Sepeda Motoran ke Bukit Teletubbies Bromo, Ucapkan Aaa Ooo!

Tuesday, February 14, 2017


Yoy! Assalamu'alaikum, bismillahirrahmanirrahim.....balik lagi sama gue yang gak akan pernah bosen mengulik indahnya bumi Indonesia :)

Temanya adalah a-half-day-trip. Yoy! Sepertinya ini baru pertama kalinya main-main cuma setengah hari. Biasanya molor sengaja melupakan waktu sampe matahari udah lelah nemenin, wkwkw. Perjalanan ini adalah yang pertama dan terakhir kalinya sama mba Jule sepanjang semester 5 kemaren.

Karena apa......................................?

Karena gue sibuk! Alias sok menyibukkan diri. Sok sibuk belajar sama sok sibuk ngapain aja. Broh, gue ga mau kehidupan kuliah cuma belajar aja, dan yaaa gue bukan tipe organisatoris....gimana dong? Jadinya ya nganar. Ga ding!

IMG-20161126-WA0287


Ya itu motor di atas punya mba Jule. Udah kecil, merah muda lagi! Eits tapi udah kemana-mana~ udah sampe Banyuwangi wkwkw. Eh tapi masih kalah sama motor Ninja gue yang keluaran 1997, sampai Sulawesi man! Nanti kapan-kapan diulas di sini. 

Banyak orang yang mungkin masih berpikir kalau ke Bromo tuh susah, kudu pake travel agent, kudu nginep, kudu sewa hardtop, kudu bawa jaket tebal, blablabla. NO, BIG WRONG. Santai..............janganlah sebuah jalan-jalan dibikin susah secara teknis macam tu, ga berangkat-berangkat malah.

Iyasih, dulu tahun 2012 gue pernah ke Bromo bareng teman-teman dan keluarganya guru gue. Waktu itu kita berangkat naik mobil, trus karena sampainya malam, harus cari penginapan untuk sekitar 9 orang. Karena dinginnya malam nyelekit kita usel-uselan pakai jaket tebal sambil makan Indomie kuah soto yang panas. Besok subuhnya harus sewa 2 hardtop untuk ke penanjakan dan berkeliling di pasir berbisik dan padang savana. Nah inimah tipe perjalanan keluarga, ya kaaan.

Tapi berhubung gue dan mba Jule adalah (masih) kupu-kupu yang bebas, makanya say goodbye untuk semua keriweuhan itu.

IMG-20161126-WA0137

Perjalanan dimulai sekitar jam 6 pagi dari Malang kota, kami berkendara ke arah Tumpang luruuuuuuus terus. Insya Allah di google maps ada. Banyak jalan kok menuju Bromo. Tapi karena rencana awal memang mau ke Bukit Teletubbies nya, jadi kami lewat Tumpang.

Sepanjang perjalanan ditemani oleh lalu lintas anak sekolah. Yuk ya dek, kaka mau main dulu. Sekolah yang pinter, ntar kuliahnya yang jauh dari rumah biar bisa main wkwkkw.


IMG-20161126-WA0128
Dari jalanan yang ramai akan aktivitas pagi, kami mulai memasuki daerah perkebunan, ladang, dan jurang. Salah satunya yang di atas tuh. Keren banget ga sih? Bisa kelihatan tidak lekukan sungai imut lucu membelah hijaunya rerimbunan?


IMG-20161126-WA0147



Masya Allah deh pemandangan kanan kiri. Itu lihat gundulnya Semeru muncul di tengah-tengah, hehe. 

IMG-20161126-WA0146

Ga bakal bosan lihatin sekeliling, perpaduan antara ciptaan Tuhan sama hasil seni manusia membentuk jalur dan petak-petak sawah rapi tersebut. Lihat yang beginian semacam mengobati rasa haus. Hampir sama lah sensasinya kalau lagi mampir ke Bingsoo (빙수 [bingsu] Korean Ice Fever; Es Serut Korea ala Malang)

IMG-20161126-WA0132
cats

Yoosh! Akhirnya sampailah kami di tempat pembelian loket. Alhamdulillah mainnya hari Sabtu, jadi ga kena tarif weekend, heheh. Sama ketika main ke Taman Nasional Baluran dan Teluk Hijau, gue sesungguhnya agak meringis melihat perbedaan harga antara wisatawan lokal dan wisatawan asing. Tapi yaa balik lagi, toh dananya juga untuk konservasi lingkungan kan ^_^


IMG-20161126-WA0143


Setelah dapat tiket, kami melanjutkan perjalanan. Melajukan motor di atas aspal baru nan mulus. Namun harus hati-hati, karena sayangnya hanya bisa dilewati oleh 1 hardtop saja. Bisa pusing kalau ada mobil papasan yang beda arah, harus sama-sama ngalah turun ke jalan berumput. Ey jangankan mobil, motor aja harus pelan-pelan banget.

Nah kalau mau ke Bukit Teletubbies, kita belok yang kiri ya gaes, kalo kanan ke Ranupani, masuk jalur pendakian gunung Semeru. Ah kapan-kapan yaaaa.

IMG-20161126-WA0144


Taraaaaaaaaaaaaaa!!!! Setelah dua jam akhirnya kami sampai juga di Bukit Teletubbies. Sebenernya bingung juga sih yang mana, kan kawasannya luas banget. Di mata gue semuanya Bukit Teletubbies karena kelihatan empuk! Coba lihat gurat-gurat di bukit yang itu, keren abis yak. Kira-kira penyebab bisa seperti itu apa ya?

DSC_0001

Langitnya cerah, awannya manis manja kaya gitu, siapa yang ga kebelet lari-lari coba? Maunya sih jelajahin sampai sana tuuuh. Akhirnya kami berdua turun dari motor, ohya, motornya diparkirin yang benar agar tidak makan bahu jalan. Ga asyik dong kalau waktu main tiba-tiba dipanggil suruh mindahin motor, wkwk.

IMG-20161126-WA0037
IMG-20161126-WA0150

Gue pikir perbukitan tadi rumputnya kaya rumput sepakbola. Eh ternyata semak belukar yang tingginya sepinggang lebih! Lebih-lebih ada beberapa bagian di mana gue ga keliatan sama sekali, hilang ditelan rimbunnya ilalang. Apalagi ditunjang tinggi badan yang ga tinggi.....kalau kata orang Jawa, ndhelesep wkwkwkw.

IMG-20161126-WA0152

Gemeees banget lihat hamparan di depan sana, maunya tuh menjelajah sampai sana-sana, terus lari-lari kaya film-film India. Tapi semakin langkah menjauh, semakin tenggelam pula gue dalam ilalang. Dan ya gue masih waras untuk mikir siapa tau ada ular, secara semak-semak begitu pas banget jadi habitatnya. Dan karena kelelahan pula akhirnya gue dan mba Jule merangsek naik lagi ke tempat motor di parkir. Dan seperti biasa, apa yang kita lakuin kayanya emang mengundang tanya...."itu dua cewe ngapain dah grasak grusuk ke rerumputan" wkwkwkkw.

DSC_0002

IMG-20161126-WA0261

Indah banget ga sih background nya itu? Berasa kayak lagi syuting Narnia yang The Prince of Caspian, lmao. Nah begini ini sepanjang ngarai nya. Gimana ga jatuh cinta coba? Apalagi udaranya dingin sejuk hangat gimana gitu. Gue sebagai titisannya Elsa merasa nyaman :)

DSC_0010

Gue ngerasa kaya ada di dalam benteng yang kukuh sangat. Bisa lihat dong relief alami kaldera ini. Kalau cuma main ke Bromo mah ga bisa kelihatan jelas. Coba deh main ke B29, nah di sana bisa lihat segimana luas dan kerennya Bromo dalam lingkup kaldera indahnya #tsaaaah

Baca jejak main-main gue ke B29, di sini : B29 Lumajang, Mengarungi Setapak Subuh Biru


IMG_0036

Nih intermezzo dikit~

IMG-20161126-WA0200

Batu yang gue naikin ini sekitar semeter setengah lah tingginya. Nah biasa, namanya pencilakan dan sepi orang gue naikin. Sebagai lakon mahasiswa sastra, kudu kreatif menemukan titik foto yang ga mainstream. Tapi waktu udah naik di batu dan pose, berseliweran lah beberapa hardtop. Jadinya gue berdiri-jongkok-berdiri-jongkok demi menjaga imej, huwahahaha. 

Ga sih....lagian batu ini sama jalanan lumayan jauh, kalau ada orang lewat pun wajahnya ga jelas sama sekali.

IMG-20161126-WA0235

IMG-20161126-WA0045

Dan perjalanan kembali dilanjutkan......perjalanan yang tadinya adem ayem mulus di atas aspal hitam baru, harus berubah ke semacam yang di atas itu. Yepp, abis puas main di sekitar ngarai kita rencana lanjut ke Savana dan pasir berbisik. Namun dikarenakan akhir-akhir ini sering hujan, maka terciptalah kubangan dadakan. Bahkan ada yang gedenya kayak kubangan kerbau. Kalau begini sih seliciknya driver belok-belok mengendalikan kemudi.

DSC_0022

Bijak terhadap lingkungan itu, mengekspos keindahan tanpa merusak tatanan. Maksudnya? Ya jangan buang sampah sembarangan. Ambil foto sebanyak-banyaknya sampai batere kamera abis ga masalah, asal sampah-sampah anorganik janganlah bercecer kemana-mana. 

IMG-20161126-WA0267

^contoh pengunjung yang baik. Duh gue gatau namanya siapa, ga sempat kenalan. Padahal pingin banget wawancara, apasih motivasinya buang sampah pada tempatnya? /dikeplak massa wkwkwkw/

DSC_0026

Yoy! Seperti yang penanda di palang kayu tadi tunjukkan, sampailah kita pada blok Savana alias seluas mata memandang, hamparan rumput yang bertandang! Karena lagi musim hujan, maka rumputnya greenish gitu. Nah di tempat ini ramai penjual bakso, popmie, minuman hangat, penjual kaos, dll. Kebetulan waktu itu bertepatan dengan serombongan hardtop sewaan salah satu perusahaan bank swasta. Asyik bener deh main kesini serombongan banyak. Kalau dingin banyak yang dipeluk xD


IMG-20161126-WA0215-tile

Kita sampai di blok Savana sekitar jam 1 siang, perut udah keruyukan karena pagi ga makan. Biasaaaa kalau main suka ga inget sama makan, tapi ya gitu-gitu aja anunya [?] #ambiguitastingkattinggi. Karena mba Jule terlalu baik, bakso yang dibeliin untuk sayah tadi malam dibawanya ke sini.....kalau di Korea ada mie dingin, gue juga punya menu baru....bakso dingin. Ya bayangin sendiri ajalah yaa nikmatnya bakso daging dalam keadaan kuah dingin-pedes. Aneh tapi nikmat! Yang mba Jule makan roti imut yang dibeli di pinggir jalan. Hemat yooo.

Makan begini jadi inget bakso kejunya Cak Pitung hmmm!!! (Bakso Cak Pitung Sidoarjo, Sabar Antre?)

IMG-20161126-WA0042

Ohya, di sini juga bisa naik kuda, sok atuh pilih warnanya.....


IMG-20161126-WA0208

IMG-20161126-WA0299

Kapan hari gue bikin statement bahwa, Zahrah adalah peri hutan. Nambah lagi ya gelarnya, jadi peri Ilalang :)

Sayang seribu sayang. Niat mau melanjutkan perjalanan ke pasir berbisik harus ditunda karena cuaca yang tidak mendukung. Mendung mulai menggelayut, kabut mulai ribut, dan rintik mulai merajut. Oleh para rider-rider motor gunung yang kami temui di jalan, menyarankan agar kami balik aja. Selain ga ada tempat berteduh, bisa bahaya karena yaa memang tempatnya sepi.....dan jalanannya juga ga bagus. Serem juga ih!

Dan sekitar jam 2 kami meluncur kembali ke Malang. 

IMG-20161126-WA0198
   
Alhamdulillah 'ala kulli haaaal! Main juga ga harus kok jauh-jauh keluar pulau atau provinsi, pinter-pinter aja cari tempat refresing yang potensial di daerah tempat tinggal. Mba Jule tuh jagonya! Wkwkwkw. Yoo makasih mba Jule~

You Might Also Like

27 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Bromo!!!!!!!! Dari jaman kapan mau kesana tapi belum sempet2 juga :(( mau jg kesitu huhu masyaAllah nggak bisa ternganga lihat foto2nya T_T

    btw ngga panas tuh foto2an disitu? kayak terik banget x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa!!!! Wkwkwkwkw padahal akses kesini gampang banget ga ribet, modal doa sama bensin sama motor aja xD
      iya masyaAllah bagus banget pemandangan di sini kaak.

      Iyayah xD kaya terik gitu, tapi aslinya engga loh, udaranya dingin!

      Makasih udah mampir ya kak xD

      Delete
  2. klo ke Bromo aku malah lebih excited ke sini
    apalagi kalo papasan sama orang2 tengger, suka deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kesini lagi pingin ke penanjakannya sih, kalo Bromo nya mah agak risih lihat kawahnya, hehe. Ya meski kotor grgr sesajen sih.
      Tapi kalau mau ketemu orang Tengger yang banyak ya lewat Probolinggo xD kalo di sini mana ada rumah penduduk kak ^.^"

      Delete
  3. Peri hutan, peri gunung, peri ilang... (jd selama ini sy bergaul sama peri?!?)

    Nice writing, nice article, nice picts (thanks God foto sy nyempil satu dsitu! *drpd engga). You did it best. Udah bs bgt lah ikut lomba2 blog ^_*

    Ps: masih punya hutang tulisan di JKT, Lampung, yg duluuu bgt itu lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang! Sebutanku yang lain tuh dryad, nymph.....terserah deh xD

      Hahahahaha bisa aja nih mba *tonjok pundaknya*
      Alhamdulillah, emang kerasa banget perbedaan flow dalam diri ketika nulis ini sm artikel yg lain..... wkwkw xD

      IYAAAA!!! Ada kok, di wordpress....tinggal di poles xD

      Delete
  4. bromo oh bromo, udah banyak mendengar cerita baik tentang dirinya.. tapi belum kesampean ke sini. Gue pribadi sih mikirnya juga butuh travel agent yang ribet-ribet gitu, ternyata enggak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah padahal destinasi ini bagaikan kunjungan wajib kalo ke Malang wkwkw.
      Gue doain semoga cepet kesampaian, keburu diduluin sama Valentino Rossi [apa hubungannya wkwkw xD]

      No, as I said above hahahah. Jalan" gini mah jangan dibikin riweuh.

      Yo makasih dah mampir.

      Delete
  5. Jalan nya asik kayaknya kalo musim penghujan gini mbak, pengalaman dulu sih motornya sampe tenggelam di segara pasir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, emang asyik banget -_-"
      wah berarti pake ban yg ada rantainya mas XD
      tapi kalo musim kering pasti buanyak debunya......
      makasih dah mampir mas xD

      Delete
  6. Sukaaaaaa banget!
    Pake mobil repot ga? Kok aku ngayal bisa balik Malang lagi ya? Padahal masih terbayang ga nyamannya pantura saat pulang kemarin. Bikin capek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sukaaaa bangettt!!
      Jangan ngayal lah teeh, diseriusin bikin itinerary nya xD
      insyaAllah ga repot kok, tapi ya itu...agak susah kalo papasan sama hardtop, tapi insyaAllah tetep bisa kok xD

      Delete
  7. Wah aku baru tahu kalau boleh naik motor ke sana. Dari kemaren mikir kalau naik jeep kan harus minimal 4 orang ya. Udah gitu terakhir ke sana, sopir jeepnya kurang friendly, diminta berhenti sebentar buat foto-foto aja susah banget. T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget xD iyasih ya, emg banyak orang taunya kudu sewa jeep. Lagian mahal hardtop tuh, IDR 500K an lah :/
      mending naik motor, bebas eksplor!
      Yuk kak bikin itinerary kesini xD

      Delete
  8. Huwaaaaaaa tidaaaaaaaaaaaaaaaaak
    Kenapa foto foto kamu bagus sekali
    Aku pun pengen kesana lagiiiiiiiiiiii :D
    Eh terakhir aku kesana masih bulan november 2016 lho. gak jauh beda dari tanggalmu kesana
    hahahhaaa

    Aku pengen tuh di fotoin dari jarak jauh gitu jadi banyak view nya yang ketangkep.
    Lah aku kalau foto malah banyakan aku nya yang di gambar, bukan viewnya. hahahahaa
    *Dasar narsis gitu lah


    Dulu terakhir naik motor kesini ya pas SMK. Setelah itu, ga pernah lagi deh touring touring naik motor.
    Padahal seru loh :D
    Kangen masa masa itu.
    Cuma waktu temen temen ku ke malang, ga mungkin aku ajak naik motor karna aku gak tau jalan wkwk

    Eh berarti kamu ga dapet sunrise yah karna berangkatnya udah pagi pagi ?

    BTW.. ITU LHOO BAKSO NYA ITU LHOOOO BIKIN MUPENG.
    enak banget makan cilok atau bakso hangat waktu nungguin sunrise.
    Dan sekarang aku jadi laper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa iyaaa!! Aku kan komen di post an kaka yg itu xD wkwkwk
      ko ga ketemu yah kita :/
      eh kata temen aku katanya mau ada taman Edelweis tau kak~~ cus lah kesana lagi kalo udah jadi itu xD

      Nah kalo foto gitu tergantung seberapa peka fotografer sama maunya kita xD atau bawa tripod sendiri wkwkw

      Wedeeeeeh keren mainnya dah jauh tuh xD akumah ke mall......numpang dinginin badan xD

      NGAAAAA emang ga caru sunrise, cuma mau main di Bukit Teletubbies nyyaaa xDDD

      BAKSO DI MANA KAAAAKK?? DELIV BISA GA YAA WUAHAHA XDDDD

      Yaudah ayok ke Bingsoo :333

      Delete
  9. wanjaaaaayyyyy. . . keren banget fotonyaaaa. . .


    itu lewat jalur mana ya mbak?? mau kesana sih mumpung liburan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahahhaa makasih wkwkw. Lewat Tumpang mas. Jadi kalau dari Malang kota, ke arah Surabaya gitu. Misal nih dari Universitas Brawijaya, ke arah suhat (arah Surabaya), trus kan nyampe pertigaan yg ada masjid Sablilillah nya...nah belok ke kiri. Dekat situ ada pertigaan lampu merah, belok kanan. Nah bablas deh terus luruuuuuuussss aja ikutin jalan. Ntar tanya" lah sama orang desa Wringinanom di mana.....kalau udah masuk desa itu, bablas lagi aja terus sampe nemu loket tiket.

      Sok atuh main....kayanya cuaca akhir" ini lagi cerah"nya, bagus buat foto" hahaha.

      Makasih dah mampir mas!

      Delete
  10. Wah... kalau begini kasihan yang punya travel nih. Colek www.travelizymalang.com perjalanan dengan travel bersama keluarga lebih siip lho. Apalagi kalau ditemani camilan gurih seperti wingko babat. Nah sobat, kamu bisa buat wingko babat sesuai resepnya di www.ahlitani.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheheh. Kan ini pengalaman saya jalan-jalan ala anak muda tipis-tipis gitu oom xD kalau mau sama keluarga, atau perusahaan yang banyakan orangnya....bisa tuh pake travel biar lebih mudah mengakomodirnya ^.^"

      Makasih dah mampir ya oom xD

      Delete
  11. Duh. demen banget kalau lihat yang ijo royo royo gini :D
    salam kenal ya gan..
    mampir juga ke blog sederhana ane..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwwk jadi seger semua yah.
      Salam kenal juga pak wkwkw, makasih dah mampir!
      InsyaAllah bakal secepatnya berkunjung dan obrak-abrik wkwkw XD

      Delete
  12. Huaa enaknya.. Kalau pakai motor jalurnya ngeri nggak sih? Maksudnya curam atau terjal gitu? Oh iya Mbak boleh minta nomor WA nya? Bulan agustus saya mau ke Malang, mau nanya2 gitu. Atau WA saya duluan juga boleh 😊 081285663127 makasih ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, iya emang!! Enak banget ko. Ga terlalu lama juga, palingan 1.5 jam. Itupun yang dilalui jalanan yang mayan bagus, ga nanjak atau nurun" amat. Cewe naik motor kesini bisa banget! Waaaah~ mari mari, silahkan datang ke MalanG. InsyaAllah ga bakal nyesel deh :) dari wisata sampai kuliner, sampai suasananya, menyenangkan ^_^
      Boleeeh 088217807323 ^_^

      Makasih banyak juga dah mampir ka Nilaaa :)

      Delete
  13. Hai Zahra, salam kenal dari Jogja :)
    Kebetulan bulan depan aku ke bromo dan berangkat dari Malang naik motor. Berbekal Google Maps, tujuan akhirnya Kawasan Coban Trisulan kah? Atau nama daerah yg lain? Karena emang ga tau banget wilayah malang ataupun bromo.Soalnya kalo ke Bromo biasanya lewat jalur yg biasa dilewatin wisatawan nih. Karena baca blogmu, jd pengen lewat jalur itu. Infonya yaa~ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Citra, salam kenal juga dari Malang ^_^

      Kalau mau lewat jalan ini, aku kasih ancer2nya dari Universitas Brawijaya ya? Nah dari UB itu ke arah jembatan suhat, trus ntar ketemu pertigaan yg ada patung pesawatnya, belok kanan. Lurus sampe ketemu pertigaan lampur merah (kanan jalan ada masjid Sabilillah), belok kiri tapi langsung ambil kanan, soalnya ada lampu merah lagi....belok kanan. Nah itu teruuusss lurus (namanya daerah Tumpang). Dari situ, google maps aja cari desa Wringinanom (coba lihat dokumentasi foto di atas yg ada slogan ttg buang sampah, di bawah ada tulisan desanya). Nah kalo udah sampe desa itu, lurus aja terus deh sampe nemu loket tiketnya. Kalau ragu tanya penduduk heheheheheh.

      Kalau kurang jelas, maafin yah hehehe, tapi tanyain lagi gapapa :)

      Delete
    2. Owwh i see~
      Eh brarti aku bakalan masuk ke bromonya 2x dong ya xD
      Karena besoknya masuk bromo lagi buat liat sunrise. Anw trima kasih infonya ya. :D

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background

✿Zahrahstagram✿