Ada yang Baru Nih di Pantai Jembatan Panjang Malang!

Thursday, May 04, 2017

Pantai Jembatan Panjang

Zahrah NidaDari komentar-komentar di artikel sebelumnya mengenai pantai Balekambang, ternyata banyak juga yang tertarik. Nah di artikel lanjutan ini saya akan mengulas tentang sebuah pantai yang terletak sepelemparan batu dari Balekambang, yaitu Pantai Jembatan Panjang. Menuju ke pantai ini gampang, ikuti saja palang yang ada tulisan "Pantai Tanjung Sirap" di dekat jembatan Pulau Ismoyo.
Pantai Jembatan Panjang

Balekambang, sayounara!


Jalan saja terus sampai bertemu dengan loket tiket. Iya, tiket lagi, IDR 5K/orang


Gambar-gambar di artikel ini akan penuh dengan warna biru! Alhamdulillah~ saya bersyukur banget hari itu matahari bersinar cerah, sehingga semuanya mengharu biru. Langit dan laut yang biru berpadu pas dengan pepohonan hijau. Saya merasa terapi seminggu sekali selama setahun main kesini bisa mengurangi minus mata kali ya, ehe.

Eh tau gak sih kenapa langit warnanya biru?

Atmosfir bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel (butiran) debu. Sinar matahari yang memasuki atmosfir tersebut bertemu dengan molekul gas dan partikel debu tadi. Warna sinar yang memiliki gelombang sinar lebih panjang seperti merah dan kuning, dapat melewati dan menembus molekul gas dan debu tadi. Tetapi warna biru yang memiliki gelombang sinar lebih pendek dipantulkan kembali ke atas atmosfir. Itulah mengapa langit terlihat berwarna biru. Prinsip yang sama berlaku juga dengan air di laut atau danau yang terlihat berwarna biru. (sumber:http://www.ceritakecil.com) 

Pantai Jembatan Panjang
Itu dia si Jembatan Panjang. Jembatan ini menghubungkan pantai Jembatan Panjang dengan pulau Hanoman. Daerah ini lebih sepi dibandingkan Balekambang, cocok sebagai tempat berkontemplasi.

Pantai-Jembatan-Panjang-Malang-1

Beginilah wajah Jembatan Panjang sebelum diperbaiki. Konon, jembatan ini beberapa kali diperbaiki tapi tidak berhasil karena makhluk halus yang menempati pulau Hanoman tidak ingin diganggu. Lain cerita, ada yang sedang bertapa di pulau tersebut, sehingga jembatan baru bisa diperbaiki setelah pertapa tersebut selesai dengan aktifitasnya. Wallahu'alam.

Jangan lupa kesini juga, Gegap Ombak Tanjung Sirap!

Tapi kalau secara ilmiah, saya berasumsi rusaknya jembatan ini disebabkan oleh erosi. Simpelnya, erosi adalah peristiwa alami berupa pengikisan padatan disebabkan oleh pergerakan angin, air, es, atau hujan yang terus menerus. Sebagaimana kita semua tahu, angin di pantai itu cenderung keras, ditambah karakteristik pantai Malang yang berombak ganas.

erosi/ero·si/ /érosi/ n 1 hal menjadi aus (berlubang) karena geseran air (tentang batu); 2 Geo pengikisan permukaan bumi oleh tenaga yang melibatkan pengangkatan benda-benda, seperti air mengalir, es, angin, dan gelombang atau arus; 3 Dok luka pada kulit yang sangat dangkal, hanya mengenai lapisan kulit luar dan mengeluarkan serum; 4 ki pengikisan; penyusutan; penipisan: -- nasionalisme;

Lah jadi nyerempet Geografi~.

Pantai Jembatan Panjang

Saat itu saya gak sempat bertanya kepada penjaga loket kapan jembatan ini mulai diperbaiki hingga selesai. Sepertinya belum terlalu lama, karena masih ada palang kayu yang melintang di bibir jembatan. Bisa jadi belum resmi dibuka juga, tapi melihat ada beberapa pengunjung yang melintas, saya ikutan, hehe. 


Selamat datang di Pulau Hanoman, wilujeng.

Pantai Jembatan Panjang

Pantai Jembatan Panjang

Yosh let's explore! Saya melanjutkan jalan-jalan menyebrangi jembatan menuju pulau Hanoman yang sepi krik krik. Kebanyakan pengunjung lebih memilih untuk ambil foto di tengah jembatan. Sambil baca basmalah dan doa bismillahi la yadzurru saya menapaki jalan setapak yang megelilingi pulau Hanoman. Lumayan seram karena beberapa bagian jalan setapak dilingkupi semak belukar yang membentuk seperti terowongan. Kalau ada apa-apa gimana? 

Tapi habis itu sok cuek aja melipir. 

Pantai Jembatan Panjang

Saya berimajinasi, seperti adegan dalam film petualangan anak-anak. Dibalik rapatnya semak belukar, saya bakal menemukan sesuatu yang bagus. Dan benarlah, saya memekik girang ketika sampai di salah satu titik terbuka pulau Hanoman yang mengarah langsung ke samudera luas. Suara deburan ombaknya keras banget, tapi bukankah itu alunan alam yang menenangkan? #tsaaaaaaah.

Harus banget berkeliling pulau Hanoman! Saya gak habis berdecak kagum menyaksikan ombak besar yang membentuk pattern unik dengan gradasi biru yang keren banget. Sejenak saya duduk di sini, sendiri. Saya punya itikad baik nemenin si Wingsanggeni, ituloh pulau yang di sana. Mengelilingi pulau Hanoman cuma butuh waktu 5 menit, dan gak pakai acara memanjat tebing karena jalan setapak yang mendatar.

Pantai Jembatan Panjang

Bisa dibilang, komplit banget deh pantai Balekambang ini. Banyak sekali titik yang bisa kamu kunjungi dan kamu klaim sebagai private area. Contohnya pantai yang di sana. Pasirnya putih, ada banyak pohon tempat berteduh, meski tetap saja....kalau mau berenang hati-hati. Di sini belum ada penjaga pantai soalnya.

Saya yakin ini bakal jadi jembatan ter hits ketiga di Malang setelah jembatan Suhat, jembatan Balekambang, dan yang terakhir ini. Masih baru dan bersih! Saya berharap bakal bebas dari vandalisme wkwkwkw.

jembatan/jem·ba·tan/ n 1 jalan (dari bambu, kayu, beton, dan sebagainya) yang direntangkan di atas sungai (jurang, tepi pangkalan, dan sebagainya); titian besar; 2 ki perantara; penghubung;

Jadi, apa arti jembatan dalam hidupmu?

When the waves go to the same path as you, means you're the incredible one, the waves bender.
-zharnd-

Pantai Jembatan Panjang


Ada yang penasaran gak sih kenapa tagline judul blog saya "Bunga Lompat"? Kalau gak penasaran gak papa, tandanya kamu bukan manusia, karena sifat dasar manusia itu curiosity, ehe. Candaaa. Jadi tuh tercetus karena nama Zahrah, yang berasal dari bahasa Arab. Artinya bunga. Nah si Zahrah ini banyak banget tingkahnya. Mulai dari manjat pohon, manjat tebing (pendek aja sih), dan......lompat. Alias kalo foto sosoan pingin gaya levitasi/melayang di udara. Nah gitu.


Pantai Jembatan Panjang

Tidur di dermaga Kenawa udah, tidur di warung juga udah, kali ini mau coba tidur di jembatan.

Pantai Jembatan Panjang


Recently, this is one of my favorite quote:

Live your fxking life. Take picture of everything. Tell people you love them. Talk to random strangers. Do things that you're scared to do. Fxk it, because so many of us die an no one remembers a thing we did. Take your life and make it the best story in the world. Don't waste that sht.

Yea it sounds harsh and bit rude. Bad words. And I'd say it reflects the misery of life's doer. (yea don't tell me I kno there'r still many good quote rather why I choose dis one). But (and the reasons keep spinnin around wkwkw), the important thing is.....it depends how we manage this beautiful-thug-life, right?

Pantai Jembatan Panjang


Mba Juleee! The photography of my journey, hehehe. Kalo foto itu berisi saya, berarti beliaulah yang motoin.

Pantai Jembatan Panjang

Hidup itu harus cerdik. Main cuma berdua, gak punya tripod....jadilah palang di atas tempat gantungan kamera. Lagi sepi-sepinya, gak ada orang yang bisa diminta tolongin foto. Dan berdasar beberapa pengalaman minta difotoin orang, seringnya kita dapet zonk karena angle nya gak sesuai dengan yang kita mau. Trus juga sungkan dong kalo minta foto terus-terusan. Jadi gini deh.

Pantai Jembatan Panjang


Sesudah puas ekplor pantai Jembatan Panjang, saya melanjutkan perjalanan ke sebuah tempat yang tidak kalah menawan dibandingkan pantai Jembatan Panjang. Pantai ini wajib banget kamu kunjungi! Klik saja tulisan di bawah;

doodles-of-fun-font

You Might Also Like

50 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Bikin penasaran dengan pantai di malang selatan. Memang menggoda rasanya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doa terus, terus doa mas.
      Minggu depan tuh, kan Kamis tanggal merah. Cus ke Malang langsung xD

      Delete
  2. Subhanallahhh, cantik banget pantainya
    Itu juga lagi cerah cerahnya ya sepertinya, jadi makin keluar keindahannya

    Duhhh mana bersih gada sampah dan sepi banget gitu pula
    Jadi pengen kesanaaaa #TapiJauh

    P.S.
    Harusnya nama semutnya itu Chen Baekhyun dan Xiumin. Spoalnya mereka abis debut di jepang dua hari lalu wkwkkw.

    Changmin masih wamil yes..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, MasyaAllah banget deh pokoknya.
      Perjalanan kemaren bagus banget mood, dipengaruhi cuaca cerah ahaha.

      Ada sih sebenernya sampah. Mau juga diulas di sini, tapi dah sering ngomel" gak jelas soal sampah di beberapa postingan yang lalu -_-
      Yuk mas kesini. Kalo ada kesempatan, saya guide in ahahahaha.
      Senyampang jadi pemuda, mainnya kudu jauh #ehe

      Chen Baekhyun sama Xiumin lagi rehearsal, takut ganggu.
      Makanya geret Yunho, Jaejung, sama Changmin. Changmin setuju bolos wkwkwkw.

      Delete
  3. Selalu got surprised dgn pilihan2 foto yg akhirnya dimasukin ke blog *omaigat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkwkww xDD what am I supposed to do? :/
      mba ekspektasi foto yang manaaa??

      Delete
  4. subhanallah, masih ada pantai seindah ini rupanya. semoga aja tangan-tangan nakal disana nggak bisa masuk kesana ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas, banyak banget kok di Malang, di Indonesia :) masih banyak, tenang saja wkwkwk.
      Amin-amin, dan semoga kita termasuk salah satu yg selalu menjaga kebersihan lingkungan ya~~
      amin :)

      Delete
  5. Wah mbak, pantainya romantis banget. Saya pernah ke Malang dan cuma diajak paman dan keluarga ke kota Batu. Kira2 kalau dari kota Batu masih jauh nggak mbak pantainya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw iyaa~ apalagi sepi kan yah. Jadinya bebas /eh gak ding wkwkw
      kalau dari kota Malang beda arah bu, hehe.
      Kalau ke Batu kan ambil arah ke Pujon, Kediri.
      Kalau mau ke pantai" yg di Malang arahnya ke selatan/Kabupaten Malangnya :)

      Delete
  6. Ceritanya seruuuu banget, ini bener bener akhwat aktif adan bener bener kutu loncat, eh bunga lampat..

    Saya jadi ngeFans *ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesungguhnya kumpulan kalimat di atas tidak bisa menggambarkan dengan tepat apa yang benar-benar terjadi dalam perjalanan itu wkwkw. Banyak aib yg harus di cut :'

      Iya mas gapapa dikatain kutu loncat ahaha

      Ehehe, Maha Besar Allah atas segala ciptaan-Nya (?) wkwkwk

      Delete
  7. Keren banget nih pantainya, saya perhatian saya malah fokus ke fotonya, sumpah bener-bener keren banget. saya suka gaya fotomu zahra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya, sebuah pantai itu paling maksimal kalo lagi cerah.
      Dan alhamdulillah nih, saya kesini benar" terik dan bersinar mataharinya.
      Jadi biru langit dan biru lautnya cetar wkwkwkwk.

      Terimakasih mas :)

      Makasih dah mampir!

      Delete
  8. Baca artikel ini saya menjadi tahu penyebab langit dan laut berwarna biru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ada ilmu/manfaat yang bisa diambil dari artikel ini hehehe.

      Terimakasih dah mampir pak :)

      Delete
  9. dulu, pas jaman mahasiswa, pas ku kere banget sama temen seangkatan
    jalan sejam dari kondang merak melewati hutan ke balekambang gegara mikroletnya mogok
    lihat jembatan ini (dulu masih bentuk apa gitu) senengnya bukan main, dengan wajah memerah, kaki lecet2, dan kaki legrek
    that's way aku males ke Balekambang lagi
    (maafkan daku, hihihi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kira-kira itu tahun berapa ya pak?
      Saya jadi bayangin keadaan waktu itu. Tanpa aspal, warung jarang (atau malah gak ada?), infrastruktur masih abal-abal (atau malah alami sama sekali?)

      Wkwkwkwkw coba ke Balekambang lagi pak!! Bersahabat banget insyaAllah.....jalanannya sudah diperbaiki, toilet banyak, warung banyak, ada yang nyediain wifi pula.
      Kalo bareng keluarga, top banget lah ehe.

      Delete
  10. Zahraaaa,,,, tiap menit aku baca dan liat foto-foto itu,, makin menggelora nih rasa rindu pantai :D... Gilaaaaa kamu bisa-bisanya manjat-manjat kayak gitu,,,ga takut jatoh apa?? Aku ketawa cekikian juga baca, asumsi masyarakat tentang semedi dan takayul,,,untungnya kamu jelasin secara ilmiah... masih bersih dan sepi ya memang...
    hahha...super kreativ juga kalian nyantolin kamera kayak gitu buat pengganti tripod. :D
    Aku selalu menunggu update selanjutnya nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya,,,btw,,,ternyata arti Bunga lompat mengena juga dengan karakter kamu yang unik itu :D

      Delete
    2. Ehehehehe xD ditunggu kedatangannya ke Malangnya kak :)
      tahun ini pulang kampung kan? (?) Nanti kaka ke Malang aku gantian ke Jerman ya :'
      Iya nih~ satu sisi kita tetap harus menghargai kepercayaan mereka, tapi satu sisi lagi kita juga harus berpikir ilmiah sih. Folklor/mitos kan warisan budaya wkwkw
      Kaka nih orang Malang dah pernah kesini belum?? Wkwkwkwkw.
      Bagian ini sih sepi, tapi kalo Balekambang yang kmaren rame loh sebenernya.

      Doain punya rejeki lebih buat beli tripod kak xD
      terimakasih banyaaaak *virtual hug dari Indonesai* :))))

      Unik ya ._. terimakasih, kuanggap itu compliment wkwk xD

      Delete
  11. aku kira malang itu cuma ada tempat yang dingin dingin gitu aja.
    ternyata destinasi pantainya juga kece,
    Btw, teh itu ngapain gelendotan di pinggir jembatan.
    Kalo ketiup angin bisa ngejengkang :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malang itu lengkap bang. Tempat dingin ada, dingin banget ada, laut ada, gunung buat hiking ada, gunung buat keluarga ada, tempat yang temperaturnya biasa aja juga ada xD

      Semua yang di Malang kece, makanya harus kesini wkwkw

      Cape eksplor, ngaso dulu wkwkw. Ane kan Moana /?

      Delete
  12. Aku semakin pingin mantai!!!!!!!!!!!!!!!!! Aaaaarrrghhh!!!
    Rindu banget sama suara deburan ombak, sama bau asin, sama langit biru, sama semuanya!! Pingin ke pantai kan jadinya..

    Btw btw, boboknya jangan gitu juga dong . udah kayak monyet aja ra, oops :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu aaaaaaaaaaaaaaayoooo main ke Malang xDDD
      eh tapi di tempat kaka juga banyak pantainya kan ._.
      eh tapi ke Malang aja biar makin seru wkwkwkwkw xDDD

      Ya ayo cepetan direncanain :) keburu sibuk sama hidup :' #apasihhh

      Bukan monyet itu, tapi iguana xDDDD

      Delete
  13. Duh si teteh..hehe
    Itu naik-naik gitu .. hehe

    Memang sih setiap orang ada cara tersendiri untuk melepas lelah..haha
    Lagi-lagi diri ini dibuat kangen pantai lagi..
    Sampe saat ini aku sendiri belum bisa ke pantai karena waktu yang belum cocok..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehehehe. Because it's not just traveling or a trip,
      I was doing an exploration wkwkwkw

      Yang penting tetep biasa dibuat untuk ingat Allah, semakin bersyukur (semoga, amin).
      Pantai juga kangen masnya #eh
      Sabar lan nrimo apa yg sdg terjadi sekarang mas, akan ada waktunya kok :) wwkwkw

      Delete
  14. Tak kira langit biru, laut biru, pepohonan jg biru. #Ehh.. wkwkwkw :D
    Hutan mangrovenya lebat banget ya,,
    btw itu kok pada akrobat diatas jembatan nggak takut jatuh mbak :p
    follow sukses !! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pepohonan jadi biru nanti kalo negara Avatar diakui secara de facto sama de jure wwkwkwkwkw.
      Hm sebetulnya hutan mangrove gak di sini tempatnya, ada di daerah dekat Balekambangnya mas hehe ^^v
      Seneng aja sih memacu adrenalin wkwkwkw.
      Yash thank you so much mas! :D

      Delete
  15. Pemandangannya keren2, Apakah lokasinya jauh dari danau tempe-Malang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget :)
      Jl. Danau Tempe daerah Sawojajar maksudnya mas?
      Kalau darisitu sekitaran 2 jam lah sama kaya kalo dari Malang kota.
      Makasih dah mampir mas :)

      Delete
  16. 4 tahun lebih di Malang nggak pernah lihat tempat beginian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pe er besar berarti ya kalau kapan" ke Malang ka xD

      Delete
  17. A... gomen nasai.. mohon maaf sebelum nya
    Boleh tidak fotonya aku edit untuk kata kata mutiara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Douzo douzo, mochiron!
      Foto yang mana?
      Tapi sertakan kredit yaa :)
      trus kalo udah jadi, mau lihat hasilnya juga, eheh.

      Delete
  18. dulunya sih jembatan di pantai ini katanya ambruk gitu, ternyata udah direnov lagi ya (semoga aja gak ambruk, soalnya udah beberapa kali renov ambruk lagi wk)
    bagus juga foto dari atas jembatannya, tapi lil bit creepy gitu ya pulanya kalo sepi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bukan katanya......emang begitu ambruk mulu wkwkkww.

      Nah iya sekarang udah di renov, alhamdulillah. Semoga bisa longlast, amin :))

      Wkwkkwkw iyaaa! Tapi asyik sih, waktu itu saya kelilingin dia sendiri. Pengunjung lain kebanyakan nyampe ke ujung jembatan aja, ga sampe jalan-jalan ke pulaunya.

      Gapapa bang, ningkatin adrenalin :)

      Anyway, welkam to my blog! Mwehehe, thanks for visiting ^^

      Delete
  19. Aku baru ngeh tentang teori langit yang berwarna biru. Berasa dapat ilmu baru. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe xD
      naah ya itu, padahal kan kalo kasat mata, sinar warna putih xD
      trus juga angkasa malah ga ada warnanya xD

      Hehe, hanya meneruskan pengetahuan yg di teliti org dulu XD

      Delete
  20. keren dah pantainya. malang memang komplit yak wisatanya hehe

    fotonya bagus-bagus mbak.

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya komplit~ alhamdulillah diberi Allah kesempatan tinggal di Malang huehehe.

      Terimakasih banyak ^^

      Salam kenal juga bang, thanks for visiting my blog :)

      Delete
  21. Wow.. Pantainya keren.. Pasirnya putih dan masih bersih..
    Saia masih buta eh soal pantai-pantai di daerah Malang..

    Btw, situ kakehan polah juga y ternyata.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai ini memang masih lebih sepi dibanding Balekambang, padahal sebelahan.
      Semoga nanti kalau makin rame, tetap bersih :)

      Mainlah bang, rasakan sendiri ke keren annya Malang xD

      Hueue, bukan, ekspresif itu mah wkwkw.

      Delete
    2. Selama ini kalau nyebut Malang pasti yang muncul di benak tu Mahameru.. hehe

      Berarti kalo saia travelling ke Malang harus mau jadi guide hlo..

      Delete
    3. Wah pecinta gunung banget ini mah.

      InsyaAllah kalau Allah mengijinkan heheheheh.

      Delete

Hello from the other side! Syukran so much sudah baca tulisan saya sampai akhir. Gimana? Silahkan ruahkan pendapat kamu~ ヽ(⌐■_■)ノ♪♬
Kalau gak komen, gimana aku bisa kenal kamu.


Maaf ya, komentar dengan link aktif tidak diperkenankan.

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+