Kak, PKL ke Thailand Berapa Biayanya?

Saturday, July 21, 2018

Hat Yai Municipality Park

Zahrah Nidaใ…กBerapa biaya yang dihabiskan untuk kegiatan PKL di Thailand? Ini adalah salah satu hal yang paling sering ditanyakan oleh beberapa orang dan adik tingkat alias FAQ frequently asked questions.

Kegiatan PKL di Thailand bersama teman-teman BSA UIN Malang 2014 berlangsung setahun yang lalu, pun sudah ada beberapa tulisan tentang kegiatan tersebut di blog ini. Namun ternyata baru kemarin tulisan-tulisan tersebut bertemu dengan pembacanya yang tepat. Yeay! Alhamdulillah.

Seorang teman dari kampus sebelah menghubungi saya, menanyakan beberapa hal terkait dengan PKL di Thailand. Cukup terkejut sih sekadar menulis pengalaman ternyata bisa bermanfaat untuk orang lain. Dia bilang, terimakasih banyak atas tulisannya. Saya jawab, sama sama! Sangat bahagia tulisan sederhana itu dapat memudahkan orang lain.

Untuk kesekian kalinya saya semakin dikukuhkan bahwa: 
Menulislah, apapun! Kita tidak tahu kapan tulisan itu akan menemukan pembacanya yang tepat.
Dan ketika itu terjadi, saya bergembira, hidup menjadi lebih indah dan bermakna, hehe. Apakah kalian juga merasa seperti itu?

Baiklah, masuk ke topik utama, biaya. Saya akan bagi menjadi tiga bagian, yakni transportasi, akomodasi, dan konsumsi.

TRANSPORTASI


Rute
Waktu
Transportasi
Biaya
Keberangkatan
Malang-Jakarta
11:45-01.34
KA Jayabaya
IDR 260.000
Jakarta-KL
06.00-09.05
Malindo (30kg)
IDR 404.300
KL-Hatyai
22.00-23.00
Air Asia (20kg)
IDR 361.800
Kepulangan
Hatyai-TBS (KL)
19.00-04.00
Bus Konsortium
THB 450/IDR 180.000
KL Sentral-KLIA1
14.00-15.00
Bus
RM 10/IDR 32.000
KL-Jakarta
11.25-12.30
Malindo (30kg)
IDR 378.500
Jakarta-Malang
15.15-07.51
KA Matarmaja
IDR 109.000
Total (pergi-pulang)
IDR 1.693.600

Sebenarnya bisa langsung ambil penerbangan langsung tanpa mutus dari bandara Malang atau Surabaya, tapi karena kami #lowbudgetfighter jadi menyiasati dengan naik kereta dulu ke Jakarta, baru terbang ke Malaysia, dan mutus lagi sampai ke Hatyai - Thailand. Sayangnya ketika itu PTKAI meniadakan layanan KA Matarmaja, jadi kami ambil KA Jayabaya. Seandainya dengan KA Matarmaja, bisa lebih hemat lagi.

Pesan tiket bis di Lee Garden Hotel Plaza Hatyai, pas di belakangnya ada banyak penjual tiket bus ke Hatyai. Salah satunya Bus Konsortium.

Bagaimana transportasi selama di Thailand? Untuk harga tidak beda jauh dengan Indonesia. Kadang saya pinjam motor, naik songtheaw (semacam angkot), atau van. Bahkan menurut saya pribadi, transportation in Thailand slightly better in price and facilities. Contohnya, van super bagus dan nyaman dari Hatyai-Padangbesar cuma IDR 20K!

Hatyai

Aturan lalu lintas di Thailand lebih bebas.

Baca di sini, Naik Ojek di Thailand

AKOMODASI

Alhamdulillah untuk akomodasi, gratis! Kami tinggal di asrama sekolah masing-masing tanpa ada biaya sepeser pun. Bahkan beberapa dari kami (termasuk saya) dapat jatah makan dari pihak sekolah. Oleh karena itu saya tidak bisa cerita banyak, hehe. Tapi yang jelas biayanya juga tidak beda jauh dengan rata-rata harga peginapan di Indonesia.

KONSUMSI

Kuliner Thailand, juara! Meski begitu bagi yang muslim harus tetap memilah-milah ya karena tidak semua yang dijual halal. Anyway a lot of food in south Thailand is halal because the majority of the population is muslim. Dari segi harga juga lumayan murah, hampir sama dengan Malang.

Wajib coba! Khaw Niaw Mamuang, Dessert Segar dari Thailand

Hatyai Central Asia Festival

Kalau berkunjung ke kota Hatyai, jangan lupa mampir ke (semacam) pasar kuliner yang berada di dekat Hatyai Square. Di sini tersedia macam-macam makanan berat dan jajanan khas Thailand yang super duper enak dan murah. Dan yang terpenting, halal.

Omong-omong, kak Jasmi kasih tambahan informasi nih. Siapa tahu ada yang jadi termotivasi atau semakin mengukuhkan niat menjadikan Thailand sebagai tujuan PKL hehe. Tulisan kak Jasmi di bawah ini saya ambilkan dari kolom komentar :)

      Update sedikit ya.. Di sekolahku ngajar ada satu anak UM Malang yang PKL. Sekarang mahasiswa yang PKL, selain dapat penginapan gratis juga dapat gaji THB4000/bulan. Kalau ikut kurs bath hari ini (saat saya nulis komen ini) THB1 = Rp. 433.60. So, THB 4000 = Rp. 1.730.000,-. Bisa banget di pakai untuk biaya hidup di Thailand. Bisa di pakek buat jalan-jalan juga tuh! Kata dia di beberapa sekolah seperti di Krabi bahkan kepala sekolahnya kasih sampai THB 5000 sebulan. Tergantung seberapa dermawannya atasan. Nah, untuk jajan itu sebenarnya standar aja sih, kalau ikut mata uang tempatan. Jangan di convert ke rupiah, jatohnya mahal. hihihi.. Nilai mata uang kita kan beda yes.

You Might Also Like

24 apresiasi, terimakasih banyak!

  1. Ihhhhhh seru ya PKL bisa keluar negeri. Jadi ngiri, dulu PKL cuma lokalan doank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe, butuh perjuangan agak menegangkan dan lumayan lama untuk mengurus ini itu dibandingkan dengan teman yang PKL di dalam negeri. Tapi alhamdulillah terbayar dengan pengalaman yang didapat hehehe :)

      Delete
  2. Lebih murah tiket Jkt-KL ya daripada Semarang-Bandung aku terkejut :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangetttt. Mungkin karena jalur rame dan super lumrah kali ya kak.

      Delete
  3. Lengkap euy biayanya!!! Jadi bisa buat gambaran dedek-dedek emesh yang mau menimba ilmu ke Thailand. Benar sih, tulis apa saja karena kita nggak akan tahu apakah tulisan kita bermanfaat buat orang lain atau nggak, kalau nggak dibagikan sama sekali.
    Kuliner di Thailand emang juara, harganya pun bersahabat. Tapi buat kita yang Muslim, kayaknya lebih aman dan banyak pilihan kuliner yang bisa dimakan itu di Thailand Selatan ya. Karena mayoritas penduduknya memang Muslim. Soalnya dulu berasa banget bedanya pas di Bangkok sama di Phuket. Pas di Bangkok mau makan ragu-ragu mulu, giliran di Phuket langsung girang karena mau makan apa saja ada logo halalnya. Btw, selama di sana pernah masak sendiri nggak? Kalau pernah, mungkin bisa di-share berapa biayanya kalau masak sendiri atau makan di luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya transportasinya itu kak wkwkwk. Kalau akomodasi sama konsumsinya ambil rata-rata aja, soalnya emang ga ngabisin disitu hehehe.

      Nah iya, makanya jangan males nulis! (ngomong sama diri sendiri wkwkkw).

      Belum pernah nyobain ke Bangkok, makanya gak tau. Tapi yang jelas bisa lah sedikit punya gambaran. Di Thailand selatan yang mayoritas muslim aja kudu pilih2 dan hati2, apalagi di bagian utara tuh.

      Pernaaaaah hehehe. Kita ke pasar tradisional gitu, belanja2 untuk masak sendiri. Tapi dibayarin sama penanggung jawab kita kak. Jadi gak tahu pasti. Tapi yang pasti, gak jauh beda lah sama Malang, jadinya lebih murah daripada Jakarta :)

      Delete
  4. Wah makasih banyak ya info transportasinya, lengkap banget.. Jadi pingin jalan-jalan huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dipinginin aja kak, mulai rancang rencana perjalanan heheheh.

      Delete
  5. Transportnya cukup terjangkau ya ๐Ÿ˜‚

    Makananny seharga Malang? Yaa murah2 berarti. Tapi ya tergantung kitanya juga sih, cari makannya dimana

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaap, lumayan lah. Itupun bukan harga promo loh. Coba promo, makin widiw lagi xD

      Ya gakmurah yang gimana juga sih, cuma standart banget hehehe.

      Delete
  6. Update sedikit ya.. Di sekolahku ngajar ada satu anak UM Malang yang PKL. Sekarang mahasiswa yang PKL, selain dapat penginapan gratis juga dapat gaji THB4000/bulan. Kalau ikut kurs bath hari ini (saat saya nulis komen ini) THB1 = Rp. 433.60. So, THB 4000 = Rp. 1.730.000,-. Bisa banget di pakai untuk biaya hidup di Thailand. Bisa di pakek buat jalan-jalan juga tuh!

    Kata dia di beberapa sekolah seperti di Krabi bahkan kepala sekolahnya kasih sampai THB 5000 sebulan. Tergantung seberapa dermawannya atasan.

    Nah, untuk jajan itu sebenarnya standar aja sih, kalau ikut mata uang tempatan. Jangan di convert ke rupiah, jatohnya mahal. hihihi.. Nilai mata uang kita kan beda yes.

    Semoga bermanfaat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ini sih bermanfaat banget kak. Ijin aku cantumin di tulisan blog ya :) atas nama kak Jasmi kok ^_^

      Temenku sih waktu itu dikasih 2.000THB heheh. Saya sih engga.....cumaaaa diajak jalan mulu. Jadinya ngerasa seneng banget xD

      Untuk masalah convert itu, darii awal injak Thailand sampe terakhir injak Thailand, pasti otomatis saya convert :( barusan ke Thailand kali yah makanya suka gitu hehehe. Seru aja gitu itung2an sama temen, 'ini kalo rupiah berapa yaaaa murah ga yaaa'. Wkwkkww x)

      Delete
  7. wah ternyata thailand juga keren ya
    kalo lihat biayanya jadi pengen ke thailand nih hehehe kapan ya
    mantap mba informasinya lengkap banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencanain mulai sekarang bang, berangkatnya tahun depan deh siapa tahu dapat tiket promo kan hehehehe.

      Meski kayanya deket2 aja, tapi makanannya udah lumayan beda cita rasa. Kudu banget nyobain!

      Terimakasih juga, sama-sama. Terimakasih sudah mampir dan membaca :)

      Delete
  8. Iya, aku pun heran. Cuma nulis cerita tentang kura-kura (curhat tentang hewan kesayangan zaman dulu) sampai sekarang yang baca banyak :'D nanya makanannya lah, kolamnya, dll.
    Nggak ada ekspektasi buat dibaca oranglain. Cuma nulis aja.

    KKLnya berapa lama mbak?
    Kalau pergi di tempat-tempat gitu memang paling hati-hati nyari info tempat makan halal. Yeayy udah diinfokan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaaan! Makanya tuh, ekspektasi vs realita hehehe. Selain itu juga makin sadar gak baik untuk meremehkan hal yang kita kira remeh temeh tapi ternyata berguna sekali untuk orang lain. Dalam hal ini sih (mungkin kita ya kak ehehe), nulis pengalaman (atau apapun) di blog hehe.

      37 hari kak, hampir sama kayak orang haji wkwkwk.

      Sama-sama, saya terimakasih juga! :D

      Delete
  9. wih, komprehnsif sekali ulasan biayanya. Seru tuh ya, transit beberapa kali. Dulu waktu saya ke Thailand direct Jakarta - Bangkok emang agak mahal sih, padahal udah termasuk yang cheap flight. Wehehehe. Menarik untuk tau tentng Hatyai, dan.. untuk kuliner sih ada rasa khas makanan kuah Thailand yang dihasilin sama semacam daun gitu yang entah mengapa saking kuatnya jadi kurang berselera..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeap! I know that 'kind' of flavor hahahaha. I like it so much. Pada awlanya terasa aneh banget, karena gak pernah ngerasain sebelumnya. Tapi lama kelamaan malah jadi favorit wkwkw.

      Low budget fighter bang, hahaha. Sekalian lama-lamain aja di jalan.

      Thanks for visiting this blog hahaha.

      Delete
  10. Satu tulisanku di blog sepertinya juga mengalami 'kejadian' yang kurang lebih sama kayak tulisanmu, Za. Itu padahal cuma nulis buat bahan lomba, dan nulisnya pun dulu ngasal nggak pakai teknik SEO atau apapun itu. E lha kok sampai sekarang tulisan receh itu jadi tulisan "most popular" di blog ku XD. *Setiap tulisan punya pembacanya sendiri*

    Tak kira di Thailand bakal sulit nemu penduduk muslim atau makanan halal, ternyata ada daerah yang mayoritas penduduknya muslim.

    ReplyDelete
  11. Waaahhhhhh

    Ternyata nggak semahal dugaan dan perkiraan ku selama ini

    Kok lebih mahal ke bali sih -__________-

    ReplyDelete
  12. Murah juga ya. Sudah bisa PKL plus jalan-jalan gitu. Nah, apalagi pengalamannya bisa bermanfaat bagi orang lain makin senang sja.

    ReplyDelete
  13. Seru banget,
    Perjalanan jadi lebih gampang Kalo udah dapet tempat tinggal, bahkan dikasih makan gratis.
    Pokoknya kalo dua hal itu udah terpenuhi, udah ga mikirin apa-apa lagi deh. sisanya tinggal jalan aja.
    Coba aja dulu aku PKL di luar negeri juga pasti dapet pengalaman yang keren kayak gini huhuhu.

    Besok mau nyoba ke Hatyay ah

    ReplyDelete
  14. Wahh seru dan menyenangkan banget..

    Bisa PKL sambil jalanjalan..
    Pengen juga dong ke thailand..

    ReplyDelete
  15. Gila anak kuliahan jaman sekarang keren amat ya. PKL aja ke Thailand. Gw mah PKL ke kantor pajak, wkwkwkwk

    ReplyDelete

Hello from the other side! Syukran so much sudah baca tulisan saya sampai akhir. Gimana? Silahkan ruahkan pendapat kamu~ ใƒฝ(⌐■_■)ใƒŽ♪♬
Kalau gak komen, gimana aku bisa kenal kamu.


Maaf ya, komentar dengan link aktif tidak diperkenankan.

Sanak Rancakใƒพ(⌐■_■)ใƒŽ♪

Sahabat Google+