Dibalik Perjuangan Skripsi, Huru-Hara Jadi Sist Olshop

Sunday, June 24, 2018

Related image
sumber: giphy

Memasuki semester delapan, saya menanamkan keyakinan kuat dalam hati harus fokus dengan skripsi, tidak ada yang lain, jangan sampai tergoda, hanya skripsi....hanya skripsi..... Hal ini karena saya anggap diri ini bukan orang yang bisa melakukan (sebenarnya lebih ke memikirkan) banyak hal dalam satu waktu. Padahal stereotip seorang wanita itu 'pekerja ganda' alias multitasking. Yay or nai?

Related image
sumber: momzink365

Oke, akhirnya saya kesampingkan semua 'gangguan menyenangkan' seperti blogging, jalan-jalan, berpetualang di alam pikiran, dan masih banyak lagi. Pasang kacamata kuda supaya menatap lurus ke depan. Tapi nyatanya dalam proses 'meramu' skripsi, saya sampai pada fase kebuntuan dan kejenuhan sehingga muncul distraksi menyenangkan yang tidak dapat saya tolak meski sekuat tenaga.

Salah tiganya adalah, (a) tawaran kerjasama blog, alasannya: alhamdulillah berarti masih dipercaya meski beberapa saat tidak aktif, (b) jadi guru les privat, alasannya: ini untuk kebutuhan batin, dan yang terakhir (c) jualan.

Phew.

Hal ini bermula dari keinginan untuk meningkatkan kualitas perawatan diri ketika muncul bukit-bukit super kecil tapi banyak alias bruntusan di wajah. Dan saya tergiur dengan salah satu produk skin care Korea yang sedang hits, Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel 92%. Eits! Ini sama sekali bukan iklan dan ulas produk.

Tapi serampangan alias absurd bin gajenya saya, bukannya malah beli satu untuk diri sendiri, malah beli dalam jumlah banyak alias grosiran. Saat itu saya benar-benar gambling and I don't care I wanna do something fun!, 'okelah gue jualan aja sekalian, mayan dapat duit'. In fact dalam beberapa minggu awal jualan, saya engga pake itu produk karena masih mikir duh bakal cocok ga ya hahaha.

Zahrah.....Zahrah.


Related image
sumber: tenor

Belibetnya lagi, target konsumen di kota Sidoarjo sedangkan saya masih domisili di Malang. Jadi hampir tiap minggu harus bolak-balik Sidoarjo-Malang untuk kontrol kedatangan barang, komunikasi intens dengan pramuniaga di toko nenek, dan beberapa saudara untuk keperluan COD juga pengiriman. 

Bahkan pernah Senin balik ke Malang, lusanya di Sidoarjo lagi untuk kontrol barang. Parahnya lagi, 3 hari kedepan ada ujian kompre dan saya masih urusin stok barang di Malang. Tapi alhamdulillah wa syukurillah dapat nilai yang memuaskan ∩(︶▽︶)∩

Niat awal, 'ga akan balik Sidoarjo satu semester sampe kelar skripsi', sama sekali tidak terlaksana. Dan nasehat kawan (yang sudah terlebih dulu sidang skripsi), ' mau cepet kelar skripsi? Hapenya dimatiin atau taruh di kamar teman, pokoknya jauhkan dari jangkauan', tinggal angin-anginan.

Image result for gif sighing
sumber: giphy

Momen sulit adalah ketika baru saja nyalain laptop untuk ngerjain skripsi, tiba-tiba ada notifikasi pesanan. Ujung-ujungnya dengan mudah saya ladeni pelanggan dan keterusan promosi di sosial media. Selesainya, udah hilang gaemsong alias mood dan......tutup laptop. Buruk kali manajemen niat dan eksekusinya hahahaha (๑-﹏-๑)

Beberapa kali saya memutuskan untuk berhenti jualan supaya fokus skripsi, tapi rasanya sayang sekali karena alhamdulillah dalam sebulan bisa re stock dua kali dalam jumlah besar. Saya jadi bertanya-tanya, 'alhamdulillah rejeki Allah mah emang ga kemana ya, tapi kok jadi lelet progress skripsi, ini berarti tantangan harus bisa bagi waktu'.

Lucunya itu ketika sedang berkirim pesan dengan pelanggan, nungguin COD, atau pas bungkusin pesanan untuk dikirim ke luar kota.....hati saya senang 'yeay dapat duit!' tapi di lain sisi......'apa gue yang mata duitan ya? Padahal kiriman dari umik juga lebih dari cukup, alhamdulillah ga kekurangan finansial sama sekali, dan umik abi juga ga nuntut kerja'. Ini apa yang saya kejar? Padahal juga labanya ga banyak-banyak amat loh.


WhatsApp Image 2018-06-20 at 14.22.49 (1)WhatsApp Image 2018-06-20 at 14.16.05WhatsApp Image 2018-06-20 at 14.22.49
Contoh promosi penjual amatiran wkwkwkw, yang minat chat ya kak, saya juga open reseller kak, up to 78k/jar. Hehehe.

Setelah dipikir-pikir, lebih ke perasaan bahagia dan bangga terhadap diri sendiri sih. Misalnya ketika ada keperluan print atau jilid skripsi ngga ngeluarin uang jatah tapi pakai duit hasil jualan. Rasanya lebih kokoh berpijak di atas kaki sendiri, melangkah lebih mantap di bumi ini. Jadi bisa lebih lebiiiih lagi menghargai uang koin yang cuma ratusan rupiah itu. Lumayan kan uang 500 perak bisa nambelin print revisi skripsi sebanyak 10 lembar. Dan itu tanpa mengurangi jatah bulanan dari umik.

Teman makin banyak, meski sebatas nambah daftar kontak beserta munculnya status WA yang ga dikenal-kenal amat. Ditambah kegiatan COD yang bikin saya keluar dari sangkar nyaman kos dan menikmati suasana Malang (anak kosan banget ini). Pluuusss akhirnya saya bisa punya produk Nature Republic secara gratis (dari hasil jualan) hahaha.


Related image
sumber: giphy

Terdengar menyenangkan ga sih atau mengharu biru? Aslinya saya mumet kuadrat kayak kena vertigo mikirin skripsi sambil jualan. Atau yang lebih tepat, jualan sambil skripsian (n˘v˘•)¬

Cerita ini baru awalnya, huru-hara benerannya until next time, ciao!

Xie xie so much sudah mau baca, hehe.

You Might Also Like

26 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Saya juga merasakan apa yang mbak rasakan,
    Masih segar diingatan pas jadi freelance sambil ngerjain skripsi.
    Alhasil skripsi molor setahun. Tapi saya ndak nyesel molor setahun, begitu kelar skripsi, saya ndak perlu pusing nyari kerjaan, kerjaan tinggal lanjutin dari freelance itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala sesuatu memang ada harga yang harus dibayar. Mungkin ada yang bilang, 'ih terlambat lulus', tapi bukan karena keenakan tanpa aktivitas.

      Alhamdulillah kalau akhirnya terbayarkan.

      Intinya, pilihan aja lah yang dirasa terbaik untuk hidup masing-masing. Karena kita yang menjalankan hehe.

      Delete
  2. Emm.. Sebenernya kalau pas nyekripsi g melulu harus mengesampingkan hal lain kok..
    Pasti ada waktu untuk melakukan hal lain.. Namun yang terpenting emang skripsinya dikerjain..

    Misal skripsi masih dicek dosbing kan kita bisa melakukan hal lain, termasuk refreshing.. Jadi kalau ada revisi ngerjainnya semangat..

    Yang jadi masalah kan kalau g disentuh sama sekali.. Bisa nggak selesai-selesai.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau yang bisa bagi pikiran mah enak. Saya juga bisa......tapi macam jadi orang vertigo, pusing jungkir balik wkwk. Maka dari itulah yaa harus nahan-nahan diri biar fokus. Tapi ga berhasil hehehe.

      Oh pasti refreshing itu xD nonton youtube, tapi matanya doang :( pikirannya teteup skripsi.

      That's! Kalau kata dosbing saya, pokoknya tiap hari buka laptop aja lah. Pasti kepikiran xD

      Delete
  3. Wah menurut saya sih tidak ada masalah sedang proses skripsi sambil jualan gitu. Jualannya pun tidak dituntut kan. Karna itu frelace.
    Saya kerja untu kuliah, bukan kuliah untuk kerja -_- kerja diwaktu weekday. Mau ketemu dospem saja subhanallah nunggu acc dulu supaya dpt ijin dari kantor.
    Jadi menurut saya itu wajib disyukuri karena sebuah peluang. Semoga nanti kalo skripsinya sudah selesai sudah sidang kakak benar2 jadi seorang pembisnis, makin lancar bisnis jualannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wash sugoi!
      Saya sangat kagum dengan mereka yang sudah punya pekerjaan tetap sebelum lulus kuliah. Karena memang kan yaa ujungnya kuliah untuk mendapatkan pekerjaan. Disamping tujuan mulia yaitu menimba ilmu, meluaskan wawasan, dan menambah koneksi hehe.

      Gitu ya....alhamdulillah saya ngga ada kesulitan menemui dosen pembimbing :)

      Amiiinnn ya Allah hehehe. Hasil bisnisnya untuk belajar di luar ruangan aja (alias jalan-jalan) hehehe xD

      Delete
  4. Waah, dulu saya juga menjalani skripsi dengan kerja. Alhamdulillah bisa ttp kelar tepat waktu. Seru juga sih menjalani dua hal secara bersamaan. Terus semangat mbak. Yang penting pinter2 atur waktu aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, insyaAllah saya juga akan lulus tepat waktu, hehe. Ini berkat doa semesta.

      Benar sekali, meski pusing banget (menurut saya).

      Terimakasih banyak!

      Delete
  5. WAh mantep tenan ya Nid udah berselencar kedunia wirusaha.. saya doain semoga daganganya lancar, dimudahkan dalam berjualan, dimudahkan dalam mengerjakan skripsi.. Aamiin :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin terimakasih hehehehehe.

      Alhamdulillah semuanya dimudahkan hingga akhir, terimakasih doa dan dukungannya! XD

      Delete
  6. Huooooo kece zahraaaaah, si calon Bunda-Bunda multitasking, hehe

    Btw, skripsi banyak waktu luangnya sih, tapi ya banyak banget godaannya juga sih. kayak godaanmu tadi itu: duit hasil jualan, jualan yang menghasilkan duit.
    pastikan saja, kamu dikelilingi oleh orang2 yang siap menegur kamu kalau kamu lagi kalap ngerjain dagangan sampe lupa skripsi. Paling enak ya kamu tetap jualan, dan tetap berada di di antara para pejuang skripsi. Supaya semangatnya tetap terjaga.

    💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekecean ini milik kita besamo wkwkwkw.

      Sudah dipastikan! Karena satu kontrakan juga sih sama yang skripsi, jadinya saling ngomporin gitu xD

      Alhamdulillah semuanya bisa terlaksana dengan baik XD

      Delete
  7. Hahaha kereeen ya, bisa membagi waktu begituuu :D

    Saya awal-awal skripsi dulu sih, masih bisa membagi waktu buat job ngukur-ngukur atau nulis blog. Eh, pas menjelang 1.5 tahun kemudian, ya buset skripsi saya tidak selesai-selesai :' akhirnya ngurangin job ngukur yang notabenenya sangat penuh beban, dan fokus skripsi.

    Nulis?

    JALAN TEROS AH, SAYA ANAKNYA KAN CURHAT :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, wagelaseh sampe 1.5 tahun. Itu mah keasyikan sama dienakin aja wkwkwk.

      Memang harus bikin skala prioritas dan nurut! Ga boleh meleng sama melanggar.

      Curhat mah kebutuhan primer manusia kayak mandi sama makan. Bukan fisikali, tapi hati :')

      Keep curhat and face the world!

      Delete
  8. cuma mau bilang, semoga sukses dg skripsinya,,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan saya juga hanya ingin menyampaikan, terimakasih banyaaak sekali! :D

      Delete
  9. Wah sama banget nih dulu gue juga jualan, lebih karena pengen sibuk aja sih makanya jualan.
    Tapi skripsi emang harus prioritas utama. Kalo dulu prinsip gue itu "skripsi kalo ditunda-tunda, toh harus diselesaikan juga pada akhirnya, jadi percuma ditunda juga" hehe.. Semangaaattt, semoga lancar skripsinya yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya juga sih. Waktu luang ketika skripsi banyak, karena mikirnya lama xD ditengah-tengah itu cari kesibukan bermanfaat wkwkw.

      What a great principle xD
      Ntar juga ketemu deadline, jadi yaudah harus diselesaikan pada akhirnya.

      Terimakasih banyak! Sudah sampai level revisi XD alhamdulillah.

      Delete
  10. Justru hal kayak gitu bisa bikin rileks kan, Ra. Ketika lagi nggak mood ngerjain skripsi, ya waktunya pakai dulu aja buat nulis atau jualan gitu. Ketika udah senang atau bahagia lagi, lanjutin lagi skripsinya. Emang intinya soal manajemen waktu, sih.

    Bisa menghasilkan uang dari usaha sendiri kepuasannya jelas berbeda. Hobi menulis atau curhat di blog, terus tiba-tiba dapat penawaran kerja sama untuk pertama kalinya aja girang bukan main, kan. Padahal waktu itu cuma seratus ribu. Nggak nyangka gitu, ternyata modal cerita bisa dilirik klien dan jadi uang~ Tinggal bikin jadi buku aja nih yang belum. Wahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa lebih setuju dari itu bang, benar sekali.
      Sama seperti nulis blog (buat saya), nulis skripsi butuh membangun mood juga. Alhamdulillah jualan ini bisa jadi beneficial escape, jeda skripsi ada uang yang masuk hehe.

      Sama juga seperti saya! Pertama kali dapat job content placement. Ga nyangka, cuma tinggal posting artikel (gapake saya yang nulis), edit dikit, dapat duit. Wow, earning money so easy. Karena waktu itu pikiran saya cuma pekerjaan-dengan-jam-dinas yang bisa menghasilkan duit hehe.

      Nah itu tuh, direalisasikan asap ya bang, semoga sukses!

      Delete
  11. well.. jangan larut pada euforia skripsi..
    skripsi adalah kegiatantanpa masuk kelas kuliah..
    sementara olshop (mungkin) jadinya hanya sebuah mata pencaharian, yang bisa jadi semua semata..

    banyak pendapat, dimana campuran kedua momentum ini yang paling kena buat para muda.. banyak yang terlena..

    hayo, berbisnis boleh saja, tapi skripsi jangan lupa. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe terimakasih banyaak pak atas wejangannya.
      Iya, saya sadar sepenuhnya pada masa itu rawan sekali kebablasan karena mengatur flow uang masuk dan keluar untuk bisnis. Jadinya file skripsi di laptop terabaikan hehe.

      Alhamdulillah sekarang semuanya sudah bisa dikendalikan :)
      skripsi selesai, olshop masih terus jalan.

      Sekali lagi, terimakasih! ^^

      Delete
  12. semoga skripsinya lancar dan lulus tepat waktu, semoga usahanya lancar selalu, semoga sukses dan berkah selalu usahanya.
    Semangat kk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak kakak atas doa-doanya hehehe. Semoga kebaikan doa itu balik ke kita semua yang saling mendoakan XD

      Semangat untuk kita semua!

      Delete
  13. Terdengar menyenangkan sihh.. Aku juga pernah berada di fase pengen fokus skripsi tapi malah ngerjain hal lain.. Kakak masih produktif sih kalo jualan bisa menghasilkan, aku di fase itu malahan cuma menghabiskan waktu di kosan sambil tiduran, ngegosip sama temen2 atau nonton drama korea, berminggu minggu sampe beberapa bulan terakhir sidang skripsi

    ReplyDelete
  14. Untungnya masih dapet nilai bagus ya.
    Bener sih harus bisa bagi waktu, karena hal ini pernah aku alami juga waktu skripsi tahun kemarin, kurangnya tidur, waktu rasanya semakin berkurang. Belum lagi rasa-rasa untuk belajar ngaji dan laiinnya kurang. Tapi tetap satu hal yang utama itu menjaga kesehatan juga, mau gak mau semakin banyaknya kegiatan termasuk skripsi dan kerjaan itu. Harus makin kiat jaga kesehatan.

    Apapun kesibukannya, ikut mendoakan semoga sehat selalu dan doa serta cita-citanya Allah kabulkan satu persatu, termasuk tepatnya keinginan wisuda itu kapan.

    ReplyDelete

Hello from the other side! Syukran so much sudah baca tulisan saya sampai akhir. Gimana? Silahkan ruahkan pendapat kamu~ ヽ(⌐■_■)ノ♪♬
Kalau gak komen, gimana aku bisa kenal kamu.


Maaf ya, komentar dengan link aktif tidak diperkenankan.

Sanak Rancakヾ(⌐■_■)ノ♪

Sahabat Google+

✿YXGK!✿

✿YXGK!✿
Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel 92%