Itinerary Trip Banyuwangi Tanpa Travel Agen 4D3N

Tuesday, April 04, 2017


Di artikel kali ini gue mau berbagi tentang perjalanan gue dan mba Jule ke Banyuwangi tanpa agen travel. Gue berharap artikel ini bisa membantu teman-teman atau siapapun yang tersesat di artikel ini, untuk menyusun rencana perjalanan ke Banyuwangi tanpa agen travel. Kami berangkat dari Malang, jadi cek poin nya itungannya dari Malang ya.

Mengapa tanpa agen travel? Ga ribet tuh?

Soalnya gue dan mba Jule mendeklarasikan sebagai #gembeltraveler #lowbudgetfighter #pejuangbiayamurah. Lagian biar kece kaya banner yang gue pasang #celotehbackpacker.

Ribet? Yaiyalah. Jadwal nyusun sendiri, mikirin estimasi biaya, banyak banget yang harus dibaca sebagai persiapan, dll. Dan sebenernya gue adalah orang yang kurang telaten bikin itinerary. Tapi penasaran dan merasa tertantang untuk main ke Banyuwangi tanpa agen travel. Lagian dari Malang insyaAllah ga jauh-jauh amat antara 6-7 jam.

Ahya, gue juga dah bikin itinerary ke Lombok-Sumbawa (tanpa agen travel juga), cek di sini

Bismillah ajaa~~~ atas nama Allah, semoga perjalanannya berkah dan dilancarkan. AMIN.

Transportasi

Sepeda motor matic Mio

Cek poin

Malang kota


Tanggal
Acara
Durasi
Keterangan
HARI PERTAMA
13/01/17
Berangkat dari Malang
06.00-11.30
Bensin full apprx. 30k
Taman Nasional Baluran Situbondo
11.30-14.56
· Biaya masuk 15k/orang
· Kendaraan roda 2 5k
Menuju Koko homestay Banyuwangi
- kontak : +62 838-4711-6110
- lokasi : klik di sini
14.56-16.30
· Isi bensin 25k
· Biaya 99k/malam (x2 untuk tanggal 13 dan 14)
· Fasilitas; kamar cukup untuk 3 orang, kipas angin, meja, lemari, kamar mandi luar, stop kontak 1 (enaknya bawa T sendiri)
  *Koko homestay juga menyediakan rental mobil, motor, perlengakapan kemah, masker ke Ijen.
*kalau naik kereta berhenti di stasiun Karangasem aja, karena Koko homestay ini satu komplek sama stasiun Karangasem.
Makan malam dan keliling Kota Banyuwangi
19.10-sampe abis
·   Soto ayam 16k
·   Soto rujak 20k
·   Es jeruk 6k
HARI KEDUA
14/01/17
Sarapan Sego Cawuk Mifta
07.00-07.30
Menu komplet 12k/porsi (tergantung lauk)
Menuju Teluk Hijau
07.30-09.30
·   Biaya masuk 7.5k/orang
·   Kendaraan roda 2 5k
Main di Teluk Hijau
09.30-13.56

Main di Pulau Merah
16.24-17-02
Gatau bayar berapa per orang dan kendaraan, soalnya dibayarin xD
tapi hasil cari di internet 8k/orang, parkir gratis.
Balik ke homestay
17.02-19.00

HARI KETIGA
15/01/17
Sarapan Sego Tempong mbok Na
09.30-09.45
10k/porsi (tergantung lauk)
Menuju Paltuding
09.45-12.00
Isi bensin 30k
Main di Kalipait
12.00-12.43
3k/orang
Main ke Kawah Wurung
13.17-15.36
·   Biaya masuk 5k/orang
·   Kendaraan roda 2 2k
Balik ke Paltuding
16.19

Jajan

·   Nasi goreng 10k
·   Jajan kripik pisang 10k
·   Malkist 10k
(habis duit tergantung gaya hidup)
HARI KEEMPAT
16/01/17
Nginep di warung bu Im
20.00-01.30
Biaya tergantung amal ibadah
Naik ke Kawah Ijen
01.30-04.00
·   Biaya masuk 5k/orang
·   Masker kudeta/anti asap 20k
Main di Kawah Ijen
04.00-09.00

Balik ke Malang
09.00-16.00
Isi bensin 15k (sudah mulai tekor wkwkw)
Makan pizza combi!!!
18.30
Kami dah lelahhh. Kuy mampir!
Kejunya Pizza Combi hacep banget deh!

TOTAL
IDR 427K*

*untuk 2 orang
*biaya total tanpa menyertakan biaya makan/minum/jajan, karena tergantung pola hidup masing-masing (meski rinciannya tetap disertakan di atas)

CATATAN:
1. Pastikan keadaan motor prima. Karena sepulang dari Banyuwangi motor mba Jule sekrupnya ada yang lepas xD (diasumsikan lepas saat berkendara masuk kawasan Taman Nasional Baluran)
2. Jasmani dan rohani dalam keadaan sehat.
3. Kalau mulai lelah atau ngantuk, berhenti dulu di masjid atau pom bensin, jangan dipaksain/
4. Enaknya sama temen yang bisa sepeda motoran juga biar kalo cape ada yang gantikan.


IMG_1396


Bentuk sepeda yang kami gunakan, hahaha.

You Might Also Like

24 apresiasi

  1. Lumayan murah ya.. Aku belum pernah ke semua tempat yang ada di itinerary di atas T.T
    Itu yang foto pantai itu di Teluk Hijau atau dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan enaknya kan lebih fleksibel mau muter kemana-mana soalnya bawa motor sendiri. Wah padahal foto-foto (semua tempat yang kami kunjungi) itu tempat yang mainstream di Bnayuwangi-Bondowoso-Situbondo wkwkw. Iya, yang pantai itu Teluk Hijau. Recommended banget!!! Kuylah kak segera direncanakan xD

      Delete
  2. aghhh kayaknya patut ditiru nih backpackeran pake motor beginian..cuma 500-600an dari malang ya..udah bisa ngehitss... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yassshh!! Bolehlah dicoba dan rasakan keenakannya bikin perjalanan sendiri, ga terikat agen travel heheh. Dan sebenernya ga gembel" amat kok ^^v

      Delete
    2. Emh mbk zahra aku di tilapno..kan bisa naik travelku gratis to..enggak capek,g kepanasan, tinggal duduk manis sambil ngemil. Musim hujan banyak jalanan rusak ati2 di jalan ya.." hidup untuk dinikmati " he..he..salam

      Delete
    3. Wkwkwkwkwkw iya pak maafin wkwkw xD
      masa iya gratis? Kalau gratis lain kali saya ambil deh hehe
      Nah justru yang kepanasan sambil cape capean di jalan yang bikin seneng wwkw
      Makasih banyak mas xD
      waalaikumussalam :)

      Delete
  3. Ada yang harus d ralat tuh, "sekrupnya ada yang lepas..". Bukan hanya Ada, tapi Banyak!

    Keren euy masih pada inget harga2nya. Saya lupa, blass.

    Cobak kalo dsuruh nginget RUTE kesana, *pensive

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan cuma dua mbaaa~~~~~~
      hahahaha, kan ada catatannya :) lagian buka"in post an lah wkwk
      KUTAK terlahir menjadi navigator. Semua ada porsinya masing2 :)

      Delete
  4. Wah mantep mba cuman 520k bisa keliling2 tempat keren :)

    ReplyDelete
  5. Ini yangs edang aku kompor-komporin teman, pengen ke sini bareng-bareng terus bisa sewa mobil hahahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berbanyak asyiknya naik mobil emang xD
      yosh lah segera dilaksanakan~ insyaAllah ga bakal kecewa sama destinasi" yang ada di Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo :)

      Selamat mengeksplor!! :)

      Delete
  6. ket bien rencana ng Banyuwangi ae gak kelakon2 -__-
    tapi aku paling kepingin ng TN baluran, biar bisa cerita ke anak2 tentang ekosistem (alasan klasik, hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw sabar pak, gak papa pelan" aja dulu nyusun rencana perjalanannya biar matang hehe. Bener pak, Taman Nasional menurut saya juga tempat yang tepat untuk bermain dan belajar bersama anak". Apalagi tentang ekosistem, flora, dan fauna :)

      Delete
  7. wah mantap itinerarynya dengan budget super murah kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah......kalau biaya segini insyaAllah terjangkau kan :) semoga bisa dilaksanakan!

      Terimakasih dah mampir :)

      Delete
  8. Itinerarynya komplit ih! Aku terkesima sama ditaksir monyet di Baluran. Aku kok kmaren ga ada yang naksir ya? Eh....!
    Pengen ke Kawah Ijen, tapi paksum blom pede bawa mobil sendiri ke sana. Pengen ikut travel dari Bondowoso ga nemu kmaren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih cikgu Dian xD
      kubuat sekomplit tapi ya based on me. Biar jadi gambaran aja buat yang lain (kalau ada yg minat ehe).
      Kan teteh udah ada yang punya -_- single happy kaya aku mah bebas dan masih ada peluang. Monyetnya tau mana yg udah taken wkwkwkwkkww xDDDDD

      Eyyy!!!! Jalan ke Ijen udah bagus banget kok (secara pengaspalan, meski ada dikit lubang-lubang). Tapi ya kadang nanjak dan belok dan turunan xD hehe

      Delete
  9. Aaah, bisa nih itinerary-nya dipake buat ngetrip Banyuwangi ntar XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkaaaaaaann~~~~~
      alhamdulillah kalau itinerary ngaco ini berguna T.T
      semoga cocok hehehehe

      Makasih udah mampir kaka <3 <3 <3

      Delete
  10. si Teteh Setrong abis.
    Mantep lah Naik motor keliling banyuwangi.

    btw syukron ya teh rincian perjalananya aku mau save muehe.
    kayaknya itu berguna banget buatku, sapa tau aku bisa ngebolang kek Banyuwangi juga :)

    Tapi aku ga punya motor eung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun bang heheheheh
      lebih enak naik motor, bisa nyelinap kemana-mana fleksibel

      Alhamdulillah, laa ba's, semoga bisa berguna dunia akhirat /?
      yes, saya doain deh biar segera terlaksana :)

      Ya pinjem atuh kang. Itu udah saya cantumin nomer homestay yang juga nyediain rental mobil, motor, alat daki, dll.

      Anyway, syukran jazilan dah mampir heheh.

      Delete
  11. kamu ke banyuwangi naik motor? daebak!!!!
    pantesan pas liat daftarnya kok g ada biaya sewa motor, setelah diperhatikan baik-baik, wooowww!!!! kalian naik motor sendiri ke sana.
    Tapi kalau dari malang mungkin aku juga bisa (sok kuat), cuman kalau dari kediri, kejauhan, mending naik kereta lah, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yash xD hehehehe mau nyobain sekaligus memacu diri biar sendinya ga aus wkwkwwkw gomawoyo eonni ah~~~~~~~
      Kalau kuat bolehlah dicoba, biar makin kece haha. Jangan sendiri plis :' nanti ga ada temen ngobrol, ngobrol sama helm ._.
      Bisaa naik kereta, ke stasiun Karangasem. Ntar deket sana ada Koko Homestay, mereka nyediain motor, mobil, peralatan camping juga ko :)

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background

✿Zahrahstagram✿