Pos Ketan Legenda 1967 Batu Malang

Sunday, April 09, 2017


Pos Ketan Legenda merupakan tempat jajan ikonik dan terkenal di kota Batu, tepatnya di Jl. Kartini No.6, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65311, Indonesia. Tempat ini menyediakan menu utama ketan dengan berbagai varian topping yang lezat. Sampai saat ini ada 16 macam topping. Selain itu juga ada bermacam-macam minuman hangat maupun dingin, dan jajanan lainnya. Ga afdol kalo ke Batu ga nyobain Pos Ketan Legenda.

Yoy wasup mamen! Astaghfirullah......assalamualaikum saudara-saudara :)

Kemarin hari Minggu, gue dan mba Jule merencakan untuk main ke gunung Kelud, Kediri. Eh subuhnya hujan. Gue sih berpikir positif, mungkin nanti siangan bisa jadi cerah karena awannya sudah diperas habis kan. Tapi nyatanya tidak. Kami sudah masuk gerbang gunung Kelud, dan belum sampai tempat parkir, hujan deras mengguyur. Ada kali satu jam nunggu. Hufet!

Hujan sempat reda sebentar, tapi kemudian turun lagi. Kalau begini jadi sangsi apa yang bisa dilihat di atas? Mana awannya juga masih bergulung-gulung. Gue sih pecinta hujan, langit mendung, langit berawan, gerimis, dan cuaca berangin. Tapi kalo lagi di rumah atau sekolah. Kalau lagi main, gue berharap cuaca cerah. Ya ini semau gue banget hahaha.

Yadah akhirnya kami balik lagi ke Malang lewat Batu. Nah atas permintaan mama Jule, kita mampir dulu di Pos Ketan Legenda 1967 aseli Batu. Tapi kita mampirnya bukan yang dekat Alun-alun Batu, tapi di jalan bypass Batu-Malang. Letaknya persis di depan Warung Kuliner, yaitu Jl. Mojorejo, Mojorejo, Batu, Batu City, East Java 65100, Indonesia. Kalau dari Malang, kedai ini di sebelah kiri jalan.

Pos Ketan LegendaPos Ketan Legenda

Yang paling murah rasa orijinal, IDR 6K. Dan yang paling mahal plus komplit, IDR 16K. Ga cuma ketan kok, di sini juga ada bermacam-macam kudapan.



Pos Ketan Legenda

Yosh! Jadi yang di Jl. Raya Mojorejo ini cabang yang di alun-alun. Pada tau kan Pos Ketan Legenda yang di alun-alub Batu? Rameeeee paraaahhh kalau pas liburan atau jam-jam kunjung tertentu. Nah makanya kami milih yang di sini aja sekaligus nyobain suana baru.

Pos Ketan Legenda

Tempatnya enak, nyaman, dan asyik. Tempat ini netral sih, bisa jadi tempat nongkrong anak muda atau keluarga bahagia. Rasionya seimbang. Jadi kalau anda sudah berkeluarga, jangan merasa tua. Yang aliansi jomblo, jangan baper sama yang bawa keluarga #tsaaaaaaaaaaaah #apadeh -_-. Tempat parkirnya luas, jadi kalau mau bawa Boeing 373................gak boleh. 

Pos Ketan Legenda

Leggo ke pesanan yang pertama, KPDK - Cake Durian Keju (pancake durian-susu-keju-fla), IDR 16K.

Ini enak, serius. Sebenernya perasaan gue ke ketan alias beras lengket ini biasa aja. Tapi kemudian terjadilah invasi keju dan durian. Kelar. I'm in love! Yash nothing goes wrong with cheese~~ ya gimana gak luluh, gue kan cheese crush . Fla nya yang manis jadi seimbang karena paduan asin gurih keju. Eh kejunya ga pelit loh, sampe menggunung gitu.

Baca juga keseruan gue kencan bersama keju di sini, Lagi-lagi Hacepnya Keju Pizza Combi Malang.

Jangan lupa kek duriannya. Inisih namanya durian tanpa biji, kerasa banget! Gue ga yakin sih, tapi kayanya ga ada campuran apa-apa selain dia dibungkus selimut kerinduan. GAK. Dibungkus kulit mochi (?). Anggep aja perpaduan antara kudapan tradisional dan Jepang. Gue khilaf. Kek nya juga enak banget, serius!

Pos Ketan Legenda

KSDK - Durian Keju (durian segar-susu-keju-fla) IDR 16K.

Apa itu ketan?

Ketan itu sejenis beras varian glutinosa. Sebutan lainnya sticky rice atau nasi lengket. Paling banyak digunakan di Asia Tenggara dan Asia Timur. Lemper, lupis, dodol, onde-onde, wingko babat, adalah beberapa jajanan tradisonal dengan bahan utama ketan. Ketan mengandung mineral selenium yang berperan sebagai anti-oksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas loh. Selenium juga dapat mengatur aktivitas hormon tiroid agar pembuluh dara bekerja dengan baik.

Apa itu durian?

Durian adalah salah satu buah favorit gue, Hahahaha. Yash, banyak orang luar negeri (barat khususnya) yang merasa aneh dengan buah ini karena mereka mengannggap baunya kayak rotten mushy onion (bawang busuk yang udah lembek). Padahal baunya enak banget kan yaaa. Dan rasanya ituloh...hmmm, lembut asyik. Gue kebingungan mengklasifikasikan rasa buah ini tuh manis atau asin. Gue sih pernah baca dongeng, katanya jaman dahulu durian dibuat dari susu kerbau. Yadah itu pokoknya.

Apa itu vla?

Jadi teman, bukan fla ya, tapi vla. Vla terbuat dari tepung maizena, gula, susu, dan kuning telur. Teksturnya lembut manis kayak aku....tapi boong. Aslinya dari Belanda, dan sudah ada sejak abad 13. Bentukannya seperi custard yang dipakai sebagai daleman (?) atau topping kue-kue.

Pos Ketan Legenda

Ceker Mumut IDR 15K


Ini enak siih. Cekernya dimasak presto, jadi lembut ga keras. Tapi kayaknya kurang merata deh. Soalnya ada ceker yang bener-bener lepas dari tulangnya, ada yang enggak. Tapi secara keseluruhan enaak. Ceker adalah salah satu makanan favorit gue. Ditambah rasanya yang pedas...hmm!!

Tau gak sih manfaat ceker bagi kesehatan?

  1. Ceker kaya akan kolagen, bahkan kadarnya sama dengan sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Nah kolagen sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga keelastisan kulit, juga meningkatkan produksi sel darah merah.
  2. Terdapat zat kartilago yang berguna untuk melancarkan gerakan sendi, sehingga meminimalisir risiko terkena penyakit arthritis.
  3. Zat hydroxyapatite membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
Pos Ketan Legenda

Eh ada bahayanya juga mengonsumsi ceker, tapi kalo kita makannya berlebihan. Kan sesuatu yang berlebihan memang ga baik :)

Jadi karena kebanyakan ayam yang kita konsumsi sekarang adalah pabrikan, bukan ayam yang hidup bebas, ayam tersebut banyak mendapat suntik kimia berupa hormon pertumbuhan dan antibiotik. Dan biasanya disuntikkan di sayap atau ceker. Nah yang terjadi adalah kita berisiko terkena penyakit endometriosis atau kista coklat. Selain itu ada juga beberapa penyakit potensial mengonsumsi ceker dari ayam peternakan modern, yaitu kanker payudara, kanker rahim, dan kanker servix.

Naudzubillahi min dzaalik :(

Pos Ketan Legenda

Susu Jahe IDR 8K


Gue sih ga doyan susu, tapi suka olahannya. Misal keju, yoghurt, dan permen susu, ehe. Susu ini juga bagus untuk kesehatan seperti yang udah banyak orang tahu. Begitupun dengan jahe yang kaya manfaat, selain untuk menghangatkan diri. Kebayanglah gimana kedinginannya dari pojokan Pujon sampe Batu keujanan :))

Ngomong-ngomong tentang jahe, selain pas banget sebagai campuran minuman hangat, jahe juga dipakai sebagai asinan sushi. Namanya gari. Kalau mau tau lebih lanjut gimana gue makan gari pake sushi, mampir sini deh Nori Sushi Bar Malang: Where Sushi and Art Meet on Your Plate.

Pos Ketan Legenda

Kentang Goreng IDR 7K


Perlu gue jelasin manfaat kentang goreng? Ah belajar bahasa aja yuk. Berikut 'kentang goreng' dalam beberapa bahasa:
  1. English/Inggris      : fried potato
  2. Nihon-go/Jepang   : フライドポテト/furaido poteto
  3. Hanguk-eo/Korea  : 감자 튀김/gamja twigim
  4. Deutsch/Jerman     : gebratene Kartoffel
  5. Français/Perancis   : frite
  6. Lughah/Arab         : بطاطا مقلية/bitatan maqalia
green-47700_960_720
Rasa           : 😍😍😍😍👽
Suasana     : 😍😍😍😍👽
Pelayanan  : 😍😍😍👽👽

Wifi           : nay!
Colokan    : yay!

You Might Also Like

14 apresiasi

  1. 2 kali ke Batu dan cuma bisa liat antrian panjang aja di Ketan Legenda ini. Bikin males mau ikutan ngantrinya. Padahal dalam hati yang terdalam sih penasaran banget NGET pengen nyobain. Apa daya para teman traveling bukan tipe yang rela ngantri demi makanan.
    Duh, Zah. Untung jaringan internet aku lagi lemot sehingga blom semua foto loading. Kalau udah, bisa teriak heboh sampai didatengin tetangga nanti gara-gara foto ceker. Iya, aku takut sama ceker. Ga mau makan ceker. Tapi doyan keripik ceker yang sudah ga berbentuk ceker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah~ belinya jangan yang di deket alun-alun Batu. Sia-sia ngabisin umur itumah -_- ini aku belinya di Jl. Mojorejo, kalo teteh mau ke Batu ke Malang atau sebaliknya, pasti ngelewatin jalan ini. Kalo di tempat yang aku beli ini, lebih luas dan nyaman, ga rame, trus parkirannya luas. Eh samaan loh teh, temen traveling aku juga bukan tipe yang suka ngantre xDDD padahal kan stereotype nya, yg banyak antre yg enak xDDDD

      Whay T.T padahal ceker kan enak banget. Tapi balik lagi sama selera sih xD gapapa. Kebutuhan kolagen dari sayuran sama buah aja teh xD

      Delete
  2. aku cuma fokus sama ceker
    ya Allah berilah hamba kekuatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehehe, kenapa cekernya pak? Melambai minta diabisin ya?
      Amiiin ya Allah....semoga pak Ikrom diberi kekuatan, waktu, kesempatan, dan rezeki supaya bisa kemari :)

      Delete
  3. YA ALLAAAAAAH NGILEEEERRRR...
    Aku mau ke sini ah kalau ke Malang!!!!!!
    Enaknya datang jam berapa ya? T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. /kasih tisu/
      wah ngecesnya potensi bankir kakaaaaa xDDDD

      HARUS!! HARUSS!! Lebih tepatnya kalau ke Batu sih. Tapi Malang-Batu kan setengah jam doang, ehe.

      Kalau mau dapet esensi ngantrenya, di alun" Batu. Datang sore atau malam. Tapi kalu ogah antre dan lebih milih nyaman, mending di bypass Malang-Batu. Dari siang udah buka kok :)

      Delete
  4. Enak nih ketan, meskipun aku juga nggak paham apa bedanya sih ketan ini sama ketan lain :))

    Tapi tetep aja, kadang bela-belain ke Batu dan ngantri lama cuma buat makan ketan ini. Antara ngidam sama doyan ya, hihihi. Cuma belum sempat coba yang di cabang Mojorejo ini. Mau ah, besok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ketan di sini yang bikin spesial ya varian toppingnya kak xDDD

      Waaaa *.*
      kalo gitu daripada ngantre yang di alun" Batu mending yg di bypass Malang-Batu depannya WAKUL (Warung Kuliner). Yosh!!! Mari dicoba, semoga rasanya sama enaknya xD tapi insyaAllah tempatnya lebih nyaman dan cozy :)

      Delete
  5. Dulu sempat ada wacana ke sini, tapi gagal. Dan malam nanti saya kembali ke Malang, tapi tidak ke Batu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belokin dikit ke Batu mas. Atau kalo ga ya kesini aja, belum sampai Batu beneran kok, pinggirannya. Biar yang dulu itu ga jadi wacana, ehe.

      Delete
  6. Aaaaah, udah lama nggak main ke sini, langsung ngeliatin foto ketan. Aku kalo makan ketan di rumah paling cuma ditambahin gula pasir. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah ketan akhirnya mengubah poros duniamu dek?
      Jadi semuanya berawal dari ketan. Gapapa, asal sama-sama bahagia.
      Coba toppingnya diganti cimol pedes. Sapa tau klik. Ehe.

      Delete
  7. Ngiler dah liatnya..hehe
    Ketan oh ketan, napa jadi kangen ketan ya.. haha
    lagi laper bener baca ini teh, belum makan.. #malahcurhat

    Itu pas pembukaan khilaf ya, Mba..hehe
    Wa'alaikumsalam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini selalu sedia tisu kok wkwkwkw. Tenang ja.
      Gapapa, ketan dikangenin mah halal wkwkwkwkw.
      Curhat diterima, problem solving suggestion nya: makan deh pak wkwk.

      Iya xD alhamdulillah dah sadar......
      makasih dah mampir!

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background

✿Zahrahstagram✿