan, syukur-syukur bisa bareng suami. Pengen nyicipin jajanan kaki limanya yang blom kesampaian, pengen jalan-jalan pake Hanbook. Duhhh jadi makin pengen.
    Good luck lombanya, Zah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Dian kenapa komennya malah bikin aku pingin nangis yah >,..,<

      Wah Teh Dian udah pernah ke Korea yah? :/ aku belom....
      Kita double date yuk teh ._. aku sama suami khayalan (?)

      Maunya sih ga sekedar nyobain, tapi beli satu set hanbok kan asyik ^^
      Teh Dian, aku juga nunggu tulisannya teh Dian!

      Delete
  2. Korea keren banget sihh, ya orangnya kotanya pemandangan alamnya drakornya...makin banyak tau disini, ulasannya mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, benar sekali! Komplit deh punya Korea. Teknologi oke, modernitas di mana-mana.....tapi kelestarian warisan budaya lokal tetap terjaga dengan indah, alamnya indah dengan 4 musim, manusia-manusianya pun kece-kece (tsaaaah, wkwkwkw). Indonesia sebenarnya tidak kalah, malah diversity dari segi agama, suku, budaya, dan bahasa adalah sesuatu yang bernilai lebih. Tapi itulooooh penjagaan terhadap warisan lokal dalam bentuk budaya dan hal konkrit yang belum bisa dimenej dengan baik, sayangnya :/

      Terimakasih mba Dewi ^_^

      Delete
  3. Replies
    1. Greget untuk diapain mba?
      gemes mau cus ke Korea? Wkwkwkwkwk
      berubah jadi ikan terbang nya indosiar yok~~~~~~
      mba juga ikutan laaaaaah

      Delete
  4. pengennya ketemu daehan minguk manse hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tuh mba xD
      kan apartemen triplets di apartment Central Park I yang ada di Songdo, distrik Incheon. Jadi nanti minta tour guide nya melipir dikit abis nyampe di bandara Incheon, hehehehe.

      Delete
  5. Wah menarik sekali ya korea, jadi pengen kesana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sangat! Yuk lah segera menabung dan merealisasikan kunjungan kesana :)

      Delete
  6. Pengennya ketemu Lee min Ho. Hahahaa.
    Kalau surganya wanita memang di myeong dong itu lah ya bli bli skin care dan katanya face mask disana murah murah.
    Kamu kalok review bisa lengkap begini salut :D
    Semoga menang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh kak bilang ke pihak Cheria travel nya biar dibelokin ke tempat lahirnya Lee Minho di Heukseok-dong, Dongjuk-gu. Kan masih di Seoul, jadi ga jauh-jauh amat. Bilang aja, 'mau jengukin camer :)' #tsaaah wkwkwk.

      Iyaaaa bener, Myeongdong! Aku baca banyak banget artikel mengenai tempat itu. Banyak yg bilang beli aja yg banyak, ga rugi harga sama kualitas :)

      Makasih banyak kak atas doa dan kunjungannya >.<
      kakanya ga mau ikutan? Hehe

      Delete
  7. Ya ampun, Koreaaaaa. Mupeng banget. Perpaduan antara modernitas dan tradisional yang ada di Kota Seoul magnet banget minta didatengin. Apalagi kini sudah ada paket wisata halal, nggak khawatir lagi buat muslim ingin travelling ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. /ikutan mupeng/
      mupeng bersama dimulai xD

      Iya tuh kak, keren banget kan. Teknologi maju tapi kearifan lokal tetap dihargai dan dibanggakan :) Indonesia masih harus belajar banyak biar semakin keren.

      Yup! Masalah ibadah dan perut insyaAllah dijamin aman dan nyaman xD

      Terimakasih banyaaak sudah berkunjung :)

      Delete
  8. drama korea bagus2, apalagi kalo ada song jong ki sama kim so hyun. Pasti bakal rela begadang nntn haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkkw DOTS? Moon Embrace itu? Wkwkwkw nah bisa banget kan nanti ke tempat syutingnya drama" itu sambil flashback adegannya xD

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background

✿Zahrahstagram✿