Kudu Nongkrong di Tombo Ngelak Kalau ke Jogja

Tuesday, March 21, 2017


YOSH!

Beberapa hari yang lalu gue main nemenin berkunjung ke Jogja sama mba Jule. Agenda utamanya adalah, "mba Jule menghadiri seminar nasional literasi di perpustakaan UGM Yogyakarta". Temanya bagus, kekinian:

"Seminar Nasional Perpustakaan Sebagai Gerbang Informasi Sehat"

Lalu apa yang gue lakukan? BERKUNJUNG. YHA. He he heh. 

Oke, ini semua akan gue bikin jelas. Saya cuma ngikut doang ke Jogja, ga ikut seminarnya, hehe. Nakal (berfaedah) nih kita berdua. Mba Jule berangkat ke Jogja juga sebenernya tanpa izin dari pak Bos alias bolos. Begitupun dengan...................saya.

Alias, main. Alias, bolos. Ah terlalu buruk. Penugasan pribadi mengunjungi kota pelajar di provinsi sebelah, wkwkwk.

Bolos kuliah adalah sebuah kewajiban bagi setiap mahasiswa yang ingin masa perkuliahannya berjalan dengan menyenangkan. Dengan membolos kehidupan perkuliahan akan lebih dinamis dan berwarna. Dengan begitu kalau sudah lulus nanti, ceritanya bisa beragam dan ga bosenin. Ya kan? Iyain deh.

Eh tapi jangan bilang ke dosen aku yah!

Eh tapi gue yakin para dosen itu juga pasti paham gejolak apa yang sedang menimpa mahasiswa ditengah kemelut jadwal perkuliahan wkwkw. Mereka juga pasti pernah berstatus 'mahasiswa'. Lagian, gue cuma mau ambil jatah kok. Masa udah pertengahan semester daftar absen masuk mulu? Padahal kampus sudah memberi keleluasaan mahasiswanya berupa jatah 4 kali ketidakhadiran.

Lagiannya lagi, kan mau UTS....jadi peregangan dulu lah. Dengan cara kelayapan (kata ini efeknya negatif, tapi kok terkesan macho ya. Habaikan.) selama 1 hari. Iya SATU HARI. Sedih ga sih? :/

Perjalanan dimulai Selasa. Gue dan mba Jule sudah standby di terminal Arjosari Malang sejak sekitar jam 7 malam. Kali ini kami menggunakan jasa bus Handoyo dengan duit sebesar IDR 100K/orang. Kata kondekturnya, kira-kira kami bakal sampai jam 4 subuh esok hari. Fasilitas bus Handoyo ini (not sponsored kok wkwk) memberikan fasilitas berupa kursi yang empuk, full AC, musik dangdut, selimut, dan makan yang cuma sekali. Selimut ga gue pake karena gue lebih suka kedinginan daripada kepanasan (#mefact1).

Untuk makan malam, diberikan ketika tengah malam. Bayangin deh, tengah malam sekitar jam setengah 1 bis berhenti di rumah makan Kurnia, tepatnya di Ngawi. Dengan swollen face alias muka kursi (ga ada muka bantal! Bis ga nyedian bantal wkwkw), gue-mba Jule-dan seluruh penumpang jalan sempoyongan keluar bis. Ada yang ke toilet dan ada yang langsung menuju ke tempat makan.

Ga wajib buat ambil jatah makan sih, cuma karena ga ada kerjaaan..............ya gue makan aja! Menu tengah malam itu adalah sayur sop dan kornet daging----ntah apa xD

Habis makan, minum, balik ke bis, dan mencoba tidur lagi.

Tapi biarkan gue merangkai sebuah kata mutiara, "naik bis malam ga kalah seru sama nontin film action-thriller". Asyik bener suwer ngeliatin gimana lihainya supir bis banting setir ke kanan dan kiri demi nyalip truk-truk gede......sedangkan dari arus sebaliknya juga ada bis dan truk gede! Bisaaan aja mamang supirnya mah. 

Udahlah gue tidur lagi aja.

Bangun-bangun jam 4 subuh kami sampai di terminal Giwangan. Welkam to Jogjaaa!! Ini udah 3 tahun sejak kunjungan terakhir ke kotanya bakpia omong-omong.

Setelah menyelesaikan hajat, shalat tahajud, dan subuh di musholla terminal Giwangan yang nyaman, kami berdandan. Yaiyalah, buruk banget bentuk kami keluar dari bus. Apalagi mba Jule kan mau ikut seminar, ya masa aromanya AC bis heheh.

Dari terminal Giwangan, kami naik TransJogja lajur B1 yang langsung menuju ke UGM, tepatnya shelter kopma UGM dekat kompleks vokasi UGM.

Suasana Jogja yang nyaman menyambut kami. Terlihat kesibukan masyarakat Jogja di hari Rabu yang sedikit mendung di berbagai sudut. Pergi bekerja, berangkat sekolah, main. Yang terakhir itu gue. Karena memang sampai pagi itu gue belum ada rencana apa-apa!

Sampai di shelter yang dituju, setelah turun dari TransJogja, kami berjalan menuju perpustakaan pusat UGM. Gue sukaa banget sama konsep hijau yang UGM terapkan. Ramah bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda ontel. Gue harap kedepannya UIN Malang bisa mencontoh program UGM yang ini. Apalagi UIN Malang kan di Malang yang sejuk, jadi makin sip deh!

Sekilas pandang mengenai perpustakaan pusat UGM Jogja nih; fasilitasnya oke. Ada banyak sudut untuk ngerjain tugas. Gue ga main sampai lantai atas sih. Cuma kata mba Jule emang fasilitasnya lumayan baguslah. Bentuk bangunannya juga lumayan artistik, ga bosenin, banyak kaca.

Cuma nih, untuk koleksi buku....masih bagusan dan banyakan UIN Malang. No offense yah. I tell ya the truth. Kalo kata mba Jule, perpustakaan UGM ini lebih menyediakan ke bentuk-bentuk elektroniknya. Yaudah kapan-kapan main ke perpustakaan pusat UGM sama UIN Malang yah. Bukan untuk bandingin, tapi biar punya aroma 'literasi' #tsaaah wkwkwkw.

Oke balik lagi ke gue yang duduk sendirian di salah satu sudut perpustakaan UGM. Mba Jule udah naik ke atas untuk mengikuti seminar. Gue sendiri. Kelaparan.

Akhirnya gue menghubungi salah satu teman native Jogja. Tamara namanya. Biasa gue panggil ka Tatam. Alhamdulillah nya ka Tatam hari Rabu libur kuliah, jadi bisa nemenin gue yang jomblo jones sendirian ini. Coba seandainya ka Tatam ga libur, palingan gue nyemilin Malkist Roma sama makaroni pedas manis sampe dzuhur nanti.

Jam 9.00 mulai keliling Jogja cari tempat makan. Nahasnya, hampir 10 tempat yang kami datangi masih tutup! Kebanyakan emang buka jam 10.30 sih. Perut gue makin nyaring aja konsernya. Untung ga sampe buka loket penjualan tiket. Kanmalu!

Setelah keliling dari Jogja Sleman sampai Kaliurang (pinggirnya doang), ka Tatam memutuskan untuk membawa gue ke TOMBO NGELAK. Tombo Ngelak adalah sebuah tempat makan/nongkrong/kafe yang menawarkan buanyak sekali makanan. Dari jajanan ringan, minuman, es-esan, mie, nasi, sampai waffle-waffle an.  

Coba deh cek sendiri daftar makanan dan minuman yang tertera di daftar menu di bawah ini:

Tombo Ngelak Jogja

Gue pingin ini sebenernya. Kebayang dinginnya eskrim meluncur di tenggorokan setelah berkutat dengan polusi di jalanan.

Tombo Ngelak Jogja

Bisaan aja indomie dikreasikan kaya begitu.

Tombo Ngelak Jogja

Gue mau semuanyaaaa!!

Tombo Ngelak Jogja

Warna-warni waffle nya menarik banget ya!

Tombo Ngelak Jogja

Ah ngeces nih, pilihannya banyak dan lucu-lucu!

Tombo Ngelak Jogja

Lengkap uy!

Tombo Ngelak Jogja

Jadi setelah muter-muter ga keruan sampai ke pinggiran Kaliurang, kami makannya malah di daerah Klebengan, yang mana deket banget sama UGM wkwkwkw. Tombo Ngelak ini sendiri mempunyai tiga cabang, yaitu;

Gerai 1 = Jl. Bougenville Klebengan (GOR Klebengan sebelah utara Fakultas Peternakan UGM).
Gerai 2 = Mirota Batik, Jl. Malioboro Yogyakarta.
Gerai 3 = Jl. D.I. Panjaitan no. 103 A Mantrijeron Yogyakarta.

Enaknya, Tombo Ngelak ini udah buka sejak jam 8 pagi dan tutup jam 11 malam. Jadi kalau ada yang ngebet nongkrong pagi-pagi, tempat ini adalah pilihan yang tepat.

Tombo Ngelak Jogja

Gue pribadi suka banget dengan desain interior Tombo Ngelak. Dominasi warna putih dengan pencahayaan dari jendela yang lebar membuat tempat ini terasa lapang. Oleh karena sinar matahari bebas masuk, sekiranya bisa menghemat penggunaan lampu juga #saveenergyforbetterfuture. Buat yang mau foto-foto, pencahayaannya oke banget deh!

Banyak barang printilan yang dipajang, namun tidak berantakan dan malah terkesan friendly. Ditambah bagian dapur yang terekspos [?] sehingga pengunjung bisa lihat pembuatan makanan atau minuman yang dipesan.

Tombo Ngelak Jogja

Mango Smoothies (12K) + Pink Boba (4K)

Jadi sebenernya gue itu bawa sebotol gede air mineral hasil isi ulang di kosan sebelum berangkat ke Jogja. Tapi tengsin dong, masa di kafe minumnya air mineral, isi ulang pula wkwkw. Akhirnya gue pesen ini nih, Mango Smoothies with pink boba ukuran reguler.

Apa itu smoothies?

Smoothies itu minuman kental hasil blender an dari buah (dan biasanya pakai sayur juga), kemudian ada campuran air, es, susu, dan gula. Seger banget rasanya. Apalagi ada rasa asem-asem dari buah mangga. Cuma menurut gue rasanya terlalu maniss. 

Apa itu boba?

Boba itu semacam makanan/jajanan/pernak-pernik yang bisa dimakan (?), berbentuk bola-bola kecil yang kenyal karena bahan dasarnya dari tapioka. Biasanya orang nyebutnya 'tapioca pearls' atau mutiara tapioka. Kalau di Taiwan sih, campurannya bareng teh susu/milktea gitu. Nah tapi boba yang dipake di smoothies ini, bobanya berisi sirup rasa jeruk gitu. Jadi kalo dikunyah, meleleh deh. Makin manisss lagi.

Milktea+boba ini nge hits gara-gara minuman favoritnya Sehun EXO #fyi #temengueyangkasihtau.

Bener-bener tombo ngelak alias obatnya haus!

Tombo Ngelak Jogja

Hot Chocolate with Marshmallow (15K)

Ini pesanannya ka Tatam. Cokelat panas sama marsmalow. Ka Tatam lagi flu, jadi mesennya yang anget-anget meski cuacanya juga anget cenderung panas. Sebenernya gue juga lagi flu paraaah sampe suara bindeng. Tapi teteup aja bandel minum es-esan wkwkw.

Tombo Ngelak Jogja

Apa itu Hot Chocolate?

Literally, cokelat panas. Gue sih ngerasain di sini yang dipakai itu rasanya mirip susu milo. Asyiknya, selain yang udah diseduh, untuk topping dikasih serbuk cokelat gitu. Gulanya juga dipisah, jadi kita bisa menentukan sendiri tingkat kemanisan minuman ini.

Apa itu Marshmallow?

Marshmallow itu sebuah produk makanan berbasis gula dengan pengolahan modern sehingga didapatkan tekstur yang lembut. Terdiri dari gula, air, dan gelatin biar bisa jadi spons gitu. Biasanya berbentuk silinder pendek-pendek dan dilapisi tepung jagung. Awaaaaal dulu kecil nyobain marsmalow gue pikir rasanya kayak odol xD

Tombo Ngelak Jogja

Red Velvet Bubblewaffle (11K) + topping Nutella (3K)


Isinya: waffle red velvet ditaburi gula bubuk putih dan madu.

Apa itu Red Velvet?

Red Velvet, yang kebanyakan orang tahu adalah jenis kek/kue yang berwarna pink/merah bata. Secara bahasa sih artinya "beludru merah". Yep! Warna red velvet sendiri didapatkan dari buat bit yang bisa menghasilkan warna merah merona yang menggoda wkwk. Warna red velvet digunakan untuk berbagai jenis penganan.

Jadi, daripada red velvet itu jenis kek, lebih tepatnya adalah salah satu variasi pewarna makanan.

Apa itu waffle?

Waffle menurut gue semacam roti padat yang terbuat dari adonan tepung dan ragi. Adonan tersebut kemudian dimasak diantara dua pelat besi dengan motif tertentu. Mungkin motif yang paling sering dipakai itu yang kotak-kotak ituloh. Nah karena di sini bentuknya bulet, maka sebutannya bubblewaffle. Lucu sih!

Apa itu Nutella?

Dia itu selai yang banyak disalahpahamin sama orang wkwkw. Ngaku deh kalo first impression tentang Nutella itu selai cokelat, iya kaaan? Salah bro. Cek lagi coba bahan-bahan atau ingredients nya. Gue abis cari-cari nih, jadi 55% dari Nutella itu gula, kemudian ada minyak kelapa sawit, kacang hazelnut, dan lain-lain. Mana cokelat nya dek? Katanya sih kandungan lemak Nutella lebih tinggi banget dari Snickers. Weh. Tapi gapapalah ya sekali-kali.

Apa itu hazelnut?

Sejenis kacang-kacangan spesies filbert yang mempunyai kulit tekstur berserat dan berbentuk bulat. Ohya, asam lemak yang terdapat pada kacang ini mirip ASI loh.

Tombo Ngelak Jogja

Matcha Bean Greentea (20K)

Apa itu Matcha?

Matcha itu adalah teh hijau yang digiling haluuuus banget sehingga teksturnya seperti tepung. Matcha kalau diseduh seperti teh ngga akan meninggalkan ampas. Juga, kandungan kafeinnya lebih kuat daripada teh hijau. Warnanya juga lebih ijo, dan lebih pait daripada teh hijau. Selain untuk seduh-seduhan, matcha cocok banget dipake untuk bikin makanan seperti puding atau kue.

Nah surprisingly waffle yang gue pesen ini rasanya beneran matcha, ga sekedar namanya aja matcha heheh.

Apa itu (red) Bean?

Secara arti sih kacang merah. Jadi kacang merahnya direbus, trus diancurin dan dicampur gula. Kacang merah ini banyak banget loh manfaatnya. Dia kaya dengan antioksidan, sumber protein nabati, dapat mengontol kadar gula dalam darah, dan lain-lain.

Apa itu Greentea?

Wehe! Sebenernya gue bingung wkwkw. Dalam sajian ini mana yang pake matcha mana yang greentea. Tapi kayanya yang greentea itu eskrimnya. Teh hijau juga banyak manfaatnya loh. Antara lain; mengurangi kolesterol, kaya antioksidan, mengurangi reaksi alergi, mengelola diabetes, dan....digadang-gadang dapat mengontrol berat badan.

[kecewa] Untuk rasa eskrimnya, gue kurang suka. Rasanya agak plain dan ga seger, gatau kenapa. Ntah mungkin kebiasaan makan eskrim yang berbahan dasar susu dan manis ya. Ini rasanya aneh aja wkwk. Dan lagi, antara gambar di buku menu sama aslinya beda JAUUUH. Gue kecewa. Kalau di daftar menu kan ada stroberi nya gitu. Gue kan terlanjur ekspektasi "wah waffle gue bagus banget kaya reggae. Perpaduan antara hijau matcha sama merah stroberi". Gue nelen pil pahit :'


Tombo Ngelak Jogja

Indomie Meatball (15K)

Ceritanya sambil nyemil di sini, gue sama ka Tatam nungguin ka Via biar meetup sekalian. Eh ka Via nya mager mele -_- akhirnya karena nunggu lama gue pesen satu lagi, yaitu ini. 

Apa itu Indomie?

Kebangetan kalau ga tau! Ininih kebanggaan Indonesia kalau lihat video-video reaksi di youtube. Ga ada yang bisa menolak pesona micin mie instan aseli Indonesia ini. Pasti tuh bule-bule langsung jatuh cinta wkwkwkw.

Apa itu meatball?

Bakso. Wkwkwkw. Tapi bentar. Ini apa gue yang terlalu tinggu berekspektasi atau gimana, antara gambar di menu sama aslinya beda jauuuh. Gue lihat di buku menu, meatball nya itu item-item gimana gitu. Gue pikir grilled meatball yang bener-bener dari daging #hasek. Kemudian di menu baksonya utuh 2 biji gitu. Eh ternyata yang tersaji adalah irisan-irisan sebiji pentol wkwkwkw. Trus juga ada irusan telur dadarnya gitu. Nah ternyata ga ada, adanya pangsit.

Gue kecewa lagi. Ekspektasi. Kalau dalam penelitian ilmiah tuh, timbulnya perbedaan antara kenyataan dan ekspektasi dinamakan masalah. Eheh. Dan jujur, untuk semangkok indomie+sebiji pentol saus merica hitam+pangsit, harga 15K mahal amat yak wkwk. Gue jadi bandingin sama harga mie pedes-pedesan di Malang nih yang cuma 10K.

KESIMPULANNYA

(+) Gue suka sama Tombo Ngelak, tempatnya cozy untuk jadi tempat nongkrong gaul. Tatanannya juga apik dan terang, ga suram. Pilihan menunya juga banyak dan sangat menarik. Pengunjung jadi bingung banget milih yang mana. Penataan makanan dan minumannya juga baguss, keceh, sehingga keren untuk di upload wkwkw.

(-) Menurut gue harganya agak di atas rata-rata (dibanding Malang) dengan sajian yang seperti itu. Paling kecewa karena ketidaksesuaian antara foto di menu dan aslinya. 

Tombo Ngelak Jogja

Pokoknya makasih banyak untuk Taeyeon nya SNEJ aka ka Tatam. Makasih dah dianterin keliling Jogja demi adenya yang lagi kelaperan berat wkwkw. Follow dong! vousmevoyez


DUIT
1. Tiket bis Handoyo (berangkat) Malang-Jogja IDR 100K
2. Tiket bis Handoyo (pulang) Malang-Jogja IDR 115K
3. Fee seminar UGM IDR 200K
4. Biaya masuk/berkunjung/menikmati fasilitas (selain meminjam buku) perpustakaan pusat UGM IDR 5K
5. Tiket TransJogja terminal Giwangan-UGM IDR 3.5K
6. Jajan/makan/oleh-oleh TERGANTUNG

You Might Also Like

10 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Itu menunya buanyak bgt, masa' pesennya cuma segitu?! Diyet yak :-P

    #FLASHBACK di hari itu, dimana saya ngantuk dan lapar d ruang seminar, sementara ternyata ada yg lg enak2an hangout dan jajan. Ok fix, CTA -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga kuat mbak sumveh, kenyaaaaang. Apalagi kan minumannya so manis. Jadi aku mah slow aja. Lagian kan abis itu makan lagi :)

      CTA OPO? HAHAHAHAHAHA. Lagian hidup itu kan pilihan. Let's seek the positive side #eaaaa wkwkwk xD

      Delete
  2. busett.. bikin ngiler aja nih jajanannya.. kalo pengen bawa oleh oleh eskrim ke malang anti-mainstream banget yak...wkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk ayo kita ngiler bersama.....amin!
      Ya udah cair dong mba xD
      kalau mau beli Aice aja, enak seger ramah wkwkw

      Delete
  3. saya terkesan sama perjalanan malam naik bus tsb.enak ya dpat mkan gratis pas naik bus hhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh, ya karena memang sudah include di harga tiket yang kita abayr sih pak xD

      Delete
  4. Pilihannya banyak. Harganyapun bersahabat. Bakal makan kenyang banget kalau saya di sana kayaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeps! Bener banget xD
      untuk hangout tipis tipis lumayan banget emang di sini xD

      Delete
  5. Pilihan menunya banyak & kelihatannya enyaak semuaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa enaknya di Tombo Ngelak gini, pilihannya buanyak banget~~~~ dan lumayan juga harganya. Apalagi kalo bareng temen banyak,, bisa icip" wkwkkw

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background