Nge Trail di Kawah Wurung Bondowoso [Berkeliaran di Banyuwangi bagian 3]

Friday, February 17, 2017

Seri Berkeliaran di Banyuwangi

Bagian 1 [Taman Nasional Baluran] | Bagian 2 [Teluk Hijau] | Bagian 3 [Kawah Wurung] | Bagian 4 [Kawah Ijen]


Yoy! Selamat pagi bagi yang baca ini ketika pagi, dan seterusnya. Hari baru di Banyuwangi. Keluar dari homestay pagi-pagi dengan semangat baru dan perut keroncongan. Ini hari Minggu, harusnya banyak warung yang buka untuk menjamu kami, pelancong dari negeri jauh /naik turunin alis/. Hahahahaha.

Kali ini gue gabisa ngece-ngecein anak sekolahan, karena sama-sama libur! /apassssih/

Ohya, gue dah bikin itinerary main ke Banyuwangi dan sekitarnya nih. Cek di sini Itinerary Trip Banyuwangi Tanpa Travel Agen 4D3N. Sapa tau bermanfaat :)

Dan kali ini ga ada ampun untuk Nasi Tempong Mbak Nah yang terkenal itu. Kita harus mendapatkannya. Tau ga sih? Kita sampai muterin sekitaran warung Mbak Nah tiga kali demi menunggu persiapan bukanya warung. Ini warung masyaAllah sekali emang. Kita udah standby di sana sejak jam 7, padahal bukanya setengah 9 :'

Yaudahlah ya, akhirnya setelah muter-muter ga jelas kita nunggu aja di depan warungnya. Dan diganjar dengan sebutan 'pelangggan pertama'. Yiha.

IMG_1683

DSC_0395

Aseli recommended banget kawanz! Sebenernya ga ada yang spesial gimana gitu sih, tapi gue rasa Mbak Nah keren banget memadukan berbagai macam lauk sehingga komposisi dan kombinasinya pas beeudt! Ada nasi, rebusan sayur bayam, tahu goreng, rebusan lawuh, perkedel, tempe, ikan asin, sambel tomat segar, dan lauk tambahan. Lauk tambahan ini bisa telur, ikan laut, telur asin, dll. Sambalnya ituloh....juara! Pedes banget, tapi segar dan mantap. Enak deh pokoknya. Kamu kamu yang kesini kudu cobain, oke?

Habis makan kenyang, lanjut perjalanan ke.....................KAWAH IJEN! Tapi......nih ya dibaca baik-baik yang mau ke Kawah Ijen: Pendakian ke Kawah Ijen itu buka jam 1 subuh sampai kira-kira jam 9 pagi. Jadi jangan datang kepagian, ntar semisal pagi-pagi kesana, takutnya kabutnya udah turun.

Jadi kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Kawah Wurung dulu, yang mana satu jalur kalau mau ke Kawah Ijen. Homestay kami dekat sih dengan jalur ke Kawah Ijen, tapi beda arah dengan kalau mau ke Teluk Hijau atau Banyuwangi kota. Ya pokoknya gitulah.

Sekitar 2 jam kami mengarungi perjalanan yang wuasyik! Awalnya biasa aja tuh suhunya.....trus lama-lama kita masuk ke jalan aspal yang agak sempit gitu, jalanannya sama kayak kalau mau ke B29 [baca di sini : B29 Lumajang, Mengarungi Setapak Subuh Biru]. Jalanan mulai naik turun, suhu udara mulai menurun pula.

Dingin brooooooooooooohhhh, seger tapi.

DSC_0406

Nah seperti yang gue bilang sebelumnya, pendakian ke Kawah Ijen kan dibuka jam 1 subuh, sedangkan waktu sampai sana udah sekitar jam 10 an. Akhirnya kita menyusuri jalan menuju Kawah Wurung. Kalau ke Kawah Ijen, wajib deh hukumnya kesini, kereeeeenn!!! Kita akan ditemani oleh kebun kopi di sepanjang perjalanan.

Nah ini nih yang bagus lagi, namanya Kalipahit. Kalipahit ini terletak di pinggir jalan antara Kawah Ijen dan Kawah Wurung, sekitar 10 meteran lah. Di sini kita bayar IDR 3K aja untuk retribusinya. Aliran airnya berwarna hijau kekuningan. Analisa gue sih, soalnya bercampur dengan belerang yang ada di Kawah Ijen. 

DSC_0412

Keren banget pokoknya. Mengingatkan pada sungai-sungai Jepang yang selama ini gue lihat di foto eheheh. Sungai berbatu, batang pohon hitam yang ramping, dan dedaunan kecil-kecil begitu.

IMG_1727

DSC_0414

IMG_1738

Sampailah kita di desa Sempol. Lucu yah nama desanya. Apa jangan-jangan jajanan sempol yang lagi hits di Malang, asalnya dari sini? Tapi gue ga menemukan satupun pedagang sempol. Eh tapi desa ini keren banget loh. Rumahnya berjejer rapi dan sederhana, tanamannya pun tertata apik. Bunga-bunga yang mekar kontras banget sama daun hijaunya....bersih pula! Living-area-goals lah pokoknya. Tapi sayang ada beberapa titik yang jalanannya mulai hancur.

IMG_1737

Tau ga~~ waktu kita main ke Kawah Wurung, ga ada temennya! Maksudnya tuh.....sekarang kan hari Minggu, tapi kita ga papasan sama orang lain gitu. Jadinya kita menyusuri jalan sendiri. Tapi ga usah takut nyasar.....petunjuk arahnya udah lengkap kok alhamdulillah.

Dari jalan aspal yang mulus, pada saatnya kita harus turun ke jalan tanah kaya gambar di atas tuh. Dan itu masih mending......nanti lurus lagi akan ketemu jalan berbatu yang......nnggghhh!! Bikin flashback sama jalanan ke Taman Nasional Baluran. Pantat ini rasanya kaya naik Merry-Go-Round tapi besinya pada soak semua. Wwkwkwkw. Parah deh. Sekali lagi gue sama mba Jule cuma bisa mengelus sayang si motor pink. Sabar ya dek.....

Dan tau ga sih, beberapa minggu kelar kita main di Banyuwangi, mba Jule kan servis motor tuh. Kata mba Jule dikutip dari montir yang servis motor, ' mba, bautnya banyak yang lepas nih..'. Paraaaah hahaha xD

IMG_1740

Yo beli tiket dulu. Itu bapaknya nanyain ke gue (emang ya kayanya kemanapun main, penampilan gue kayak mengundang pertanyaan -_-). Eh tapi ga boleh suudzon, bisa jadi itikad mau berteman [?]

1. Dari mana mba? Dari Malang pak, hehe
2. Sama siapa aja mba? Berdua aja pak, hehe
3. Wih, naik motor dari Malang berdua aja? Iya pak hehe
4. Udah kemana aja mba? Baluran, Teluk Hijau, sama Pantai Merah pak.

IMG_1785

Habis beli tiket terus apa? Sabar dek, masih harus tancap gas lagi sekitar 20 menitan untuk sampai ke atas. Jalannya kaya apa kak? Ya begitu itu. Bayangin aja gabungan antara jalanan terjal berbatu agak basah berlumpur. Jadi selain kuat badan, kudu latihan olahraga pergelangan tangan biar ga keseleo tuh. Jadi waktu nge gas maupun ngerem sendi-sendinya lentur. Hahahaha. Aseli kudu bisa memenej gas dan rem dengan baik. Oke gue terdengar sok hahaha. Tapi weh, rata-rata yang kesini naik motor pasti driver nya cowok. Nah kami driver-passanger cewek. Mau switch posisi juga sama aja xD biarin lah, biar keren xD

DSC_0419

Sayangnya ketika di Kawah Wurung, cuaca yang menyambut kami adalah kemendungan tak berujung. Wajar sih, soalnya lagi puncak-puncaknya musim penghujan. Jadi langit bawaannya murung mulu. Tapi kalau ngerasain sendiri di sana, gue mah bahagia-bahagia aja. Soalnya dingin guys! Se-pencilakan apapun ga bakal keringetan dan exhausted karena udara sejuk berkali-kali menampar gue [halah] wkwkkw.

DSC_0424

IMG_1774

Yang bikin geleng-geleng kepala, ga habis pikir. Sedih akutuh liat beginian. Papan penunjuk kan harusnya bebas dari photobomb, biar pengunjungnya bisa leluasa foto. Nah ini malah jadi gantungan jaket coba. Dikira Kawah Wurung ini kamar pribadi dia apa ya. Kukan juga mau foto di sana, tapi udah kebelet bad mood  duluan elus dada melipir menjauh. Ga kuat. Wkwkwkw.

DSC_0443

Ini juga yang bikin gue banyak istighfar (alhamdulillah ada sisi baiknya ya). Tolonglah wahai hamba Tuhan yang berbudi luhur......itu sampah bawa balik sana. Pengelola wisata juga sudah menyediakan tempat sampah. Segitu susahnya kah buang sampah pada tempatnya? Masa ga risih sih liat beginian? Bikin mata siwer tau. Kuingin teriak marahin yang buang sampah :/ jelek banget ih beneran aja!

Kalo gini berasa nenek tua deh. Kayanya tiap ulasan tempat wisata gue selalu report masalah 'buang sampah sembarangan' wkwkkww. Maafkan!
DSC_0429

Kalau menurut gue pribadi, pemandangan di sini setipe lah sama Bukit Teletubbies yang ada di Bromo. Eh udah baca belum tulisan gue waktu main kesana? Baca nih di sini: Bukit Teletubbies Bromo, Ucapkan Aaa Ooo!

Kita bisa sih turun sampai ke bawah-bawah sana naik motor, tapi jalurnya beda sama yang kita lewatin. Nah di sini juga ada loh Bukit Teletubbies, di balik bukit itu! Tapi berhubung sudah sore, kami nikmati aja semilir angin di sini. Ga bakal bosen, apalagi sambil makan tahu goreng asin dingin. Tau ga sih? Di balik bukit itu juga ada hotel bawah tanahnya loh! Gue ngebet sebenernyaaa, cuma karena mikir-mikir waktunya.
IMG_1809

IMG_1841

Masih inget ga kemaren gue cerita....kami bertemu dengan sepasang suami istri keren di Teluk Hijau? [Baca di sini: Teluk Hijau, Zamrud di Ujung Jawa] Kalau waktu itu kami bertemu dengan pendaki handal yang udah sampai puncak Carstensz di Jayawijaya, kali ini kami bertemu dengan dua bapak-bapak yang lucu abis! Tapi ga kalah keren tauk xD

Coba lihat deh, lucu banget itu bapak berdua. Awalnya kan gue foto-foto tuh, posenya ngelebarin rok.....tau-tau denger bunyi gas motor yang muncul dari semak belukar. Kaget kita lah. Gue sama mba Jule cengo, sedang bapak berdua itu malah foto-foto dengan pose lawak. Kita yang awalnya diem doang ngeliatin, akhirnya diajak ngobrol. Dan seperti biasa, diawali dengan......'dari mana mba?'

Ntah sih, ketawa aja lihat ekspresi bapaknya waktu tau kami dari Malang naik motor cuma berdua ke Banyuwangi. Eheh.

IMG_1848

Karena bapaknya baik, tanpa kita minta.......kita ditawarin untuk foto pake motor trail ini, hehehe. Sosoan aja tuh! Gue mah iya sampe Desa Mantar di Sumbawa bawa motor.....tapi kalau motornya kaya gini beda lagi ceritanya. Kan pak kopling tangan. Ngegas nya kudu lembut......belum cocoklah smaa gue yang belingsakan xD lagian tinggi euy! Gue yang masih sodaraan sama dwarf bisa apa :'

IMG_1854

Tau gak? Ternyata dua bapak ini adalah panitia kompetisi "Kawah Wurung Adventure Trail 2". Weeee keren abiss. Nah bapak yang helm nya ada kacamata nya itulah sang ketua pelaksananya, cieeeee. Kami sih ga sempat kenalan, tapi hasil analisis dari baca di banner bawah ini, kami menyimpulkan nama bapak itu adalah Misnandar. 

Kami berbagi cerita mengenai banyak hal. Bapak-bapak ini juga sering nge trail sampai ke Malang, bahkan luar Jawa. Baik sebagai peserta maupun penyelenggara kompetisi. Kami juga ditunjukkan beberapa video ketika si motor trail ga kuat naik, malah dituntun. Bersama kami tertawa terpingkal-pingkal. Heleh.......berasa nemu bapak baru :) /dikeplak wkwkwkw.

Gue cuma bisa begidik bayangin naik motor ngelewatin bukit-bukit gitu. Macam apa itu sendi pergelangan tangannya -_- 
DSC_0603

Sayangnya kami ga sempat berbagi kontak. 

Ohya, jadi sebenarnya tuh ga boleh bawa motor sampe ke atas sini, bahaya. Tapi pengecualian lah untuk bapak-bapak tadi. Kan mereka sudah pro, sudah expert. Ga kaya gueh yang modal nekat wkwkw. Yaudah lah yaaa~~~

Nah hari sudah beranjak sore, matahari mulai lelah menemani kita. Hmm, udah jam 4 sih emang. Takut kemalaman dan bisa jadi ga ada temen turun ke Paltuding (meeting point kalau mau naik ke Kawah Ijen), akhirnya kami menyudahi jalan-jalannya. 

Alhamdulillah......ga mati gaya nungguin naik ke Kawah Ijen. Dan kali ini mba Jule yang outfit nya outstanding sama latar belakang, hehe. Kalau saya mah tema bunglon aja, warna ilalang sama jilbab sama jubah sama pudarnya xD

IMG_1817

*bingung kasih caption*
Yaudah bikin caption cadangan, kalau mba Jule ga suka sama caption ini, nanti diubah xD

"Kapan kamu jemput aku?"

IMG_1824

"Aku tak biasa.....bila tiada kau di sisiku.....aku tak biasa bila ku tak mendengar suaramu......KEJU....."

-Zahrah, cheese's crush.
Beberapa catatan kencan Zahrah dengan keju dapat dibaca di sini:


You Might Also Like

10 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. kayak di bukit teletubbies ya
    btw mbake suangar karo sepeda traile
    tapi kok ending lague -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's what I said before, right? Wkwkwkw kurang puas sebenernya, belum turun ke bawah soalnya.
      Iya, itu bapak"nya yg nawarin duluan. Ya mau lah, mayan buat gegayaan wkwkwkw.
      I'm in love with cheese, so how? :/ wkwkwkw

      Delete
  2. Waaah, menakjubkan pemandangannya...pasti seru travelling'y ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillah. Apalagi kalau misal cuacanya lagi cerah beneran. Kombinasi bukit lucu sama langit biru pasti keren banget, hehe.

      Makasih udha mampir mas :)

      Delete
  3. waw...acara ngtrail yang makjleb banget nih, acaranya di kawah pasti seru menyeru apalagi perebutan hadiah yang disediakan panitianya juga mumpuni banget,kalau menang motor trailnya mau dijual nggak tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhaahahahaha gimana mau dijual, orang punya orang pak ^.^"

      Delete
  4. Replies
    1. Gataaatu :/ hahahahhaha xDDD

      Iya gapapa ayo diganti, maunya apa? Caption di fotonya mba sebenernya by order kok xD

      Delete
  5. referensi yang menarik nih...
    pemandangan nya dan kuliner nya kayak nya menarik...

    tapi saynag nya dari TEGAL ke situ ya lumayan yah... wkwkwk

    adakah penginapan yang murah tapi yang bagus??

    salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah~~~ iya bener banget!
      Banyuwangi recommended banget untuk didatangi, banyak sekali destinasi bagus dan menarik. Makanannya juga enak" mas :)

      Bisa aja sih kita press budget seminimum mungkin, tapi insyaAllah kebayar sama yg disuguhkan Banyuwangi :)

      Ada, mas silahkan baca tulisan saya main di Banyuwangi yg part 1 [Baluran], di situ saya menulis ttg penginapan Koko Homestay, semalam/kamar 100k :) lumayan bisa utk 2/3 org.

      Salam kenal juga dan terimakasih sudah mampir :)

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background

✿Zahrahstagram✿