Ombak Mantep Pantai Ngantep, Sisters' Short Escape!

Saturday, December 16, 2017

PANTAI NGANTEP MALANG

Pantai Ngantep adalah salah satu wana wisata alam di Kabupaten Malang yang wajib kamu kunjungi, apalagi bersama orang tersayang.

Sebulan ini gue di hectic kan dan meng hectic kan diri. Mengurus mata kuliah seni drama bersama teman satu angkatan dan persiapan UAS. Ntah ini efek sudah lumayan hidup lama di bumi atau gimana, gue rasa time flies really fast. Gue rasa baru kemarin aja balik dari Thailand, masuk semester 7, dan boom! UAS, selesai. Alhamdulillah.

UAS berjalan menyenangkan. Dari hari Senin sampai Rabu minggu kemarin, dan per hari cuma satu matkul, pagi pula. Euforia nya bikin sedikit mules perut, aaaa ini UAS terakhir gueee, semester depan udah sempro, semhas, kompre, skripsi. Umiiik aku udah gede.

Urusan drama dan UAS selesai, saatnya pulang ke rumah bantu umik abi cuci piring, nyapu, masak, ngepel, dan deduselan hahahaha. Nggaklah. Gue harus main dulu!

PANTAI NGANTEP MALANG

Jangan lupa baca tentang ombak menawan di Pantai Tanjung Sirap!

Hari Kamis siang, teman satu angkatan di jurusan mengadakan malam keakraban di Pantai Ngantep, Malang Selatan. Nah karena hari itu gue menghadiri talkshow, gue gak bisa bareng mereka berangkatnya. Gue nyusul bersama adek keesokan paginya jam 7.30 dari Malang Kota dan sampai di pantai pukul 9.49.

Guess whaat?! Ketika sampai, teman-teman udah pada berkemas, duduk manis di mobil, siap di atas motor....pokoknya acaranya udah kelar tinggal pulang. Gue maluu setengah mati sambil ketawa geje. Mereka ngelihatin gue antara kasihan sama ngakak juga. Ada yang nawarin untuk menemani gue di Pantai Ngantep, ada juga yang nawarin, 'apa mau foto lagi? Kasihan si Zahrah wkwkwk'Gue tolak dengan halus, lagian cowok-cowoknya harus persiapan untuk shalat Jum'at kan.

Gue persilahkan mereka pulang dengan hati-hati. Alasannya sih....I wanna exploit this beach only by two of us! ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

BIAYA MASUK PANTAI NGANTEP:

PER ORANG 10K

SATU MOTOR 10K

PANTAI NGANTEP MALANG

Jadilah gue main berdua sama Zahirah, adek ke-dua. Sebenarnya ini pencitraan. Gue itu tipe kakak tsundere, gak bisa manis-manisan di depan. Tapi kalau ada yang gangguin adek-adek gue, gue bales sleding tekel.

Nah gue pingin si Zahira, yang sudah mengabdi sebagai adek selama 15 tahun, memiliki kenangan manis bersama gue. Mumpung gue masih di Malang dan kebetulan sama-sama libur, cuslah. Meski awalnya dramatis gara-gara 3 adek yang lain merajuk mau ikut juga. Bayangin coba, masa iya boncengan ber lima? 

PANTAI NGANTEP MALANG

Zahira Firdausi Dzakiyyah As Sulthoni.
Cuek, tapi penurut, kalau disuruh dimintatolongin langsung gercep.
Pintar beresin kamar dan masak.

PANTAI NGANTEP MALANG

Berkah hari Jumat! Pantai Ngantep sepi banget, gue cuma lihat 2 orang mamas lagi ngaso di bawah pohon, selain itu cuma kita berdua. Gue senang, rasanya kayak punya pantai pribadi.

Anyway, sebaiknya kita gak berenang atau mandi di pantai. Karena seperti karakter pantai selatan pada umumnya, Ngantep memiliki ombak yang cukup besar. Suara deburannya bikin hati bertalu-talu seperti Taikai nya Jepang. Yang asyik adalah, semakin siang ombak akan surut lumayan jauh dari bibir pantai. Sehingga hamparan pasir pantai yang landai terekspos luas.

PANTAI NGANTEP MALANG

Jalan-jalan ke bagian kiri pantai, gue menemukan sebuah aliran air menuju laut. Gue gak sempat menelusuri sih, tapi kayaknya dari area hutan bakau gitu. Sayangnya, di bagian ini banyak banget sampah berupa batang-batang pisang dan batok kelapa yang sudah membusuk sehingga mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Meski sampah organik bisa terdekomposisi dengan cepat, tapi tetap aja gue rasa sampah organik pun perlu dibuang pada tempatnya.

PANTAI NGANTEP MALANG

PANTAI NGANTEP MALANG

Sampai gue nemu itu, gaktau apaan. Waktu ditusuk-tusuk sih kayak isi perut. Tapi gue curiganya kayak otak....tapi lebih mirip ke usus. Masalahnya dari makhluk apa? Ikan? Bisa jadi, tapi gede banget. Kambing? Mungkin. Atau...............manusia? Waktu itu gue bilang ke Zahira, 'hiiiy jangan sampe nanti gue nemu potongan kepala hue'. Jadi itu apa? Wallahua'lam bisshawab.


PANTAI NGANTEP MALANG

Pasir pantai Ngantep berupa butiran yang halus dengan warna krem muda. Tapi semakin dekat ke arah garis ombak, muncul lapisan pasir berwarna hitam. Ini kece sih, jadi membentuk sebuah pola yang cantik.


PANTAI NGANTEP MALANG

Saat sedang jalan-jalan santai kami bertemu dengan segerombolan bapak-bapak yang berkutat dengan sebuah perahu. Awalnya perahu itu hanya ditumpangi dua orang nelayan, namun kemudian beberapa orang menghampiri dan bahu-membahu menyeret perahu ke tepi pantai.

Ternyata setelah itu ada tiga perahu lagi yang datang. Para bapak-bapak kembali ke tepi laut dan membantu nelayan yang baru datang menyeret perahu ke daratan. Sambil memotret gue tersenyum dan berbisik dalam hati, 'sebanyak atau sesering apapun pembicaraan mengenai masyarakat jaman now atau generasi milenial, melihat nilai guyub yang terbangun di pinggiran Malang ini, gue tersentuh dan bangga'.

PANTAI NGANTEP MALANG

PANTAI NGANTEP MALANG

Sepertinya di Ngantep sedang diadakan penghijauan. Gue melihat beberapa bibit cemara ditanam berjajar. Gue gaktau sih jenis cemara apa ini. Apakah sama seperti di Pantai Lombang di Madura yang terkenal dengan cemara udangnya? Atau cemara kipas/pensil/norfolk/pua-pua/angin/buaya? Yak kita lihat 2-3 tahun lagi lah jadi apa dia huehehe.

PANTAI NGANTEP MALANG

Jangan risau jangan khawatir, pantai Ngantep sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas layak singgah. Tempat parkir yang luas, bermacam-macam warung, kamar mandi, dan masjid mungil yang bersih dan indah.

PANTAI NGANTEP MALANG

Alhamdulillah, I feel so overwhelmed by this holiday. Main berdua sama adek ke pantai Malang selatan yang jaraknya 2 jam an dari Malang kota. Gue bahagia bisa menghabiskan waktu dengan makhluk yang berbagi darah abi-umik, dengan sodara kandung! Hahaha. Masalahnya once upon a time gue bertengkar mulu sama dia. Gue jadi anak tunggal selama 5 tahun, kemudian Zahira lahir. Gue yang terbiasa dimanja, semuanya untuk gue, gue yang pertama.....kemudian tergantikan.

Butuh bertahun-tahun sebelum gue sadar posisi sebagai anak pertama dengan 4 orang adek. Sadar kalau tugas gue itu mengayomi, bukan malah jahilin. Menghilangkan rasa, 'umik sama abi udah gak sayang aku lagi! Apa-apa adek duluan!'. 

Ohya, gue juga jadi komandan. Zahira bagian beresin+nyapu rumah, Faza cuci piring+nata ruang depan, Hanif buang sampah, Haidar beresin kamarnya. Gue? Memastikan semuanya berjalan dengan baik B)

Thank banyak-banyak untuk My Lovely Astrea, sepeda motor turunan dari abi yang kuat banget naik-turun tanjakan. Meski mesinnya megap-megap waktu lewat jalan curam, dan ngap-ngapan waktu di geber gaspol....you made it bro! 

Sepeda ini seumuran gue btw. Jadi saksi bisu gimana gue salip-salip an sama sepeda motor lakik di jalan lintas Surabaya-Malang. Astrea yang gak pernah protes gue bawa nyelip di antara truk-truk besar di daerah Pasuruan-Pandaan. Yang bensinnya awet banget meski lampu sein ke kiri agak ngadat. 

Alhamdulillah gue selamat dalam perjalanan pergi dan pulang :)

You Might Also Like

50 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Pantainya keren Nid, kalau pas main ke pantai terus langitnya ngejreeng gitu Masya Allah ya :)
    .
    Wah enak ya bisa main bareng saudara serahim. Aku sm adek mah berantem mulu. Wkwkw. Karna sama sama cowok atau gimana ya.. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's! Awalnya hesitate, ini kan udah musim hujan....bakal kecewa kalau waktu nyampe, langit mendung. Alhamdulillah banget cuacanya cerah+panass XD jadi biru langitnya terkuak dengan sempurna :')

      Sama dia mah dulu juga berantem mulu. Sekarang karena udah sama-sama gede jadinya udah bisa diajak ngbobril heart to heart, mind to mind, jadinya enak.

      Loh malah biasanya kalo cowok sodaraan katanya malah gak tegur sapa xD
      kalau bertengkar gitu berarti masih emnding lah, ada interaksi huehehe.

      Delete
  2. Enak bangetttt masih sepi begitu pantainya..
    Btw itu apaan ya yang kayak jeroan. Serem juga lihatnya T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya mainnya pas Jum'at xD
      Emang enak kalo main aps weekdays huehehe, sepiii.

      Udah aku tinggalin aja benda itu, nyeremin ._.

      Delete
  3. ((tipe kakak yang tsundere))

    Hanjir saya jadi inget Chitoge. HAHAHAHA.

    Kalau ke pantai emang enak pas weekday sih, pantai berasa milik sendiri ya, Zahrah. Ntab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue ingtenya ke Levi Ackerman kalau lagi sama Irvine Smith /senyum miring/

      Yes, padahal ya sama aja bayar.

      Delete
  4. hetic nya asik, jadi anak pantai. Anak pertama itu kalau adeknya banyak agak repot, hahahaha. Tapi kalau udah dewasa mah enak, job desknya memang mengayomi. Tapi kadang bisa jadi diktator bagi adek-adeknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu waktu belum dewasa (hahaha), rasanya kayak pingin nyumbangin mereka satu2 ke keluarga kaya di Dubai -_-

      Sekarang mah bersyukur aja. Soalnya suka lihat temen2 yang anak tunggal tuh kesian, gak ada yang diajak ngobrol, gak ada yg jadi submissive huahaha.

      Gak diktator bang, tapi jadi THE RULES BD wwkwkwkw.

      Delete
  5. Wakaka....mirip banget sama aku. Kalau dirumah kerjaannya beberes rumah. *Yah walaupun aku anak bontot & laki-laki :(
    *Ini semua gegara mbak-mbakku udah nikah semua, jadilah pekerjaan rumah tinggal aku yang ngerjain sendirian. (Sedih banget ya Allah)

    Itu beneran, pas sampai sana temen-temen udah pada kukutan mau pulang? Pas baca sambil mbayangin, kemudian ngakak XD

    Weh, dadi kelingan astrea grand e bapak. Tapi punya bapakku dulu warna ijo-item. Sering tak pinjem buat les pas jaman SMA dulu. Tapi sekarang udah dijual :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAH, kudu standing applause. Bagus, anak berbakti.
      Yang begitu kudu dilestarikan, huehehehe.

      Beneran T_T udah pada starter motor gitu.
      Ya Allah, best moment lah.

      Ah tau! Jadi kenapa bapak aku gak beli yang ijo juga ya? Kan warnanya lebih fresh, hmm. Sampe motor itu sengklek kayaknya gak bakal dijual xD

      Delete
  6. Beruntung kalau ke pantai pas cuacanya bagus. Di musim yang sekarang ini kan sering banget ujan ya..

    Pantainya keren, bersih. Jadi kangen, dah lama nggak ke pantai. Terlebih baru terjadi gempa kemarin, banyak teman2 yang masih takut untuk maen ke pantai..

    Namanya nganteb atau ngantep sih..he
    Di judul ngantep, di linknya nganteb..
    Tapi ini nambah pengetahuanku tentang pantai nih. Jadi tahu, bahwa ada pantai keren ini..

    Ngantep, kalau dalam bahasaku (sunda). Ngantep itu membiarkan.
    Jadi, memberiarkan apa ya.. haha.. Apaan sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's!
      Bulan2 ini keinginan ke pantai sering banget, tapi sesering itu pula diurungkan melihat keadaan langit yang demen banget nangis. Alhamdulillah waktu kesini gak hujan :')

      Wehehe. Banyak yang nulis NGANTEP. Di penunjuk jalan pun NGANTEP. Tapi di tiket tulisannya NGANTEB. Kan jadi bingung, yaudah dua versi nama itu dipake aja xD

      Hmmm...karena pantai ini membiarkan pengunjungnya untuk berkontemplasi bersama deburan ombak yang ganas? Wallahualam huehehe.

      Delete
  7. Nama pantainya kok baru saya denger yah kak? Sebagai orang Makassar, nama pantai itu terdengar asing sih kak buat saya. Hehe. Ntar kalau main ke Malang mau deh rasanya main kesitu. Seru yaa pastiii. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wehehe, ini pantai adanya udah lumayan lama kok.
      Cuma mungkin kurang tenar xD
      Biasanya sih orang tahunya Goa Cina, Balekambang, Sempu, 3 Warna, dll.

      Kalau Makassar aku tahunya Losari heheh. Pernah tinggal di Makassar waktu kecil, jadi gak seberapa tahu :(

      Main geh! Nanti kontak aja, mungkin bisa ketemu XD

      Anyway, salam kenal ya kak ^_^

      Delete
  8. Wah pantainya indah banget. Anyway, saya gagal fokus nih. Jadi, itu makhluk apaan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss :) segala pantai indah kok kalo kita bisa menemukan angle yang tepat dengan keikhlasan :' /apaan sik/ wkwkwk xD

      NAH ITU! Apa ya? I have no idea at all :(

      Delete
  9. wih keren motoran sendiri, rumahku yang cuma sejam perjalanan dari jalur lintas selatan aja ga berani berangkat sendirian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah kenapa? :(

      Wah cuma sejam o.o ih kalo aku mah mungkin bisa seminggu dua kali kalo jaraknya cuma segitu wkwkkw. Lagian banyaaak banget sih pantai di Malang heheh.

      Delete
  10. Nganteb ombaknya besar banget, pernah korban hp waktu maen kesitu. btw itu saya lebih fokus pada si astrea, legend banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah waaah. Semoga hapenya tenang ya di alam sana :(
      Semoga dapat yang lebih baik ya bang ._.

      Usianya sama dengan saya tuh. Lebih kelihatan muda yang mana? Wkwkwkwk xD

      Delete
  11. Pantainya bagus itu. demen aja saya kalo liat pantai yg ada batu karang gede, bertebing dan di atas batu tebingnya ada pohon rimbun. O_o tapi ombaknya cukup serem juga yak. gede. untungnya ombak gedenya cukup jauh dari bibir pantai.

    kalo di pantai, yg palings ering ditemukan itu ya bangkai binatang. ada bebek, kambing, sapi. karena mati atau karena sisa2 tubuh gakepakainya dibuang ke laut dan dibaa ombak. tapi itu jangan2.. ari2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kalau salah satu unsur yang bang Haw sebutin gak ada, rasa demen itu berkurang :(

      Wahai pantai2 yang tidak memenuhi syarat, maafkan bang Haw ya >.<
      /dikeplak/ wkwkwkwk.

      Nah iya, alhamdulillah area pantainya luas, jadi masih bisa main pasir :) dan lagi landaaaai banget. Aman lah, insyaAllah.

      Ini baru pertama kalinya sih. Kalau di sungai sering lihat tikus, ayam, kucing, sampe kambing hanyut. Baru iniii main ke pantai nemu benda gak senonoh :(

      MANUSIA O__0

      Delete
  12. Quality time sama adik ke tempat yang cakep pasti jadi kenangan manis berdua yang bakal ngangenin kalo nanti udah pada misah karena kuliah/kerja/sudah menikah :D

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAAA CIDAK >.<

      Ih si kakak mah malah membahasa tentang dampak trip ini :' [?] huehehe. Iya yah....gak papa, aku senang. Setidaknya sebelum sama2 sibuk, kita udah punya unforgettable memories :)

      Delete
  13. Ya ampun asik banget itu pantainya sepiiiii.. Ke tempat wisata manapun kalo sepi itu kayaknya lebih asik ya.. :D Errr iya aku jadi penasaran juga itu makhluk apa sebenernya yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. THAT'S!! Makanya aku nyuruh teman2 yang lain untuk pulang aja wkwkwk. Gausah ditemenin aku mah. Soalnya kalo udah ketemu pantai gini suka jumpalitan gak karu2an xD

      Aku harus gimana untuk mecahin soal itu :(

      Delete
  14. Kok kalau ditelisik, si adeknya Zahra ini anaknya penurut dan g banyak ngomel ya diajak main kemana gitu?
    Dan tiba-tiba teringat si itong, adik aing satu-satunya, yang kalau diajak piknik milih, pokoknya tempatnya bagus tapi g pake jalan jauh, nanti dia capek. Ya ampun.. suka pingin mites anak ini tiap kali diajak piknik. Pernah ngajak dia piknik beberapa kali, cuman sekali aja yang sukses. Yang lain gatot, mulai dari yang dia capek, yang dia ngedumel, yang kita cuman 5 menit di sipelot terus balik. Tapi ya gitu, ada sensasi tersendiri kalau main sama saudara kandung, seneng susahnya tuh beda karena sedarah.

    Eh btw, habis baca postmu ini, kok rasanya santai yah.. lihat fotonya aja udah seneng, apalagi mantai beneran

    ReplyDelete
    Replies
    1. YES KAK!! Bener banget ya Allah >.< sepanjang main, sepanjang dia di Malang hampir seminggu....yang ngoceh itu aku terus :( dia mah 'enggak-iya-terserah'. Sebel banget gak sihhh?

      Tapi enaknya dia gak banyak maunya xD

      Pernah suatu pagi hari, aku sampe nanyain dia 5 kali laper apa gak. EVEN ALMOST 1 WEEK WITH ME SHE NEVER ASKED ME FOR FOOD. Coba kalo aku, pasti minta jajanin terus lah. lagian sodara kandung loh. Ckckckc xD

      Aku tahuuu!!! Yang ke pantai Sipelot itu kan? Wkwkwkw lawak ya Allah. Aduh sabar ya kak. InsyaAllah piknik2 berikutnya bisa sukses amiin huehehe. Anyway, yuklah double siblings trip [?]

      KAAK!! Aku mau laporan, ini cerah loh cuacanya, gak hujan gak mendung! Mendung+hujan waktu udah sampai di Malang nya...asyik xD

      Kakak geh cuslah, cari kondisi yang pas ._.

      Delete
  15. Keliatannya masih sepi ya mbak atau karena difoto aja hehehe. Aku paling suka ke pantai yang masih bagus dan bersih kayak gini, kayaknya mau lama-lama di sini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepi kok emang. Waktu dateng, cuma ada 2 mamas ngaso. Trus waktu mau pulang, ada sekitar 5 orang cewek. Udah gitu doang. Malah warungnya juga banyak yang tutup xD

      Maunya lama2 juga sampe sore...tapi keburu aus xD

      Delete
  16. Wowooow, kece banget pantainya, aku tuh pengen banget eksplore pantai di malang tapi kurang tahu transportnya. Tapi kece banget ya pantainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pake angkutan umum emang belum ada bang. Tapi bisa lah sewa motor harian, murah kok. Lagian pantai2 di Malang jaraknya dekat2, sehari bisa 3-4 pantai kalau mau dimepet2in wkwkwk.

      Delete
  17. Ra zahra, aku kok pengin nyubit km ya.. Udah lama nggak mantai nih.. Km malah enak2an pamer, duh gusti.. Itu pantai dan langitnyaaaaaaa, indah banget ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cubit aja sini gak papa, habis itu kita nge teh bareng xD

      Aku gak pamer, aku cuma pingin kasih tau tentang pantai ini aja. Rasa yang timbul setelah membaca artikel ini bukan tanggung jawabku :') wkwkwkwk.

      Sok lah atuh datang kemari. Kita bersua xD

      Delete
  18. rejeki wanita sholehah, dapat pemandangan indah seperti itu di kawasan yg tak ramai hehe, bagai surga duniawi. Salam kenal ya, aku sudah follow blog kecenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alahmdulillah yah huehehehe.
      Big thanks to my Almighty Allah for this chance.

      Salam kenal juga kak Lia Lathifa ^_^
      Wiii makasih banyak, semoga mampir dan baca di sini gak bikin bosen dan bisa diambil manfaat hehehe. /virtual hug/

      Delete
  19. Selalu suka dengan view pantai terutama perpaduan warna pantai sama viru laut+biru langit..
    Keren kalau cuacanya cerah..

    Tapi mesti puanass.. hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Emang kalau lagi mantai tuh doa yang banyak biar matahari bersinar terik tanpa awan. Bolehlah ada awan, dikit aja tapi wkwkwk.

      Dah mah panas gak papa yang penting fotonya bagus xD

      Delete
    2. Maka dari itu kalo ke pantai sukanya antara Mei-September.. Kemungkinan langitnya biru cerah.. hehe

      Tapi ya mesti doa dulu ding...

      Delete
    3. Beneeeeeerr hahahaha. Tapi udah keburu geregetan tuh kalo liat temen update IG [hahaha ketahuan], atau ada yang post artikel main kemana gitu.

      Tapi, di luar bulan itu, gak semua harinya mendung. Contohnya ya hari dimana saya main ini hehehe.

      Delete
    4. Ya kayak postinganmu ini bikin aku pengen segera mantai.. haha

      Iya sih, musim hujan emang g selalu mendung dan hujan..
      Tapi kan kemungkinannya terjadi lebih gede..

      Delete
    5. Monggo disegerakan mas! Terus dibagikan di blog huehehe.

      Bisa baca waktu aja sih. Misalnya, sekarang ini kalau di Malang seringnya siang jam 2 an. Nah bisa lah pagi sampai dzuhur gitu main. Dan lagi, potensi ujan di daerah pantai kan lebih rendah daripada di kotanya sendiri (kalau di Malang sih).

      Saya sering gitu. Di pantai dapat mendung tipisnya doang. Ntar mendung tebel plus ujan pas udah setengah jam an nyampe kosan tuh.

      Delete
  20. cantik banget pantainya :O duh udah lama banget nih nggak ke Malang, jadi pengen :3 ajak akooh!! /plak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malangnya gak bakal pergi kemana-mana kok kak, sok lah. Dia bakal selalu nungguin kakak......./apaan dah wkwkw/

      Hayuk sini main ke Malang dulu xD

      Delete
  21. Seger banget kayanya pantainya. Kapan ya aku bisa ke Malang lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada kesempatan xD

      Kakak doa aku aminin huehue.

      Delete
  22. Waaah... bisa bawa motor di pantai nya? Oohh itu pantai pasir kan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sampai parkiran wkwk.
      Kalau sampai ke pasir pantainya mah sulit banget, tenggelam gitu.

      Delete

Hello from the other side! Syukran so much sudah baca tulisan saya sampai akhir. Gimana? Silahkan ruahkan pendapat kamu~ ヽ(⌐■_■)ノ♪♬
Kalau gak komen, gimana aku bisa kenal kamu.


Maaf ya, komentar dengan link aktif tidak diperkenankan.

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿Tasuketejuseyo!✿

Zahrah Nida Rosyida As Sulthoni