Things Done On My Body

Thursday, November 30, 2017

DSC_0479 (1)

Setelah tiga artikel sebelumnya mengenai honeymoon, mahar, dan menyusui gue tulis dengan perasaan campur aduk, pun dengan tulisan ini. Awalnya grup The Enchanting Ladies megusulkan untuk membahas traveling make-up. Tapi karena gue sudah pernah membahasnya di sini, maka tema meluas menjadi skin care.

Oke, plis let me do curhat xob.

Gue gak tau harus menulis apa karena memang nggak memakai make-up ataupun skin care apapun. Atau gue bahas aja sebaik-baik make-up bagi muslimah itu air wudhu? Hehe, gue rasa insyaAllah semuanya udah tahu lah ya, keutamaan menjaga dan selalu memperbarui wudhu. Semoga kita bisa mengaplikasikan dan istiqamah, amin.

Gue mau cerita/berbagi soal DAILY TREATMENT diri ala gue aja ya.

rither-font
Sebelum subuh gue mandi meski harus dimulai dengan meng-kame-kameha rasa malas, berjuang melawan air Malang yang dinginnya MasyaAllah la haula wa la quwwata illa billah. Apalagi sekarang lagi musim hujan. Alasan gue mandi sebelum subuh itu karena entah kenapa kalau nggak begitu sepanjang hari mood gue bisa jelek wkwkwk.

Selain itu, dulu waktu mengikuti pondok Ramadhan (yang diselenggarakan di kota Batu, which is cooler than Malang), seorang bapak tua bijaksana berkata dulu beliau memiliki penyakit batu ginjal. Salah satu pengobatan alaminya dengan mandi jam 3 subuh dan minum air yang banyak. Alhamdulillah perlahan badannya kembali segar, tidak memiliki masalah tulang, dan batu ginjalnya luruh. Wallahua'lam bisshawab.

Dan nanti, sebelum kuliah gue bakal mandi lagi. Ya, hobi gue mandi. Sebenarnya ini gak baik sih, karena membuat kulit kering. Bahkan waktu tahun pertama kuliah di asrama, gue sering menghabiskan satu batang sabun dalam seminggu karena mandi 5x/24 huehehe.

rither-font
Sebenarnya gini coy, gue itu penganut simplicity dan modesty. I was determine myself as a tomboy, so I think make-up or skin care is a girly-complicated-thingy that I always avoid. Tapi seiring gue bertambah dewasa, berkat nasehat umik dan banyak baca, gue sadar bahwa perawatan itu penting untuk masa depan. Jadi gue mulai secara perlahan.

Sampai sekarang gue belum menemukan pelembab atau krim wajah yang cocok. Jadinya gue nyuri punya umik, dan gak berefek apa-apa. Gue hanya pakai sebagai pelindung wajah agar tidak terpapar langsung dengan debu. Masalah bedak, gue pakai merk Oriflame. Kenapa pakai itu? Karena nyuri nya sepaket sama pelembab wkwk (udah bilang kok habis itu).

Pewangi?

Hm, kalau anda baca di tulisan gue mengenai my traveling make-up pouch, disitu tercantum 2 parfum. Master Kids Ben10 dan Cusson's Biru. Tapi nyatanya.....untuk keseharian gue pakai pewangi cucian Downey yang gue taruh di semprotan Kispray, trus dikasih air, yeay! Soalnya gue kalau cuci baju cuma pakai rinso, gak direndam pakai pewangi lagi. Boros coy, air pewangi bekas rendaman yang segitu banyak harus dibuang. Mending gue pakai parfum. Hemat dan efisien.

Handbody?

Sini gue kasih tau kenapa gue pakai handbody lotion. Umik itu selalu sedia handoby lotion di manapun; di rumah, di meja kerja, dan dashboard mobil. Dan selama gue jauh di Malang, gue pingin merasa dekat dengan umik, jadi (sekali lagi) gue nyuri stok handbody lotion dengan merk dan wangi yang sama dengan punya umik, trus gue pakai setiap habis mandi. Jadi rasanya umik di sisi gue terus :') ah anak umik banget >.<

rither-font
Semenjak gue kuliah, tahun pertama gue harus di asrama, kemudian tahun-tahun selanjutnya ngontrak bersama banyak orang. Ada satu hal yang paling pertama gue notis dari teman sekamar; bau badan. Beberapa kali gue harus sekamar dengan orang yang badannya bau. Bukan karena mereka jorok, tapi ntah kenapa meski udah mandi pun habis itu bau lagi. Ini yang paling sering bikin gue uring-uringan.

Ya bayangin aja lu harus menghirup bau badan tak sedap sepanjang di kamar. Padahal buat gue kamar adalah private space tempat gue re-charge setelah seharian beraktifitas. Ya masa gue harus berhenti nafas?

Karena itu, gue juga jadi antisipasi terhadap diri sendiri. Dan umik menyarankan untuk bikin minuman dari rebusn batang serai dan kunyit. Kemarin-kemarin tuh gue rajin bikin. Rasanya enak aja sih, manis. Tapiiii pada suatu hari, gue bangun dengan lengan bagian dalam terdapat bercak-bercak oranye, kayak ditotol-totol stabilo. Gue panik lah jangan-jangan kena penyakit kulit, hiy! Dan setelah searching di google, gue baru tahu itu tandanya kebanyakan karoten hahahaha. Akhirnya gue berhentiin.

rither-font
Ini sih kayaknya sudah pada tahu. Salah satu fenomena di kalangan squad natural treatment. Dulu gue pakai setiap hari, dua kali malah. Hasilnya (pendapat subjektif banget) wajah gue terlihat cerah dan tidak berminyak. Sayangnya gak ngefek untuk jerawat gue yang kecil-kecil. Apalagi waktu teman bilang, 'eh itu bisa gedein pori-pori'.  Akhirnya gue berhentiin.

rither-font
Tanaman ini lebih terkenal di kalangan perawatan rambut sebenarnya, cuma gue itu ntah kenapa punya sugesti, 'yang alami itu bagus'. Satu potong lidah bisa untuk tiga kali pemakaian dengan cara dioles langsung ke wajah, tentunya setelah dibersihkan. Rasanya adem sih, tapi gak ada efek apa-apa di wajah. Akhirnya gue berhentiin.

rither-font

Gue sering dengar tomat bagus untuk kulit. Jadi ketika main laptop, gue suka ngemilin tomat. Nah setelah gigit tomat, gue olesin ke seluruh wajah. Dan sisanya gue makan sampai habis. Is it sound gross? Karena menurut gue malah kalau dipotong pisau, pisaunya gak steril /._.\ tapi karena akhir-akhir ini tomat di lapak penjual jelek, gue gak beli. Akhirnya gue berhentiin.

rither-font
Awalnya gue pakai minyak zaitun untuk obat luka, kemudian nenek bilang bisa menghaluskan kulit wajah. Akhirnya gue coba. Tapi....rasa-rasanya gak cocok dengan kulit gue yang normal cenderung berminyak, karena jerawat-jerawat kecil makin banyak keluar. Akhirnya gue berhentiin.

rither-font
Sebenarnya gini sih, kulit gue itu normal cuma sedikit berminyak. Jerawat juga kecil-kecil, gak sampai merah meradang. Jadi kebersihan wajah bergantung pada serajin apa gue membersihkan wajah. Awalnya gue pakai sabun mandi. Tapi habis itu dimarahi teman karena kata dia pH nya gak cocok, gue dipandang sebelah mata, dijauhi, dibully gara-gara gak punya sabun wajah. 

Gak lah -_-
Cuma dikasihanin aja. Mata mereka melotot gak percaya kayak-kayak gue pakai sabun colek Wings biru untuk sikat gigi. Akhirnya gue nyuri sabun wajah Black Swallow punya umik di kamar mandi, hahahahaha. Dan gue merasa gak cocok juga, jadi nanti kalau sudah habis gue bakal cari produk yang lain lagi. Which is I have no idea at all, LOL.

Yak, sudah cukup. Itulah hal-hal yang gue lakukan untuk menjaga tubuh dari Allah ini. Gue sangat berharap ada yang bisa kasih masukan apa saja yang harus gue lakukan untuk merawat tubuh dan wajah. Gue tahu banyak produk, tapi gak tahu mana yang cocok untuk kulit gue.

Adios!

Baca juga tulisan kakak-kakak Enchanting Ladies yang lain:

You Might Also Like

21 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Tepukk tangan, mandi berapa kali Nid 5 kali? Wkwkw..
    Btw emang sih daerah pegunungan ademnya nggak kira kira. Aku kalau pas dirumahe mbah (Boyolali) deket mah sama gunung Merbabu, aku mandine jam 10 siabg sma jam 4 sore. Wkwk #curhat ya kecuali pas lebaran mau sholat Id harus beranilah, meskipun habis itu kedapur modus bantuin mbah masak padahal cuma nebeng menghangatkan badan, secara kalau didesa kan masaknya jg msh ada yg pake kayu bakar. Wkwkw
    .
    Tomat emang kaya akan manfaat sih, tapi kok aku nggak doyan ya? Kecuali kalau udah dicampur dijangan sop. Kalau dimakan langsung rasanya hambar banget. Emang sih karakter lidah masing masing orang kan beda beda ya. Hehehe
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duu bang, waktu di asrama wkwkwk. Sekarang mah udah kaya orang normal, 2-3kali aja cukup.

      I know what you feel! Wkwkwkw waktu Posdaya Masyarakat Berbasis Masjid, tempat saya juga di gunung. Dinginnya masyaAllah >.< habis mandi kudu ngerem dulu dekat tungku kayu supaya suhu tubuh kembali normal dan ga gemeteran xD

      Yah soalnya ga doyan xD doyannya yang lain. Ya preferensi lidah kita beda2
      Sebenernya kalo dirasa2in, tomat juga ga enak kok. Cuma entah, udah kebiasaan aja dari kecil nyemilin tomat xD

      Delete
  2. AKu suka sama air di Malang..!! Dinginnya mantap, sensasinya bikin melek seketika, wkwkwkwkland..
    Cuman beda lagi ye kalau mandi di desa argosari, yang deket b29 itu, buset dah, nyiksa betul, saking dinginnya (lebih dingin dari malang & batu) rasanya? kayak ditusuk jarum disetiap kulit yang kenak air. Akhirnya milih g mandi aja, mueheehehe..

    Bersyukur nih, g pake rerempongan skincare kayak aku. Walaupun asik nyobain skincare, cuman kalau pas travelling rempong bawaannya, harus mikirin ada sisa tempat yang cukup buat si skincare saking banyaknya, padahal udah dipindahin ke jar yang lebih kecil. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. LAH KENAPA WKWKWKLAND XD /guling2/

      Bikin melek seketika, pingin menyudahi semuanya, kembali ke selimut yang hangat :')

      Yeaaaa I know! Aku pernah ke tempat yang kaya begitu, di daerah Batu sih. MasyaAllah. Saking dinginnya sampai udah hampir mati rasa wkwkwk. Rasanya kayak semua pori2 di tubuh terbuka semua >.<

      Iya gapapa ga mandi, ga keringetan, ga bau xD

      Aku juga mauu nyobain skin care hueheheh tapi maju mundur. Masih analisa kira2 mana varian yg cocok untuk aku '.'

      Delete
  3. Full of experiment ya zah, eh bner gak sih nulisnya. Aku juga gitu kok zah, suka coba2 hal baru.
    Itu km boroa bgt sabun mandi cm kepake seminggu tok woalah, aku jg paling sebel sm bau badan, minimal aku pakai deodorant aih biar gak bau bgt. Kalo jamu aku paling minum kunyit asam gitu, klo serai blm pernah. Aku mau coba kebiasaan km mandi pagi sblum subuh, semoga bisa ngusir males aku yg udh level dewa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kok bener xD
      Yeay! Kalau kakak nemu hal baru, boleh lah sharing. Siapa tahu kan ya? '.'

      Gara2 kebangetan banget frekuensi mandinya xD sekarang mah sebatang tiga minggu xD

      Naah! Bener. Tolong yang bau badan sadar T.T biar kita bertemannya nyaman x)
      Serai kaak, coba deh, rasanya manis seger gitu xD

      Semoga bisa dan istiqomah, kemudian rasakan manfaatnya ^____^ ma'an najah!

      Delete
  4. Hidup kamu sehat sekali sih. Juara banget di tempat dingin mandi beberapa kali. Itu total sehari berapa kali? Aku aja sehari mandi cuma sekali wakakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk ngga ngga sesehat itu......aku berusaha sih, cuma yang itu mah coba2in aja xD

      Soalnya ga tahan kalau udah keringetan dikit xD gatau, parno aja kalau misalnya bau badan gitu ._.

      Delete
  5. Mandi 5x gapapa sih masuk akal kalo emang keringetan terus :'')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkwkkw hayolooh jangan2 kakak juga melakukan ._.

      Delete
  6. ebuset dah
    udah sejauh ini ya perjalananmu melakukan perawatan tubuh dari dalam
    nyampe kelebihan karoten segala, aduh laaah, segitunya

    kalo aku sih nggak pernah coba2 lidah buaya, tomat, dsb secara langsung
    hmmm... cuma kadang-kadang aja sih, ngonsumsi jamu. jamau apa ya namanya... lupa namanya. tapi tukang jamunya udah hafal aku maunya jamu apa


    btw, dulu Ibuku pas aku SD sering perawatan, tapi aku gak tau sih ibu perawatan apa aja
    lalu semakin aku gede, meremaja, mendewasa, Ibuku malah jarang perawatan. ya udah deh anaknya gak ada yang perawatan.
    cuma kalo aku jerawatan, ibu ngejek tuh, "jerawate rooooos"
    gitu ya aku nggak diajak ke klinik kecantikan buat bahas soal jerawat
    harusnya kan eksekusi juga ya

    ya udah lah yaaa santai aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkwkw nyoba2in aja sih kak wwkkwkw kadang tuh belum banyak baca ttg khasiatnya, tapi yaudah keyakinan pribadi aja mau nyoba wkwk xD

      Jamu Buyung Upik?? X"D

      Nah iya bener :/ curang ibu2 tuh, facial , ke klinik, ga ngajak anaknya. Padahal kan mereka suda berumur. Kita nih yang bunga baru merekah [?] harusnya lebih dirawat lagi wkwkw xD
      Umikku juga deh kak, kalo cerita masa mudanya banyak banget. Mulai dari lulur beras, bengkuang, dll. Kalah deh kalah. Bukan karena ada/gak nya barang....tapi pemalesan emang xD

      Delete
  7. CUSSON BIRU IS ONE OF MY ALL TIME FAVORITE PERFUME TOOOOOOOO! x))

    biarin pake parfum nak kecil kalau enak ya bodoamat :')

    baca tulisan ini jadi ingat betapa tomboynya saya dulu dan baru sadar merawat diri sejak mulai bekerja. ah telat banget. hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WUHUUUUUUUUUUUUUUUUUU AYO KITA BIKIN SQUAD *.*

      Bener!! Meski mahalan dibanding Master Kids xD

      Tapi aku terawang dari foto profilnya, kakak terawat kok ._.
      gapapa terlambat daripada gak sama sekali /tebar confetti/

      Delete
  8. Mandi 5x sehari dan menghabiskan sabun batangan dalam seminggu. Kayaknya harus dimasukin ke Guinness World Record 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah engga kaak. Ga kuat wkwk. Ngabisin waktu juga. Dulu tuh karena lagi sensitif aja wkwk.

      Delete
  9. kudu rajin pake skincare, terutama sunblock, moisturizer dan pembersih muka demi wajah kita sendiri
    karena aging itu umumnya memang mulai wanita umur 30
    tp kita bisa banget kena penuaan dini klo gk pinter2 jagain

    apalagi regenerasi kulit makin nambah umur makin lama dan perlu waktu
    jangan sampek problem udah parah kita baru nyadar
    lah klo parah bgt kudu dilaser, iya kalo kuat dananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. I do agree kak 😁 aku udah sadar kok wkwk. Masih memilih milah mana yang sekiranya bisa cocok sama kulit dan budget aku heheh.

      Udah ada nih sunblock incaran. Moisturizer nya belum ada saran, pembersih nya juga masih coba2. Belum ada yang cocok :(

      Pingin gitu ada yg langsung datang ke aku, tahu kulitku, trus kasih saran apa yg cocok huehehehehe.

      Delete
  10. info bagus tuh buat penderita batu ginjal ehehe

    soal minyak zaitun, kok sering banget ya denger dari beberapa temen yang pake, kulit mukanya malah bruntusan, padahal di google banyak banget ya yang rekomendasiin minyak zaitun jadi bahan alami ngatasin masalah wajah?

    ReplyDelete
  11. Hmmmmmm, aku juga dulu mengikuti aliran serba alami sih
    Enggak pake apa apa ke tubuh selain sabun, shampoo sama deodoran

    Tapi beberapa tahun terakhir punya teman yang peduli banget pada penampilan, yang mana mejanya udah kayak salon, penuh botol-borol produk berjejer-jejer

    ahahhahahahahah

    Produk perawatan yang pertama kali aku pake itu facewash.
    Awal banget, aku pake sabun bayi. Cocok banget. Nggak pernah jerawatan wkwk.
    Tapi karena kurang praktis dibawa karena batangan, akhirnya aku coba ganti Vaseline men facewash. Alhamdulillah cocok, dan pake itu sampe sekarang

    Terus produk selanjutnya yg aku pake itu handbody yang juga Sunblock. Merk Vaseline juga, SPF 30. Gara-gara waktu itu mau renang siang-siang, dan dulu pernah ada pengalaman berenang di pantai siang siang tanpa pake apa-apa dimana kulit aku jadi gosong dan ngelupas-ngelupas hahahha #Kapok

    Terus buat wajah baru mulai-mulai pake produk perawatan itu sejak kuliah
    Pake masker. Mula-mula masker beras tradisional itu, terus masker kunyit
    Terus sekarang2 udah berani pake masker macem2 dari ovale atau masker lembaran yang kemasannya bahasa korea semua itu hahaha

    itu aja sih

    oh iya, sejak di Depok juga aku beberapa kali beli toner. Sebenernya pembersih make up, tapi bisa juga jadi semacam pembersih wajah darurat gitu kalo lagi di jalan dan nggak ketemu toilet atau air.

    Terus udah 3 bulan ini aku pake serum dari vaseline men.
    Semacam ngelembabin muka sama mencerahkan juga.
    Tapi jaranga banget aku pake. Palingan kalau abis begadang atau kalo abis jalan di laur seharian wkkw.

    Wait, kok aku malah jadi curhat ya bukannya ngasih rekomndasi?? wkwkwkwk

    Buat basic sih yang pasti mesti punya pembersih, pelembab sama gizi.
    Semuanya kayaknya mesti dibikin eksperimen sendiri, soalnya kulit orang kan beda-beda hahahaha

    ReplyDelete
  12. Wkwkw rajin banget Mbanya bikin rebusan batang serai dan kunyit. Tp aku juga termasuk org yang cukup sensi kalo cium bau2 yg bikin sengit, makanya dari diri kita dulu wangi, kan gak enak jg kalo didzolimi hidungnya haha. Gak pernah buat rebusan itu sih, cukup mandi sm pake minyak telon aja selesai mandi. Ampun dah berasa unyu2 banget yak gak inget umur wkwk

    ReplyDelete

Bagaimana? Beri pendapat sekaligus kenalan yuk! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿May Challenge✿

plain-white-background