Dua Jam Berdebu Menuju Sumber Pitu Pujon

Tuesday, July 25, 2017


Hari yang spesial gais. Assalamualaikum!
Cuma mau bilang, kalau perjalanan ini terjadi 2015 silam, ehe. Tapi ngga papa, belum basi untuk dijadikan bahan obrolan di blog kesekian dalam hidup gue ini. Meski terjadi tahun 2015, gak bakal terlupa bagaimana sepanjang perjalanan gue koleps mau muntah gitu gara-gara sebelumnya makan soto trus sambelnya banyak. Muehehehe.

Sumber Pitu Pujon

Ininih biang koleps gue. Soto di depan masjid Alun-alun Batu. Enak dan sedap kok, cuma ya.......emang salah gue. Mau main kok makan pedas, jadinya jantung bekerja lebih keras sehingga darah naik dan rasanya mau mati :'

Sumber Pitu Pujon

Sabtu, 15 Oktober 2015. Gue dan mba Jule pergi ke Pujon untuk menuntaskan rasa penasaran terhadap air terjun yang waktu itu namanya lagi naik. Gue lihat-lihat di instagram, bagus yeuuu

Sumber Pitu ini nggak jauh kok dari Malang. Dari Malang ke arah Batu, teruuuus aja ambil jalan yang ke arah Kediri. Kira-kira 20-30 menitlah dari alun-alun Batu.

Waktu itu, Oktober belum berhujan, masih kering. Alhasil tanah sepanjang jalan keriing dan mengurai debu-debu mengepul yang bikin sesak nafas. Kalau papasan ada motor di depan, mending gue ngalah beberapa saat karena nyembur banget itu debunya. Beberapa kali gue menjumpai pengendara yang bannya selip oleh tanah kering. Kalau ada hujan, pasti buecek banget.

Sumber Pitu Pujon

Karena pada saat itu benar-benar terik dan berdebu, hampir semua pengunjung mengenakan masker. Daripada menghindari matahari, lebih ke menghalau debu sih.

Dari loket tiket menuju tempat parkir lumayan jauh, sekitar 15 menit. Dilanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 2 jam menuju air terjun. Meski berdebu, tapi sepanjang jalan kita akan dimanjakan dengan pemandangan tebing yang keren dan pemandangan luas bukit-bukit di bawah sana.

Topografi akses yang naik turun membuat dada gue makin sesak waktu itu. Nggak lagi-lagi deh makan pedas kalau mau main. Padahal kan nikmat banget soto dengan banyak cabeh.

Sumber Pitu Pujon

Yuhuu, sampai!

Sampai? Nggak. Inimah.....katakanlah first check point. Ada air terjun dengan ketinggian sedang yang membentuk aliran sungai. Yang di sini digunakan orang-orang untuk beristirahat sejenak setelah begitu lama berjalan kaki di bawah sinar matahari. Bagi yang sudah tua, atau anak-anak, atau siapapun yang ngga kuat, mungkin sampai sini aja cukup.

Dan.....sedihnya, seperti biasa, buanyak banget sampah :( 

Sumber Pitu Pujon

Tanpa beristirahat, gue melanjutkan perjalanan menuju air terjun Sumber Pitu (tujuh sumber). Wedewwww, kita harus melewati tangga dengan kemiringan hampir 90 derajat! Mana pegangannya masih kayu dan tali. Harus ekstra hati-hati, karena ada juga beberapa pengunjung yang terpeleset termasuk mba Jule...............................................................

Sumber Pitu Pujon

JEJEEEEEEEEEEEEENG!! Itung sendiri ya itu ada berapa pancaran (?) air.

Alhamdulillah......setelah berkali-kali istirahat dan nahan mual, akhirnya sampai juga di sini! Yeah! Gue lihat dua bendera Indonesia melambai-lambai bahagia gitu ke arah gue. Berucap syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa atas kesempatan waktu dan usia, serta kesehatan dan kemapanan sehingga bisa mencapai Sumber Pitu dengan selamat.

Gue terpana gais.

Inimah indah banget :)

Gue kayak berada di salah satu scene film-film Disney. Terutama ketika pemerannya lagi jalan-jalan di hutan, terus tiba-tiba dari balik semak-semak, muncul tebing yang menjulang tinggi hampir meraih langit (ululuuuu). Suara gemericik air yang berdebur dari tiap-tiap sumber berlomba dengan titik-titik air yang nyiprat ke muka gue.

Sumber Pitu Pujon

Duh rasanya pingin bikin kerajaan sendiri, jadi ratu. Dah nanti bagian depan kerajaan dikasih tirai semacam ini. Gue kan sodara tirinya Elucia, peri air di game Summoners War.

Anyway hati-hati yah naik kesininya. Nggak seenak dilihat difoto. Itu kaki sambil gemeteran karena suara air di belakang gue yang bergemuruh, trus pijakan di kaki nggak ajeg. Iya coy, tanahnya adalah tanah merah berbatu yang rapuh dan sewaktu-waktu bisa mreteli

Sumber Pitu Pujon

Teman nemu on the spot, ehe.

Lagi enak-enakin menikmati Sumber Pitu yang asri dan adem, gue melihat sekumpulan cewek yang mau foto-foto gitu. Nah nampaknya mereka kesusahan, akhrinya gue nawarin diri untuk motoin. Lamaan dikit, akhirnya kita saling kenalan. Ternyata mereka adalah mahasiswi UB satu tingkat di atas gue, angkatan 2013. Mereka belajar di jurusan kedokteran hewan. Keren yah ^_^ sampai sekarang kita temenan :)

Sumber Pitu Pujon

Seneng banget deh di sini, pemandangannya ajiib! Lelah letih menguar begitu saja. Butiran air kecil yang terciprat dari air terjun membasahi pakaian. Segar banget setelah perjalanan yang panaaass dan berdebu.

Sumber Pitu Pujon

Gue lanjut mendaki terus lebih tinggi daripada Sumber Pitu. Jalannya nakutin coy. Kelihatan ngga Sumber Pitu di bawah sana? Looks amazing yah.

Ohya, selain Sumber Pitu (tujuh sumber), ada juga Simber Lima (lima sumber) yang letaknya naik lagi dari Sumber Pitu. Nggak jauh kok, tapi menurut gue lebih bagus Sumber Pitu. Tapi bolehlah naik lagi ke Sumber Lima supaya bisa lihat Sumber Pitu dari atas.

Sumber Pitu Pujon

Pendekar Merah Putih.

Sumber Pitu Pujon

Hello from the outside¬¬¬¬¬

Lepas main-main dan lelah-lelahan, sekitar jam 3 sore kami kembali. Alhamdulillah sudah tidak sepanas tadi. Gue sangat menikmati suasana hutan yang sepi. Hanya terdengar tapak kaki kami. Bersama mentari yang tersenyum sepenuh hati. Langit oranye yang berseri pun tak membiarkan kami sendiri. Bila suatu nanti, ingin gue kembali lagi kesini.

Sumber Pitu Pujon

foto kiri: saat makan soto
foto kanan: abis main mau pulang

Perjalanan pulang, kami singgah dulu di salah satu masjid daerah Pujon arah Paralayang. Setelah memarkir motor, gue dan mba Jule berjalan menuju tempat perempuan untuk wudhu. Saat itu ada seorang bapak-bapak yang melihat kami sambil geleng-geleng kepala, 'habis dari mana itu mba? kok kotor banget?' muehehehehe. Kami jawab, 'dari Sumber Pitu pak ehe.'

You Might Also Like

20 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. masyaallah, pemandangan nya itu , kok bisa cantik seperti itu mbak.
    hartakarun malang, ya tempat itu mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mwehehehehe
      iya, bagus bangeeeettt
      Biasaan aja mah ciptaan Allah pada alamnya tuh, emang top wkwk.

      Bannyak harta karun di Malang xD

      Delete
  2. Pemandangannya keren ya, Teh. Berasa ingin beremdem untu ngadem..hehe
    Gak heran kalau habis maen ada perubahan, terntu kotor. Kata iklan apa tuh, lupa :D
    Berani kotor itu baik..wkwk

    Makin nambah referensi aja nih di Malang, sekalipun belum. Duh, list aja dulu lah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngadem dan berendam mah keharusan banget bang.
      Jalan dua jam berdebu dan terik, bayarannya ya basah-basahan mwehehehe.

      Lagian ga mungkin ga basah, kan terciprat air terjunnya.........................ea. Wkwk.
      Iklan rinso!

      Wkwkwkw ayodeh~ dah banyak nih yang saya ulas tentang Malang di sini. Cus in ajalah wkww.

      Delete
  3. COOL!
    Cerita lama bersemi kembali..

    Kalau main ke Curug a.k.a aer terjun emang butuh perjuangan sih. Karna lokasinya pasti berada di pedalaman.

    Tapi sepanjang Aer terjun yang pernah aku kunjungi ga ada tuh yang pancaranya sampe banyak gitu, this is awesome Zhard !

    Eh tapi sayang ya itu ga bisa di pake nyelem-nyelem gitu.
    padahal kalo ada kolam yang dalem banget gitu asik loh bisa buat mandi manja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah. Ngga cuma cinta mwehehehe.
      Kalo itu mah udah mainstream.
      Recall cerita travelling dua tahun yang lalu lebih bermakna #eainajah.

      Terimakasih banyak bang Leon!

      Hmmm.........paham sih. Buat yang jarang dimanja, kolam buat mandi manja harusnya ada ya......................................
      Tapi sebagai generasi milenial, kita harus lebih strong. Okein aja nguehehe.

      Delete
  4. Cantik bangeeeeeettttttt.......


    Pemandangannya!

    Bener loh serasa di film-film
    Ada suasana idsney-disney nya gituhh

    Eh ya ampun itu kaos kaki dan sendal gunungnya sampe coklat begitu wkwkkwkwwk

    Anyeong!~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kece banget ya bang?

      Kuy lah disegerakan akadnya,

      akad ke sini. Uhuy.

      Kalau katanya kaya Disney, ane princess apa yak wkwkw.

      Kaya abis kunjung ke pabriknya Willy Wonka wkwkwkw.

      From me, na do annyeong ehe.

      Delete
  5. Aku malah kangen sama Kafe Sawah di Pujon Kidul hahahaha. Sudah ke sana tapi belum sempat nulis :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga udah pernah ke sanaa!!!

      Iya bagus, dia tuh desa banget yang nenangin gitu.

      Dan banyak fasilitas yang bisa bikin refresh dari polusi kota yang tidak menyehatkan wkwkw.

      Buruan ditulis kang xD

      Delete
  6. Mashaallah..........
    udah pernah kedaerah batu tapi gak sempet mampir sini :(
    baru ke coban rondo ajaaaa
    aaakkkk boleh lah mbak kapan-kapan diguide in bareng explore batu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, sayang banget!
      Kapan-kapan bolehlah yaa main kesini jangan lupa~
      Pujonnya deket sama Malang kok~

      Mwehehehe insyaAllah mba kalau ada kesempatan waktu, seneng banget jadi guide wkwkkw.

      Delete
  7. HhAHG, beda kaos kakinya bisa kayak gitu ya? Itu mah namanya Buluk :D...
    Mungkin problem kamu kayak aku Zahra, bukan karena kepedesan, tapi karena tekanan darah rendah. Aku pernah collapse juga karena habis makan kupang, tapi setelah diperiksakan, ternyata itu gejala hipotensi, karena tekanan darah kita saat makan berkumpul di perut sehingga isi perut harus dimuntahkan agar otak kebagian supply darah...semoga ga terjadi lagi deh,,,nggak enak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulukkk bwaaaanget!!
      Padahal aslinya bunga-bunga cantik u.u

      Iyakali ya~~~ hmmm ibu aku juga darah rendah sih. Jaid mungkin kita sama huhu /pelukan yuk ka /T.T wkwkwkw/

      Ahhhh~~~~~~ begitu ya, hmm jadi ngerti. Tapi kan sayang kalau dimuntahin. Sayang duit! Wwkwkwkkwkw xD /meditnya keluar wkkw/

      AMIIIIINNN >.<

      Kakak kalau pulang dari Jerman musti kesini yah!

      Delete
  8. Huwoooo bagus banget itu tempatnyaa! kayak di dunia fantasi. Bukan dunia fantasi dufan ya. Maksudnya.. Err gitu deh. Anyway, kayaknya gue baru pertama kali main ke sini deh. Salam kenal ya! \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mwehehehehehhehehe.
      Iya soalnya gue edit, keren in aja kan ya mwehehehe.

      Ya gapapa.
      Dunia fantasi emang wajar kok hadir ditiap hidup manusia wkwkwk.

      Ng kok gue rasa engga ya bang /?

      Yaudah salam kenal dan selamat datang deh!

      Delete
  9. ini post kapan, BW nya kapan *nggapapalah, demi silaturahim ala dunia maya* XD

    fotonya kudu dikasih efek macam painting gitu ya za? bagus sih, tapi jadi kurang natural *hasyah, sok-sokan banget ini anak* wkwk

    kalau main ke tempat terbuka gini mah, emang kudu siap-siap berdebu, muka kusam dan berminyak. belom lagi kadang cuaca yang sulit diprediksi, tapi kadang perjuangan berat macam ini bakal ngga kerasa pas udah sampai di lokasi tujuan, apalagi ke air terjun. pas kena airnya gitu, langsung berasa adem-adem sejuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga papa mas, ketupat lodehnya masih ada kok, monggo /siapin piring sama sudu wkwkw/

      Hahahaha akhirnya ada yang nyadar kalo di edit painting :(
      emang mas, soalnya kualitas fotonya tuh agak ga bagus. Nah daripada ga sharp deelel, mending saya begitukan.

      Asyik, tauaja. Tapi bener banget sih mas. Emang kudu begitu.
      Keluar rumah ya siap risiko berdebu dll.
      Tapi kan pulang-pulang bawa file foto banyak dan bahan blogging wkwkwkw.

      Delete
  10. Nggak bakal basi deh kalau ngobrolin soal piknik Ra.. Asik aja kali walaupun udah 2015 pun.
    Btw aku belum pernah kesini nih, yang udah kesini adek aku malah. Dia bilang capek dan karena doi emang g suka sesuatu kegiatan fisik (kayak jalan kaki), dia engap gitu, dan untung pulangnya dapet tumpangan gratis dari bapak-bapak ngarit XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkwkwkw yaudahlah, nanti aku ceritain pengalaman aku main ke Sulawesi waktu umur dua tahun gimana ya :'
      Pasti udah gak valid lagi wkwkkwkw.

      Naaah!!! Lah emang jalannya aja dua jam naik turun huwe T_T

      Tapi alhamdulillah aja sih, bakar kalori :)
      trus juga ga sayang kok, pemandangannya indaaah banget, mengagumkan! Kakak harus coba xD

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background

✿Zahrahstagram✿