Ilmu Penting Bagi Setiap Perempuan: Menyusui

Sunday, November 26, 2017

ASI BOOSTER TEA BEST BUNDA

Alhamdulillahi rabbil 'alamin. Gue merasa Oktober-November adalah bulan yang penuh dengan berkah dan mentally-personally membuat gue nyengir tabah. Pertama, gue dapat kerjaan menulis tentang honeymoon impian, kedua tema Enchanting Ladies tentang mahar, dan yang terakhir adalah kesempatan mengikuti sebuah seminar interaktif sederhana namun hangat dan bermanfaat dari komunitas pendukung ASI Best Bunda.

Awalnya gue iseng aja. Pingin gitu ketemu bloggers lain, apalagi diselenggarakan di Surabaya yang gak jauh dari rumah. Setelah ada konfirmasi masuk ke email, gue tertegun begitu mengetahui konsep acaranya adalah: edukasi dan sharing menyusui. Mati gue......

Gue cerita ke umik, dan beliau berkata, 'ya gak papa lah, niatin cari ilmu....lagian insyaAllah bakal berguna untuk kamu, itukan masalah womanhood'. Gue masih 20 tahun coy, belum ada keinginan nikah, tapi datangnya ke acara meetup bunda-bunda menyusui. Gue merasa keren. Gue merasa selangkah lebih maju, meniatkan untuk menimba ilmu.

Akhirnya, oke, gue berangkat. Bismillah. Siang hari hujan deras mengguyur Sidoarjo-Surabaya. Mau gak mau, dengan jas hujan wortel gue menerjang macet dan becek. Selip kanan kiri, balapan sama motor gede dan bapak-bapak/mas-mas yang juga keburu. 

Tebak apa? Sampai di Surabaya gue nyasar, putar balik, masuk-masuk ke perumahan, gak karu-karuan. Padahal waktu SMP-SMA mainnya ya ke Surabaya. Kayaknya gue harus ganti identitas. Bukan Bunga Lompat, tapi Bunga Nyasar atau Bunga Tak Tahu Arah. Parah. Padahal gue juga buka google maps dan mempelajari rute waktu di rumah.

Tapi alhamdulillah gue sampai di tempat tepat waktu dengan selamat. Setelah shalat ashar, gue segera bergabung dan berkenalan dengan beberapa blogger yang sudah datang duluan. Ada mbak Flo, mbak Inge, mbak Tatik, dan mbak Tata. Gue merasa kicep karena cuma gue yang belum menikah dan punya anak. Tapi semua mbak-mbak bloggers bersikap baik banget sehingga gue sedikit luntur canggungnya.


ASI BOOSTER TEA BEST BUNDA

Beberapa saat kemudian, acara Meet Up Best Bunda Oxytocin Journey yang disponsori oleh ASI Booster Tea dimulai dipandu oleh bu Li Partic. Beliau menjelaskan kiat sukses menyusui dan anjuran menyusui selama 2 tahun oleh WHO. Namun jauh sebelum itu, Islam sudah menyantumkannya dalam Al-Qur'an.

ASI BOOSTER TEA BEST BUNDA

KIAT SUKES MENYUSUI

1. NIAT YANG KUAT

Di dunia ini, ada dua makhluk Allah yang memiliki otak, yaitu manusia dan binatang. Otak reptil dan mamalia berfungsi pada insting, dominasi, pertahanan hidup, perasaan, dan emosi biologis. Sedangkan manusia yang dilengkapi dengan akal, bahasa, ide, konsep, dan visi-misi hidup. Inilah yang membedakan kita dengan binatang, meski sama-sama memiliki anak dan menyusui (mamalia).

Otak manusia dibekali akal, kemampuan untuk berpikir logis untuk menganalisis. Bila dikaitkan dengan niat, maka menyusui bukan hanya tentang memberi anak bayi makan supaya kenyang. Lebih dari itu, coba renungkan, 'anda menyusui karena apa?'.

Sahabat Rasulullah, Amr bin Abdullah pernah berkata:

"Jangan engkau menyusui anakmu seperti hewan yang menyusui anaknya karena didorong kasih sayangnya kepada anak. Akan tetapi, susuilah dengan niat mengharap pahala dari Allah, agar dia hidup melalui susanmu itu. Mudah-mudahan dia kelak akan bertauhid kepada Allah."

Jadi menyusui bukan sekedar kewajiban sebagai ibu kepada anak, namun diniatkan untuk ibadah. Selain akan terjalin hubungan yang erat antara ibu-anak, afeksi-afeksi yang timbul selama menyusui juga akan merangsang bayi merasakan lingkungan yang aman dan penuh kasih sayang.


ASI BOOSTER TEA BEST BUNDA

2. MENGETAHUI ILMU TENTANG MENYUSUI

Penting dan wajib bagi ibu, calon ibu, atau siapapun wanita memahami bagaimana ASI diproduksi. Agar mengetahui penyebab seandainya ada kendala dalam menyusui, dan solusi tepat menanganinya.

Produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Prolaktin befungsi memproduksi ASI, sedangkan oksitosin untuk mengeluarkan ASI dari payudara yang diproduksi ketika ibu rileks dan bahagia. Dua hormon itu saling berkolaborasi dalam menyukseskan kegiatan menyusui. Percuma bila ASI diproduksi banyak namun si ibu berada dalam kondisi tidak nyaman dan stres, ASI akan susah keluar.

Untuk mengatasi hormon oksitosin, diperlukan juga dukungan eksternal seperti Ayah ASI atau Nenek ASI sebagai indikator pembentuk lingkungan yang positif dan nyaman. Sementara itu produksi hormon prolaktin dapat dipercepat atau dipancing dengan galactagogue, substansi yang dapat meningkatkan suplai ASI. 

Nah ASI Booster Tea merupakan produk minuman pengganti teh spesial untuk ibu menyusui. Dengan formulasi rempah-rempah khusus, dapat meningkatkan produksi ASI hingga 900%. Tersedia dalam bentuk biji-bijian (ASI Booster Tea) dan minuman serbuk praktis (ABT Superdrink).


ASI BOOSTER TEA BEST BUNDA

Selain masalah hormon di atas, ada pula suatu protein yang dapat menghambat kegiatan menyusui, yakni FIL (Feeback Inhibitor of Lactation). FIL akan aktif bila ibu lama tidak menyusui. Normalnya dalam sehari ibu harus menyusui atau mengeluarkan ASI 8-12 kali sehari. Meski bila awalnya ASI yang keluar hanya sedikit, ibu dianjurkan tetap menyusukannya pada anak sebagai rangsangan memperlancar ASI dan mencegah protein FIL aktif.

3. SURVEI PENYEDIA LAYANAN BERSALIN

Tentunya kita tidak ingin pada saat bersalin, sudah di ujung tanduk, belum tahu harus kemana. Selain masalah profesionalitas bidan, fasilitas, jarak, dan harga, ada hal lain yang harus diperhatikan. Apakah Pro IMD dan Pro ASI?

Ciri-ciri tempat bersalin yang Pro IMD dan Pro ASI adalah; bayi dirawat dalam kamar yang sama dengan ibu, IMD dialkukan sampai bayi menemukan sendiri puting ibu (biasanya 1 jam), bayi tidak dimandikan dulu, karena aroma air ketuban mirip ASI sehingga mempermudah bayi menemukan puting ibu.

Pada 72 jam pertama, bayi baru lahir belum membutuhkan asupan apapun selain ASI. Wjaar bila bayi sering menangis, itu karena kondisi dunia luar tidak sehangat dalam rahim dan masih butuh menyesuaikan dirinya. 

Selain itu, kenali tanda cukupnya ASI dari ekskresi si bayi. Bayi umur 1 hari BAK minimal 1x, umur 2 hari minimal 2x, umur 3 hari minimal 3x, dan seterusnya. Hingga di atas umur 6 hari sampai 6 bulan minimal 6x sehari. Pertambahan minimal 500 gram per bulan juga menunjukkan cukupnya ASI. Bila tanda-tanda ini dikenali, ibu bisa lebih bijak untuk menentukan penggunaan tambahan nutrisi bayi yang lain.

Okay, that's it! Jadi untuk ibu atau calon ibu (beserta orang-orang di sekelilingnya), menyusui bukan sekedar melunasi kewajiban dengan mengenyangkan si bayi, ada banyak sekali hikmah dibaliknya. Termasuk mengapa harus 2 tahun dan bagaimana cara menyukseskannya.

Ilmu ini memang belum berguna dengan keadaan gue sekarang, namun gue merasa senang dan berterimakasih banyak kepada pihak komunitas Best Bunda yang memberi gue kesempatan mendapat banyak banget ilmu yang bermanfaat, nanti, kalau sudah waktunya. Heheh.


ASI BOOSTER TEA BEST BUNDA

You Might Also Like

18 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Assalamualaikum,

    Salam buat Ibunda yah .. betul banget
    kelak masalah beginian dik Zhara pasti ngalamin ..insyaallah.

    susuuuuu oh nikmat bingit nih diminum hangat saat ini di Saudi Arabia masuk winter
    dingiiiinnn alhamdulillah.

    ana tertarik dengan pic yang tengah, keranjang beserta isinya.
    Komposisi nya cakep, background mendukung ...

    mantaabz jepretannyah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam kakak :)
      Waaah oke2, insyaAllah ntar kalau pulang ke rumah aku sampaikan ^_^
      Iya insyaAllah hehehe. Makanya karena belum ngalamin jadi kagok ^^"

      Asalkan bukan susu ASI hueehehe.

      Saya malah belum suka susu kecuali yang sudah berubah bentuk jadi keju, yoghurt, atau permen xD

      Terimakasih banyak atas compliment nya kakak ^_^

      Delete
  2. Beruntungnya bisa ikut acara keren itu, dapat ilmu ttg ASI sejak sekarang biar nanti gak bingung lg soal ASI, bisa mengASI dgn baik. Jd pengen juga ih ikutan acara gitu.

    Anyway, ketemu Mbak Inge ya? Wah udh lumayan lama jg saling BW, tp blm pernah ketemu.. Gak begitu dekat amat sih, makanya waktu ke Surabaya 2013 lalu gak ngeh ada Mbak Inge disana, padahal kan bs sekalian kopdar jg, tp Mbak Inge klo gak salah sempat vakum ngeblog sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, pokoknya diniatin cari ilmu lah. Lagian ini masuk applied skill, jadi buat panduan nanti kedepannya huehehe /gegulingan/

      Ayooo kak, ada tuh di Jogja juga :)

      Aku baru pertama kali ketemu, dnn belum BW sama sekali malah >_< geh main ke Surabaya lagi kak, sapa tau malah kita bisa ketemu juga kak ^_^

      Delete
  3. Bunga lompat atau bunga tak tahu arah, ngakak HAHAHAHAHHAHAH xD

    asik ya, saya sempat ada undangan begini dulu tapi nggak berangkat karena merasa belum pantas hehe. padahal namanya ilmu kan bukan pantas nggak pantas ya. lebih ke pengetahuan dan persiapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bukan 'Bunga Gak Sengaja Keinjek Ban Sepeda' ㄱ.ㄱ

      NAH ITU. Wah kalo kakak ikut ntar aku ketawain juga xDD /gegulingan/

      Yaudah sini aku training kakak personally ㅎ.ㅎ

      Delete
  4. kunjungan perdana di sini mbak, tapi alhamdulillah bisa jadi pegangan saya buat istri nanti, biar tau juga, karna setahu saya yg menjadi asupan makan bayi sangat menentukan sikap, tingkah, pola pikir dan lainnya, jadi harus ASI yang menjadi asupan sang bayi,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terimakasih sudah berkunjung. Semoga nyasar kesini jadi berfaidah huehhehe ^^"

      Nah iya, kan salah satu faktor kesuksesan tuh Ayah ASI sebagai pendukung xD

      Delete
  5. Oh masih 20 tahun :3
    Ya gpp kelak juga berguna mbak :D

    ReplyDelete
  6. niatnya mau kumpul'' sma temen'' blogger, dan terealisasi. bedanya ya karena kebanyakan yg hadir udah pada nikah gitu kan ya. hahaha

    tapi gue baru tau sih, kalau yang bayi satu hari BAK 1x dan seterusnya seperti itu. BAK itu buang air kecil kan?
    ayah asi itu maksudnya suaminya si pemberi asi gitu atau gmna? engga paham uy. heuheuheu
    dengan ikutan acara kayak gini, senggaknya nanti udah tau teorinya lah ya. apalagi jdi tau kalau ada teh yang berkhasiat utk meningkatkan produk asi sampai 900% gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama strangers sih sebenarnya, gak kenal sama sekali soalnya huahaha. Alhamdulillah ibu2nya baik, gue ga didiskriminasi :')

      Iya bang, yang dijelasin begitu wkwk, BAK.

      Astaghfirullahal'adziim /gegulingan LOL/ ya gak lah bang. Maksudnya Ayah ASI tuh sebagai faktor pendukung moril gitu, sebagai penyemangat ('.')7

      That's right. Jadi ntar prakteknya bil 'ilmi #tsahh

      Delete
  7. Sepertinya kamu memang sudah siap untuk melangkah ke jenjang berikutnya, Zah. Curiga abis ini bakal ada artikel tentang menemukan pasangan hidup dan tips berumah tangga deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahuakbar wa lillahil hamd :) terimakasih teh udah husnudzon /gegulingan/

      Kalo beneran ntar insyaAllah deh ditulis deh *apaansik apaansik apaansikkk* xDD

      Delete
  8. Untung bunganya nyasar masuk keluar perumahan. kalo nyasarnya diem aja, bisa jadi bunga di tepi jalan, betapa indahnya~ oh kasian oh kasian~ kan kuuuuuuu peeeeeeeetik~

    Eh iya, mengenai susu untuk ibu hamil, itu pengaruhnya kek mana sih. kalo dari pengamatan saya yg tinggal di kampung, yg ibu2nya gak minum susu saat hamil, itu anaknya lahir normal2 aja. sehat2 aja. di tipi, malah seolah wajib, kalo nggak anaknya bisa mengalami kemunduran mental dan kecerdasan. hmmmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagu apa itu bang? Jaman kapan? Ga pernah denger xD

      Gapapa deh, jadi Bunga Shiratal Mustaqim huehehehehe XD

      Sebenarnya kalau si ibu sudah cukup nutrisi gak apa2. Susu kan asupan praktis gitu bang. Contohnya wanita karir yg ga sempat memperhatikan protein, zat besi, dll. Si susu ibu ada.

      Masalah ibu2 di kampung, yah seperti yg kita tahulah, beda gaya hidup dg yg di kota. Ibu di kampung meski sederhana bisa jadi hidupnya lebih bahagia, beda di kota, banyak polusi xD

      Delete
  9. Hai Zahra atau nama penanya Bunga lompat opening tulisannya lawak beut ya. Iya Zahra yang penting niatin dulu untuk cari ilmu. BTW tulisannya bermanfaat banget buat seumuran aku 23 tahun coy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw halo kak Rahma :) salam kenal ya muehehe.

      Biar ga terlalu tegang sebelum menuju ke bagian sharing ilmu yang lumayan beratttt wkwkwkw. Semoga membantu meski gak secara fisik, tapi mentally huehehehe xD semangat!!

      Delete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background