10 Hal yang Harus Dilakukan Kalau Main ke Lombok

Thursday, January 05, 2017


Dong ayok ke Lombok = ayo dong ke Lombok!

INDONESIA, adalah sebuah negara dengan belasan ribu pulau, tempat melintangnya garis equator, dan lewatnya jalur sirkum mediterania. Puncak tertingginya berupa gunung karang berselimut salju abadi bernama Cartenzs yang berada dalam kawasan pegunungan Jaya WijayaLaut Sulawesi berbentuk basin besar dengan kedalaman 6,2 km menjadi yang terdalam. Selain itu juga masuk dalam jajaran 10 negara yang memiliki kawasan hutan terbesar di dunia, sekitar 884.950 km pesegi.

Kesampingkan sejenak masalah pemerintahan, korupsi, utang negara, birokrasi, dan egoisme ke-SARA-an. 

Mengais ingatan satu bagian yang dikisahkan Agustinus Wibowo dalam bukunya, bahwa, seorang pejalan dari negeri seberang pernah berkata bahwa Indonesia adalah hidden paradise. Apa yang tidak bisa didapatkan di sini? Musim panas yang ceria, hujan yang melankolis, salju abadi, gurun pasir, dataran tinggi hijau di mana-mana, pepantai sopan dan tidak sopan, hingga jajaran gunung aktif yang siap untuk memuntahkan lahar panasnya sewaktu-waktu.

Ohya, gue juga dah bikin itinerary ke Lombok+Sumbawa nih, cobe geh di cek, sapa tau cocok :) Itinerary Trip ke Lombok-Sumbawa Tanpa Agen Travel 9D8N 

Sering lirikan mata, gue berkelana mengintip kemegahan negara-negara lain hingga terus tumbuh rasa ingin berkelana kesana-kemari. Budaya dan bahasa asing bagai lambaian memanggil dengan rayuan mautnya. Dari kecil gue sangat tertarik dengan hal baru yang tidak dijumpai di sekitar. Salah satunya adalah mimpi berinteraksi dengan masyarakat yang memiliki adat kebiasaan yang sama sekali berbeda.

Kemudian pada beberapa kesempatan gue mengobrol dengan teman yang berasal dari luar negeri lewat interpals. Mereka berkata gue sangat beruntung tinggal di Indonesia. Alamnya amazing! Cahaya teriknya melegakan bagi kebanyakan orang barat, sedang teman yang berasal dari Sudan sampai tak berkedip menyaksikan air terjun di Malang.

Bentuk alam di luar negeri sana, hampir semuanya bisa ditemukan di Indonesia.

Beberapa bulan yang lalu gue berkesempatan untuk melakukan sebuah perjalanan ke arah timur Indonesia. Dengan itinerary yang kadang-kadang tidak dipatuhi, gue rangkumkan beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika main ke Lombok. Intip dan eksplor sejauh yang kamu mampu!

1. Menghadiri Pesta Matahari Terbenam di Bukit Malimbu

DSC_0041

Terletak di Lombok Utara, tak seberapa jauh dari deretan hotel dan bungalow di pantai Senggigi. Mata kamu akan dimanjakan sepanjang jalan. Ada beberapa titik strategis untuk melihat matahari terbenam. Contohnya Bukit Malimbu, Bukit Nipah, dan Makam Batu Layar. Kesemuanya bersisian dalam satu jalur. Bila sore cerah, banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang sekedar kongkow. Gue rasa ini adalah one-stop-point yang wajib dikunjungi kalau ke Lombok.

Pemandangannya asyik banget bro, mataharinya langsung tenggelam di laut. Epicnya, seakan-akan ada sebuah jalur emas yang terbentuk akibat pantulan cahaya kuning temaram matahari. Banyak pula warung yang menyediakan ikan bakar dan kelapa muda. Cerita selengkapnya di sini (*)

2. Lewat di Islamic Center Nusa Tenggara Barat


IMG_9896

Berdiri megah di Jl. Langko no. 5 Gamong, Selaparang, Mataram, Islamic Center Nusa Tenggara Barat memiliki visi menjadi tempat muhasabah masyarakat NTB khususnya ummat Islam. Gaya arsitekturnya modern dengan perencanaan pembangunan yang rapih dan apik, fasilitas publik ini diharapkan dapat memadukan fungsi syiar Islam, pengembangan kegiatan pendidikan dan kegiatan sosial, ekonomi, budaya, dan rekayasa sosial lainnya bagi kemajuan masyarakat.

Maunya tarawih di bangunan baru yang bagus itu, tapi ternyata belum (atau mungkin tidak) difungsikan sebagai tempat ibadah. Jadi kalau mau shalat di Masjid At-Taqwa yang berada di seberang jalan.

3. Sa'i di Perbukitan Pantai Seger


DSC_0204

Sa'i adalah salah satu istilah dalam ibadah haji, yaitu berlari kecil antara bukit Shafa dan Marwah. Dan ini yang harus kamu lakukan di perbukitan Pantai Seger. Kamu semua akan menemukan pemandangan baru ditiap puncak bukitnya. Nikmati pantai dari tepi-tepi bukit dengan berlari, agar angin tertarik untuk menggodamu #tsaaah

Pantai Seger seakan sebuah kompleks pepantai. Di satu sisi terdapat pantai dengan tumpukan pecahan batu dengan ombak yang tenang, di sisi lain ada pantai berombak besar untuk berselancar, dan tak jauh dari sana ada juga garis pantai tenang yang lain. Ajib deh pokoknya. Kadang-kadang ada penggembala yang membawa kerbau-kerbau gemuknya merumput di bebukitan. Hayo adu kuat siapa yang paling dulu sampai di puncak! Cerita selengkapnya di sini 
(ノ ̄ー ̄)(^ω^)

4. Rehat Sejenak di Pantai Tanjung Aan


IMG_0085

Habis lari-larian naik turun bukit di pantai Seger, saatnya ngadem di pantai Tanjung Aan. Duduk di bawah jejeran pohon cemara yang teduh sambil main pasir merica atau berayun di ayunan kayu yang intagram-able banget bisa jadi pilihan terbaik. Di sini juga tersedia banyak gubuk dan kios makanan. Dibanding pantai Seger, pantai satu ini lumayan lebih ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Jaraknya hanya sekitar 15 menit saja.

Menariknya, wisatawan lokal terlihat nyaman bercengkrama santai di bawah rumabaian jerami gubuk. Sedangkan para wisatawan mancanegara dengan asyiknya berjemur di kursi santai atau bermain air. Sedikit jauh di depan bibir pantai, terdapat barisan bukit rendah sehingga menghalau ombak dari lautan lepas. Jadilah pantai berombak sopan. Semakin siang, biru laut dan langit semakin menyala dengan menawan. Cerita selengkapnya di sini (ˇ3ˇ)

5. Bikin Video Klip di Bukit Merese


IMG_0129

Siapapun yang pernah menonton video klip Mimpi nya Isyana Sarasvati dan Sementara Sendiri nya Geisha pasti familiar dengan tempat ini. MTMA The Movie juga pernah loh menyambangi Bukit Merese. Dan yang menjadi ikon utama adalah satu-satunya pohon kering yang terlihat rapuh namun kokoh di ujung bukit. Tak ada tanaman tinggi selain pohon tersebut. Kalau kepanasan sendiri....kehujanan sendiri......diajak foto sendiri.....

Masih satu kompleks dengan Tanjung Aan, kita hanya perlu berjalan (motor juga boleh, tapi harus bayar lagi IDR 5k) sekitar 15 menit untuk mencapai perbukitan Merese. Bila sedang musim hujan, bukit Merese akan terlihat seperti hamparan karpet hijau. Lain halnya ketika musim kemarau, menurut gue lebih epic karena seluruh permukaannya menjadi cokelat kekuningan. Cerita selengkapnya di sini (^^) (^O^)

6. Menyaksikan Kegagahan Gunung Agung dari Bukit Nipah


DSC_0027

Harus melipir kesini. Tirai kebiruan sang langit menyapa lembut kedalaman misteri sang laut. Nyiur melambai lembut menjadi pengawal langkah menuju sang Agung dari daratan Bali nun jauh di sana meski hanya semburat bayangan. Tiga gili yang bersahabat juga bisa terlihat dari sini.

Bukit Nipah menjadi titik yang tidak boleh terlewatkan. Banyak rombongan wisatawan lokal maupun mancanegara yang menuju tiga gili pasti menyempatkan berhenti sejenak di sini. Ssssssttt, tukang parkirnya yang merangkap jadi guide ramah banget loh. Terbiasa mendapat kunjungan wisatawan, jangan ragu untuk minta difotokan kalau tidak bawa tripod (pengalaman pribadi, hehe). Cerita selengkapnya di sini ( ◜◒◝ )

7. Keliling Gili Air


DSC_0150

Gili Air, salah satu dari tiga serangkai pulau mungil menggemaskan di Lombok Dengan luas sekitar 175 ha, kamu bisa mengelilingi keseluruhannya dalam waktu sekitar 2 jam an. Ga perlu jauh-jauh ke luar negeri, jalan-jalan di sini papasan mulu sama wisatawan mancangera. Dua hari kala itu di sana, gue tidak bertemu dengan wisatawan lokal SATUPUN.

Pinggiran Gili Air dijejeri beragam jenis kafe, bungalow, penyedia layanan perjalanan, kedai, tempat pijat, yoga, dan lain-lain. Pesisirnya juga lumayan tenang, bahkan ada beberapa titik yang benar-benar tenang, hanya kecipak yang terdengar. Karena tak ada bangunan tinggi, bisa banget untuk menikmati sunset dan sunrise dari sisi pulau yang berbeda. Apalagi sunrise nya ditemani didampingi pegunungan Rinjani di sebelah sana. Cerita selengkapnya di sini  ̿_̿

8. Nganar ke Sekotong


DSC_0139

Nganar sudah......nganar bahasa Lampung yang artinya ngga jelas ngapain. Buanyak banget pantai terbuka sepanjang jalanan daerah Sekotong. Bersih, sepi, tenang. Di sini juga ada beberapa gili yang namanya belum seterkenal tiga gili di sana, padahal sama-sama bagus. Berada di daerah Sekotong menghadirkan nuansa Bali rasa Lombok karena berdekatan dengan pelabuhan Lembar. Cerita selengkapnya di sini (ノ ̄ω)

9. Menyaksikan Keganasan Ombak Mekaki


DSC_0252

Terus saja nganar dari Sekotong akan membawa kamu menuju Mekaki Bay Resort. Ntah di sebelah mana bangunan untuk beristirahatnya, gue belum keliling waktu itu. Nah inilah pantai yang out of the box, beda sendiri. Bibir pantaianya melengkung panjang dengan ombak yang besar berdebum. Suara yang ditimbulkan riuh ramai. Jadinya keki mau mendekat dan main air meski jernih. 

10. Makan Ayam Taliwang

Harus coba, di rumah makan Kania di Mataram. Maaf tak ada foto, keburu berang ngabisinnya, hehe.

(つ・)()

Begitulah segelintir kisah si-ingin-tahu. Daripada meratapi nasib tak kunjung diberi kesempatan lompat ke luar negeri, mending rencana tipis-tipis mengitari Indonesia yang punya ribuan pulau. Sampai habis masa hidup, keindahan Indonesia tak akan habis pula untuk dijelajahi. Bersyukur lagi, bersyukur terus, bersyukur setiap waktu. Kapanpun dimanapun. Banyak manusia-manusia di luar sana yang justru iri dengan negara agraris kita, Indonesia.

Daratannya menawan lautannya mendebarkan.

Apakah berarti sirna sudah keinginan ke luar negeri? Tentu tidak. Pastinya tiap daerah di dunia ini mempunyai daya tarik masing-masing. Masih terus berdoa supaya Allah beri kesempatan bisa kesana-kemari.


Pesan gue, marilah bersama-sama menjaga keindahan Indonesia. Baik alamnya maupun akhlaknya. Tak melulu menanam seribu pohon, membuang sampah sekecil apapun pada tempatnya saja sudah hebat. Jangan biarkan generasi selanjutnya hanya bisa gigit jari menelusuri blog-blog para traveler, karena mendapati tempat-tempat indah tersebut berubah tak terawat atau menjadi lautan sampah.

Cukuplah generasi kami yang tak pernah mendapati Marsupilami secara langsung, houba!

Sudah ah, nanti baper sama yang suka buang sampah sembarangan, pingin getok kepalanya biar sadar estetika melakukan perjalanan #tsaaaaah. 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Postingan Bersama – The Best Traveling Moment 2016″ oleh Indonesia Corners

PHOTO-768x427

You Might Also Like

46 komentar

  1. Nice writing :-) Smoga ada part 2-nya yak (Sembalun, Semeti, Rinjani dkk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw thanks so much~~
      part dua yang ke Sumbawa kayanya heheheh

      Delete
  2. Ayo dong kak traktir ke lombok jgn ngajak doang:') heheh salam kenal!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk gimana kalo sama-sama nabung? Biar nanti makin puas mucuk-mucuk ke penjuru Lombok, asyik kan xD

      Salam kenal juga ka Febby~~~ makasih udah berkunjung yaaa :))

      Delete
  3. mau mau mau.... duh mau banget aku ke Lombok! Semoga tahun ini bisa menghasilkan rejeki lagi dari blog biar punya tabungan ke Lombok. Aamiin....
    Aku mau main air, mau poto-poto cantik, mau bikin video klip!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin teh amiiiin, yuk mari bersama sang suami. Psst masih lumayan sepi loh daripada Bali yg udah berjubel turis :/

      Video klip temanya apa teh xD
      jangan mau kalah sama Isyana Saraswati xDD

      Delete
  4. rencana 2017 saya mau ke lombok, ketemu dong mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semoga dilancarkan dan dapat pas cuaca yang cerah ya biar bisa menikmati pantai-pantainya yg biru xD
      saya bukan domisili Lombok hehhe

      Terimakasih sudah mampir :)

      Delete
  5. Akhir2 ini lombok memang menjadi detinasi terbanyak dituju turis selain Bali ya. Saya juga punya mimpi travelling ke lombok dg cara sailing trip. Ngiler tingkat dewa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ga kalah sama Bali, sama" punya surga wisata tersendiri. Plus masih lumayan sepi dibanding Bali yg turisnya berjubel :/

      WAAAAAH keren banget mbaa~~ rencana first check point nya dimana tuh?

      Delete
  6. Wahh asyikk bgt nih buat destinasi liburan ke lombok wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan silahkan.....semoga bisa menjadi referensi mau ngapain aja di Lombok :)

      Terimaakasih banyaak sudah mampir XD

      Delete
  7. Lombok emang ngga kalah sama Bali ya, Mas.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, punya uniknya masing" ^^v

      Terimakasih atas kunjungannya xD

      Delete
  8. Di Lombok, pengen ke gunungnyaaaa. Tp lautnya jg keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah!! Nah itu kerennya Lombok. Kalau mau mendaki, bisa ke Rinjani. Kalau sekedar ngadem, sila ke daerah Sembalun. Lereng", bukit", dan tebing"nya keren semuaaaa~~~~

      Lautnya? Hmm sekeliling Lombok tuh sudah bagus banget pantainya xD

      terimakasih ata kunjungannya mba :)

      Delete
  9. Aih... biru dan hijau. weekend begini ngeliatin indahnya ciptaan Tuhan. Saya paling suka pantai dan deburan ombak apalagi sembari makan ayam taliwang. Pasti enak banget. Duh, kangen Lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna-warna yang relaxing ya mas xD
      nah bener, habis 5-6 harian kerja....dibayarnya sama yg kaya begini biar otaknya ga mengkerut wkwkwkw.

      Wah bisa tuh mas kalo share di mana tempat makan ayam taliwang scenery nya pantai ^^

      terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  10. Indah sekali, pengen banget suatu hari kelak ke sana TFS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga disegerakan kesempatannya hehhe.
      Terimakasih atas kunjungannya mba ^_^

      Delete
  11. Saya sedih karena tahun kemarin gak jadi ke lombok. Semoga tahun ini jadi ke lombok. List2 tempat keren tersebut sudah masuk dalam catatan 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kenapa tuh kak? :/
      sayang sekali.......eh gapapa ding, insyaAllah Lomboknya ga bakal kemana-mana kok :) tetap setia menunggu para pengunjung yang ingin menikmati indahnya ciptaan Allah :))

      Yosh!! Segera dilaksanakan kak :))

      Delete
  12. Subhanallah Mbak... Di Lombok banyak tempat yang bagus ya...Semakin kuat keinginan untuk ke sana.
    Memang bener, Indonesia kaya akan tempat-tempat yang menarik. Gak kalah indah dengan yang ada di luar sana.
    Semoga semakin maju dan sukses pariwisata di Indonesia dan semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya kebersihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :)
      wah, bukan banyak lagi....tapi surganya tempat" bagus. Alamnya beneran indah.
      Nah itu yang mengkhawatirkan :/ di satu sisi banyak pengunjung, masyarakat lokal bisa untung.....tapi alamnya potensi rusak kalau pengunjungnya tidak diedukasi. Kalau begitu mari mulai diri sendiri :)
      Terimakasih sudah berkunjung ya mba ^_^

      Delete
  13. Your pictures are stunning say. Suka banget ...
    Ke Lombok masih wishing list..sudah lama kita ingin melipir kemare...mentoknya masih Bali. Hope soon :) Suka banget semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much kak, your compliment is something for me :)
      padahal tinggal dikit lagi, hehe. Kalau kesini naik motor/sewa motor aja kak, biar bisa mengjangkau semua spot sesuka hati kita. Sekali lagi terimakasih sudah berkunjung XD

      Delete
  14. Tanjung Aan salah satu pantai favoritku di Lombok Selatan. Terakhir ke sana belum ada ayunan itu. Aku punya dendam sama Bukit Nipah, karena pas ke sana bukan pas sunset jadi masih penasaran mau ke sana lagi dan melihat sunset di sana. T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak! Antara warna pasir, perbukitan, laut, sama langitnya kalau lagi cerah kontras banget sampe nyakitin mata hehe. Kayanya emang tiap pantai di Lombok kudu ada ayunannya gitu biar instagram-able xD

      Nah iya~ saya tuh dapetnya juga waktu pagi cerah. Waktu sore kesana, penjaganya udh mau buka puasa. Jadi gajadi deh xD

      Terimakasih sdh mampir kak ^_^

      Delete
  15. Mashaallah...
    Jadi pengetahuanku akan Lombok cuma Pantai Senggigi dan 3 gili itu cupu banget yaa...?

    Ternyata ada banyak keindahan Indonesia yang belum aku tau.

    Berharap bisa ke Lombok (lagi) suatu waktu.
    Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, sepertinya memang itu yang paling terkenal. Tapi lumayan loh, belum serame Bali (kecuali 3 Gili kalau lagi high season).

      Wah kak, ini pun cuma secuil, baru di satu pulau, belum semuanya lagi xD

      Amiiin~~~ disegerakan bikin itinerary nya xD terimakasih sudah berkunjung~

      Delete
  16. Aaakkk... foto-fotonya bikin baper pengen ke Lombok.

    ReplyDelete
  17. nice info bgt hahaha . jd mau main kesana dehh >< .
    kalo butuh info tmpt wisata lainnya bisa liat disini aja Pariwisata , semoga bisa jd tmpt next destinasi ya hehe

    ReplyDelete
  18. Selfie udah pasti dong :D hehehhe jangan lupa makan juga :3 jauh jauh ga makan ya gila ntar

    ReplyDelete
  19. kereennyaaaaa! Duh mupeng bangett ke Lombok

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera disusun itinerary nya kaaak XD

      terimakasih sudah mampir ^_^

      Delete
  20. Replies
    1. Hahahaha alhamdulillaaaaah xD
      eh makasih udah mampir xD

      Delete
  21. Nangis darah deh lihat foto-fotonya.... mupeng pake banget, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nangis duit aja gimana bu? Wkwkwkwkw
      yuk segera disusun itinerary nya kalau begitu, heheh ^_^ biar bsia menikmati sendiri keindahan alam yang menakjubkan di sini :)

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

Beli Hosting Gratis Domain

hosting terbaik

Instagram