5 Potongan Surga Yang Jatuh di Banyuwangi (Must Visit Places!)

Saturday, June 10, 2017


Dulu, Banyuwangi cuma jadi tempat singgah orang-orang yang mau liburan ke Bali dan nyeberang pelabuhan Ketapang. Tapi sekarang, mereka justru sengaja datang ke Banyuwangi untuk berlibur. Bahkan ada yang booking hotel online beberapa hari agar bisa menginap dan puas eksplorasi keindahan di ujung Pulau Jawa bagian timur ini. Gimana engga, potensi wisata Banyuwangi memang benar-benar kece dan syaang banget untuk dilewatkan. Gak ketinggalan virus-virus para traveler  biasanya muncul di timeline instagram sesudah liburan kesini.

Gakuat akutuh T~T

Nih ya, gue kasih daftar beberapa titik kece yang harus kamu semua kunjungi di Banyuwangi:

1. Pantai Plengkung (G-Land)
G-Land
sumber: magicseaweed.com

Selama ini, kebanyakan orang tahunya Bali adalah surga ombak yang kerap didatangi peselancar lokal maupun internasional. Nah sini deh gue ajak ke Pantai Plengkung atau G-Land. Garis pantainya yang panjang dan membentuk lengkungan, makanya disebut 'Plengkung'. Kalau sebutan G-Land, ada beberapa versi sih. 'G'nya itu bisa berarti Grajagan (nama sebuah teluk), Green (karena terletak di hutan tropis yang hijau), dan Great (karena ombaknya yang keren wkwkw).

Kecenya lagi, masuk dalam The Seven Giant Waves Wonder. Yang paling tinggi bisa mencapai 8 meter dengan julukan Kong Waves! Pantai Plengkung paling ramai didatangi peselancar pad abulan April hingga Agustus, karena pada waktu inilah gulungan ombak terbaik bisa mereka dapatkan.

2. Jawatan Benculuk
Jawatan Benculuk
sumber: bintang.com

Sebenarnya, kawasan Jawatan Benculuk ini dibangun sebagai daerah resapan air dan penghasil kayu jati, tapi Allah berkata lain......jadinya kece buat hunting eh wkwkw. Yang bikin kuwece adalah, banyak pohon Trembesi/Saman yang sudah berusia cukup tua sehingga ukurannya jadi gede. Jejeran pohon-pohon dalam kawasan hutan seluas 3.8 hektar milik Perhutani inilah yang bikin mempesona.

Kebayang gak sih suatu pagi dikala mentari siap-siap koprol dari timur ke barat, sinarnya kan masih malu-malu tuh.....menerobos celah-celah dahan dan daun. Trus kamu menghadap cahaya itu demi sok iya seakan-akan cahaya dari surga wkwkw. Gak heranlah kalau banyak orang dari luar kota yang sengaja booking hotel online dan menginap di Banyuwangi demi foto prewedding di Jawatan Benculuk. Eh tapi dengan dua syarat, Prewedding nya ganti ba'da-akad qobliyah-resepsi (emangnya shalat sunnah dzuhur -_-).

3. Taman Nasional Baluran
DSC_0215

Ininih salah satu landmark Banyuwangi. Eh tapi sebenernya sharing wilayah sama Situbondo, cuma emang deketan sih wkwkw. Punya julukan Afrika versi Jawa, Taman Nasional Baluran ini merupakan sebuah kawasan konservasi sekaligus tempat wisata dan edukasi dimana pengunjung bisa menyaksikan langsung interaksi fauna dan flora di habitat aslinya.

Karena areanya yang begitu luas, tidak cukup menjelajahi kawasan ini dalam satu hari. Baiknya sih booking hotel online di sekitar Taman Nasional Baluran. Jadi gak perlu balik ke Situbondo atau Banyuwangi kota, ngabisin waktu dan tenaga.

Sumpeh Taman Nasional Baluran ini KECEREN (kece dan keren wkwkwk) banget. Sabana Bekolnya bikin mata minus sembuh----lasik dulu tapi wkwk, pantai Bama yang ombaknya sopan, hutan mangrove yang bikin merinding disqo, dan para monyet yang bisa lo anggap fans -_-  yang paling berkesan ketika gue diceng sama Abdul, monyet jantan rada tua -.,- baca nih kisahnya di sini, Gue Ditaksir Monyet Baluran!

4. Kawah Ijen
DSC_0543

I'm in laff! Setelah berjam-jam langkah kecil gue menapaki jalur menuju puncak Kawah Ijen, gue diterpa gelombang kagum yang merasuk dada. Seketika melupakan gondok karena gengsi dimana gue terus-terusan disalip sama bule waktu naik ke puncak kawah. Fabiayyi alaa irabbikuma tukadzdziban? Nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan? Meski rada gempor dan dihiasi drama hipotermia ringan (kisahnya ada di sini nih, Demi Biru Tosca Kawah Ijen dan Api Biru yang Cuma Ada Dua di Dunia), gak lepas gue bertasbih.

KECEREN!

Bagian yang paling populer dari Kawah Ijen adalah api biru abadi yang berada di pinggir dalam kawah, atau biasa disebut Blue Fire. Pada tahu kan, fenomena Blue Fire ini hanya ada dua di dunia, Indonesia dan Selandia Baru. Blue Fire paling endeus dinikmati saat menjelang subuh sekiranya sebelum jam 5. Cahaya yang terpancar dari Blue Fire akan terlihat kontras dengan suasana sekeliling yang masih gelap.

Ohya, kalau mau turun ke Blue Fire jangan lupa pakai masker khusus yang bisa kamu sewa seharga (sekitar) IDR20K-30K di warung-warung sekitar Paltuding (check point pertama sebelum naik ke kawah, dekat parkiran). Hal ini agar kamu terhindar dari bahaya asap belerang. Maskernya kece kok, kayak masker orang-orang yang mau Coup D'etat wkwkwkw.

Pergi ke Kawah Ijen biasa naik kereta yang berhenti di stasiun Karangasem. Stasiun itu dekat banget dengan jalur menuju Kawah Ijen. Gue sih pesan tiket di traveloka aja. Selain aplikasinya ringan dan user-friendly, cara pembayarannya mudah dan beragam. Kalo jadi anak sholeh/ah, bisa jadi dapat diskon *.* mayan buat jajan kacang sukro /ngeces/.

5. Teluk Hijau
DSC_0321

Kece. Abis. Sangat. Gue sih nyebutnya Zamrud di Ujung Jawa. Gimana engga, warna pasir pantainya yang putih dan berbutir kecil kontras dengan hijaunya air laur yang berkilauan ditimpa cahaya matahari. Ada pula ornamen batu-batu karang dan air terjung setinggi 8 meter di salah satu tebing yang mengelilingi Teluk Hijau. Waktu itu, setelah hampir sejam trekking mendaki gunung lewati lembah, rahang gue mangap dengan tidak elitnya menyaksikan deburan ombak di teluk Hijau. Kayak zamrud! Meski di sini lagi-lagi gue digodain sama monyet yang pingin gue jeletet, hati gue tetep senang dan riang.

Teluk Hijau terletak di area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Saronga, Kecamatan Pesanggrahan. Karena letaknya yang cukup jauh, di sini masih relatif sepi dan bersih. Kalau naik motor, bisa aja ngegas terus sampe atas dan parkir di tempat yang disediakan. Yang naik mobil atau gakmau naik motor bisa nebeng/nyewa perahu dari pantai Rajegwesi dengan biaya IDR 35K/orang.

Nah itu dia a must visit place di Banyuwangi ala gue. Sudah pasti, gue mau banget balik lagi kesini. Masih ragu karena bingung dan kurang gambaran? Coba cek artikel gue yang ini, Itinerary Main ke Banyuwangi Tanpa Agen Travel. Karena main ke Banyuwangi gak cukup satu hari, pastikan kamu booking hotel online dulu biar gak ribet nantinya. Udah seharian main, masih kudu muter-muter dulu cari penginapan yang pas.

Okay, see you in Banyuwangi yah!

You Might Also Like

20 apresiasi

  1. Ternyata bayuwangi uah mulai go international, saya cuman taunya cuman kawah ijen sama baluran itu. itu aja gak pernah kesampean pergi kesana. Tahun lalu pengen pergi, eh cuacanya gak dukung, nah bulan lalu mau pergi juga sayang banget malah dananya yang gak cukup.

    Boleh juga tuh G-Land tuk selancaran. tapi ini pantainya bebas hewan buas gak soalnya nih kebanyakan pantai dengan ombak tinggi gede biasanya ada hiu ataupun parasit laut lainnya. Kalau jawatan benculuk boleh juga tuh lumayan bisa jadi tempat background untuk status facebook :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, 'baru mulai' sih wkwkwk. Tapi potensi wisatanya gak bisa diremehin.
      Kitanya aja yang masih fokus sama Bali, kurang eksplor wkwkw.
      Wah si mas kasihan wkwkw xD yasudah nabung mulai sekarang untuk tahun depan, pilh waktu bulan pertengahan biar dapat cuaca cerah hehe.

      Sayangnya saya pribadi belum pernah kesini T.T padahal pingin, cuma jauh banget di ujung timuur dekat Alas Purwo. Jaauuuuh.
      Nah iya Jawatan Benculuk. Waktu itu sudah mau diajakin kenalan kesana, tapi krn blm terlalu hits, jadi kaya ngeremehin. Eh waktu pulang, searching, nyesel knp ga kesitu T.T wkwkw

      Delete
  2. wah surganya yang jatuh di Banyuwangi sangat menggoda untuk didatangi

    Bumi Indonesia memang bagaikan surga, ya surganya para pemburu wisata
    baik pemandangan alamnya maupun kulinernya

    Semoga bisa lihat langsung deh
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw monggo kak silahkan, segera dibuat itinerary kesini hehe.

      Bener banget!!! Bagian Jawa yang Timur saja belum semua saya datangi dan cicipi, belum lagi provinsi-provinsi yang lain. Alhamdulillah yah. Semoga keberagaman yang Indonesia punya ini tetap pada Bhinneka Tunggal Ika nya :) ehe

      Yosh! Anyway thanks for visiting ka :)

      Delete
  3. Duh ini benar-benar keren. Banyuwangi semoga aku kesana :)

    Gak kebayang kalau maen sini, berapa ratus foto yang aku dapat..haha
    Indonesia memang keren, banyak wisatanya yang belum keespor, lihat blog teh Zahrah memang membuatku takjub atas ciptaan-Nya, tapi rasanya tetap ada yang kurang kalau gak bisa lihat secara langsung :)

    Jawatan Benculuk memang kece, buat foto apalagi. Tempatnya serasa teduh gitu. Asik banget kadang ada disitu. Gak cuma itu tapi semuanya sih, apalagi dipantai, suka banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. No doubt and no wonder wwkwkw, Indonesia gituloh hehhe.
      Amiiin amiiiin. Mulai sekarang geh mas dibikin itinerary sekalian nabung. Sapa tahu tahun depan kesini, amin xD

      Wkwkwkwkw nah iya. Kemanapun kudu dapet momen yang kece.
      Jangankan Indonesia, provinsi tempat kita tinggal sendiri aja masih banyak yang kelewat kan.
      Alhamdulillah :) senang rasanya bisa encourage kebaikan ke orang lain lewat blog ehehhe. Nah itumakanya yuk segera di jadikan nyata wacana berkunjung kesini mas. Abis lebaran geh xD

      Delete
  4. baru tau kalau banyuwangi juga punya pantai *astaghfirullahaladzim, kemana aja ini anak? nggak pernah masuk pelajaran geografi kayaknya XD
    Taunya cuma baluran sama kawah ijen doang hehe

    misal naik ke kawah ijen tapi pakai masker biasa itu ngga bisa mbak? masker yang biasanya warna ijo itu? terus itu harga 30ribu, bisa di sewa sepuasnya atau ada durasi berapa menit / jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk wah gimana mas nya ini. Padahal letak geografis Banyuwangi dipinggir Timur Jawa wkwkw. Aneh kalo ga ada pantainya xD bagusss lohh. Ga kayak Sidoarjo atau Surabaya yang pantainya berlumpur. Kalo di Banyuwangi mah kecehh.

      Wah kalau pake masker operasi yang warna ijo itu kurang mempan mas. Kan asap belerang baunya tajam dan kuat dan membawa partikel2 berbahaya kalau terhirup dan masuk ke paru-paru. Maka dari itu pake masker kudeta biar aman. Ada tiga lapis tuuh.
      20K aja mas xD jangan mahal" hehehe. Sepuassnya. Ya dari naik sampe turun lagi lah xD

      Delete
  5. Replies
    1. Tenang bang, Banyuwangi sampe 100 tahun lagi ya masih tetep di Jatim.

      Kapan" ajak anak istri. Ehe.

      Delete
  6. Benar-benar 'surga wisata' ini mah, tempatnya sangat memikat, membuat hati ingin merapat, nanti deh kalau sempat, mudah-mudahan badan masih sehat walafiat, suaya bisa segera berangkat.. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weeeeeeeeeeeeeeee kereeeeeeeeeeeeeeeeennn!!!
      Bisaan aja si bapak bikin pantun begitu. Rimanya tepat aaaa semua lagi xD

      Benar-benar 'surga wisata' ini mah,
      tempatnya sangat memikat,
      membuat hati ingin merapat,
      nanti deh kalau sempat,
      mudah-mudahan badan masih sehat walafiat,
      suaya bisa segera berangkat
      .. hehehe...

      Amiiin amiiin, semoga disegerakan bisa main kesini XD

      anyway, thanks for visiting mas :)

      Delete
  7. Target aku kalo roadtrip lagi ke Banyuwangi. Udah ga tahan liat poto-poto keren pantai Banyuwangi. Doakan ya ga lama dari lebaran bisa pulang ke Bondowoso lagi jalan darat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudoain!! Semoga seelalu sehat wal afiyat biar bisa enakan trip nya teh :))
      Amin amiiinn~~~~ kudu banget ya ke Teluk Hijau heheheh

      Delete
  8. OMG😱😱😱 kok aq jadi bimbang nan galau, pengen ke sna, sebenarnya kalau pulang dari jerman liburan musim panas nanti cuma pengen ke sumatra, jawa, bali dan lombok, tapi aaah Zahra bikin galau iiih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahahha xDDD
      hayoloh kakak!!
      Ko aku jadi ngakak xD

      Yaudah, Lombok aja dulu kak. Itu harus banget sih. Nah Banyuwangi kan di Jawa juga xD
      ih tapi yang paling penting kaka harus explore Malang nih. Dah banyak banget yg berubah. Dinginnya mulai hilang, tapi ada beberapa hal yang makin keren :)

      Aku kan cuma kasih tau aja mana mana tempat yang bagus xD

      Delete
  9. Ane dari dulu ngidam pengen ke kawah ijen :-O
    waktu ada event di Semarang pernah kenalan sama orang Banyuwangi, udah punya kontaknya juga, tapi sekarang udah lost contact. Duhhh..
    mungkin mbak Zahra bisa jadi turguidenya kali ya. wkwkwkwk #bercanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dah segera disegerakan mas, kasihan bayinya [?] /ambigu xD
      saya juga ada nih kontak orang Bondowoso tapi. Eh tapi kan ga jauh" amat sama Banyuwangi. Kayanya orangnya juga suka main. Mau mas?

      Hahahaha....amin amin aja sih ya gapapa kalo saya ada kesempatan ke Banyuwangi lagi heheh

      Delete
  10. Waahhh lokasi lokasinya keren bangett kalo jadi spot foto, bisa nihhh buat jadi lokasi trip berikutnyaa hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangett bangett. Harus banget mah kesini orang Indonesia. Kita mah gak kalah sama wisata di luar negeri. Cuma kurang eksplorasi, perawatan, penjagaan, dll wkwkwkw. Padahal bahannya ada [?]

      Silahkan mas, semoga dapat cuaca bagus heheh.

      Anyway thanks for visiting :)

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background

✿Zahrahstagram✿