Cara Paketan Internet dan Isi Pulsa di Thailand yang Murah, Mudah, dan Praktis

Tuesday, September 26, 2017

cara paketan isi pulsa di thailand

Koneksi Internet

Sengaja ditulis dengan huruf tebal dan warna merah.

Halo kawan semuanya. Nowadays, the most important things for people are full-charged smart phone and internet connection. Yay or nay? Mau bayar apapun bisa, mau menikmati berbagai jenis hiburan bisa, mau hilang dari peradaban dan bikin me time, bisa. Cukup pakai headset (tanpa musik, sosoan aja). Kalau dulu bawa novel, majalah, atau komik, sekarang itu semua tersedia secara dalam sebuah benda segenggaman tangan. Wattpad, Webtoon, Joox bisa diunduh secara gratis di playstore. 

Ke sekolah, kantor, bahkan beli tahu tek di depan gapura gang saja harus bawa hape. Alasannya, "sapa tau ada yang hubungin, kalau penting gimana?". Apalagi jalan-jalan-------maksud gue, seperti ketika gue PKL ke luar negeri. Jelas hape adalah barang yang ke-penting-annya sejajar dengan paspor, tidak boleh dilupakan, apalagi hilang. Tidak habis kata membahas pentingnya benda kecil multifungsi satu ini.

Baca ini juga geh, PKL di Thailand, Keberangkatan

Tapi si hape juga tidak akan berguna kalau tidak ada koneksi internet betul tidak?

SMS sudah tidak jaman. Aplikasi SMS hanya untuk pemberitahuan pulsa dari operator.

Jadi ketika kemarin gue dan teman-teman PKL ke Thailand, salah satu hal yang paling sering dibicarakan adalah paket internet. Teman gue yang asli Thailand berkata dia pakai paket internet  dari DTAC dengan biaya THB 100 untuk sebulan tanpa batas kuota. Tapi penyedia layanan yang dia pakai susah sekali dicari di daerah kami. Alhasil selama seminggu, gue dan Dinda hanya bisa mengharap kekuatan jaringan wi-fi sekolah. Yang mana, demi jaringan internet, gue harus nempel (literally nempelin badan) di dekat dinding bilik kamar mandi sepanjang waktu. Geser se meter aja, wasalam.

Oke, akan gue jelasin. Di Thailand ada 3 provider (penyedia jasa layanan pulsa dan internet) besar, yaitu AIS, True Move, dan DTAC. Kalau di Indonesia seperti Telkomsel dan XL Axiata. 

Sebenarnya, tidak sulit mencari paket internet di Thailand. Seperti True Move, provider ini menyediakan banyak sekali variasi paket internet mulai dari sosial media, youtube, paket kuota, paket waktu, dan lain-lain. Kamu bisa pergi ke convenient store 7-11 yang banyak tersebar di penjuru Thailand, lalu kemudian meminta tolong kepada pramuniaga untuk mengaktifkan paket internet.

Tapi setelah gue lihat-lihat dan melakukan perbandingan harga cukup lama bersama Dinda, kami merasa paket internet True Move mahal dan tidak efisien. Apalagi kami berada di Thailand selama sebulan lebih.

Akhirnya setelah bertanya kesana kemari, akhirnya gue mendapat saran untuk menggunakan provider AIS.

cara paketan isi pulsa di thailand

Ohya, sebelumnya pastikan dulu hape kamu bisa dipaketkan internet dengan kartu apapun. Pengalaman, gue pakai hape smartfren, yang mana hanya bisa menggunakan paket internet smartfren sendiri. Dan yeu, biaya roaming nya mahal. Btw lagi, untuk menghemat pengeluaran, gue dan Dinda berbagi hotspot. Biaya membeli kartu dan paket internet kami bagi dua, kemudian hotspot. Ya selain karena gue sama Dinda kemana-mana bareng terus.

Daripada pusing cari toko pulsa di pinggir jalan, lebih mudah bila kalian ke mall Lotus Tasco yang juga bayak tersebar di Thailand, kemudian cari gerai Telewiz.

Cara Paketan Internet di Thailand

Beli SIM Card seperti ini, harganya THB 50. Biasanya sekalian ditawari pulsa sekian baht agar bisa mengaktifkan paket internet.

Dikarenakan akhir-akhir ini muncul banyak ancaman keamanan di Thailand, maka regulasi untuk pembelian SIM Card diperketat. Tidak bisa sembarangan beli, kamu harus mengisi formulir identitas. Pakai paspor bisa kok, cuma waktu itu kami dibantu oleh kunkruu (guru) Hatyaiwittayakarn School dengan menggunakan identitas beliau, heheh.

Nanti kamu akan dapat kartu kecil (yang ada tulisan 'VIP CARD') yang bertuliskan kode unik/ASC CODE untuk nomer hapemu setelah diaktifkan. Disitu tercantum pilihan paket internet:
  1. THB 99 untuk 7 hari, kecepatan 1Mbps (cara mengaktifkan dengan panggilan menggunakan kode [ *777*7098*_ _ _ _ _ _ (masukkan ASC CODE)# ])
  2. THB 89 untuk 7 hari, kecepatan 512Kbps (cara mengaktifkan dengan panggilan menggunakan kode [ *777*7009*_ _ _ _ _ _ (masukkan ASC CODE)# ])
  3. THB 168 untuk 15 hari, kecepatan 512Kbps (cara mengaktifkan dengan panggilan menggunakan kode [ *777*7099*_ _ _ _ _ _ (masukkan ASC CODE)# ])
IT'S UNLIMITED!

nb. kartu ASC Code nya jangan sampai hilang ya.

Gue rasa paket internet yang disediakan AIS cukup murah dibanding dengan True Move, yang mana paket seminggu unlimited THB 299. Mengenai kecepatan, standar sih menurut gue untuk digunakan sehari-hari seperti buka media sosial, youtube, dan (bagi gue ini yang paling penting) google maps. Kata kunkruu, jaringan AIS bisa dibilang yang paling baik. Kalau di Indonesia seperti Telkomsel. Bahkan ketika gue bawa ke Padangbesar untuk visa run, jaringan internet nya masih lancar jaya.

Jangan lewatin yang ini, Pengalaman Visa Run Thailand - Malaysia Via Padangbesar

So, gue saranin sih AIS.

Cara Paketan Internet di Thailand

Terus gimana kalau sudah lewat seminggu? Otomatis layanan internet berhenti lah. Tapi jangan khawatir, di sini sekalian gue jelasin cara isi ulang pulsa di Thailand.

Ah! Ada banyak hal yang bikin gue suka sama negara ini. Salah satunya yaitu sistem pembelian pulsa yang sistematis, praktis, mudah, dan adil. Kenapa? Karena mereka punya satu sistem bersama dalam jaringan untuk mengatasi berbagai macam jenis pembayaran dalam satu mesin. Yup! Seperti gambar di atas. Mesin pembayaran itu ada di mana-mana, di setiap sudut. Mulai dari 7-11, sampai ruko-ruko atau rumah-rumah di pinggir jalan. Literally you can find it everywhere.

Jadi tidak ada lagi yang namanya hutang pulsa sana sini, WA ke semua kontak untuk nyari siapa yang jualan pulsa atau member paytren. And it's available 24 hours!

Seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini, ada berbagai jenis layanan pembayaran yang bisa kamu lakukan dengan si mesin oranye. Online game, mobile top-up (isi pulsa), transfer uang, bayar internet/wifi, horoskop (ini kaya apa gue penasaran tapi ga ngerti xD), kartu tunai, dan pembayaran tagihan.

Cara Paketan Internet di Thailand

Waktu itu, suatu saat, gue dan Dinda pergi ke 7-11 berdua (jarak sekitar 10 menit naik motor) untuk beli pulsa. Dengan sombongnya kami menolak bantuan dari kak Fateen (mahasiswi Thailand yang juga sedang magang di sekolah kami). Sampai di depan mesin oranye, gue dan Dinda cuma bisa bengong 5 menit..............trus ngakak sampe perut sakit. Kita benar-benar nggak punya ide harus ngapain demi melihat tulisan Thailand yang kayak ulat bulu (kata umik).

Cara Paketan Internet di Thailand

Tapi habis itu kami sadar ada banyak pilihan bahasa. Ada bahasa Inggris, Thailand, Myanmar, dan Kamboja. Gue sih pilih Tagalog...............................hahahaha. Ya gak lah -_-

Cara Paketan Internet di Thailand
Add caption


Pertama, pilih 'Mobile Topup'
Kedua, masukkan nomer
Ketiga, pilih banyaknya pulsa yang kamu mau. Ada pilihan pulsa sebanyak THB 10-100.

Cara Paketan Internet di Thailand

Keempat, masukkan uang ke dalam lubang-lubang yang tersedia sesuai dengan nominal yang tertera di layar.

Btw, tetap ada tambahan biaya ya gaes, tapi gak banyak kok. Sama kayak di Indonesia, beli pulsa 10K bayar 11K. Kemudian, misal kamu ingin paketan yang THB 168; pertama pilih pulsa 100, kemudian ulangi prosedur dan pilih 50, terakhir 20. Total THB 170. Sisa THB 2 kemana? Sisanya masuk ke deposit akun mu. Jadi lain kali lagi beli pulsa, nominal pembayaran otomatis dikurangi oleh deposit.

Btw lagi, kalau mau paketan internet, di hape harus tetap ada pulsa reguler sekitar THB 20. Jadi kalau mau paketan yang 15 hari THB 168, sekalian beli THB 180 atau THB 200. Mudeng gak? Mwehehehe.

OKEEE. Jadi begitulah tips dan trik dari gue mengenai cara paketan internet dan isi pulsa di Thailand yang murah, mudah, dan praktis. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan jangan lupa nyobain krabu seafood di ASEAN Plaza, juara banget ya Allah T_T ane belum pernah ngobrolin tentang kuliner Thailand yah xD kapan-kapan gue review deh.

You Might Also Like

22 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Nah, kayak gitu sistemnya enak yah. Tapi sekarang sebenernya mau isi pulsa pake apa aja gampang kok. Aku pernah nyobain beli di traveloka, murah beneran lho. 25ribu cuma kena cas 22 berapa gitu bersihnya. Apalagi kalo pake mobile banking nggak perlu lewat2 ATM.
    Udah ga jaman deh nanya di grup "ada yang jual pulsa?" haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkw aku belum pernah nih nyobain beli pulsa di traveloka, abi bandar pulsa sih xD
      Tapi boleh deh kapan2 nyobain dan buktiin sendiri hematnya xD

      Apalagi kalo ga ada yang nanggepin, kan kesian :(

      Delete
  2. Kalo gak salah dulu di indonesia juga sempet gencar kan ya, tiap beli sim card harus pake identitas KTP. Katanya buat meminimalisir entah apa itu. Sekarang udah enggak lagi deh kayaknya.

    Btw itu serius pkl di thailand? Seru banget kayaknya ya, Zahrah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kapan tuh bang?
      Kok ane kayanya ga pernah merasakan masa itu ya ._.
      atau waktu itu belum punya hape xD

      Indonesia mah bebas..........tapi khawatir kalo jadi bablas.

      Iya bang, heheh. Kalo berminat bisa scroll scroll, ada beberapa bagian yang udah diceritain di blog heheh.

      Delete
  3. Pingin deh jalan-jalan ke Thailand, tapi entah kapan bisanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhir tahun atau awal tahun 2018 deh oom heheheh.
      Ke Thailand terjangkau sih, ga beda jauh sama Indonesia daya belinya ^^

      Delete
  4. cabe keriting hurufnya
    eh kayak di mart2 mesinnya
    cuma itu kok ada horoskopnya juga ih
    serru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ulat bulu pak kalo kata umik saya xD
      mart mana ._. kok saya gak pernah lihat malah di Indonesia xD
      atau krn bukan mall ya tempat main saya, jadi gaatu begituan xD

      Lebih akurat horoskop atau yang punya Jawa asli tuh (apa namanyaaa aduh lupa >.<)

      Delete
  5. Weleh-weleh, masih jaman ya main horoscope-horoscope'an di Thailand?

    Sebegitu ketatnya kah aturan buat beli perdana di sana? Harus ngisi identitas segala?
    Nanti kalau kita yang gantian di teror sama pihak operatornya gimana coba? Tau-tau ada sms masuk "operator minta pulsa"
    Bisa-bisa lebih heboh dari "mama minta pulsa"nya Indonesia XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkwkwkwk iya tuh mas. Ya gatau sih, kan banyak orang Budha nya....ya mungkin horoskop ala orang Budha xD

      Eh tapi ga seketat atau senyeremin itu kok. Identitas diri cuma syarat aja. Inimah masih mending, masih bisa ganti2 nomer.
      Wah pertanyaan menarik tuh xD nanti gue tanyain ke temen Thailand, ada fenomena 'mama minta pulsa ga ya di sana' xD

      Delete
  6. lumayan keren juga sistemnya, tp ada yg lebih praktis misal lewat marketplace online kyak bukalapak / tokopedia gt gak di tailand kan enak beli pulsanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmmmmm kalo itu saya belum pernah tau heheh.
      Tapi kan kalo kaya marketplace online gitu tetep kudu punya paketan kan, ribet juga kalo bener2 abis.
      Kalo gini, self-service anywhere. Meski pulsa bener2 habis ya masih bisa xD

      Delete
  7. Waah ketat ya sistemnya, kusuka :D
    Tapi aku penganut ganti-ganti kartu paket internet nih, bisa-bisa hafal yaa yg jual kartu kalau tiap 2 minggu kusodorin fotocopy KTP. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kenapa suka xD
      kebanyakan ga suka, ribet ._. meski prosesnya gampang banget dan cepet sih.
      Gapap, sekalian kenalan, memperluas koneksi xD

      Delete
  8. Sering banget denger AIS
    Secara beberapa kali nonton drama thai hahaha

    Keren ya
    tapi agak ribet sih menurutku. sukanya online system hihihi

    Useful article! Ya kali deh tutorialnya bisa aku terapkan
    Semoga suatu hari bisa ke thailand juga wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau gak bang, mereka bacanya ei ai es.
      Kagok beberapa kali gara2 ngucapin 'ais' wkwkwk mereka ga ngerti xD

      Yaaaaaaaaaaa kalo lagi bener2 kehabisan pulsa reguler sama paket data gimana hayo?
      Ke grup kelas, 'da yg jual pulsa ga?' wkwkwkwk.

      Kayanya abang bakal ke Thailand tahun depan deh.............
      amin hahahahaha xD
      Makasih!

      Delete
    2. Amiiiiinnnn

      Iya sih ada rencana mau S3.
      Tapi ada rencana mau merit dulu juga
      Tapi calonnya belum ada
      Ah bingung deh wkwk

      Sawadee khap, Nong
      Khop hun khaaap


      Paw paw paw
      Loleenn

      Delete
    3. Wedeww, masyaAllah nih bang Aul, semangat menimba ilmunya dalam mode pasang terus, ga pernah surut wkwkwk.

      Ini yang masih S1 aja kadang suka wobble wobble xD

      Calonnya nyari di google.....................siapa tau ketemu..............

      Lah ntar kayak plankton -- istrinya komputer wkwkw

      Ngga lah bang, may Allah give you the best deh wkwkw

      Delete
  9. Sungguh sangat berfaedah Ra.. Ini salah satu hal penting yg harus dipegang kalau travelling, pulsa dan internet.

    Mau cerita dikit nih, pas ke SG, aku kemakan omongan temen. "G usah beli paketan internet di SG, wifinya dimana2." Preeet..!!! Emang wifi dimana2, tapi kadang g bisa nyambung, nyambung pun rebutan orang banyak. Bukan apa-apa, pas mau menghubungi orang rumah, kasih kabar keadaan kita kan susah. Alhasil jadilah fakir wifi selama 3 hari di SG. Sejak saat itu aku memutuskan, g akan lagi jafi fakir wifi. BIG NO!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mwehehehehe. Bener banget.
      Sebagai blogger, harus up to date kan ya. Harus unggah story ke IG, WA, FB.
      Kalo bisa malah nge live xDDD
      Blogger jaman now wkwkw.

      Gimana rasanya fakir wifi3 hari tuh?? Hahahaha xD
      Tapi gapapa kak, jadi punya kepekaan hati lebih dalam karena ga konsen ke gawai :P
      Aku fakir wifi, chat WA langsung numpuk 4k ._.

      Delete
  10. Praktis apaan harus mencet mencet gitu di mesin oren.
    aku disini kalo mau isi pulsa tinggal bilang ke temen yang jualan pulsa langsung dikirimin saat itu juga. bayarnya nanti kalo inget haha.

    Sebetulnya mudah atau susahnya beli pulsa di Thailand relative si,
    kalo udah terbiasa mah yang bakal mudah.
    kalo masih o'on kayak aku lah pasti kesulitan setengah mati.

    nanti kalo aku ke Thailand tolong ajariku cara isi pulsa secara Live yaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis baang.
      Ya tergantung pribadi sih. Soalnya kalo ke temen tuh musti nunggu kan.
      Ga suka nunggu aku tuh wkwkwkwkw.
      Trus temennya juga ga aon, ga selalu bersama kita, sedih :(

      Iya sih, nah ini bergantung sama kelancaran komunikasi kita juga, hmz.
      Kalo ane mungkin udah mudah /?

      Bukan oon bang, belum tau aja, ehe.

      Nanti chat lewat Yahoo Messenger aja wkwkwkw

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background

✿Zahrahstagram✿