Rekonsiliasi di Kebun Bunga Matahari Batu Megastar

Wednesday, May 24, 2017



Mari main ke Kebun Matahari Megastar!

rekonsiliasi/re·kon·si·li·a·si/ /rékonsiliasi/ n 1 perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula; perbuatan menyelesaikan perbedaan; 2 penetapan pos-pos yang diperlukan untuk mencocokkan saldo masing-masing dari dua akun atau lebih yang mempunyai hubungan satu dengan lain; 3 ikhtisar yang memuat rincian perbedaan antara dua akun atau lebih

Yoy! Jadi kunjungan ini sebenarnya adalah untuk memulihkan kepenatan selama UAS yang bikin sakit kepala. Senang sih rasanya sibuk terus dikejar waktu deadline. Tapi rasanya kok hidup makin serius bikin otot tegang. Tak ada tawa tak ada senyum, bawaannya deg-degan mulu natap laptop. Untung si laptop gak punya perasaan. Coba kalau punya, habis dia sama mata aku yang ngeluarin laser.

Kali ini sama mba Jule main tipis-tipis aja sih. Gak sampe heboh kayak ke Lombok atau Banyuwangi. Eh sekarang kan kayanya lagi marak tuh staycation,

stay·ca·tion
ˌstāˈkāSHn/
noun
informal
  1. a vacation spent in one's home country rather than abroad, or one spent at home and involving day trips to local attractions.

Ya ini bentuk staycation kami di Malang. Thanks Malang! Yo sapa yang mau main ke Malang, terlalu banyak hal yang harus di eksplor di kota apel ini :)

Kebun Bunga Matahari Megastar

Menuju ke Kebun Bunga Matahari mudah kok, satu jalur dengan arah Coban Rais cuma lurus lagi dikit. Tepatnya ada di Jalibar Dusun, Oro-Oro Ombo, Batu, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65311, Indonesia. Kebun Bunga Matahari ini sebenarnya terletak satu komplek dengan Peternakan Kuda Megastar. Dengan bayar IDR 25k tiap orang (plus IDR 3k untuk parkir), kamu sudah bisa menikmati Kebun Bunga Matahari dan main sama kuda di peternakannya.

Dulu sih masuk sini gratis aja. Tapi karena melihat potensi wisata dan memang ranah wisata Malang yang akhir-akhir ini menggeliat cepat, jadinya di komersilkan deh. Macem blog sama youtube ye, monetized. Yoy!

Kebun Bunga Matahari Megastar

Bukan gue yang pendek......meski aslinya emang pendek -_- Cuma rata-rata tanaman bunga Matahari yang sedang berbunga tingginya 2 meteran lah. Kalau mau foto kudu naik ke tanggulnya wkwkw. Sebenernya Kebun Bunga Matahari Megastar ini gak luas-luas amat, palingan 30x50 meter persegi (sok tau bangett wkwkwkw). Tapi ya emang gitu. Bentuk tanahnya terasiring dengan pematang di tiap lajur tanaman bunga matahari. Latar belakang Kebun Bunga Matahari Megastar ini gunung Panderman, cakep banget deh!

Fakta Bunga Matahari 
  1. Batangnya tidak bercabang. Jadi satu tanaman ya satu batang aja memanjang ke atas. Dan batangnya mudah patah. Sekali patah gak bisa ditegakin lagi. Aku matahin satu waktu di sini T.T bapak maafin aku.
  2. Benih/biji bunga matahari bisa dijadikan minyak yang multifungsi.
  3. Rata-rata per bunga ada 2K benih!
  4. Dia punya karakter unik, heliotropik. Alias selalu ngadep ngikutin matahari.
  5. Bisa menyerap radiasi nuklir! Kece banget wkwkwkw. Di Fukushima Jepang, jutaan bunga Matahari ini ditanam setelah tsunami menghancurkan reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir.
Kebun Bunga Matahari Megastar

Tahu nggak sih?

Jadi sebenarnya tuh satu kepala bunga Matahari besar terdiri dari ratusan bunga kecil yang disebut floret. Kelopak bunga yang berwarna kuning cantik membantu daun melindungi kepala bunga semua sampai floret selesai berkembang dengan baik. Pusat bunga matahari ada di tempat ratusan floret itu berkembang secara individual. Dan kalau bisa menanam dan merawat dengan baik, bisa jadi tanaman bunga Matahari individual loh! 

Kebun Bunga Matahari Megastar

Hal yang gua suka dan kagum sama bunga Matahari itu....karena dia kontras banget. Kuning neon (ya gak sih?), bikin mata berbinar wkwkkw. Selain itu dia juga setia, batangnya cuma satu. Nah satu lagi, karakter heliotropiknya. Emang ada lagi sih tanaman yang berkarakter kaya gini, cuma yang paling keren ya bunga Matahari. Ya gak?

Secara bahasa ala gue, heliotropik itu:

Karakter yang dimiliki bagian tumbuhan seperti daun atau bunga yang arah tumbuhnya mengikuti matahari. Yes! Bunga Matahari juga bergerak. Pada masih inget kan prinsip makhluk hidup? Tumbuh dan bergerak. Tapi ya geraknya tumbuhan gak kaya manusia atau hewan, emangnya ini di Narnia? Yah jadi kangen sama Skandar Keynes (...........................mendadak mellow inget jaman esempe............). Bagian tumbuhan yang ada sifat heliotropiknya ini kemudian melacak pergerakan matahari dari barat ke timur. Perkiraannya sih, kalau malam tumbuhnya acak. Kemudian ketika pagi datang dan matahari lagi stretching di ufuk timur, si bunga Matahari bakal balik lagi ke arah matahari.

Kenapa bisa gerak kaya gitu? Karena ada sel-sel penggerak di bagian bawah bunga yang disebut pulvinus. Sel-sel pulvinus ini bertugas memompa ion-ion potasium ke jaringan terdekat dan mengubah tekanan osmotik. 

Jadi karakter heliotropik itu merespon terhadap cahaya biru. Kalau pagi kan para gelombang sinar yang warna biru terpantul ke atmosfer lagi, jadi ini nih yang merangsang pergerakan bunga Matahari. Sedangkan ketika malam, sensor-sensor heliotropiknya bakal tertutup oleh selaput transparan merah yang menghalangi cahaya biru.


Kebun Bunga Matahari Megastar

Mana gue? Di bawah, gak nyampe, biar aja nampang tangannya doang wkwk.

Dah tua nih bunga, gede banget kepala bunganya. Kelopak kuningnya yang dahulu cerah kini melayu. Masa kejayannya dah habis. Analogi yang pas buat manusia dan semua makhluk hidup sih. 

Yes you will pass the moment when you are the brightest, the fascinating and enchanting one, the limelight. But it will getting weaker physically. We will get wrinkles. But keep the inner because it'll be last forever.

Kebun Bunga Matahari Megastar

Lebahnya watados waktu gue foto wkwkwk.

Kebun Bunga Matahari Megastar

Nama gue kan Zahrah, artinya adalah bunga secara jeneral. Secara gak langsung berarti gue itu ratunya bunga ahaha (apasih). Nah ini gue lagi bercengkrama gitu sama mereka. Nanyain kabar, gimana pertumbuhannya, sama nutrisi apa aja yang udah dikasih sama tukang kebunnya.

Mereka sih bilangnya, "kapan teman-teman manusia kaka yang lagi baca artikel ini ngunjungin akuh?"

Kebun Bunga Matahari Megastar

You Might Also Like

44 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Bagoos bagoos semua fotonya! Baca skandar keynes jadi inget juga jaman dulu temenku ada yg ngefans banget sampe tiap menit detiknya yg diomongin dia mulu lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu kapan kesini kak xDDD
      Wkwkwkw, aku dulu koleksi semua foto dia. Sampe di warnet nonton bang Skandar di youtube channel Nickelodeon sambil teriak" macam liat konser BTS wkwkw xD

      Makasih kak <3 <3 <3 wkwkwkw

      Delete
  2. Ceritanya ratunya lagi tilik prajurit nih mbak ?? wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, ibu ratu harus waspada serangan pengunjung yang foto-fotonya merusak koloni aku.

      /padahal gue sendiri matahain satu batang T.T wkwkwkw

      Delete
  3. Ra, bikin postingan rada nyantai bisa kan? Jangan kau bawa kepelikan hidupmu pada para pembaca..

    Kata zahra : "ya suka2 gue, blog blog gue!"

    Mati! Salah komen!

    Ra, jangan melakukan penipuan sama hasil fotomu. Tiap kali kupandang jepretanmu berasa kayak di Jepang ra. Ya Allah.. Kapan bisa kesono???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkwkwkw si kaka mahhh -_-
      soalnya aku tahu pembacaku itu selain makhluk-makhluk astral, ada juga manusia.
      Cuma ingin mengingatkan substansi manusia yg haqiqi <- cara penulisan anak jaman seqarang uyea.

      NGGA NGGAAAA NGGGGAAAAAAA bebas berpendapat ko. Tapi abis ini aku invasi blog kaka. Fayer fayeerrr~~!!

      Bahahahahaha xDDDD Jepang nih lagi summer. Anggap aja emang di Jepang. /duh miris inget cita" kapan bs ke Jepang T.T/
      Kesini kalo dah jodoh B) /ciye jodoh ama siapeeeee wkwkwkwk

      Delete
  4. uhuk.. ratunya bunga..

    kalau aku suka bunga bank aja :D

    www.deddyhuang.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinih sinih semua, come to mama wkwkwkkw

      semuanya kebagian warisan.

      Wah si bapak ㄱ.ㄱ

      anyway, thanks for visiting pak :)

      Delete
  5. keren abis, jadi pengen nanem bunga matahari nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanam yang banyak pak, biar bisa jadi tempat foto kaya gini juga wkwkwk xD

      Delete
  6. Di kampung nenek gw banyak bunga matahari. Dulu bawaannya kalo liat bunga matahari yang gede pengen gw tampol, wkwkwk. Maklum gw pecicilan banget waktu kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu bisa di monetize bang /berasa blog sama youtube wkwkwk
      dibikin rapi sama cantik, biar jadi spot foto kaya di sini ehe

      Tampol aja sapa tau kuacinya berguguran :'

      Delete
    2. Gw takut kalo gw monitize ntar syahrini kalah kaya dibanding gue. Ntar dia gak bisa pamer lagi naik privat jet karena jetnya udah gw borong buat ngakut gabah kering. Kasian kan???

      Delete
    3. Ahelah bang, kalo mau kaya-kayaan sama Husni Mubarok noh, digadang-gadang orang terkaya di dunia, kekayaannya 70 M dollar Amerika. Wkwkwkwkwk.

      Lagian masa kompetisi sama Syahrini? Kalah cantik bang, dah mundur aja, ehe.

      Delete
  7. keren articlenya mbak zahra<a href="http://outboundjakarta.com/index.php/</2015/05/a>

    ReplyDelete
  8. Asik ya bisa jalan-jalan ke kebun bungan matahari...

    ReplyDelete
  9. Baru pertama kali main ke sini. Wohoo! Salam kenal yaa \(w)/

    Itu bagus bener fotonya. Dan emang di dalemnya tuh sebenernya kumpulan bunga yang kecil-kecil, tapi baru tahu soal yang heliotropik2 itu. Kirain semacam psikotropika *jauh mas \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uyeah! Salam kenal juga bang. Saya, Zahrah, penguasa bunga sejagat raya wkwkwk.

      ALhamdulillah terimakasih -bow-
      Bunga2 kecil itu namanya floret pak, floret wkwkwkw /ngebet amat dipanggil floret.

      Nah itu penjelasan ilmiah kenapa bunga matahari ngadep ke matahari. Biar gak bid'ah /?

      Anyway, thanks for visiting and don't hesitate to comeback, yeay! Ehehehe

      Delete
  10. Hahaha, ini kayak baca artikel ilmiah ada istilah-istilah biologi. Kok ya, saya selama SMA baru ini denger heliotropik. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar sesuai sama tagline blog bro, 'education'. Mayan biar kelihatan agak educated.

      Sini gue kirimin angin biar dibisikin 'heliotropiiik.....'.Ehe.

      Delete
  11. Aku lebih fokus ke bunga mataharinya..hehe
    Jujur aja, jadi inget rumah. Ibu dirumah banyak punya tanaman yang setiap sorenya aku siram kalau gak hujan, salah satunya ada bungan matahari.

    Gimana ya kabar bunga mataharik dirumah..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkkw. Fokus aja mas lebih dalam lagi, sapa tau ada bagian relung terdalam di otak yag bisa tercerahkan /apa wkwkkww

      Nah itu boleh dikembangkan, biar jd instagramable. Mayan nambah ongkos jalan-jalan kemana gitu wkwkw.

      'saya baik kak.....', jawab si bunga matahari [?]

      Delete
  12. Kalau dalam novelnya mbak DEE yang serial supernove, Zarah itu artinya atom atau unsur. Terus kekuatannya adalah....

    HIHIHI #SalahFokusKeNamaMbaknya

    Cantik banget sunflowernyaaaa
    Langitnya emang lagi sebiru itu kah?
    Perpaduan yang nyenengin hati banget. kuning menyala sunflower, hijau dedaunan, biru langiitt...

    ..... bikin pengen piknik huhu #kurangpiknik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkwkwkkwkw iya, kalo Zarah emang kayak partikel terkecil gitu.
      Jadi ingat, 'kesombongan bahkan sebiji zarah tak akan mencium bau surga'. Nah itu wkwkw.

      Nama saya kan Zahrah T.T yang bahasa Arab ituloh bang, artinya Bunga.

      Yes memang, sebiru itu! Bagus banget yah, no filter loh, ciyus. Cuma utak atik dikit brightness sama contrast. Pake photoscape lg wkwkkw.

      Nah makanya, 'kapan kesini bang?', kata si bunga matahari.

      Terlihat sekali memang kekurangpiknikan anda dari post" di blog /?
      /dikeplak wkwkwkw XD

      Main geh bang ke Malang :)

      Delete
  13. Ebuset itu bunga mataharinya gede-gede maat ya.
    kalo aku liat di tipi-tipi bentuknya kecil-kecil.

    btw kalo Aku nanem bunga matahari di Bogor kira-kira sukses ga yah.
    Soalnya di Bogor jarang ada matahari seringnya ujan.
    aku takutnya nanti bunga matahrinya kebingungan mau ngadep kemana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah justru yang di sini kayanya biasa aja deh bang.
      Angle nya aja yang tepat, makanya keliatan gede
      /pencitraaan ahaha

      Malah kalau di luar negeri gede-gede banget kayanya.

      Sukses bang, nanemnya depan Matahari mall :)
      ntar dia makin subur seiring diskon lebaran yang makin gede. Brilian!

      Delete
  14. ya allah, kapan saya bisa ke malang? pengen!
    *sabar, nabung dulu nabung hehe

    belum pernah liat bunga matahari scr langsung segede itu aku mbak. pol-pol'an cuma yang imitasi dari plastik atau sedotan itu *halah

    pak, pak penjaga kebun bunga, ini ada yang matahin batang bunga matahri pas dia berkunjung kesana
    dianya ngaku sendiri ini di blognya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bisa menjawab pertanyaan anda hanyalah kerja keras anda bagaimana membuat dompet/rekening gendut, sehingga bisa segera ke kota yang stunning ini #ea, lol wkwkw.

      Wuaduh mas, masa iya imitasi? Astaghfirullah. Sini saya paketin.......
      teh bunga matahari instan. Mantap diseduh hangat.

      Halo pak, nama saya Zahrah. Dan ya, saya yang matahin satu batang tanaman bunga Matahari pak. Pak ini bulan Ramadhan, 28 hari lagi lebaran. Maapin pak xD

      Delete
  15. Replies
    1. Aku juga suka. Kulitnya juga suka. Biasanya disesepin duluan kulitnya, trus bijinya dikumpulin dulu sampe ribuan. Abisitu habis dalam satu hap :/ tragis.

      Delete
  16. Oro-oro ombo?? Loh itu kan kampung halamanku? Tapi kok aq nggak pernah ke kebun ini ya? Apalagi ke pacuan kuda,, waduh kalau pulang, ini wajib aq kunjungi nih,,, info tentang floret itu juga baru tau aq,,, setuju banget, bunga matahari emang kontrast, itu yang bikin dia menawan kalau dipadukan dengan warna langit,,, foto2 km ketjeh abeees

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weeeeeeh deket rumah kaka ternyata XD
      kaka mau salam apa ke orangtua, sini aku samperin [?] wkwkkw

      WAJIIIIBB. Ini sih agak baru kak wkwk. Kaka nih kelamaan melanglang buana di Eropa sana sih -_-

      Makasih banyaaak kakak XDD

      Delete
  17. Cantik-cantik banget mba fotonya, jadi pengen mampir ke Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan cuma pingin, tapi harus beneran direncanain mwehehehehe xDDDD

      Makasih,
      btw selamat datang! Thanks for visiting, XOXO.

      Delete
  18. Contentnya ditulis oleh ahli botani dadakan ya, bagus sekali bisa menambah wawasan, fotonya sangat mewakili keadaan, blm kesana tapi serasa sudah disana hehe...

    ReplyDelete
  19. Contentnya ditulis oleh ahli botani dadakan ya, bagus sekali bisa menambah wawasan, fotonya sangat mewakili keadaan, blm kesana tapi serasa sudah disana hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mwehehehe si bapak bisa aja. Nggak juga sih pak, nanya-nanya tukang kebun di sana sama googling juga ehe, biar nambah wawasan.

      Yuk pak, dijadiin kesana, seru banget dan recommended!

      Delete
  20. wahhh cakep banget tempatnya mbak. kebetulan memang lagi pengen banget ke Batu, thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marilah berkunjung! Semoga dapat cuaca yang cerah, biar makin bersinar bunga mataharinya :)

      Sama-sama kak!
      anyway, thanks for visiting my blog :)

      Delete
  21. aku belum ke sana udah pindah kota aja mbak
    padahal pengen foto manjah dan gulung2 diantara bunga matahari itu
    (kayak hamtaro aja, hihi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuhhhh pindah kemana pak dinasnya?

      Sayang banget yah. Berarti kurang main nih bapak wkwkw. Di tempat baru jangan dibikin nyesel ga main kemana-mana pak, oke? Wkwk.

      Delete
  22. Waaah keren nih tempatnya, kemarin pas ke Batu belum sempet kesana :( btw nama jenisnya susah diinget juga hehehe

    www.irhamfaridh.com

    ReplyDelete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background