Itinerary Trip Banyuwangi Tanpa Travel Agen 4D3N

Tuesday, April 04, 2017

Itinerary Banyuwangi

Ke Kawah Ijen naik apa? Menginap di mana? Di Banyuwangi kemana aja? Habis biaya berapa? Mahal gak sih? Itu adalah pertanyaan yang sering saya dapat setelah 4 hari 3 malam main di Banyuwangi.

Okay, jadi di artikel kali ini saya akan berbagi tentang sekilas cerita perjalanan bersama mba Jule ke Banyuwangi tanpa agen perjalanan. Kiranya tulisan ini bisa dijadikan pertimbangan bagi teman-teman, atau siapapun yang tersesat di laman ini, untuk menyusun rencana perjalanan ke Banyuwangi, SENDIRI!

Mottonya;  TRIP IN YOUR HAND  #ea#haha#asik

Mengapa tanpa agen travel? Ga ribet tuh?

Ribet? Yaiyalah. Menyusun jadwal sendiri, mumet selancar di internet sana-sini, menghitung estimasi biaya, dan barang-barang penting apa saja yang harus dibawa. Kami berdua juga bukan benar-benar anak backpacker yang 'modal nekat asal ada atap buat tidur'. Kami cewek, dan pergi berdua lagi.  

Tapi ribet tidak akan terjadi kalau banyak baca sih. Lagian Banyuwangi masih di Jawa, jadi saya pikir gak terlalu susah untuk transportasi, akomodasi, dan ransum. Alasan lain, #simpanmodal#lowbudgetfighter#haha. 

Ahya, saya juga sudah tulis itinerary ke Lombok-Sumbawa (tanpa agen travel), yang berminat silahkan cek di sini. InsyaAllah sangat affordable :)

Transportasi

Sepeda motor matic Mio

Cek poin

Malang kota

*keterangan yang diberi bold saya anggap PENTING SEKALI.


Tanggal
Acara
Durasi
Keterangan
HARI PERTAMA
13/01/17
Berangkat dari Malang
06.00-11.30
Bensin full apprx. 30k
Taman Nasional Baluran Situbondo
11.30-14.56
· Biaya masuk 15k/orang
· Kendaraan roda 2 5k
Menuju Koko homestay Banyuwangi
- kontak : +62 838-4711-6110
- lokasi : klik di sini
14.56-16.30
· Isi bensin 25k
· Biaya 99k/malam (x2 untuk tanggal 13 dan 14)
· Fasilitas; kamar cukup untuk 3 orang, kipas angin, meja, lemari, kamar mandi luar, stop kontak 1 (enaknya bawa T sendiri)
  *Koko homestay juga menyediakan rental mobil, motor, perlengakapan kemah, masker ke Ijen.
*kalau naik kereta berhenti di stasiun Karangasem aja, karena Koko homestay ini satu komplek sama stasiun Karangasem.
Makan malam dan keliling Kota Banyuwangi
19.10-sampe abis
·   Soto ayam 16k
·   Soto rujak 20k
·   Es jeruk 6k
HARI KEDUA
14/01/17
Sarapan Sego Cawuk Mifta
07.00-07.30
Menu komplet 12k/porsi (tergantung lauk)
Menuju Teluk Hijau
07.30-09.30
·   Biaya masuk 7.5k/orang
·   Kendaraan roda 2 5k
Main di Teluk Hijau
09.30-13.56

Main di Pulau Merah
16.24-17-02
Gatau bayar berapa per orang dan kendaraan, soalnya dibayarin xD
tapi hasil cari di internet 8k/orang, parkir gratis.
Balik ke homestay
17.02-19.00

HARI KETIGA
15/01/17
Sarapan Sego Tempong mbok Na
09.30-09.45
10k/porsi (tergantung lauk)
Menuju Paltuding
09.45-12.00
Isi bensin 30k
Main di Kalipait
12.00-12.43
3k/orang
Main ke Kawah Wurung
13.17-15.36
·   Biaya masuk 5k/orang
·   Kendaraan roda 2 2k
Balik ke Paltuding
16.19

Jajan

·   Nasi goreng 10k
·   Jajan kripik pisang 10k
·   Malkist 10k
(habis duit tergantung gaya hidup)
HARI KEEMPAT
16/01/17
Nginep di warung bu Im
20.00-01.30
Biaya tergantung amal ibadah
Naik ke Kawah Ijen
01.30-04.00
·   Biaya masuk 5k/orang
·   Masker kudeta/anti asap 20k
Main di Kawah Ijen
04.00-09.00

Balik ke Malang
09.00-16.00
Isi bensin 15k (sudah mulai tekor wkwkw)
Makan pizza combi!!!
18.30
Kami dah lelahhh. Kuy mampir!
Kejunya Pizza Combi hacep banget deh!

TOTAL
IDR 427K*

*untuk 2 orang
*biaya total tanpa menyertakan biaya makan/minum/jajan, karena tergantung pola hidup masing-masing (meski rinciannya tetap disertakan di atas)

CATATAN:
  1. Pastikan keadaan motor prima. Karena sepulang dari Banyuwangi motor mba Jule sekrupnya ada yang lepas xD (diasumsikan lepas saat berkendara masuk kawasan Taman Nasional Baluran)
  2. Jasmani dan rohani dalam keadaan sehat.
  3. Kalau mulai lelah atau ngantuk, berhenti dulu di masjid atau pom bensin, jangan dipaksakan.
  4. Enaknya sama temen yang bisa sepeda motoran juga biar kalo cape ada yang gantikan.

Taman Nasional Baluran
Bentuk sepeda yang kami gunakan, hahaha.

You Might Also Like

38 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Lumayan murah ya.. Aku belum pernah ke semua tempat yang ada di itinerary di atas T.T
    Itu yang foto pantai itu di Teluk Hijau atau dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan enaknya kan lebih fleksibel mau muter kemana-mana soalnya bawa motor sendiri. Wah padahal foto-foto (semua tempat yang kami kunjungi) itu tempat yang mainstream di Bnayuwangi-Bondowoso-Situbondo wkwkw. Iya, yang pantai itu Teluk Hijau. Recommended banget!!! Kuylah kak segera direncanakan xD

      Delete
  2. aghhh kayaknya patut ditiru nih backpackeran pake motor beginian..cuma 500-600an dari malang ya..udah bisa ngehitss... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yassshh!! Bolehlah dicoba dan rasakan keenakannya bikin perjalanan sendiri, ga terikat agen travel heheh. Dan sebenernya ga gembel" amat kok ^^v

      Delete
    2. Emh mbk zahra aku di tilapno..kan bisa naik travelku gratis to..enggak capek,g kepanasan, tinggal duduk manis sambil ngemil. Musim hujan banyak jalanan rusak ati2 di jalan ya.." hidup untuk dinikmati " he..he..salam

      Delete
    3. Wkwkwkwkwkw iya pak maafin wkwkw xD
      masa iya gratis? Kalau gratis lain kali saya ambil deh hehe
      Nah justru yang kepanasan sambil cape capean di jalan yang bikin seneng wwkw
      Makasih banyak mas xD
      waalaikumussalam :)

      Delete
  3. Ada yang harus d ralat tuh, "sekrupnya ada yang lepas..". Bukan hanya Ada, tapi Banyak!

    Keren euy masih pada inget harga2nya. Saya lupa, blass.

    Cobak kalo dsuruh nginget RUTE kesana, *pensive

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan cuma dua mbaaa~~~~~~
      hahahaha, kan ada catatannya :) lagian buka"in post an lah wkwk
      KUTAK terlahir menjadi navigator. Semua ada porsinya masing2 :)

      Delete
  4. Wah mantep mba cuman 520k bisa keliling2 tempat keren :)

    ReplyDelete
  5. Ini yangs edang aku kompor-komporin teman, pengen ke sini bareng-bareng terus bisa sewa mobil hahahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berbanyak asyiknya naik mobil emang xD
      yosh lah segera dilaksanakan~ insyaAllah ga bakal kecewa sama destinasi" yang ada di Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo :)

      Selamat mengeksplor!! :)

      Delete
  6. ket bien rencana ng Banyuwangi ae gak kelakon2 -__-
    tapi aku paling kepingin ng TN baluran, biar bisa cerita ke anak2 tentang ekosistem (alasan klasik, hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw sabar pak, gak papa pelan" aja dulu nyusun rencana perjalanannya biar matang hehe. Bener pak, Taman Nasional menurut saya juga tempat yang tepat untuk bermain dan belajar bersama anak". Apalagi tentang ekosistem, flora, dan fauna :)

      Delete
  7. wah mantap itinerarynya dengan budget super murah kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah......kalau biaya segini insyaAllah terjangkau kan :) semoga bisa dilaksanakan!

      Terimakasih dah mampir :)

      Delete
  8. Itinerarynya komplit ih! Aku terkesima sama ditaksir monyet di Baluran. Aku kok kmaren ga ada yang naksir ya? Eh....!
    Pengen ke Kawah Ijen, tapi paksum blom pede bawa mobil sendiri ke sana. Pengen ikut travel dari Bondowoso ga nemu kmaren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih cikgu Dian xD
      kubuat sekomplit tapi ya based on me. Biar jadi gambaran aja buat yang lain (kalau ada yg minat ehe).
      Kan teteh udah ada yang punya -_- single happy kaya aku mah bebas dan masih ada peluang. Monyetnya tau mana yg udah taken wkwkwkwkkww xDDDDD

      Eyyy!!!! Jalan ke Ijen udah bagus banget kok (secara pengaspalan, meski ada dikit lubang-lubang). Tapi ya kadang nanjak dan belok dan turunan xD hehe

      Delete
  9. Aaah, bisa nih itinerary-nya dipake buat ngetrip Banyuwangi ntar XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkaaaaaaann~~~~~
      alhamdulillah kalau itinerary ngaco ini berguna T.T
      semoga cocok hehehehe

      Makasih udah mampir kaka <3 <3 <3

      Delete
  10. si Teteh Setrong abis.
    Mantep lah Naik motor keliling banyuwangi.

    btw syukron ya teh rincian perjalananya aku mau save muehe.
    kayaknya itu berguna banget buatku, sapa tau aku bisa ngebolang kek Banyuwangi juga :)

    Tapi aku ga punya motor eung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun bang heheheheh
      lebih enak naik motor, bisa nyelinap kemana-mana fleksibel

      Alhamdulillah, laa ba's, semoga bisa berguna dunia akhirat /?
      yes, saya doain deh biar segera terlaksana :)

      Ya pinjem atuh kang. Itu udah saya cantumin nomer homestay yang juga nyediain rental mobil, motor, alat daki, dll.

      Anyway, syukran jazilan dah mampir heheh.

      Delete
    2. Aku malas kalau minjam-minjam gitu wkwk.
      Kalo naik kendaraan umum ga ada ya ?
      aku mau lebih berbaur sama masyarakat sekitar
      Hazik.

      Delete
    3. Ada sih bang, tapi gak terlalu merhatiin.
      Jadi gak bisa kasih tau juga ancer-ancernya.
      Btw kalau ke daerah Kawah Ijennya kayanya gak ada deh.
      Sepanjang jalan ke Ijen gak nemu angkutan umum soalnya.
      Kalo sekitaran kota-kota aja mah ada.

      Delete
  11. kamu ke banyuwangi naik motor? daebak!!!!
    pantesan pas liat daftarnya kok g ada biaya sewa motor, setelah diperhatikan baik-baik, wooowww!!!! kalian naik motor sendiri ke sana.
    Tapi kalau dari malang mungkin aku juga bisa (sok kuat), cuman kalau dari kediri, kejauhan, mending naik kereta lah, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yash xD hehehehe mau nyobain sekaligus memacu diri biar sendinya ga aus wkwkwwkw gomawoyo eonni ah~~~~~~~
      Kalau kuat bolehlah dicoba, biar makin kece haha. Jangan sendiri plis :' nanti ga ada temen ngobrol, ngobrol sama helm ._.
      Bisaa naik kereta, ke stasiun Karangasem. Ntar deket sana ada Koko Homestay, mereka nyediain motor, mobil, peralatan camping juga ko :)

      Delete
  12. Ikut donk kalau traveling lagi,,,,ha ha ha lagi cari teman sesama traveller

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, boleh" sangat. Semoga ada kesempatan waktu dan keadaan, sehingga bisa sama-sama traveling :)

      Boleh banget! Ada rencana kemana?

      Delete
  13. Waaah niat banget kaya touring haha. Aku kebayang encoknya dan pegelnya pinggul naik motor jauh gitu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkwkwk iya, emang diniatin heheheh.
      Pegel bu, tapi ga sampai encok kok xD kan bismillah dulu hehehehe

      Delete
  14. Kece amat ya Bu... itinerary nya berguna, semoga kebaikan jadi amal ibadah yah Bu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih amat yak saya dipanggil 'bu' wkwkwkw.

      'bro' aja lebih enak.

      Aminn amiin, makasih banyak deh doanya XD

      Delete
  15. Hai Zahra,

    Sy Clara salam kenal ya.

    Mau tanya dong, nginep di warung Bu Im tuk selonjorkan badan aja ato bisa numpang mandi juga?
    Info jg dong letak persisnya warung tsb.

    Tankiu anyway ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Clara!
      Salam kenal juga dari aku, di Malang heheh ^^v

      Saya menginap di warung bu Im itu karena kebaikan hati pak Im (?) hehe. Nah itupun tidur di kursi-kursi warung gitu (gak ada tempat tidur khusus). Bahasa kasarnya sih nge gembel di warung hehe.

      Kalo mandi, ada kamar mandinya sendiri. Lumayan bersih dan layak kok. Sekali masuk 2k hehe.

      Sama-samaaa!!~~~ Kalau kurang jelas ditanyakan lagi gak papa ^^

      Delete
  16. Hai Zahra salam kenal ya aku tertarik bgt nih sama cerita backpackeran kamu kesana, aku rencananya mau jalan-jalan ke banyuwangi akhir juni nanti, kalo ke kawah ijennya itu kamu mendaki sama temen kamu ajakah berdua? medannya terjal tidak yah kan kita harus naiknya malem2 tuh. aman gak ya kalo naik ijennya tanpa rombongan? apa disana nanti bisa bareng2 sama orang lain? makasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Viny :) salam kenal juga ya dari saya hehe. Sebelumnya terimakasih banyak sudah mampir dan semoga menikmati tulisan saya hehehe.

      Jam paling pagi mendaki itu sekitar setengah 2, dan insyaAllah aman aja sih meski ber2, bahkan sendiri. Soalnya pasti banyaaak banget juga pengunjugnya :) jadi jangan merasa kesepian sendiri hehehe.

      Sebenarnya medannya ga berat kok, meski emang naik2 gitu. Lumayan landai. Hanya ada satu dua bagian yang agak menanjak. Tantangannya sebenarnya udara dingin sama jaraknya yang jauh aja sih :)

      Pokoknya badan harus fit, dan jangan sampai perut kosong. Tapi jangan kekenyangan juga. Bawa barang seperlunya ke atas, biar ga capek. Kaya org bule rata2 bawanya hape doang. Tapi menidng bawa jas hujan sekalian, sama cemilan dikit xD

      Sama-samaaaa. Semoga perjalannya menyenangkan dan dapat cuaca yang bagus ya kaak :)

      Delete
  17. Hoo.. Ini ke Banyuwanginya lewat utara ya.. Pantes ke Baluran dulu..

    Tapi tangguh nian euy motoran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya....mungkin.....iya xD
      Aduh parah banget sama mata angin saya mah wkwk.

      Alhamdulillah, dikasih sehat sama Allah :)

      Delete

Hello from the other side! Syukran so much sudah baca tulisan saya sampai akhir. Gimana? Silahkan ruahkan pendapat kamu~ ヽ(⌐■_■)ノ♪♬
Kalau gak komen, gimana aku bisa kenal kamu.


Maaf ya, komentar dengan link aktif tidak diperkenankan.

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+