Fruit Party di Chalung, Hatyai, Thailand

Wednesday, August 30, 2017


Jadi alasan sebenernya gue ngotot melakukan visa run hanya sehari tanpa nginap di Malaysia....adalah ini;



Jadi kak Waree tuh bilang, kalau hari Minggu ada rencana ke Chalung, ke tempat temannya waktu kuliah. Nah di sana kak Waree mau makan buah sepuasnya. Jelas gue sama Dinda ngileerrr banget lah. Gue udah bayangin sambil ngiler-ngiler. Secara gue suka banget buah. Apapun. Kecuali Mengkudu :(

Ini yang namanya kak Waree, semacam kakak yang take care kita berdua, budak-budak tengil, selama di Thailand :) (dari kanan; Dinda, kak Waree, gue)

Manggis Party in Chalung, Hatyai
Fotonya asli blur, lupa di fokusin wkwk.

Mungkin kalau di Indonesia, cewek-cewek naik motor ga pake helm dikata cabe-cabean. Kalau di sini mah sudah biasa gak pake helm. Satu sisi ngeri juga sih, tapi enaknya ga ribet cari pinjeman helm heheh. Kapan-kapan deh gue nulis mengenai hal-hal di Thailand yang berkesan karena berbeda dengan di Indonesia.

Oke, kali ini, di hari Minggu yang cerah, setelah malamnya nge gaje kayak anak itik ilang, paginya gue sudah duduk manis di Songthaew dari Hatyai menuju Chalung. Chalung adalah sebuah desa di kota Hatyai, jaraknya setengah jam dari pusat Hatyai dengan menggunakan Songtheaw dan bayar THB 20 (dengan syarat kamu bisa mengecoh sopirnya. Kalau ketahuan orang luar, dikasih mahal :(

Sampai di Chalung, kami harus menunggu teman kak Waree menjemput kami. Tak lama, jemputannya datang. Naik apa coba? Semacam mobil pikep, tapi lebih cakep.....mirip Range Rover.....tapi gak secakep itu. Nah loh, hahahaha.

Terus gue sama Dinda duduk di bak terbukanya gitu kan. Bayangin aja dua cewek hijaban lucu kayak kami (?) ketawa-ketawa geje selama menuju rumah teman kak Waree. Ini semacam recall masa kecil gue. Yaiyalah.......sekarang kan di Indonesia mana boleh naik mobil bak terbuka gitu? Di setiap mobil pasti ditulisin "Dilarang Mengangkut Orang" ya kan?

Sampai di tempat, kita langsung diajak menuju kebun buah milik teman kak Waree............

Manggis Party in Chalung, Hatyai

Di sana kami disambut dengan ramah oleh keluarga dari teman kak Waree. Kami dipersilahkan untuk minum, makan jajanan, dan.....metik sendiri buah manggis!

Gue teriak horeeeeeeeeeee. Ya kan kalau di Indonesia, manggis termasuk buah menengah ke atas harganya. Beda sama Pepaya, Jeruk, Pisang, atau Jambu. Pun, manggis adalah salah satu buah favorit gue. Oke, semua buah adalah favorit gue heheheheh. Langsung aja gue ambil galah dan memincingkan mata, membidik tepat sasaran, mana buah manggis yang sudah matang.

Kalau biasanya beli di pasar, gue tahunya warna kulit manggis itu ungu tua banget. Tapi kalau metik langsung dari pohonnya, biasanya warna merah marun cenderung ungu cerah gitu. Bagus banget warnanya!

Seperti yang tertulis di judul. Iya kami harus nge-buruh dulu.

Ya masa gue ambilin manggis nya gitu aja :) karena ada pesanan 2 kilo manggis, akhirnya sekalian deh gue keliling kebun yang luaaas untuk cari manggis matang. Ya namanya buruh gadungan, daripada masukin ke baskom, gue sama kak Waree nakal makanin manggisnya mulu huehue. Misal dapat 3 biji, 1 buat kak Waree, 1 buat gue, 1 masuk baskom. Kalau dalam 1 pohon cuma dapet satu, ya gue makan aja xD

One of the best day in my life lah........

Puas banget makanin manggis!

Manggis Party in Chalung, Hatyai

DURIAN!

Selain manggis, ada lagi Durian [Thureīyn], atau kalau gue denger, dalam bahasa Thailand bacanya tu'rien. Ini sih buah yang wajib banget dicobain kalau ke Thailand. Apalagi ada jenis Mon Thong yang paling sip lah. Mon Thong biasanya di jual di mall-mall gede, udah tinggal dagingnya yang harga per gramnya mahal. Tapi di sini, alhamdulillah......berkat nge buruh, gue bisa nikmatin buah yang katanya 'Raja Buah' ini.

Mantaplah si Mon Thong, yang dalam bahasa Thailand artinya 'bantal kuning'.

Gimana yah. ini adalah salah satu nikmat Allah kepada alam........kadang gue masih heran, kenapa--sepanjang gue lihat video di youtube--, orang luar gak suka durian. Yang rasanya ga enak lah, baunya kayak kaos kaki busuk, dan lain-lain. Gue sebagai penikmat durian merasa tersinggung T_T 

Manggis Party in Chalung, Hatyai
Kuncup calon buah.

Satu lagi yang bikin gue terpukau.

Selain manggis, durian, kelapa, ada juga jambu (sayangnya kak Waree metik yang belum matang......jadinya ya rasa getah wkwkwk), dan salak (snake fruit) yang ditanam dan berkembang subur di kebun ini. Surga banget lah. Buah enak-enak apa aja ada.

SALAK

Di kebun ini, setiap kuncup yang telah dipertemukan antara benang sari dan putik, akan diberi nama bulan pembuahan. Hal ini agar dapat diketahui secara tepat kapan buah Salak siap untuk dipanen.

Salak Thailand dan salak Indonesia pada umumnya berbeda. Kalau di Indonesia, salak cenderung berbentuk bulat dengan daging berwarna putih. Bila dimakan, antara buah dan daging mudah untuk dipisahkan, dagingnya pun cenderung crispy manis dan sedikit asam.

Bagaimana dengan salak Thailand? Bentuknya cenderung oval pipih, kemudian dagingnya sulit dipisahkan dengan bijinya. Selain itu warna dagingnya berwarna oranye dengan rasa dominan asam. Gue suka sih rasa asam, tapi yang ini ga seberapa like muehehe. Tapi ini wajib sih kalau ke Thailand, rasakan sendiri asam segarnya si salak oranye.

Manggis Party in Chalung, Hatyai

Sore hari, setelah nge-buruh, ngabisin manggis, durian, dan salak, kami bersih diri untuk makan siang. Asyiiiikk!! Secara umum, masakan Thailand ngga beda-beda amat sama Indonesia. Ya secara kan masih sesama Asia Tenggara. Rasanya pun familiar di lidah gue. Setelah perut full, kami tidur siang. Sorenya, balik ke Hatyai menggunakan Songtheaw, dan bayar THB 20 lagi.

Manggis Party in Chalung, Hatyai

You Might Also Like

6 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Tep kasian wajah temanmu yang ngeblur itu hahahahha
    Banyak tempat yang bisa dibuat metik buah dan makan bareng hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa, kita berdua nge blur.
      Posenya harus diselamatkan emang hahaha xD

      Tinggal duduk sama nunggu durian jatuh di sini mah xD

      Delete
  2. Nikmat mana yang kau dustakan???
    Manggis dan durian, dua buah favoritkuuuuuuu!!!!!!!!!!
    ARRGGGHHH!! Beruntung banget sih Ra, bisa makan sepuasnya gitu, metik sendiri lagi. Aku udah lama banget nggak makan durian karena di daerahku lagi nggak musim. Y__Y
    Kumerindukan durian dan manggis, mak beliin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. GAK ADAAA.
      Makanya tuh aku gak nginep di Malaysia abis visa run kak :'

      AAAAKUUUUUUUUUUUUU JUGAAAAAAAAAAAAA YA ALLAAH T_T
      Awalnya kan malu2 gitu yaaaaa. Tapi akhirnya, yawdah lah yaaaa gasak aja semuanya xDD mwahahahahhahaah.

      Puas beneran, aku dah ga perlu kulit manggis :'
      Duriannya mon thong :33 awaaaw.
      Sinih main ke Chalung :3

      Delete
  3. Uuuuuhhh iri banget Zahra... jadi kangen thailand kalau liat manggis dan durian kayak gtu... ditunggu cerita tentang Thailand nya yang (emang) beda ama Indo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, masih dalam draft otak nih kak :)

      Kakak pasti juga nyobain duriannya kan? Bener2 super emang ^^

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background