Menawanisme Ombak Pantai Tanjung Sirap Malang

Saturday, May 20, 2017


SERI:


Balekambang, pass. Pantai Jembatan Panjang, pass. Selanjutnya adalah Pantai Tanjung Sirap. Si eksotis yang masih jarang di notis. Kalau gue pikir sih, mungkin karena emang belum viral aja. Padahal ya deket banget sama Balekambang, Pun aksesnya gak sulit. Gak sesulit ke Green Bay nya Banyuwangi (yang mana kudu trekking dan rebutan botol minum sama kera-kera genit). Once you in Balekambang, please take some steps more to Pantai Tanjung Sirap.

Yoy!

Jadi, waktu kapan itu kan gue udah cerita tentang pantai Jembatan Panjang. Nah sekarang mau lanjut cerita yang ke Pantai Tanjung Sirap :) 


Dari Jembatan Panjang, kita menuju ke kiri melewati jalan setapak tanah. Kalau abis ujan, wah lumpurnya tebel gak karuan. Kalo lagi kering debunya masyaAllah. Jarang ada orang di sini, tapi gak apa....insyaAllah aman, Kita hanya tinggal mengikuti jalan setapak masuk ke hutan yang bener-bener hutan. Pohon besar di kanan kiri, semak belukar, suara serangga menemani. Bahkan waktu pulang, gue dan mba Jule sempat berhenti sejenak karena dengar kera bertengkar. Sumpeh serem. Mana cuma kita berdua lagi.

Jadi, ada dua jalan menuju Tanjung Sirap. Pertama, ikutin terus jalan setapak yang masuk-masuk hutan. Gak papa, jalan setapaknya lumayan jelas kok. Kalau ada semak belukar yang mirip terowongan, masuk aja. Pokonya tetap di atas jalan setapak. Kalau terus-terusan lewat jalan setapak dalam hutan, sampai di Tanjung Sirapnya kira-kira 45 menitan. Iya jauh, tapi gak panas dan jalannya ajeg.

Kedua, lewat pantai. Pada suatu waktu, kamu akan menemukan jalan setapak yang lurus dan belok kanan. Kalau lurus, kamu bisa sampai di sebuah pantai kecil. Nah susuri aja garis pantainya, nanti bakal nemuin jalan setapak masuk hutan. Tapi cuma 10 menit aja jalan. Sekiranya kalau lewat pantai tersembunyi ini, bisa hemat 30 menit lah. Tapi ya gitu, panas dan berat di lutut, soalnya you know sendirilah sulitnya jalan di pasir pantai.

Setelah mendaki dikit dan celingak celinguk mana yang pantai Tanjung Sirap, akhirnya gue dan mba Jule menemukan the hidden treasure of Balekambang!

Pantai Tanjung Sirap

Irasshaimase!

Bagian yang menjorok ke laut tidak berupa pepasir, tapi bebatuan karang seperti gambar di atas. Mirip sama Watu Lepek di pantai Bengkung dan Ngliyep sih. Tapi jelas punya ciri eksotisitas masing-masing, yoy! Dan seperti yang terjadi Balekambang, di sini sepi. Memang ada beberapa pengunjung, tapi gak sampe jadi photobomb. Ohya, kalau kesini jangan lupa pakai alas kaki ya. Batu karangnya tajam-tajam. Gue sempat lihat ada sepasang manusia yang nyeker (bertelanjang kaki), dan kakinya kayak berdarah dikit gitu. Setelah gue tanya, katanya sandalnya putus. Dan.....di Tanjung Sirap ini gue juga nemu beberapa alas kaki yang dah putus -_-

Oh jadi ini nih pantai kece yang waktu itu gue sambangin di blog ka Imaniar, wkwkw.

MasyaAllah.....indah benar ya :)

Pantai Tanjung Sirap

Ngaso dulu. Abis alas babat hampir sejam.

Pantai Tanjung Sirap

Bagian  yang biasanya jadi tempat foto di sini nih. Gue jadi teringat sama salah satu burung tergagah di dunia, Elang. Dan bentuk batu karang itu mirip kepalanya Elang dengan paruhnya yang tajam.

Bisa lihat gak sih hamparan batuan karang yang bolong-bolong itu? Itutuh yang kalo diinjek sakit karena bolongnya tajam-tajam. Kenapa sih kok bisa kayak gitu? Jawabannya adalah tenaga eksogen, yaitu tenaga yang berasal dari luar/permukaan bumi dan sifatnya merusak. Bisa karena keadaan udara/cuaca/atmosfer, air, dan organisme. 

Pantai Tanjung Sirap

One of the great way to enjoy summer breeze.

Ohya, selain dari pantai Balekambang, ke pantai Tanjung Sirap ini juga bisa lewat pantai Kondang Merak. Cuma kata mba Jule jalannya jelek. Jadi mending lewat Balekambang. Lagian kalo lewat Balekambang jadi bisa nikmatin 3 pantai sekaligus kan :)

Pantai Tanjung Sirap

Pulau SirapPulau ini berada di sebelah kanan. Kayanya keren banget kalau bisa nyeberang kesana. Tapi keburu keki duluan sama ombaknya. 

Pantai Tanjung Sirap

"Kalau nongkrong di cafe aku gak terbiasa, tapi kalau nongkrong di pantai pasti luar biasa."

Menurut gue, pantai adalah playground yang menakjubkan. Kamu bisa lari-lari, manjat bebatuannya, menganalisis gejala alam apa saja yang terjadi, sampai berfilsafat. Sapa tau kamu bisa jadi the next Plato atau Socrates atau Aristoteles atau Herakleitos atau Phytagoras atau Xenophanes.

Pantai Tanjung Sirap

Senpai-senpai kalo dengar kata 'Malang', yang pertama kali muncul di pikiran apa sih? Semakin kesini, I'm merasa sangat bahagia dan bersyukur bisa tinggal di Malang untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Alasannya? Dingin. Jadi kalo belajar gak keburu gerah. Tapi yang paling penting.......gampang banget kalo mau main. A HA HA.

Tipologi Malang tuh bervariasi. Dari pegunungan sampai pepantai. Bahkan ketika itu ada yang komen, "wah ternyata di Malang ada pantai yang indah ya. Saya pikir cuma tempat-tempat dingin aja." Ehe. Di Malang tuh pantai banyak, gunung banyak, air terjun banyak, wisata adrenalin banyak, buah-buahan oke. Makanya kalau kuliah di Malang aja. Kalau stres hits you hardly, tancap gas dua jam......dan ngemper di pantai. Ngobrol sama alam.

Pantai Tanjung Sirap

Kalau yang ini namanya Pulau Lapak. Berdasar hasil baca blog ka Imaniar, katanya bisa kesana naik perahu. Tapi dilihat dari sini dah keren banget kok. Iya kan? Dari sini juga dapat melihat semacam air terjun kecil yang keluar dari si pulau Lapak. Serius deh, gak berhenti berdecak kagum. Mana langitnya biru bersih dengan sedikit pola saputan awan tipis. Maha Kuasa Allah dengan kehebatan ciptaan-Nya. Menawan.

Pantai Tanjung Sirap

I'M THE LAST WAVEBENDER 🌊
(jadi gue tuh sepupu jauhnya Avatar)

Di sini pun ombaknya gak kalah gede. Malah lebih nakutin di sini daripada Balekambang karena ombak berbenturan dengan batu karang yang keras. Suaranya bikin ngeri, hempasannya pun bikin begidik. Gue perhatikan ada sisa-sisa air di tengah karang. Itu tandanya kalau pagi ombaknya lebih gede dan tinggi lagi (waktu kami kesana dah masuk tengah hari, jadi ombaknya lebih tenang). Pokonya jangan lupa jaga keselamatan diri aja ya :)

Pantai Tanjung Sirap

Special thanks buat mba Jule atas nasi goreng bumbu jadi dan nugget gorengnya.
another version of this trip, on her blog

Pantai Tanjung Sirap

Gak lelah gue mengingatkan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, oke guys. Jadilah bagian dari pemuda-pemudi yang berkontribusi aktif dalam menjaga kebersihan alam. Letakkan segala sesuatu pada tempat dan waktu yang tepat. Sampah itu dibuang di tempat sampah, bukan alam bebas, bukan dimanapun. Traveler buang sampah sembarangan itu gak keren!

Ambil apapun kecuali foto
Tingalkan apapun selain jejak
Membunuh apapun eksepsi waktu

Foto apapun namun tetap jaga etitud
Tinggalkan jejak kaki pun jejak sujud lima waktu
Bunuh waktu diiringi dzikrullah

-zharnd-

Pantai Tanjung Sirap

Gue nerima endorse bros jilbab guys.

Pantai Tanjung Sirap

Eh komen dong, 3 hal apa sih yang paling disuka dari pantai? Dan pantai apa yang paling berkesan buat kamu? Kenapa? Gue kepo. Yes. Sapa tau itu bisa jadi hegemoni sekalian rekomendasi pantai yang harus gue kunjungi selanjutnya. /sok banget, UAS aja belum selesai/

DUIT :

FREE
(asal masuk Balekambangnya bayar, yoy!)

You Might Also Like

35 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. gila, pemandangannya menggoda untuk dijelajah mbak , pengen mandi kesana ahhahah. i like tantangan alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalo gitu disegerakan main kesini pak wkwkwkw
      mumpung belum banyak yang tahu dan terekspos
      kalau kesini potensi sepi, jadinya kayak pantai pribadi xD

      Delete
    2. insaa allah mbak, semoga allah mengizinkan mas kesana. hehehe.

      Delete
    3. Ditunggu mas, hehehehe
      Malang selalu terbuka bagi mereka yang ingin melihat langsung kebesaran Allah #ea xD

      Delete
  2. Tjakep banget kayak pantai2 di Indonesia timur gitu masyaAllah merinding :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak ke Malang wkwkwkkw xD
      ntar aku kasih tau mana mana lagi yang bagus, ehe xD

      Malang gak habis di explore, masyaAllah :)

      Delete
  3. WAh joss banget viewnya mbak :D tapi apa nggak kepanasan mbak siang-siang dipantai?? Hehe..
    btw itu foto nomor 2 dari bawah kok bisa miring banget gitu ya mbak?? pakai pegangan atau nggak ya ?? :D Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah namanya pantai~ kalo gak panas berarti gak ada matahari, berarti pemandangannya gak bisa crystal clear, wkwkwkw.
      Jadi mending panas aja xD
      sekalian tanning biar kayak bule xD

      Katakanlah trik foto mas wkwkwkwkw

      Delete
  4. pemandangannya bener bener keren habis, jadi ingin berkunjung ke pantai walau kepanasan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehee xD
      malah justru karena panasnya itulah pantai bisa memesona wkwkwkwk

      Delete
  5. Jujur Ra, awalnya tuh aku g sadar kalau seri yg kamu ceritain ini tempat dari pantainya bersebelahan, pokoknya 1 komplek lah.

    Aku baru nyadar pas kemarin ke Pantai Watu Leter, ooo.. Jadi ini, I see.. Akhirnya aku ngerti Ra, kamu ini bikin seri pantai, ternyata pada sekomplek pantainya.

    Kamu ke Malang selatan berapa kali ini buat bikin postingan seri ini? Btw aku sempet kesasar lewat Kepanjen Ra pas mau kesana, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwwkkwkw aku harus gimana jelasinnya biar ka Pipit sadar :'
      kan di atas tuh udah kukasih part"an [?] apasih xD
      ehehe iya emang satu kompleks xD

      Wah ka Pipit dah ke Watu Leter duluan......
      padahal aku ngebet kesana sejak 2014 bayangin :'
      kapan" harus kesana! ('.')9

      SEKALI DOANG! Sehari doang xD sehari sesore [?] dari jam 6 pagi sampe 4 sore xD
      keren banget gak sih? Sekali jalan 3 pantai terlampaui~
      padahal ada lagi loh kak.....namanya kompleks pantai 3 warna (dah pernah kesana blm?). Waktu itu aku sekali jalan 5 pantai terlampaui :)

      Pakai google maps?
      Wah lain kali harus sambil tanya orang lokal berarti xD

      Delete
    2. Salah aku juga sih kepedean pas kesana. Harusnya sampai mana gitu, dipertigaan belok kiri. Eh aku sama adekku malah lurus dan sampai kepanjen.

      Baru deh dari situ aku pake google maps. Kita tetep lewat Kepanjen Ra, cuman ada jalan masuk desa gitu yang tembus buat sampe ke daerah Balekambang

      Delete
    3. Sejujurnya, akupun bukan navigator yang baik ka xD
      aku tuh kalo main cuma jadi driver.
      Tinggal nunggu perintah yg di belakang kalo ada belokan.

      Eh tapi kayanya aku tau deh belokan yang mana.
      Yang ada tugunya kan? ._.

      Aku juga gatau pasti sih letaknya di mana, cuma kan sekarang lintas selatan Malang bagus dan mulus banget kan. Sangat memudahkan bagi mereka" yg mau main ke pantai" di Malang. Ada sebuah boulevard bagus yang banyak cabang jalannya. Balekambang, Kondang Merak, Tiga Warna, dll.

      Delete
  6. Replies
    1. Kalau ke Malang, ini bisa jadi a must place to visit ehe
      silahkan berkunjung ke Malang!

      anyway thanks for visiting my blog :)

      Delete
  7. Tiga hal yang aku suka dari pantai: pasir, air, dan otak-otak. Hahaha, itu pengalaman ke Anyer aja, sih. Makan otak-otak bakar. Abisnya baru main ke pantai cuma dua kali: Anyer sama Tanjung Pasir. Masih deket-deket Jakarta.

    Kalau ke karang-karang itu berarti jangan pake sepatu mahal ya. Bakalan cepet rusak. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet kuliah kak, kalo bisa di luar Jakarta. Biar bisa lihat pantai yang lain dengan bebas tanpa ijin orangtua. Ijinnya pas udah balik aja ahahaha #sesat

      Ngga juga. Aku sih pake crocs kawe 30k wkwkwkw

      Delete
  8. aslinya ada keraa? wowo, keren ya!

    iya, kayaknya sekarang ngehitsbanget. temen-temenku libur weekend doang naik kereta belasan jam cuma buat jalan-jalan ke malang. Sebagai orang bandung yang gak punya pantai, aku iriii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa huweeeeee takut tapi kudu berani wkwkkw

      Bandung ada pantai tapi di Garut wkwkw xD
      eh padahal Bandung sama Malang kan tipologinya sama, dataran tinggi ._.
      tapi aku penah searching, ak ada pantai di daerah Bandung literally~

      Ehehehe, yaudah kak, yok main ke Malang xD

      Delete
  9. hahaha dapet banget itu pose foto yang terima bros jilbab :p
    suka warna lautnya
    *anak pantai yang malas jalan kepantai*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk ka Ninda, kalau ada produk bors, sini aku endorse in wkwkwkw
      tapi sukanya yang kecil, bukan yang permata" kaya ibu" sosialita wkwkwkwkw xD

      Ku rentalin buroq aja apa ya biar ga cape+kepanasan jalan ._.

      Delete
  10. Replies
    1. Disegerakan mas, sebelum masuk musim hujan lagi wwkwkwkwk

      Anyway thanks for visiting my blog!

      Delete
  11. Cantiknyaeeee

    #PantainyaLohYa

    3 hal yang aku suka banget dari pantai itu :

    1. Suara airnya. Dari yang bergemuruh sampai yang berbisik lirih. Itu bikin damai banget. Relaxing abis. Nggak ada deh yang begitu di tempat lainnnnnnn

    2. Angin lautnya. Semacam sepoi-sepoi tapi ada bau garam nya gitu. dan kadang-kadang agak lembab. Apalagi pas lagi semilir menerpa permukaan wajah. Beuhhhhh.. Belaian pujaan hati nggak ada apa-apanya dibanding itu. wkwkwkkw

    3. Binatangnya! Beach aquatic organism and sand organism are one of the cutest living things ever! Udah jadi bangke aja masih cantik. Sering banget ngumpulin sisa-sisa kulit kerang yang motifnya unik-unik.

    4. Tukang jual jajanannya! Hahahahahha

    XD

    #abaikanyangterakhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa pantai harus cantik? Mengapa tidak disebut ganteng? Apakah dia masuk dalam kategori kosakata feminine? /mikir
      yaudah lah ya wkwkwk

      Wah kalau gitu bang Aul harus banget ke pantai Batu di Banyuwangi. Suara ombak ketika menerpa pantainya bener" beda. Kalau biasanya kan kena pasir, nah kalau itu kea batu. Sumpeh keren banget!

      Pertanyaannya......memang sudah ada pujaan hati? /krik wkwkwkwkw

      Nyelam ke dasar laut bang, cari moluska trus diawetin masukin ke toples xDDD kalo kesepian diajak ngobrol :)

      Delete
  12. Replies
    1. Kalau ga mau bayar bangun helipad bang, ntar kesininya naik helikopter :)
      yoy!

      anyway thanks atas kunjungannya xD

      Delete
  13. Kereen banget,,,tadinya aku malas ngnjungi pantai balekambang, tapi setelah baca postingan kamu dari pantai itu, jembatan panjang dan pantai sirap ini,,,rasanya wajib mengunjungi,,,tapi kalau kecebur kira-kira bisa selamat nggak tuh ?? :D

    Btw,,,pertanyaan terakhir:
    3 hal yang aku sukai dari pantai:

    Kalau di Indo: penjual makanan, (wkkkk yang ini mah dimana aja ada), airnya anget (kalau di Eropa, airnya dingin bangeeett, Zahra), trus pasirnya alami (di Hamburg, banyak pantai yang pasirnya dibuat pabrik). Tapi di Indo, pantai masih banyak yang kotor, apalagi balekambang tuh,,,bagus banget kamu nyaranin untuk buang sampah pada tempatnya,,,saluuut :)

    Pantai yang paling berkesan: Bajul Mati (di Malang), Azura Window (Malta, soalnya tempat suting Game of Throne ini sekarang lenyap, saat mengunjunginya tahun lalu masih ada) sedih,,,makanya jadi berkesan di hati. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, that's my first opinion too kak! Dari awal, malah sebelum ke Malang, aku udah gak masukin Balekambang jadi wishlist......karena dah mainstream gituloh. But once I got there, I think I'll revisit [?] again wkwkwkwkw xD karena luas banget Balekambang, dan tipologinya banyak. Mulai dr yg ombaknya gede, ada pura, sampe kubangan tenang jernih dekat mangrove. Keren kaan xD
      Kalo kecebur pas ombak gede gak yakin T.T naudzubillah deh wkwkw

      Wah berarti gak ada yang renang dong ._. musim panasnya gimana? Kalau di Indo sih mau musim apa aja air laut ya tetep anget xD
      Wew ._. demiapa dibuat di pabrik. Bisa aja ya orang Eropa, daebak!
      Nah iya......gak tau ya, kadang lihat teman sendiri aja kayanya susah gitu ngubah mindset 'kan cuma sampah kecil'.

      Bajul Mati malah belum pernah xD
      Azure Window! (barusan searching sih) keren banget xD kaya ada lagunanya gitu. Eh tapi 'jendela'nya dah runtuh ya ka :/ sayang banget.....

      Delete
  14. Replies
    1. Jalan-jalan juga geh dek, mumpung masih muda.
      Kalau dah tua jangan jalan, naik pesawat. Ehe.

      Delete
  15. Tanjung Sirap yang belum terungkap oleh jejak sergap sang kaki hihihi

    Menawan banget pantai yang satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sih pak, tapi eksposur nya kurang.
      Bisa jadi kurang brightess atau contrast /lah?/ wkwkwkwkw xD

      Bisa jadi acuan destinasi main selanjutnya kan pak? Hehe

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background

✿Zahrahstagram✿