Fakta Sekolah di Thailand Bagian 1

Tuesday, January 09, 2018

Hatyaiwittayakarn School

Assalamualaikum semuanya, salam selamat untuk kita semua. Selamat dari rasa kantuk ketika berkendara, karena itu berbahaya. Kemarin gue sepeda motoran dari Malang ke Sidoarjo dilanda rasa kantuk yang hebat. Daripada meleng, akhirnya gue berhenti di pinggir jalan dan tidur di atas motor bertumpu pada stang.

Selamat juga (dihindarkan, lebih tepat) dari penyakit difteri, yang harga vaksinnya  sekitar 4 juta dan gak ditanggung BPJS kesehatan. Dan semoga kita termasuk orang-orang yang bijaksana menghadapi #ListrikGakBikinMewek. Naudzubillahi min dzaalik.
Kegiatan program PKL gue di Thailand selesai sekitar 5 bulan yang lalu, tapi baru sedikit yang gue ceritain di blog ini. Selain karena waktu di sana beberapa hari gak ada internet dan gue lumayan sibuk-------sibuk diajak kesana kemari (hahaha), gue keenakan merasakan momen-momen itu untuk diri gue sendiri #tsah.

Jadi kali ini gue akan bercerita beberapa hal menarik dan fakta tentang sekolah di Thailand, khususnya di tempat gue PKL.

kisah-ceritra-font

Hatyaiwittayakarn School

in-hades-font

Hatyai/wittaya/karn School adalah nama sekolah tempat gue PKL. Arti dalam bahasa Indonesia kurang lebih Sekolah Ilmu Hatyai. Hatyai adalah nama kota, wittaya berarti ilmu atau pendidikan, dan karn berasal dari kata 'akarn' yang artinya bangunan.

Namanya panjang ya? Gak ada spasi.

YES! Itu yang gue rasakan dulu awal, ini bacanya gimana? Nulisnya gimana? 

Jadi bahasa di Thailand memang kayak gitu sob, spasi nya jarang. Banyak banget kata-kata yang disambung jadi satu penulisannya. Gue pernah lihat skripsi dalam bahasa Thailand, dan itu benar-benar satu baris tanpa spasi, pusing gue. Malah gue mikir, apa bahasa Thailand sodaraan sama bahasa Jerman ya? Soalnya bahasa Jerman pun juga ada yang begitu.

Contohnya, penulisan angka 1995 (tausendneunhundertfünfundneunzig), gak ada spasinya, bayangkan. Terus bacanya gimana? Misahinnya gimana? Gampang sih kalau udah tahu arti per angka nya. Gini-> tausend/neun/hundert/fünf/und/neun/zig.

Cara baca plus arti: tausend:tausen (seribu) / neun:noin (sembilan) / hundert:hundert (ratus) / fünf:funf (lima) / und:un (dan) / neun:noin (sembilan) / zig:chigh (puluh).

Kenapa kok 95 (sembilan puluh lima) ditulis fünfundneunzig? Berarti lima dan sembilanpuluh? Ja, itu sudah aturan dari sana. Jadi satuannya dulu baru puluhan.

27 = siebenundzwanzig (sieben:ziben (tujuh) / und:un (dan) / zwanzig:chwanchigh (duapuluh)

63 = dreiundsechzig (drei:drai (tiga) / und:un (dan) / sechzig:zeghchigh (enampuluh)

Lah gue jadi jelasin bahasa Jerman -_- hmmm pernah belajar bahasa Jerman waktu SMA, syusyah banget oi gramatikal nya. Tapi gue suka cara pengucapan bahasa Jerman, so seksi gak kalah sama bahasa Perancis. Masih ingat banget salah satu tugas pelajaran bahasa Jerman adalah memberi spasi pada sebuah paragraf. Bayangin coba, ngasih spasi. Terdengar remeh banget, tapi ya karena sejelimet itu bahasa Jerman huahaha.

Intinya gitu. Ada beberapa kata panjang dalam bahasa Thailand yang terdiri dari beberapa kata dan membentuk arti baru. 

kisah-ceritra-font

Hatyaiwittayakarn School

in-hades-font

A: Sekolah di mana?

B: Hatyaiwittayakarn School.

A: Apa?

B: Hatyaiwittayakarn School.

A: Apa?

B: Hatyaiwittayakarn School.

A: Apa?

B: *headshot A* buummm!!!

Gue jadi ingat video si Osas hahaha. Uvuvwevwevwe Onyetenyevwe Ugwemubwem Ossas. Kini manggis ada ektraknya, lalalala.

Nah karena nama Hatyaiwittayakarn School terlalu panjang, jadi ada singkatannya yaitu YOWOKHO. Bingung? Hahaha, sama. 

Jadi bahasa Thailand ternyata mirip dengan bahasa Jawa loh, secara aksara. Seperti yang kita tahu bahwa aksara Jawa tidak berdiri sendiri seperti romaji a/b/c/d/e/f/g/h/i, tapi berupa suku kata ha/na/ca/ra/ka/da/ta/sa/wa/la dengan pengucapan 'o'. Jadi cara membacanya adalah ho-no-co-ro-ko.

Omong-omong, dapat komen dari bang Maher, kata 'wittaya' dalam bahasa Thailand yang berarti ilmu, memiliki arti yang sama dengan kata dalam bahasa Jawa 'wiyata'.


thai_sanskrit
Kiri, aksara Thailand. Kanan, aksara Jawa.

Begitu pula dengan bahasa Thailand, aksara mereka berupa suku kata atau per syllable dengan pengucapan 'o'. Hatyai/Wittaya/Karn -> HWK -> YOWOKHO. Kenapa yo-wo-kho? Karena H dibaca Y, dan K menjadi KH.

Begitu.

kisah-ceritra-font

Hatyaiwittayakarn School

in-hades-font
in-hades-font

Seperti namanya, sekolah ini berada di kota Hatyai, provinsi Songkhla yang terletak di bagian Thailand selatan. Hatyai adalah kota terbesar kedua di Thailand setelah Bangkok. Kalau gue komparasikan dengan Indonesia, provinsi Songkhla seperti Jawa Timur dengan Hatyai sebagai Surabaya. 

Hatyai, sebagaimana Surabaya, gak beda jauh dari gambaran kota metropolis dengan banyaknya gedung tinggi, perkantoran, hotel, dan kantor pemerintahan. Tapiii menurut gue, masih lebih riweuh dan macet Surabaya daripada Hatyai. Mungkin ini efek fakta Indonesia sebagai negara dengan kepadatan penduduk nomor 4 sedunia kali ya.

kisah-ceritra-font

Hatyaiwittayakarn School

in-hades-font

Kalau di Indonesia, jenjang sekolah menengah dibagi menjadi 2, SMP dan SMA. Di Thailand juga begitu sih, hanya kalau di Indonesia SMP dan SMA biasanya di pisah, sedangkan di Thailand digabung. Semacam sekolah kompleks. 

Bila jenjang sekolah dasar di Indonesia menyebut; kelas 1 SD, kelas 2 SD, dst. Maka di Thailand setara dengan; prathom 1, prathom 2, dst hingga prathom 6 (kelas 6 SD). 

Sementara untuk sekolah menengah di Indonesia menyebut; kelas 1 SMP/kelas 9, kelas 2 SMA/kelas 11, dst. Maka di Thailand setara dengan; matthayom 1, matthayom 5.

Begitu pula dengan HWKS, di sini ada 6 jenjang kelas mulai dari matthayom 1-6. Dan pembedaan istilah untuk middle school dan high school tidak terlihat mencolok. Maksudnya kalau di Indonesia pasti dibedakan, misal SMP dalam satu yayasan; SMP Bunga Lompat dan SMA Bunga Lompat. Kalau di Thailand, Bunga Lompat School gitu aja.

Itu dia 4 fakta dan hal menarik mengenai sekolah di Thailand, tunggu tulisan selanjutnya ya!

You Might Also Like

72 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. swadikha ....
    itu lokasinya masih berbatasan sama malaysia kah , seperti patani yg ada beberapa masih bisa bahasa melayu and muslim yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Swasdi khaa~~~

      Tempat saya sih 1.5 jam lah dari Malaysia.
      Yap~ di sini banyak yang bisa bahasa Melayu dan beragama Islam. Tapi bahasa Melayu-Thailand xD bukan Melayu-Malaysia apalagi Melayu-Indonesia.

      Delete
  2. Replies
    1. Yha kan idenya baru keluar segitu -_-

      Ntarlah kalo ada lagi muncul, semai, tanam, panen lagi hahaha xD

      Delete
  3. kok bisa yach adek ini PKL nya di Luar Negeri ?

    Kalau saya sich ampyun PKL disana, pasti kebanyakan diam soalnya bahasanya itu loh...bikin mumet bin pening. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa bisa ja pak ._. /nyengir lebar/ hehehehe.

      Bahasanya bikin memt sama pening, iya bener. Tapi justru itu makin gak bsia bikin saya diem soalnya seruuu hahaha. Berkomunikasi, ingin menyampaikan pendapat, tapi kudu usaha dulu untuk menemukan ungkapan yang bisa dipahami kedua belah pihak xD

      Delete
  4. AAAAAAAAAAAAAAAAA jadi kangen mahasiswa-mahasiswa tutorku dari Thailand. Mereka juga tinggal di sekitar situ kayanya karena mereka juga muslim. Fasih banget bahasa melayunya jadi aku cukup gampang saat ngajarin Bahasa Indonesia ke mereka. Kamu di sana dalam rangka apaaa?

    xoxo,
    honeyvha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga bikin gara-gara lihat update an teman yang lagi PKL di Thailand, kebawa kangeeenn banget, makanya jadi deh tulisan ini T________T huhuhu. Emang kalo udah gak bersam tuh, baru kerasa deh sayangnya huehehehe,

      Dalam rangka PKL kak ._.
      Iyaa, Thailand selatan emang banyak yg bisa bahasa Melayu, dan beragama Islam :)

      XOXO jugak <3 hehehe

      Delete
  5. Kok otak saya jadi ngebul ya, jadi pengen belajar bahasa tubuh biar peka gitu *loh.

    Ditunggu lanjutannya ka zahra :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah -_- mana ada hubungannya ya Allah wkwkwkwkwk

      Terimakasih pak!

      Delete
  6. Agak ribet ya pengucapannya, apalagi nulisnya. Butuh waktu untuk bisa..
    Zahra udah bisa ngomong pake bahasa Thailand dong ya?
    Coba dipake kalau beli makan :D

    Dilihat-lihat kok murid disana badannya besar-besar ya..he
    Susah bener kalau dijawab sekolah dimana..
    A : Sekolah dimana?
    B : Noh, disono noh!
    A : Dimana?
    B : Sini gw tunjukin langsung (diajak sambil diseret) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, dikit aja bang. Yang simpel2 aja. Soalnya jsutru malah keenakan ngomong pake bahasa Inggris xD bahkan bahasa Melayu.

      Bukan badannya murid yang besar, tapi kitanya yang kecil huee.

      Wkwkwkkww xD daripada banyak omong, hayuklah sekalian bareng.

      Delete
    2. Bareng kemana? Sekolah lagi? hehe

      Haha, bisa jadi kitanya yang kecil. Tapi guru-guru disana tinggi-tinggi jua ya badannya?

      Delete
    3. Maksudnya kalo ada orang yang banyak tanya, gausah ditanggapi. Pake tindakan aja langsung xD ntar abis tenaga di urat leher wkwkwkw.

      Biasa aja sih, standar Asia kalo menurut saya.

      Delete
  7. Wihiiii seneng ye zah bisa PKL ke tailand
    Dulu aku PKL ke malaysia gak jadi. Ah elah. Tapi adik angkatanku jadi


    Btw, aku baca ini lumayan banyak tau loh info2 tentang gimana sekolah di tailand. Ternyata... Begitu yaa...
    Ada yg aneh, tapi ada juga yg gak beda jauh sama indonesia.
    Nice info banget zah..

    Ditunggu banget zah lanjutannya. Mungkin bisa cerita tentang upacara, guru, istirahat, ibadahnya, ruangannya, dsb

    Ditungguin buanget zah 💚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng bangeeet, dan sekarang lagi kangen-kangennya :(
      Wah kenapa tuh kak? Masalah birokrasi kah? ._.

      Yes, dan maaasih banyak lagi sih, cuma aku masak dulu materinya /apaan dah/ xD
      Nah itu dia juga sebenernya, gak beda jauh, tapi tetep aja beda.

      Makasih atas sarannya hehe, nanti aku masukin deh ^^

      Delete
    2. Bukan masalah birokrasi kayaknya, melainkan sumberdaya manusianya yang kurasa kurang siap, hahaha

      Soalnya dosenku itu maju mundur perihal status kelasku, yang unggulan atau gimana. Apalagi sekarang kan udah nggak ada sekolah RSBI. jadi galaulah dosen2ku. Maju mundur.
      Tapi Alhamdulillah adek tingkatku berangkat 💚

      Delete
    3. Problem Indonesia Raya yang utama itu (menurut aku). Karena SDAnya sangat mendukung (kukira).

      Ah ya~ aku tahu lah sedikit banyak tentang isu itu.
      Di aku sih kejadiannya waktu SMP tapi.

      Alhamdulillah :) intinya tetap sama sih mau di luar atau dalam negeri. Jadi guru itu gimana memberi/mengajarkan materi kepada siswa dengan cara yang sedemikian rupa. Dan namanya anak sekolahan, bandelnya ya samaaaaaaaaaa :')

      Delete
  8. seru banget bisa PKL di Thailand, saya baru tahu kalau di Thailand itu ada muslimnya. bener-bener seru banget.

    ngomong-ngomong kuliah dimana dan jurusan apa kok PKLnya sampai kesana jauh ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wedeww, ada kok mas wkwkw insyaAllah sekarang muslim ada ditiap negara. Nanti deh dibahas.

      Kuliah di UIN Malang jurusan Bahasa dan Sastra Arab pak hehehehe.

      Delete
  9. สวัสดีตรับ
    Zahra ... ajari saya dung .... nulis kayak gitu ... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  10. สวัสดีตรับ
    Ajari saya dung untuk membuat tulusan seperti itu .... ahahahha

    Semoga skripswit nya lancar ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. สวัสดีสำหรับคุณด้วย~~~ 5555555555555555.

      Ajari gimana xD nulis mah nulis aja.

      Kalau bisa kasih saran, yaudah nulis aja gimana enaknya kamu. Tulis aja sampai selesai. Baru kalo semua ide sudah tertuang, di baca lagi, di review, mana yang kiranya kurang enak dibaca, diubah. Udah gitu xD

      Makasih banyak ustadz T_T
      semoga doanya balik ke panjenengan huehehehe.

      Delete
  11. Berati seragam anak SMP dan SMA yang satu yayasan itu sama, Za?
    Ih, nggak asyique XD
    Nggak punya stok seragam banyak dong ya..

    *Oiya, makanya pas aku nonton film - film Thailand kalau pas tak perhatiin seragam sekolah mereka dari yang anak SD - SMP - SMA kok kayaknya sama semua. Atasan putih sama bawahan pendek warna biru donker macam seragam SMP kalau di Indonesia itu. Mungkin karena alasan "satu yayasan" kali ya? Makanya sama semua. Ehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, modelnya sama aja sih. Beda warna, tapi gak mencolok. SMP biru dongker, SMA hitam.

      Nah, that's lah xD
      Kalau saya sih notice nya bagian kerah seragam cewek, pasti membulat. Gak kaya Indonesia yang meruncing (?)

      Delete
  12. Sawadekraaapp, nah bener Bahasa Jerman gak ada spasinya. Thai juga. Mungkin mereka kangenan jadi gak mau dipisahin. *dikeplak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khon khun khap udah mampir p'Alid huehehehe.

      Nah itu wakaka, aduh flashback SMA. Mungkin mereka sebenarnya dulu satu lempeng tektonik /apalahapalah/.

      Delete
  13. waaah.. hebat mba nida, PKL nya smpe ke thailand.. jauh ya, sy paling suka sm seragam sekolahnya, sm bahasanya lucu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerah seragamnya bukan sih? Wkwkwkw nah bener tuh, bentuknya ngebulet, gak meruncing kayak punya Indonesia huehehe xD

      Delete
  14. akhirnya bahas thailand lagi, yuhuuu!!

    tolong ra, itu murid-muridnya asli di sekolah kamu? sungguh imut nan menggemaskan! sini ikut tante.. XD

    eh btw sekolah kamu ini swasta ya? atau negeri ra?
    terus-terus, kalau belajar kayak di indonesia g? masuk dari hari apa aja? PRnya banyak g? atau bebas PR?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hueeeeeeeeee iyaaaa abisan kok kesel ya liat anak jurusan sebelah yang gantian PKL ke Thailand huehehehe xD

      Wadaww. Boleh deh te, bayar ya. Pake kasih sayang d'awwww /dikeplak/ wakakaka xD

      Swasta kak hehehe.
      Alhamdulillah liburnya sama, Sabtu Minggu XD

      Aku sih waktu ngajar ga pernah kasih PR susah, kan aku guru baik /paan/
      gatau kalo guru lain XD

      Delete
  15. Gw malah ngebacanya SEKOLAH HAYATI. btw seru ya bisa icip icip sekolah diluar negeri. Saya juga kepengen, dan dr kmr. Di racuni sama temen yg demen bgt sekokah, dan skrng lagi sekolah di UK setelah bertahun tahun sekolah fashion di Itali. Dan saya keracunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih aing :' but ngekek xD

      Sekolah Hayati = Sekolah Hidupku

      Yha yhaaa bolehlah xD
      Kalo keracunan hal yang kayak begitu pasrahin aja kak, gak papa keracunan, hal yang baik soalnya XD lanjutlag, gas in aja!

      Delete
  16. Replies
    1. Unik, trus geli geli gimana gitu kalau di film hehehe. Kalau aslinya mah engga, ya normal aja wkwkwk ^^

      Delete
  17. Pertama baca nama sekolahnya, aku langsung merasa keder trus beberapa scene film horor Thailand yang pernah aku tonton mendadak tergambar gitu.

    Seru banget bisa ngerasain PKL di Thailand.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau P'Mac gimana? Dia kan lucu meski hantu juga~

      Emang film horror Asia the best lah, salah satunya ya Thailand xD aku juga ogah deh nonton horror nya Thailand :/

      Ne non!

      Delete
  18. Wow langsung digabung gitu ya SMP sama SMAnya. Enak sihh. Taapi kalo mau pindah2 sekolah jadi ribet ya? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw kalau pertanyaannnya itu ga tau gimana jawabnya, gak tau xD

      Tapi ada tuh anak yang mau pindah sekolah juga ._.

      Delete
  19. Sawadeekha..

    Nong sabai dee mai kha?

    Kok keren sih bisa PKL di Hatyai Wittayakarn? Itu sekolah yang sebelahan ama police office kan yak? Itu sekolah muslim atau banyakan muslim? Datang ah kesini lagi, nostalgia kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sawadeekha jugaa xD /apaaaan/

      Alhamdulillah, sabai dee mai kha. P'Jasmi sabai dee mai kha?
      /ea gini aja terus/ huehehe.

      Hehehe, alhamdulillah ada teman dari Thailand yang menyambungkan kita. Jadi komunikasinya lebih mudah dengan pihak HWKS.

      Wew, iya gak ya ._.
      Sekolahnya mah masuuuukkk banget ke gang gitu. Dekat kantor donor darah, trus penanggulangan bencana, sama apartemen apa gitu xD dekat sekolah Ratprachasun sih kak ._.

      Boleeeeh boleeeeh bayarin pesawat aku :3 /dikeplak xD

      Delete
  20. Aku ikutan baca bahasa thailand kok jadi inget spongebob pas krusty krab buka 24 jam yak. Pas ada adegan squidward nakut nakutin sponge bob. The has slinging the has slinging the has slingingclasser...
    .
    Ceritanya itu terapi lidah apa ya.. Hahaha..
    .
    Tapi aku pernah juga baca di internet nama nama kota terpanjang yang bikin lidah keseleo. Ya kayak gitu tuh bener bener nggak cocok euy sama lidahnya wong jowo. Hahaha...
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah lompatnya jauh amat xD
      Spongebob di Amerika xD
      Btw suka deng sama Squidward, jahat tapi sayang. Tsundere xD ahahaha.

      Ah saya juga pernah baca!
      Dibikinin akronim atau singkatan aja lah~ wkwkw.

      Wait a minute! <-Inggris
      Sek! <-Jowo xD

      Delete
  21. Komentarnya pada diawali sawadikap semua (tau ah nulisnya gimana). Oke, saya ngikut.

    Sawadikaaap....
    Lumayan bikin emosi ya bahasanya. No spasi. Dan cukup bikin keseleo lidah, kasihan gusi saya dong.
    Dan bahasa Jawa sama Thailand cukup mirip ya. Mungkin karena emang dekat dan asalnya sama.
    Wittaya di bahasa Thailand hampir mirip artinya dengan Wiyata di bahasa Jawa. Abis itu saya cari akarn dan ternyata perbendaharaan bahasa saya kurang :D
    Btw udah ketemu sama waria disana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ssstttt saya juga cari dulu di googl gimana penulian 'sawadeekhaa' pake romaji xD
      Tapi pokoknya gitulah bacanya xD

      Gusinya dikawatin, jangan giginya klao gitu. Biar gak letoy, tapi tegak xD

      Wah iya! Bisa jadi tuh! Gimana ya~ apa mungkin gara-gara duluuu agama Budha lewat Thailand dulu ya baru nyampe Indonesia? Ah saya gak tau ilmunya, gak bisa memastikan.

      Weiisssss ini keren banget!!! Wah makasih loh bang komennya, saya tambahin ke artikel ah. Keren eh bisa notice, saya boro-boro -_-v

      Udaaah huehehe xD pas mau pulang gitu. Heuuu cantik kek cewe asli~

      Delete
  22. ejaan bahasa tailand kok hampir sama gt ya sma bhasa jawa, cuma font / typografi.nya lebih syusah + ribet hahhaha, BTW ini kalau bahasa resmi negara gk ada yg lain kah misal inggris atau melayu gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau saya lihat dan perhatikan lagi, sistemnya sama tuh. Ada yang per silabel ho/no/no/co/ro/ko, ada juga vokal, dan tambahan2 lain.

      Bahasa resminya sih cuma 1, ya Thailand. Cuma kalau di Thailand selatan, banyak yang pake Melayu gitu aja xD

      Delete
  23. Haiii sayangku Zahraaah .. dih sok akrab hahaha
    eyy keren banget kamu PKL sampe ke Negeri Siam.. ceritaain lagi dong tentang Islam dan sejarahnya disana, itu kan ada kaitannya sama walisongo juga .. duh senengnya bisa PKL ke Luar Negeri..sekalian cobain cari schoolarship ke Belanda gih, nanti kita ketemuan yak :D .. summerschool!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga kakak Ericka sayaaaang huehehehe xD
      ih gak papa, pingin akrab beneran kok ._.
      /maunyaaa/ huehehe.

      Wuaduh, beratt beraat~ berat topiknya xD
      aku gak tau tuh kalau ada hubungan sama Walisongo kak, kalau sama Islam sih iya emang.

      DOAIN AKU T_T ada bahasa Arab gak ya di Belanda :')

      Delete
  24. Sawadikhaap nong

    Kok banyak yang jilbaban ya disana?
    Itu kok bisa gitu ya khaap

    Asli tadi agak ngakak pas beneran bacain tulisan2 di atas yang ternyata jerman
    Lah judule thailand kok daleme jerman toh ndukk
    But still, nggak ngerti pun khaap

    Kok gampangan belajar bahasa jepang ya kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sawadeekhaa p'

      Soalnya banyak yang muslim juga p', Thailand selatan banyak yang muslim p'
      Geh sini sapa tau ada yang cocok, dapet luar negeri ciyee hahaha

      Kebiasaan emang, disambung-sambungin aja sama yang lain. Ntah sebenernya make sense apa gak xD

      THAT'S! Menurut saya bahasa Jepang itu termudah.

      Delete
    2. Luar negri sih luar negri, tapi enggak deh hahaha
      Bisa puyeng kalau punya istri ngomongnya english ke thai-thai an

      Delete
    3. Merantaulah yang lebih jauh nak.....
      niscaya kau akan menemukan kesulitan hahaha xDD

      Eh tapi dapat teman baru dan keluarga baru :) ya gak bang?

      Oh kalo itu aku no wkwkwkw /dikeplak/ lucu banget logatnya weh! Logat Thai yang mendayu naik turun mix sama English yang auranya tegas. Bolehlah, balance.

      Delete
  25. Pernah belajar bahasa jepang + korea, tapi ternyata bahasa thai + jerman njelimet banget ya hahaha

    Sambil baca sambil belajar cara ngucapinnya dan susaaaahhh wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah saya juga. Jepang itu termudah, Korea juga. Kalau bisa menguasai salah satu tata bahasa dari dua bahasa itu, pasti bisa dua duanya. Soalnya sama persis! Ya cuma vocabs nya aja yang beda xD

      Tapi kan kereeeeen *.*

      Delete
    2. Nyerah deh, kemarin pas abis baca tulisann ini coba2 searching belajar bahasa thai dan juga jerman, nggak nyampe sejam udah di close tab chrome, ndak mudeng saya hahahah

      Delete
    3. Hahahaha xD
      kalo belajar bahasa Thai double strike /halah/, karena harus menguasai aksaranya dulu baru bisa baca.
      Kalo Jerman mah enak, gimana bacanya ya gimana bentuk tulisannya.

      Pake youtube aja belajar bahasa, lebih menarik! Coba ke Pod101 :)

      Delete
  26. Ke Thailand dulu cuma ke pattani doang dan udah suka bingung tiap ada orang ngomong. Padahal cenderung banyak yang bisa bahasa melayu juga sih orang pattani waktu itu.

    Terus suka rada kurang ajar gitu, tiap ada orang thailand ngomong entah kenapa bawaannya kayak lagi ngebanyol jadi kepengen ketawa huhuhu. Maafkan akuuu....

    Gimana sekarnag udah ahli ngga bahasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, ngapain kak ke Pattani?
      Wkwkwkw Melayu sih Melayu, tapi Melayu-Thailand xD aku juga banyak gak ngertinya heheh.

      Sebelum ke Thailand, kami kan belajar lah dikit2 sama temen Thailand. Itu bawaannya ngakak semua kita, lucuuu. Tapi pas sampe Thailand, bergaul sama orang2 sana....yaudah biasa aja sih. Emang kalo liat di film lucu banget sih xD

      Hadeuu~ cuma sbeulan, jadi yang simpel2 aja taunya XD

      Delete
  27. Ternyata thailand banyak yang beragama islam juga yah, masya'allah kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyaaak~~ jadi mayoritas di Thailand selatan :)
      kalo utara sih masih banyak Budha nya hehe.

      Delete
  28. Postingan ini bermanfaat banget, apalagi buat saya yang juga merupakan seorang guru. Tapi... Pelafalan namanya susaaaah bangeeeet anjir. Wkwkwkwkwkkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahahah XD
      bermanfaat apanya -_- yang bagian mana kak? Spesifik laa /dikeplak/

      Delete
  29. Guten Nacht. Wer bist du (entah bener atau gak nih), saya jadi inget les bahasa Jerman dulu, mirip kayak bahasa Inggris.

    Tapi di Bangkok orang-orangnya jago banget ngomong bahasa Thailand ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ja, Ich sprache Deutsch ein bischen xD halah gatau bener apa salah -_-
      Iya sih, kalo ngerti bahasa Inggris, bisa lah ngerti Jerman juga dikit2. Meski ada beberapa hal juga yang bedaa banget.

      Nggak :3 mereka ngomong bahasa Siam hihi.

      Delete
  30. itu foto di thailand yang pada pake kerudung say?

    sha juga kalau inget video yg namanya susah dieja itu, ngikik2. puyeng haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa heheheh. Aku ngajarnya di sekolah Islam kak :)

      Gak familiar banget kali ya. Maksudnya, mungkin udah banyak lah liat film Thailand, tapi kan gak berupa tulisan heheh.

      Delete
  31. Saya baru sekali k Thailand..dsna banyak hal unik😁 btw..knpa d Thailand banyak lb🤔..trusss d tmpt kk banyak lb juga g???? 5555😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, dalam rangka apa itu ke Thailand?

      Yes of course! Kita bilang unik karena gak ada di Indonesia hehehe. Iyayah! Wah gak kepikiran, kenapa ya awal mulanya tuh? Saya juga gaktau. Googling ah xD

      Delete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. Kak, aku punya temen dari Thailand, lumayan banyak, terus di setiap BIO pasti diberi kayak asal sekolah sama kelas gitu . Contohnya :
    BRR 127
    BRR M 4/5
    Itu maksudnya gimana ya?? Makasih kak sebelumnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau BRR nya mungkin singkatan nama sekolah tuh. Contoh Hatyaiwittayakarn School singkatannya kan HWKS hehe.

      Nah 4/5 itu tingkat kelasnya. M = mayyatom (kelas/level/jenjang), 4 berarti kelas 4, di sini setara kelas 1 SMA sih. Trus 5 itu berarti kelas ke 5 wkwkw.

      Kayak di sini 10 IPS 2 nah di sana M.4/5 gituuuu.

      Wallahualam, semoga membantu yaaa :)

      Kalo BRR bisa jadi sekolah di Bangkok tuh ._. e gatau sik xD

      Delete

Hello from the other side! Syukran so much sudah baca tulisan saya sampai akhir. Gimana? Silahkan ruahkan pendapat kamu~ ヽ(⌐■_■)ノ♪♬
Kalau gak komen, gimana aku bisa kenal kamu.


Maaf ya, komentar dengan link aktif tidak diperkenankan.

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿YXGK!✿

✿YXGK!✿
Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel 92%